Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara atasi layar berkedip-kedip Sharp Aquos Sh01g

Cara atasi layar berkedip-kedip Sharp sh01g - Sharp Aquos SH 01G adalah handphone asal Jepang yang dijual pada toko online di Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, Shoope dan lainnya dan merupakan salah satu produk yang cukup laris. Hal ini karena smartphone asal Jepang ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan tipe lainnya, diantaranya:

  • Layar IPS IGZO 5.5 inci
  • Baterai awet 3.000 mAh
  • Prosesor Snapdragon 800
  • Kamera jernih 13 MP 
  • Ram 2 gb
  • Memori internal 32 gb
Sayangnya selain kelebihan itu, Sharp sh01g juga mempunyai kekurangan yaitu layarnya yang suka berkedip-kedip sendiri. Hal itu aku dapati saat pertama beli. Aku kira hanya punyaku saja, tapi saat masuk grup Facebook, ternyata banyak juga yang mengeluhkan hal yang sama.

Kebanyakan yang mengeluh adalah pengguna baru yang baru memakai produk asal Jepang ini. Nah, dari komentar yang ada di grup Facebook itu ternyata layar kedip-kedip itu bisa sedikit diatasi. Berikut cara mengatasi layar kedip Sharp sh01g:

Pertama pergi ke setting atau pengaturan.


Setelah itu klik display atau layar.


Pilih brightness level lalu buka.


Lalu hilangkan tanda centang pada automatic brightness. Setelah itu silahkan atur brightness atau kecerahan layar sesuai selera masing-masing. Kalo saran saya sih pilih sedikit saja agar lebih hemat baterai, karena saat automatic brightness nya dimatikan maka kecerahan display tidak akan mengikuti perubahan cahaya.


Kembali lagi ke menu lalu pilih Quality mode. Biasanya mode kualitas nya adalah Standar Quality. pilih dinamic ya pada Quality mode.


Setelah itu coba restart hp sharp android anda, insya Allah sekarang sudah mending layarnya, tidak terlalu berkedip-kedip lagi, jadi bukan menghilangkan kedipnya ya, tapi cuma mengurangi saja agar tidak sering berkedip.

Selain pengaturan itu, gunakan launcher yang memakai background gelap seperti hitam atau merah, jangan menggunakan yang warna putih, karena akan terasa kedipnya.

Demikian tutorial cara mengatasi layar Sharp Aquos SH01G yang aku ketahui, semoga bermanfaat untuk anda yang mengalami masalah tersebut. Selain Sh01g, tipe lain dari Sharp juga ada yang kena masalah tersebut, aku lupa tipe apa cuma layarnya memakai jenis IPS IGZO juga, jadi aku kira ini adalah kelemahan layar sentuh yang memakai panel IGZO.

Layar IGZO atau Indium, Gallium dan Zinc Oxide sendiri merupakan semikonduktor yang dikembangkan sebagai bahan pembuat layar kristal cair, untuk menyaingi teknologi layar alternatif berbasis silikon. Selain digunakan pada produk handphone, sharp juga menggunakan pada produk televisi mereka. Selain digunakan pada IPS lcd, IGZO juga dipakai pada layar TFT dan Amoled.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

2 komentar untuk "Cara atasi layar berkedip-kedip Sharp Aquos Sh01g"

  1. kedip2 mungkin lagi jatuh cinta pada pandangan pertama dari penggunanyya. aseeeeeeek ....

    BalasHapus

  2. Mungkin lagi ganjen mau ngelirik rongdo kang...😂😂😂😂

    Yaa!! Hal seperti itu sama persis kaya smartphone Changyong buatan china..yang sempat mampir atau masuk pasar pulau Batam tahun 2017 lalu.

    Layar IGZO memang seperti itu diseting atau nggak sebenarnya nggak ada pengaruhnya. Yang saya tahu itu menandakan bahwa sistimnya bekerja normal atau stabil... Justru kalau seminggu nggak kedip itu kondisi Smartphone ada masalah Baik solfware atau hardware..😄😄


    Kalau Himax polimer gw beda lagi lampunya ada 2 biru sama merah itu juga suka ganjen kedap-kedip. Kalau dimatiin malah smartphonenya jadi sering panas.

    Sistim itu sebenarnya nggak pengaruh ke baterai kok..Jadi biarkanlah dia kedap-kedut sambil lirik Rondo Sebelah..😂😂😂😂😂

    BalasHapus