Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang timnas Indonesia di kualifikasi piala dunia 2026

 Buat yang belum tahu, timnas sepakbola Indonesia saat ini ada di ronde kedua dimana bergabung di grup F bersama negara Irak, Vietnam, dan Filipina. Di grup ini Indonesia berada di peringkat paling bawah karena memang ranking FIFA nya paling bawah.

Hal ini terbukti ketika dua pertandingan awal timnas kebanggaan masyarakat ini berada di urutan buncit, kalah sekali lawan Irak dan imbang dengan Filipina. Poinnya 1, sama dengan Filipina tapi Indonesia di urutan paling bawah karena lebih banyak kemasukan gol.

Tapi secara mengejutkan setelah melalui 4 pertandingan timnas Indonesia kini berada di posisi kedua, hal itu terjadi sebabnya timnas Indonesia bisa mengalahkan Vietnam sebanyak dua kali.

Sementara di saat yang sama Filipina juga kalah dua kali lawan Irak. Sehingga Indonesia kini di favorit kan lolos ke babak ketiga.


Pertandingan selanjutnya lawan Irak dan Filipina. Untuk lawan Irak jelas sulit biarpun di kandang sendiri, tapi lawan Filipina kemungkinan besar akan menang apalagi main di kandang. Jika bisa mengalahkan Filipina otomatis Indonesia lolos ke babak ketiga kualifikasi piala dunia 2026.

Nah, dibabak ketiga agak sulit karena banyak negara kuat asia di babak ini. Ada 18 negara di babak ketiga, dimana akan dibagi 3 grup. 

Pot pertama berisi 6 negara dengan 6 peringkat FIFA teratas, kemungkinan adalah Jepang, Korea Selatan, Australia, Arab Saudi, Iran dan Irak. Pot kedua berisi 6 negara yang peringkat FIFA nya 7-12 terkuat, dan pot ketiga dengan peringkat FIFA yang paling lemah. Kemungkinan besar Indonesia berada di pot ketiga.

Masing-masing grup berisi 2 negara pot pertama, 2 negara pot kedua, dan 2 negara pot ketiga. Masing-masing negara akan bermain 10x dengan sistem kandang tandang.

Hanya juara dan runner-up grup saja yang lolos langsung ke piala dunia. Ada tiga grup berarti ada 6 negara yang lolos langsung. Dengan adanya dua negara kuat seperti Jepang, Korea Selatan atau Arab Saudi jelas susah untuk lolos.

Tapi tenang saja. Untuk asia diberikan jatah 8,5 negara. Jika dikurangi 6 negara masih ada 2,5 negara lain yang masih bisa lolos ke piala dunia 2026.

Menurutku peluang besar Indonesia ada di babak ke empat ini. 

Babak keempat berisi 6 negara peringkat ketiga dan keempat dari masing-masing grup di babak ketiga.

6 negara ini nanti dibagi 2 grup, berisi masing-masing tiga negara. Tiap negara bermain 2x saja dan akan bertanding di tempat netral, yang akan ditentukan nanti oleh AFC.

Nah, dibabak keempat inilah kesempatan besar Indonesia untuk lolos karena kemungkinan akan berhadapan dengan negara yang tradisi sepakbola nya tidak terlalu kuat. Mungkin negara seperti China, Thailand, Malaysia, Uzbekistan, Tajikistan atau negara-negara timur tengah seperti Oman, Yordania, Suriah, Bahrain.

Secara permainan menurutku imbang dengan negara-negara yang aku sebutkan di atas, cuma karena main di tempat netral maka harus kuat mental juga.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

41 komentar untuk "Peluang timnas Indonesia di kualifikasi piala dunia 2026"

  1. Dari adanya awal piala dunia diindonesia saya malah jarang nonton bola kang... Bahkan MottoGp juga udah nggak pernah nonton sampai Fuull palingan cuma nonton cuplikannya doang di IG.

    Minal aidzin wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin ye Mas Agus, maafin kite yee kalau ada saleh2 kate selama ngeblog.πŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ™πŸ™

    Jangan lupa bagi THR dong mas Agus.🀭😌😌😴

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo terlalu malam aku juga ngga nonton sepakbola kang, tapi kalo jam 8-9 masih nonton, kalo jam 10 mendingan nonton cuplikannya saja.😁

      Mohon maaf lahir dan batin juga kang satria.πŸ™πŸ™πŸ™

      THR sudah habis kang, yang masih ada di kang Jaey.😁

      Hapus
  2. meski saya ga mengikuti perkembangan sepak bola tanah air, tapi saya berharap tim indonesia dapat mengharumkan nama bangsa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas khanif sepertinya lebih suka nonton soccer ya daripada sepakbola? πŸ€”

      Hapus
    2. soccer sama sepak bola bukanya artinya sama ya mas agus, becanda nih mas agus 😁

      Hapus
  3. Wah ada bola kah, tayangnya di chanel mana mas dan jam berapa.

    Kalau menurutku sih mas di Asia ini yg paling hebat ya Indonesia, semangat mereka besar, berdasarkan pertandingan persahabatan lawan Eropa juga Indonesia ga kalah hebat, bahkan pelatih seperti Beckham, Zidane, rebutan ingin melatih Indonesia, saya yakin Indonesia bakal jadi bintang dunia nantinya setelah kita tiada 🀣

    Serius, Go.. Go.. Indonesia, apalagi dengar2 ada back naturalisasi bernama Jaey bakal makin memperkuat pertahanan Timnas, karena dengar2 Jaey murid dari Kungfu Saolin Soccer dan memiliki 7 bola Dragon Ball tapi saat ini Jaey cuma punya 2 bola aja πŸ˜…πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tayang di RCTI jam 10.30 malam kang, piala asia U23.

      Sepakbola Indonesia tidak kalah dengan negara eropa itu karena satu pemain spesial yaitu Jaey King sebagai stiker.

      Berkat dia Indonesia tidak pernah kalah lawan Spanyol atau Inggris sekalipun. Bahkan konon Pep Guardiola, pelatih Manchester City saat ini mau melatih timnas Indonesia karena kepincut dengan skill Jaey King.πŸ˜„

      Hapus
  4. lady x pandai nak komen kalau tentang bola.. yg pasti suami ldy suka tgk bola..

    BalasHapus
  5. Kapan emang mas Agus...udah ketinggalan beberapa kali gak nonton sepak bola,terkahir kemarin yang menang lawan Vietnam kalo gak salah, itu juga bukan nonton,tapi di kasih tau suami😬

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bulan Juni 2024 nanti ada pertandingan Indonesia vs Irak dan Indonesia vs Filipina mbak.

      Hapus
    2. Semalem ketemu Irak..akhirnya 2-0

      Hapus
    3. Kalah 2-1 mbak, gagal ke olimpiade deh.πŸ˜‚

      Hapus
    4. Eh iya..koq 2-0 siih 😩salah ketik

      Hapus
  6. Semoga timnas Indonesia bisa ke piala dunia biarpun aku tidak nonton bola.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, biarpun tidak lolos ke piala dunia tapi jika sudah melaju ke babak keempat sudah peningkatan yang bagus.

      Hapus
  7. Tetep dukung tim kita donk... BTW, mohon maaf lahir dan batin mas Agus, barangkali ada salah2 kata yg terucap di komentar. Kita kosong-kosong lagi ya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm mas Agusnya kmn ya πŸ€”
      Blm ngbales..??
      Jgn2 lg nonton bola

      Hapus
    2. Kemarin habis sakit kang, makanya ngga buka blog.πŸ™

      Hapus
  8. Harapannya sih bisa minimal tahan imbang irak dan menang lawan filipina sehingga bisa lolos ke babak ketiga kualifikasi piala dunia.

    Selain itu, kalau timnas indonesia juga lolos otomatis ke putaran final piala asis 2027 di arab saudi.

    Mari kita berdoa agar timnas bisa menang di dua pertandingan terakhir :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimal tahan imbang Irak, syukur syukur menang ya mas. Kalo lawan Filipina wajib menang itu mah

      Hapus
  9. Semoga Indonesia bisa ke piala dunia 2026 biarpun berat peluang.πŸ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peluang memang kecil tapi jangan berkecil hati. Sekarang Indonesia sudah oke kok permainan nya.

      Hapus
  10. Aku kurang yakin sih Indonesia bisa ke piala dunia. Bisa maju ke babak ketiga juga sudah prestasi besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Optimis dong, sekarang Indonesia mainnya sudah bagus kok.

      Hapus
    2. Semalam nonton timnas U23, Alhamdulillah ke semifinal dan makin dekat ke olimpiade Paris.

      Hapus
  11. Taqobalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir batin. Saya juga penggemar sepak bola, baik luar negeri maupun dalam negeri, termasuk timnas. Sekarang di era STY dan ET dengan mengutamakan pemain abroad dan naturalisasi Grade A, perlahan timnas Indonesia mulai naik kelas, sudah bisa dikatakan macan Asia Tenggara sekarang mulai menggeser dominasi VIetnam dan Thailand, bahkan di level Asia mulai diperhitungkan lawan. Liat saja kemarin yang u-23 mengejutkan mengalahkan Australia u-23, lalu tuan rumah Qatar sampai takut segitunya sehingga menghalalkan segala cara agar menang lawan Indonesia hehe..Untuk yang senior, lolos fase grup pun sudah luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak Vicky. Kalo aku cuma nonton sepakbola kalo timnas Indonesia main saja, baik timnas senior atau junior.

      Sebenarnya sayang juga banyak pemain naturalisasi tapi apa boleh buat, liga Indonesia belum bisa menghasilkan pemain berkualitas.

      Hapus
  12. Si mas Jaey bisa aja komennya 🀣🀣. Kirain bakal serius πŸ˜…

    Kita liat ajalah ntr bakal gimana ya mas. Walopun ada harapan, tapi terkadang sadar diri persepakbolaan di sini masih jauuuh dr kata bagus 🀭. Kalo lolos ya aku pasti seneng, kalo ga juga yo wislah 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakbola Indonesia sudah mulai berbenah kok mbak, sekarang timnas kalo main sudah mulai bagus, berani presing, kalo dulu kan cuma mengandalkan serangan balik kalo lawan tim kuat.

      Hapus
  13. ya tidak ada salahnya berharap sepak bola indonesia bisa lebih baik lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah sekarang timnas Indonesia sudah lebih baik kok kang. Indonesia tadinya peringkat 173 FIFA, sekarang sudah 135.

      Hapus
  14. Alhamdulillah, sekarang timnas Indonesia makin gacor bisa kalahkan Vietnam 2x bahkan di kandang Vietnam menang 3-0.

    BalasHapus
  15. semoga Timnas Sepakbola Indonesia sukses!!
    πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  16. Tok tok tok... assalamu'alaikum
    adminnya lg kmn ya? kok blm ada artikel baru??? hehe... :D
    jgn2 sibuk persiapan kawin nih

    BalasHapus
  17. kalau soal peringkat peringkat di cabor sepakbola, aku ga begitu paham karena memang ga ngikuti, perhitungannya juga ga begitu ngerti
    pokok pas ada pertandingan aja yang aku tau menang atau kalahnya
    yang terakhir kemarin yang menang lawan korea selatan

    BalasHapus
  18. Timnas Indonesia, maju terus, semangat. Semoga doa kita semua masyarakat Indonesia dikabulkan.

    BalasHapus
  19. Semoga malam ini Indonesia bisa menang lawan irak sehingga bisa lawan Messi nanti di olimpiade. ;)

    BalasHapus
  20. Gagal juara 3 yah, sayang banget

    Tapi ini udah kemajuan pesat banget ya dibandingkan dulu-dulu

    Maju terus timnas indonesiaaaa

    BalasHapus
  21. Saya sama sekali tidak menonton pertandingan ini
    walau kata tetangga seru
    ya karena saya mungkin termasuk orang pesimis

    BalasHapus