Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara upload ke google drive menggunakan remote url

Bagi anda yang suka upload ke file hosting tentu kenal dengan fitur remote url yang ada di kebanyakan file hosting. Remote url adalah cara upload ke file hosting cukup dengan memberikan alamat url file saja maka file sudah dapat kita upload. Salah satu kelebihan dengan remote url adalah waktu yang singkat dan juga hemat kuota data.

Kebanyakan file hosting seperti userscloud ataupun upfile yang merupakan File hosting gratis unlimited disk space menyediakan fitur remote url. Sayangnya Google drive yang merupakanFile hosting gratis tanpa kadaluarsa tidak menyertakan fitur upload dengan remote url. Mungkin hal itu untuk mencegah virus masuk atau spam yang dilakukan dengan remote url karena jika upload dengan remote url memang cepat sehingga server google tak bisa mendeteksi virus yang masuk, lain hal nya jika upload file secara manual.

Tapi tenang saja karena Blog Sarilah akan membagikan tutorial cara upload ke google drive menggunakan remote url. Tenang saja, remore url yang aku bagikan bisa dengan hp android kok walau tentu saja jika dengan PC tentu lebih baik.

Ok, begini cara menggunakan remote url untuk upload ke google drive:

  • Pertama kunjungi http://urltocloud.nsspot.net. pada bagian url masukkan alamat url file yang ingin anda upload. Pada bagian file name to save silahkan isi nama filenya, tidak diisi juga tak apa-apa kok. Pada select a cloud service pilih google drive. Setelah itu klik save to cloud.

  • Tunggu sebentar maka situs tersebut akan meminta izin pada anda untuk menggunakan akun google anda. Klik saja ijinkan. Oh ya, jika browser anda menggunakan fitur blokir iklan pop up maka matikan saja dulu ya karena jika masih menggunakan blokir iklan pop tak akan bisa.
  • Tunggu sebentar maka file akan di upload ke akun google drive anda. Lama waktunya tergantung server file yang anda upload. Jika cepat maka dalam waktu kurang dari semenit file sudah masuk ke google drive.

Saat aku coba upload film little Manhattan dengan ukuran 250 mb hanya makan waktu kurang dari semenit padahal itu malam hari. Jika menggunakan upload biasa maka bisa makan waktu lama karena hp saya saat upload maksimal hanya mencapai 500 kb saja perdetiknya bahkan seringnya hanya 100 kb perdetiknya. (Baca juga Cara menonaktifkan notifikasi berita di opera android)

Selain untuk google drive, situs urltocloud itu bisa juga untuk file hosting lain seperti dropbox, facebook, microsoft one drive, amazon cloud drive, flick dan lainnya. Silahkan pilih sesuai keinginan anda.

Selamat mencoba cara upload file ke google drive menggunakan remote url. Walau memang cepat tapi menurutku kita juga harus cermat. Jika memang anda percaya situs itu silahkan menggunakan situs tersebut, tapi jika anda kurang percaya silahkan upload dengan manual saja ya. Biarpun agak lama tapi aman.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger yang ingin berbagi pada dunia terutama tentang film dan serial tv, suka nonton film tapi lewat gadget terutama handphone

8 komentar untuk "Cara upload ke google drive menggunakan remote url"

  1. Oohh bisa ternyata yaa! Kang ...Berarti harus ada pihak kedua yaa!! Ok kang thanks ntar mau nyoba nyimper url photo Rondo..😱😳😳

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa ngga nyimpan foto pak nana saja kang.😁😀😂

      Hapus
  2. Hallo mas Agus mau nanya, simpan data di google drive maksimal berapa GB?

    Atau tanpa batas?

    Misalnya akun google saya ada blog (tentunya ada foto - foto blog), ada youtube (tentunya video dll), kemudian google draive (data - data lainnya). Pertanyaan saya ada minimal penyimpanan kah?

    Jika ada berapa dan kalau melewati minimal penyimpanan nanti apa yang terjadi mas, apakah lemot atau data kita hilang?

    Saya nda tahu mas, kalau mas tahu mohon sharing ya, thanks mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pengguna biasa hanya sekitar 15 GB pak guru, tapi kalo foto foto blog saya kurang tahu apakah dihitung apa tidak tapi sepertinya tidak sih, soalnya blog satunya aku banyak fotonya tapi penyimpanan google Drive tetap tidak berkurang.

      Kalo menurut yang aku baca jika sudah 15 GB tidak akan bisa upload lagi tapi data tersebut tidak hilang selama file tersebut bukan file yang mengandung hak cipta seperti lagu atau film. Tapi pengalaman aku simpan film di google Drive aman saja dengan syarat hanya untuk pemakaian pribadi, yang dihapus itu jika film itu bebas di download siapa saja.

      Kalo penyimpanan 15 GB sudah lewat, pak guru bisa upgrade akun premium 100 GB tapi ada bayarannya, cuma aku kurang tahu berapa, yang pernah aku baca sih sekitar $2,5 per-bulan.

      Hapus
    2. Mas, bayarnya di mana?
      Kalau saya simpan di google draive tetapi untuk orang download apakah itu aman mas, soalnya saya ada perangkat pembelajaran banyak sekali, mulai dari RPP, silabus, prota, prosem dan lain - lain, saya taruh di blog bagannya berantakan.

      Jadi pertanyaan saya kalau untuk orang download apakah itu aman. Yang pasti hasil buatan saya sendiri mas. Mohon berbagi mas, soalnya buatnya cape, takut ilang, mau simpan di laptop banyak data...

      Mohon bagikan pengalamannya lagi mas...

      maturnuhun mas, sukses selalu.

      Hapus
    3. Kalo soal bayarnya dimana aku bingung pak guru karena belum pernah upgrade akun premium, selama ini aku pakai yang gratis saja. Jika sudah penuh 15 GB maka aku buat akun Gmail lagi, dapat 15 GB lagi, begitu seterusnya, maklum sukanya yang gratisan pak guru.😂

      Soal file buatan sendiri jika di download aku rasa aman saja sih tapi aku kurang tahu juga. Mungkin pak guru bisa membaca syarat dan ketentuan google drive agar lebih jelas.

      Sukses juga buat pak guru ya, semangat pak.😃

      Hapus
    4. siap mas, saya coba gunakan dulu, oh ya, terima kasih juga triknya mas, buat google lagi. muncul ne ide, thanks mas...

      Hapus
    5. Sama sama pak guru, dari pada bayar kan mendingan buat akun Gmail saja yang banyak, gratis lagi. Ada 5 akun Gmail berarti 75 GB, kalo masih kurang tinggal bikin lagi.

      Oh ya, kalo mau upload foto mendingan pakai google photo saja pak, katanya unlimited kalo di google photo.

      Hapus