Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Infinix Hot 30i, handphone ram 8 GB harga 1,5 juta

 


Di bulan Mei 2023 ini brand Infinix kembali menggebrak dunia ponsel tanah air dengan merilis sebuah tipe baru yaitu Infinix Hot 30i, selain juga kakaknya yaitu Infinix Hot 30, cuma kalo ini admin akan bahas versi yang lebih murah saja yaitu Hot 30i dengan harga 1,5 juta rupiah saja.

Bagi yang belum tahu begini ponselnya.


Sedangkan warna yang tersedia ada empat yaitu hitam, putih, biru, dan kuning. Sayangnya yang muncul di Indonesia hanya tiga warna saja minus warna kuning.


Spesifikasi Infinix Hot 30i

  • Layar: 6,5 inchi, HD+ 720x1612 px
  • Kamera: Dual Kamera, kamera utama50 MP + kamera Ai plus lampu flash dan kamera selfi 8 MP.
  • OS: Android 12, XOS 10.6 (XOS itu sistem antar muka khas infinix)
  • Chipset: Unisoc T606 12 nm, Octa core (2 x cortex A-75 1,6 GHz dan 6 x cortex A55 1,6 GHz)
  • RAM: 8 GB dan memori internal 128 GB, bisa ditambahkan ram virtual 8 GB (total ram 16 GB), mendukung slot micro SD 256 GB
  • Baterai: 5000mAh.

Menarik sekali bukan Infinix Hot 30i, dengan harga 1,5 juta sudah mendapatkan hape dengan ram 8 GB, jika masih kurang masih bisa ditambahkan ram virtual 8 GB juga.

Selain itu memori internal atau ROM nya sudah 128 GB, bisa untuk instal banyak game maupun aplikasi untuk kebutuhan hiburan atau memudahkan pekerjaan. Oh ya, ROM nya sudah memakai UFS 2.2 bukan eMMc lagi, jadinya dalam pemrosesan data lebih kencang. eMMc hanya bisa membaca data sampai 250 Mbps dan menulis 90 Mbps, sedangkan UFS 900 Mbps untuk baca dan 256 Mbps untuk menulis. 

Jadi jika kita membuka suatu aplikasi atau game akan lebih cepat loading nya.

Biarpun begitu tak ada yang sempurna di dunia ini, apalagi untuk produk elektronik seperti smartphone. Biarpun infinix Hot 30i mempunyai banyak kelebihan tapi ada juga kekurangan nya. Tapi kita bahas dulu kelebihan nya ya.

Kelebihan Infinix Hot 30i

1. Harga murah

Tak dipungkiri kalo harga murah masih jadi andalan brand asal China ini untuk menggaet pembeli. Dengan harga hanya satu setengah juta sudah mendapatkan smartphone dengan ram 8 GB plus Rom 128 GB.

Harga tersebut adalah harga di official store shopee, mungkin harganya akan lebih mahal di toko lain atau konter offline. Soalnya aku cek di beberapa lapak toko Oren , menjual dengan harga 1,6 juta sampai 1,7 juta.

2. Ram dan Rom besar

Seperti sudah dijelaskan di atas, dengan ram gede 8 GB plus ekspansi ram 8 GB (total 16 GB) jelas lancar untuk menjalankan beberapa aplikasi. Untuk ponsel lain dengan spesifikasi sama (8/128)  harganya masih diatas 2 juta.

3. Kamera 50 MP 

Ponsel android dengan kamera 50 MP memang sudah banyak beredar sekarang, bahkan yang 108 MP juga ada. Tapi dengan harga dibawah dua juta masih bisa dihitung. Salah satunya hp kamera 50 MP termurah ya infinix hot 30i ini.

4. Layar Cerah dengan Refresh rate 90 hz

Biarpun belum full hd plus tapi layarnya yang berjenis IPS lcd sudah mendukung 500 nits, ini cukup cerah untuk dilihat di luar ruangan asal jangan terpapar sinar matahari langsung. 

Selain itu dengan refresh rate 90 hz maka bermain game akan lebih nyaman karena layar sentuh nya lebih responsif. Cuma efek samping nya jika terlalu sering menggunakan refresh tinggi membuat baterai boros. Solusinya matikan jika sudah tidak digunakan main game. Untuk mode standar ada di 60 hz, cukup mulus dan nyaman untuk scroll di sosmed atau portal berita.

5. Desain bagus 

Ini subjektif sih tapi menurutku desain Infinix Hot 30i bagus apalagi dua kamera belakangnya besar bentuknya mirip iPhone 12. Casing belakang juga bagus warnanya sehingga bikin pede.

Selain beberapa kelebihan diatas, berikut beberapa kekurangan dari smartphone asal China ini.

Kekurangan infinix Hot 30i

1. Masih menggunakan android 12

Saat ini sudah keluar android 13, tapi sayangnya hape ini masih menggunakan android 12 padahal rilis tahun 2023. Sebetulnya tidak masalah asalkan dikasih update nantinya. 

Tapi sayangnya brand Infinix sudah terkenal paling malas memberikan update OS Android terbaru.

Biarpun begitu android 12 bukan berarti jelek ya, sudah bagus kok sistem operasinya.

2. Banyak bloatware bawaan

Bagi yang belum tahu, bloatware itu aplikasi bawaan yang sudah terinstall dari pabrik. Sebenarnya bagus kalo aplikasi nya oke, sayangnya kadang malah memberikan aplikasi yang tak jelas.

Selain memakan ram yang membuat makin sedikit, ini juga memakai memori internal. Solusinya tinggal dihapus saja sih. Jika tak bisa dihapus maka di hide saja atau sembunyikan.

3. Tidak mendukung fast charging 

Walaupun memiliki baterai berkapasitas besar yaitu 5.000 mAh tapi sayangnya ponsel ini tidak mendukung fast charging atau pengisian cepat. Ini sangat disayangi karena charger nya sudah USB tipe C yang cocok untuk fast charging. Menurutku ini karena harganya murah dan ada yang dikorbankan, ya fitur ini.

Dengan kapasitas sebesar itu maka untuk mengisi penuh dari nol persen sampai 100% memakan waktu 2,5 jam. Cukup lama, bandingkan dengan kakaknya Infinix Hot 30 yang sudah mendukung fast charging 33 Watt, cukup sejam baterai sudah terisi penuh.


Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

29 komentar untuk "Infinix Hot 30i, handphone ram 8 GB harga 1,5 juta"

  1. menurut saya salah satu kelemahan paling menjengkelkan adalah Bloatware bawaan seperti yang mas bahas itu, menyebalkan memang dikit2 iklan,, jadi esmosi kadang, apalagi klo aps main hp malam2 mucul iklan kayak mau dibanting aja itu HP (tapi blum ada angaran unt hp baru) jadinya ya sayang-sayang jengkel juga, wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, aku juga paling malas kalo ada bloatware, lagi asyik ngeblog baca tulisan kadang nongol iklan nutupin layar, pengin tak banting hapenya tapi sayang karena ngga ada duit.😂

      Hapus
    2. banting aja casingnya dulu, kalau udah yakin kuat batinganya baru banting HPnya xixixixi

      Hapus
  2. Untuk harga segitu yah lumayan juga sih mas ..kebetulan almarhumah ibu saya pake hape infinix.tapi bukan yg ini sih.akhirnya Abang saya yg pake...hape saya aja masih Andoid 11 mas😆..nah aplikasi bawaan itu yg nyebelin..kadang ga butuh juga sih tapi ga bisa di apus 😁menuh"in ruang aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku brand infinix bagus tapi harganya murah, lebih terjangkau dari merk terkenal.

      Cuma kekurangan nya banyak iklannya.😂

      Hapus
    2. Iya mas..kalo aku liat hp ibuku memang banyak banget iklannya wira-wiri..ngeselin banget😆

      Hapus
    3. Dari pada ngeselin mendingan hapenya buatku aja mbak.😁

      Hapus
  3. cocok nih hape buat kalangan bawah yang pengen punya hape bagus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas khanif cocoknya hape Samsung apa Oppo?

      Hapus
    2. Aku mau bikin hp merek baru, namanya Kle-Phone 🤣

      Hapus
  4. Buat nge game lumayan enak si hp ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan enak, asal jangan rata kanan semua.😁

      Hapus
  5. harganya tergolong murah
    resolusi kameranya juga lumayan tinggi nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resolusi kameranya sih tinggi, tapi hasil foto nya standar saja mas.😂

      Hapus
  6. Sebenarnya tergantung kita kang, kalo orangnya toleran biarpun banyak iklannya ngga masalah asal harganya murah fiturnya berlimpah.

    Tapi kalo jengkel, sebaiknya beli Samsung saja.😄

    BalasHapus
  7. Sebel juga ya mas kalo mudah bersliweran iklan. Tapi murah meriah lah hp ini. Anakku lanang kmaren kmaren kayake juga tertarik infinix ini. Tapi karena belum smp , belum takkasih. Kluarga kami sepakat, hp boleh punya sendiri kalo sudah kelas 2 atau 3 smp ,itupun harus nabung sendiri kalo mau baru. Hehehe maknya pelit banget ya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus itu mbak, jadi di ajarkan mandiri, kalo pengin sesuatu harus berusaha dulu, misalnya nabung.

      Mungkin kalo nabung ngga cukup bisa jaga lilin.🤣

      Hapus
  8. ini mah terjangkau banget ya mas Agus, harga segitu pas buat anak anak sekolah yang akhir akhir ini cukup sering daring juga
    Terus kamera udah mumpuni lah ini, oke juga menurutku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku cukup terjangkau, bukan terjangkau banget. Kalo terjangkau banget itu 30 ribu, kayak beli telor.😁

      Betul mbak, cocok buat belajar daring, tapi kamera standar saja sih, ngga bagus tapi tidak jelek.😀

      Hapus
  9. Toleran hitung2 menguji kesabaran ya mas, jadi banyak istigfar jadinya setiap iklan besar muncul 🤣

    Iya juga sih, aku pake samsung sejutaan, fitur apa adanya tapi bersih ga ada iklannya 🤣

    BalasHapus
  10. Chipset Unisoc, saya taunya Media Tek sama Snapdragon. Chipset Unisoc besutan dari mana, Mas?

    Spek dewa harga rakyat jelata, kayaknya harus tukar HP nih spek HP saya kalah jauh..hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unisoc dari China mas, buat nandingi chipset penguasa pasar seperti Qualcomm dan mediatek yang dari Taiwan. Harganya prosesor Unisoc memang lebih murah tapi kalah dalam kecanggihan. Unisoc baru mampu bikin prosesor 12 nm sedangkan mediatek dan Qualcomm sudah 4 nm yang lebih irit daya.😀

      Ya jelas kalah, hape mas Herman kan Nokia E63, masa di adu sama Infinix Hot 30i.😂

      Hapus
  11. Barusan di omongin bersih iklan.. eh di app xplore ku muncul iklan besar, sial 😅

    BalasHapus
  12. Itu iklan dari aplikasi x-plore kang, biar dapat pendapatan pengembang nya kang.😀

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kebalikan dari aku ya, hampir semua fitur hape digunakan, baik ngeblog, nelpon, kalkulator, senter, dll pakai hape. Sayang sudah dibeli tidak digunakan.😅

      Betul, ini hanya masalah selera sih, walaupun sebenarnya hasil kamera DSLR lebih baguusss.😁

      Hapus
    2. memang iya...masalah selera yang ga perlu diperdebatkan...hehe. Cuma mbul ga punya dslr sih, pakenya camera digital murah canon hehe...tapi mau teman teman lain motret pake hape atau camera atau apapun ku ga pernah permasalahin sih...yang penting ngeblog kan buat seneng seneng aja..hehe, update postingan buat ngisi artikel.. dan aku baca pos ini juga jadi nambah info soal spek spek kamera infinix yang mana aku juga suka sama brandnya...walau aku belinya notebooknya sih

      iya maksudnya begitu dah hoho...fungsi hape bisa buat kalkulator jam dan sebagainya...hehehe...☺
      #komen lagi biar ga ada yang melintir melintir dan suka salah paham hahahahha

      Hapus
  14. Ada alternatif lain yang nggak kalah bagus kok Bang.

    Memang masih brand baru sih, namanya Itel S23. Mungkin bisa jadi bahan ulasan Bang Agus dalam blog ini.

    Harganya juga menarik di 1,4 jutaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar juga ya, cuma brand nya masih baru banget. Makasih infonya kang Teddy.

      Hapus