Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi smartphone android blank


Halo para pengunjung Blog Sarilah, apakah smartphone android kalian pernah mengalami blank atau tak bisa dipakai sama sekali? Jika pernah maka ada baiknya kalian baca cara mengatasi smartphone android yang blank.

Sebelum membahas caranya maka ada baiknya kita ketahui terlebih dulu apa penyebab hp android blank. Banyak faktor yang membuat hp android menjadi blank. Salah satu yang sering dialami adalah karena hp android kehabisan memori atau RAM dan ini merupakan penyebab paling banyak.

Selain karena memori atau ran  penuh, smartphone android yang blank bisa juga disebabkan karena virus. Sekarang banyak virus yang beredar dan jika terjangkit virus bisa membuat hp hang atau bootloop.

Baiklah, berikut cara mengatasi smartphone android yang blank:

  • Pertama bersihkan cache atau sampah yang menumpuk di hp android. Semakin banyak penggunaan hp maka tanpa kita sadari akan semakin sampah yang menumpuk dan memakan memori hp. Untuk cara menghapus sampah jika hp anda hp xiaomi silahkan baca cara menghapus sampah di android xiaomi. Jika hp android lain silahkan masuk ke pengaturan lalu memori penyimpanan lalu hapus cache atau sampah.
  • Cara kedua adalah menghapus aplikasi dan permainan yang jarang dipakai atau tidak penting. Hal ini penting karena bisa memberikan ruang memori yang lebih lega sehingga hp android tidak cepat blank. Menghapus aplikasi juga memberikan ruang tambahan buat ram karena makin banyak aplikasi maka ram makin kecil. Silahkan baca cara melihat ram di android.
  • Cara ketiga yaitu dengan update software atau kalo bisa upgrade ke OS android yang lebih tinggi. Hal itu karena software yang lama biasanya ada bug atau kerusakan sehingga dengan update software bisa memperkecil hp menjadi blank atau eror.
  • Cara ke empat atau terakhir adalah dengan factory reset atau kembali ke pengaturan pabrik. Jika tiga cara diatas tak mempan dan masih lemot maka memang kita harus kembali ke pengaturan pabrik agar smartphone kita fresh seperti saat baru beli. Jangan lupa back up data penting ya. Untuk back up data seperti aplikasi dan game bisa lewat File hosting gratis unlimited strorage.
Begitulah cara mengatasi hp android yang blank yang aku tahu. Jika anda tahu cara lainnya silahkan berikan komentar ya agar bisa lebih banyak informasi untuk mengatasi smartphone android yang blank.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

Posting Komentar untuk "Cara mengatasi smartphone android blank"