Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara upload file di Google Drive di android

Bagi anda pengguna android maka ada sebuah aplikasi bawaan dari Android yang bernama Drive atau Google Drive. Google Drive adalah penyimpanan online yang disediakan Google untuk pengguna android.

Jika hp android anda sudah memakai OS Lollipop maka aplikasi Drive sudah ada dari HP nya. Tapi jika belum ada silahkan kalian download aplikasi Drive di play store ya. Jika saat download eror atau download tertunda silahkan baca cara mengatasi download tertunda di play store.

Jadi jika memori hp android kita penuh, sementara untuk menghapus file biasanya kita malas karena file itu penting maka kita bisa Google Drive untuk menyimpan file tersebut.

Di Drive kita bisa menyimpan hampir semua jenis file, baik itu foto, video, movie, aplikasi, game ataupun file lain seperti file Zip.

Untuk itu kita perlu upload file ke Google Drive. Sebenarnya cara upload file ke Google Drive di android cukup mudah saja tapi barangkali ada yang belum tahu inilah caranya.

Pertama pastikan koneksi internet anda jalan dan juga sediakan kuota internet karena untuk upload file ke Google Drive perlu koneksi internet.

Kedua, buka aplikasi Drive. Setelah terbuka klik tanda plus (+). Letaknya ada dibawah sebelah kanan. Lihat gambar agar lebih jelas.


Nanti ada beberapa pilihan. Pilih unggah untuk upload file.


Otomatis aplikasi Drive akan mencari file di memori hp kita. Contoh aku mau upload foto hasil makanan. Klik saja ya.


Setelah itu otomatis aplikasi Drive akan mengunggah foto tersebut ke server Drive.


Nah, foto tadi pun sudah berhasil kita buat. Mudah saja bukan. Biar agak tapi kita bisa juga membuat folder di Google Drive. Tinggal klik tanda plus (+) tadi seperti waktu mau upload foto tapi kita pilih folder.

Jika kita tak berhasil dalam upload file ke Google Drive mungkin ada beberapa sebab. Misalnya saja kuota internet kita kurang. Solusinya adalah kita harus beli kuota dulu agar kita bisa upload.

Jika kuota cukup tapi tetap gagal maka coba cek koneksi internet nya. Apakah sedang lambat, karena jika lambat maka kita kita akan susah juga upload file nya. Solusinya adalah tunggu pagi atau siang hari karena pada saat pagi atau siang koneksi internet lancar atau ganti APN internet nya. Untuk caranya silahkan baca cara mengganti APN di android.

Kalau saat menggunggah file film atau video mungkin agak lama dan kita disarankan memakai WiFi. Tapi jika tak ada wifi maka kita bisa upload menggunakan data seluler. Masuk ke pengaturan lalu pilih penggunaan data. Matikan pilihan transfer file hanya melalui WiFi.



Itulah cara upload file di google Drive dengan android. Salah satu keunggulan menyimpan file di google Drive adalah kita bisa mengakses file tersebut baik lewat PC ataupun hp android lain selama kita tahu email dan kata sandi akun Google Drive tersebut. Selain itu, file kita juga aman tak akan dihapus.

Untuk itu banyak blogger download sekarang yang menyimpan file di Google Drive. Hal itu untuk memudahkan karena download file di google drive tak ada  iklannya. Selamat dan semoga sukses ya.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

Posting Komentar untuk "Cara upload file di Google Drive di android"