Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Heboh ikan aligator di jogjakarta

 Beberapa bulan yang lalu warganet dihebohkan dengan tertangkapnya ikan aligator yang di-posting di grup mancing mania jogjakarta. Jika penasaran seperti apa ikan yang bikin heboh itu ini penampakannya.


Netizen heboh karena tidak mengira kalo ikan aligator ada di alam liar di Indonesia. Ikan yang habitat aslinya di Amerika Serikat bagian selatan ini sebenarnya dilarang masuk ke Indonesia. Hal ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014.

Jadi bukan cuma orang berbahaya saja yang ngga boleh masuk kesini, ikan yang kepalanya mirip buaya ini juga tidak boleh masuk beb, cuma bedanya ikannya jika tertangkap tidak di deportasi ke negara asalnya.

Ikan kepala buaya ini dilarang masuk ke negara kita tercinta ini bukan karena disini sudah penuh dengan buaya darat dan buaya buntung tapi karena sebab lain ya beb.

Alasannya ikan aligator dinilai membahayakan kelestarian sumber daya ikan, lingkungan, dan manusia. Kenapa membahayakan, karena hewan ini rakus sekali makannya, hampir semua makanan yang ada di alam bisa dimakan. Jika sedang tidak ada makanan ia bisa tahan beberapa hari puasa.

Selain makanan seperti udang, kepiting, ikan aligator ini juga suka memakan ikan ikan lainnya yang lebih kecil dari dirinya, hal itulah yang dicemaskan oleh para pemancing lokal. Bayangkan, sudah capek berjam-jam memancing tapi tidak dapat ikan sama sekali karena sudah habis dimakan oleh hewan rakus itu. Eh masih dapat sih yaitu ikan aligator ini, tapi kalo ikan itu terus kan bosan.

Bisa dibayangkan jika banyak ikan ini berkeliaran, bisa bisa ikan endemik lokal seperti wader, betik, gabus dan lainnya habis tak tersisa. Banyak yang dirugikan, selain pemancing tentu juga petani ikan, nelayan, dan tentunya masyarakat umum yang suka menkonsumsi ikan lokal.

Lembaga pemantau kehidupan liar internasional seperti International Union for Conservation of Nature (2003) mencatat bahwa ada 57 jenis ikan asli Indonesia yang terancam punah salah satunya disebabkan oleh persaingan habitat dan masuknya ikan asing. Jadi bukan hanya manusia yang sering mempersoalkan asing dan aseng, ikan pun demikian lho. Mungkin kalo ikan lokal habis kesabaran bisa bisa demo berjilid-jilid.

Lalu dari manakah ikan aligator itu datang? mungkinkah jadi turis lalu naik pesawat dan kesini? Tentu saja tidak beb.

Ikan aligator kemungkinan besar dibawa masuk ke Indonesia karena banyak pecinta ikan seperti itu. Banyak yang hobi memelihara ikan predator itu. Tentu saja mereka membelinya dari penjual ikan hias yang mengimpor dari luar negeri. Kok bisa masuk padahal jelas-jelas hewan ini dilarang masuk. Yaelah, jangan tanya aku dong, tanyalah pada pegawai rumput yang bergoyang.

Sayangnya ikan ini benar-benar rakus. Menurut penuturan seorang warga yang memelihara ikan tersebut, dibutuhkan sekitar dua kilogram daging ayam untuk ukuran 10 cm selama seminggu bahkan saat ukurannya makin besar bisa empat kg, apa tidak dahsyat tuh. Makin besar lagi makin banyak makannya. Ini kalo terdengar oleh para mahasiswa yang selalu makan mie instan tiap tanggal tua bisa shock.

Mungkin kalo ada tuyul atau babi ngepet jatuh ke kolam yang ada ikan aligator nya pun bisa habis dilahap.

Karena tidak kuat menanggung biaya makannya itulah maka biasanya seseorang terpaksa melepaskan ke alam liar misalnya sungai. Selain itu, bisa juga lepas oleh sebab lainnya yaitu terbawa arus air saat banjir.

Mungkin ada yang bilang, cuma sedikit ini, sungai kan banyak sekali ikan lainnya. Bukan begitu beb, kalo cuma satu dua ikan ganas ini sih tidak masalah, tapi masalahnya mereka itu kan bisa bertelur, dan sekali bertelur itu jumlahnya puluhan ribu, bisa dibayangkan dengan jumlah yang banyak sekali itu ikan lokal tentu akan cepat habis.

Jadi kini sudah tahu bukan kenapa hewan agresif seperti ikan aligator ini tidak boleh dibiarkan bebas berkeliaran, bukan karena takut salah pergaulan tapi karena berbahaya bagi kelestarian ikan lainnya.


Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

57 komentar untuk "Heboh ikan aligator di jogjakarta"

  1. Berarti yang Pea yang hobi melihara ikan Aligator jika sudah bosan dibuang begitu saja kesungai tanpa memikirkan sebab akibatnya..

    Dulu juga ada sejenis ikan model seperti itu yang sempat bikin heboh karena banyak ikan2 disungai mati karena dilahap oleh sang predator tersebut...

    Ternyata penyebabnya yaa karena kebosanan para penghobi ikan Aligator yang kemudian mereka buang begitu saja disungai...


    Mungkin kalau ikan putri duyung Aligator kira2 para penghobi ikan akan abadi nggak kang mengurus atau memeliharanya..πŸ™„πŸ™„πŸ€£πŸ€£πŸ€£

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, dari pada dilepas ke sungai mendingan di goreng saja buat pakan kucing ya kalo ngga doyan ikannya.πŸ˜‚

      Enakan pelihara ikan duyung dari pada ikan aligator ya kang.🀣

      Hapus
    2. (((ikannya digoreng buat empan kucing kata mas agus)))

      (ΰΉ‘ↀα†ΊↀΰΉ‘)

      kang saaat ntar gw baca babaranjang anastasia par 5 n 6 rapel yak...

      δΈ‰δΈ‰α••( ᐛ )α•—

      Hapus
  2. Baru Mbul mau tanya kenapa kok ujug-ujug tuh ikan bisa sampai sini ya? Mbul ketinggalan inpoh mas agus...

    (。•́ωก̀。).。oO

    tuh ikan udah ngalah ngalahin mbul, mbul aja jarang makan hayam...e dia bisa menghabiskan 10 cm ayam per beberapa kali sehari wkwkkw....makmur deh tuh badan makannya sebangsa daging dagingan ya mas...

    tapi mulutnya lucu ya mas, runcing gitu...bisa buat motong sesuatu ga yah tuh gigi hihihi...buat jepitan tar tapi yang kena giginya bisa protol kali ya...tugel maaas ahahah

    ikan yang sangat unik sekali mAs..walaupun seweeem...suka makanin ikan lainnya

    asem ih tadi uda komen panjang kena capcay...komenku hilaaaang

    (。>γ……<。)��…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh pantesan komentar nya agak telat, kirain lagi kehabisan kuota.πŸ˜‚

      Ikan aligator nya mungkin perlu sekali kali dikasih makan sambel nya mbul biar jangan gemuk makan daging ayam terus.

      Aku juga baru tahu belakangan ini, pas lagi baca berita di Opera news saja

      Hapus
    2. lha kok jadinya emotnya mbul bawa toge ya 🀣🀣

      Hapus
    3. Mau bikin gorengan bakwan buat sarapan kali.πŸ˜ƒ

      Hapus
  3. Serem juga bentuk ikannya, itu besar ikannya bisa sebesar apa, apa bisa sampai sebesar aligator?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu juga bisa sebesar aligator apa enggak, tapi panjangnya bisa dua atau tiga meter mas.

      Hapus
    2. Waduh, kalau sampai 3 meter manusia juga bisa dimakan dan manusia bisa jadi makhluk yang langka dong.. serem

      Hapus
    3. Sekarang juga manusia makin langka karena ada covid mas.πŸ˜‚

      Hapus
    4. betul juga ya...#mendadak jadi filosofis gegara mikir manusiapun semakin langka hihihi

      Hapus
    5. Betulkan...#mendadak jadi bingung mau balas apa

      Hapus
  4. Wah, kasus ini perlu segera diperhatikan oleh pihak terkait. Kalau populasinya terus bertambah, ini bisa membahayakan bagi kehidupan ikan di sungai kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Bu Nur, kalo dibiarkan takutnya ikan lokal pada hilang. Sebenarnya bukan cuma ikan aligator sih, banyak juga ikan predator lain seperti Arapaima Gigas.

      Hapus
  5. Aman gak ya kira2 kalau ikan aligator itu dimakan, takutnya bikin gatal2? πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya sih aman, bahkan katanya di Amerika, menu ikan aligator agak mahal harganya

      Hapus
    2. Sepertinya enak tuh kalau dipepes atau dipindang..hihihi

      Hapus
    3. Enak sepertinya, serasa makan semua jenis ikan dikumpulin jadi satu dlm dagin ikan aligator, 3 in one πŸ˜…

      Hapus
    4. Bukan 3 in one tapi all in one, soalnya kan semua rasa ikan ada.πŸ˜„

      Hapus
    5. malah kebayang pengen masak ikan sarden aku 🀭

      Hapus
    6. Silahkan minta sardennya sama kang jaey.😁

      Hapus
    7. Ga punya sarden, minta sm kang agus aja πŸ™„

      Hapus
  6. bentuknya kayak ikan biasa fusion sama buaya :D.. ya memang bahaya kalo ikan seperti ini dibiarkan hidup di lautan ataupun di pelihara, selain bisa mematikan populasi ikan-ikan kecil juga kalo dipelihara makanya banyak, udah ngalah-ngalahin yang melihara :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ikannya dulu berguru dulu sama son Goku dan bezita mas, makanya bisa fusion sama buaya.

      Hapus
    2. fusion itu makanan jepang bukan sih?

      Hapus
    3. Bukan, sepertinya itu makanan tradisional kebumen.πŸ˜„

      Hapus
  7. Bahaya juga ya, kalo makin banyak ikan berkepala buaya ini, bisa2 buaya darat kalah saing sama mereka.. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yang ditakutkan para buaya darat mbak.🀣

      Hapus
    2. Buaya darat ngga bakal kalah saing kan ikan aligator ngga bisa ke darat..hihihi

      Hapus
    3. Siapa tahu ikan aligator berguru sama buaya dan bisa hidup di darat mas.😁

      Hapus
    4. nanti jangan lupa nyanyi lagu ratu maia mulan...lelakiiii buaya darat busyet....πŸ˜‹

      Hapus
  8. iklannya langsung gambar ikan mas, algoritmenya pinter hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting jangan nongol iklan 18+ aja.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  9. Belinya sanggup, ngasih makan ngga sanggup. Ujung-ujungnya malah dilepas ke sungai dan mengganggu ikan lain. Kenapa ikannya ngga dimakan aja sekalian, tapi malah dibuang. Apakah ikan ini bisa dimakan? Atau ada ikan lain yang mau makan ikan aligator. Tentu di rantai makanan ikan ini juga punya pemangsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya ikannya bisa dimakan, cuma kadang karena sayang sebab dipelihara jadinya daripada dimakan mendingan dilepas saja, tidak tahu kalo hal itu bisa mengganggu ikan lain di sungai

      Hapus
  10. Wahhh mantep nih, ikan aligatornya juga bisa membasmi buaya-buaya ilegal yang tidak puas dengan satu wanita atau pasangangannya ini.. Harus dibasmi..! kasian pak-aya ga kebagian

    BalasHapus
  11. Tunggu, ini beneran blog Kak Agus kan? Aku nggak nyasar kan? Kok rasanya kayak admin penulisnya adalah perempuan soalnya pakai "beb" di ujung kalimat wkwkwk.
    Aku baru tahu kalau hewan asing ada peraturannya boleh/tidak boleh masuk ke Indonesia lho. Tak kira cuma berlaku untuk orang atau benda mati aja πŸ˜‚
    Apakah ikan Aligator bisa menjadi sebesar Aligator sungguhan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kata2 yg biasa dipakai waktu mangkal Mbak, beb, cyn, say 🀣

      Hapus
    2. Oh, kang jaey kalo mangkal suka ngomong beb, say gitu ya.😁

      Hapus
    3. Biasanya yang tidak boleh masuk itu yang berbahaya karena memang bisa merugikan, tapi herannya TKA biarpun merugikan warga lokal tetap boleh masuk ya.πŸ˜‚

      Kalo sebesar aligator sungguhan sih ngga, cuma kalo panjangnya iya

      Hapus
  12. Mas, ada peraturan yang mengatur mekanisme deportasi untuk ikan asing yang melanggar izin masuk Indonesia, tidak?

    Seharusnya untuk orang-orang yang dengan sengaja memasukkan jenis ikan atau binatang terlarang ke wilayah Indonesia, harus dijatuhi pidana. Apalagi ikan aligator ini tidak cuma mengancam ikan, tapi bisa saja manusia.

    BalasHapus
  13. yaampun kbayang tuh kalo beredar banyak di perairan Indonesia. Yang ada isinya nanti cuma si ikan aligator doang lagi. Alamak!!!!
    Ntr uda ga bisa lagi tuh berenang di sungai karena takut ada si ikan aligator. Kok jadi ke arah-arah thriller gini ya wkwkwk

    Semoga saja ikan aligatornya bisa dibasmi dari perairan Indonesia deh. Daripada ganggu ekositem kan huhuhu

    BalasHapus
  14. We should protect the mother nature! Great Post. Thanks,

    BalasHapus
  15. ikan Piranha juga pernah dibuang ke sungai dulu...duluu.... waktu jaman pak Harto.

    # Info menarik....

    BalasHapus
  16. Jadi mirip sama ikan sapu-sapu ya, Mas. Sama-sama dilarang untuk dipelihara dan sama-sama beresiko jadi hama di perairan. Tapi kayaknya si ikan aligator lebih parah deh. Soalnya rakus banget 😣. Masak sekecil itu makannya ayam 2 kg...Idih, aku yang sering makan mie instan juga jadi shock dengernya. πŸ˜‚

    Eh iya. Selamat lebaran ya, Mas, walaupun udah telat sih sebenarnya 🀣. Mohon maaf lahir batin ya, mas, kalau aku ada salah kata pas beraktivitas ngeblog. πŸ™πŸ½πŸ˜„

    BalasHapus
  17. Test berhasil ngganya komen di pos ikan buaya.
    Soalnya tadi muncul tulisan akun ku tidak bisa komen disini ��

    BalasHapus
  18. waduh rakus banget ya..
    tapi ikan aligator kayak gini bisa diolah jadi makanan kayak ikan-ikan lain gak sih? hehe..

    BalasHapus
  19. di Aussie ikan mas saja dianggap hama, apalagi aligator begini ya.. Ini yang melepaskan ke alam ikut nanggung dosanya ntar nih, merusak habitat alami dan ujung-ujungya bisa merusak keseimbangan lingkungan.

    BalasHapus
  20. Lain kali bikin aturan kang, kalo ada ikan dari luar negeri mau masuk Indo, harus bawa paspor. Jangan lupa bikin pas foto yang cakep, kebetulan di tempat saya studionya bagus buat pas foto... πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  21. Ngerih juga ya, kalo berenang bebas di alam Indonesia tanpa pasport, lahan ikan lokal bisa tersingkirkan, setuju saya kalo ikan lokal habis kesabarannya dan memilih untuk demo. mungkin ikaan aligator ini bisa direkrut untuk memakan para koruptor

    BalasHapus
  22. dari tampangnya keliatan guanas mas Agus, waduhh iwak wader jelas dilalap abis sama dia
    nggak akan ada lagi nanti lalapan wader :D

    nah pas misal tuh ada yang melihara ikan ini, terussss dipelihara sampe bertaun taun dan jadi gedee, tambah serem aja tuh muka si ikan ya
    menakutkan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, ngeri tuh, Mbak Ainun. Jangan-jangan kalau bisa gede, gak cuma ikan dan ayam aja yang bisa dimakan.. Manusia juga bisa dimakan. 😱😱😱

      Hapus
  23. Gak habis pikir juga sih sama yg melihara tuh ikan,,,bisa2nya kabur yh bang,,,

    Tp pasti jg bakalan hbis disungai bang kan masih ada aligatr yg lebih bahaya kayak buaya, belut sungai atau komodo hihi

    BalasHapus
  24. Buseeet dah, sereem banget bentuknya :D. Mending dijadiin satu di kandang buaya, biar bisa Deket Ama nenek moyangnya mas :p. Gila aja dilepas di sungai biasa.. iya sih, kalo rakus begini, bisa kosong ikan2 sungai dimakamin dia. Makanya LBH cocok disatuin di kolam buaya :D

    BalasHapus