Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sharp SH01G menjadi remote TV

Salah satu kelebihan hp Sharp SH01G selain harganya yang murah dengan fitur berlimpah adalah mempunyai fitur infra merah. Kegunaan infra red ini bukan untuk transfer file seperti hape jadul tahun 2000an tapi menjadi remote tv. Jika kalian sudah punya hp xiaomi tentu tak asing dengan Mi Remote, Nah, hp asal Jepang ini juga bisa lho menjadi pengontrol televisi.

Tapi agak berbeda dengan Xiaomi yang letak infrared nya ada di bagian Bezel, Sharp SH 01g ini letak nya ada di bagian belakang. Saat pertama mencari aku juga agak kebingungan dimana tempatnya, ternyata ada di samping kamera. Silahkan lihat gambar agar lebih jelas ya.



Ok, langsung saja admin akan bagikan cara membuat Sharp Aquos SH01G menjadi remote tv.

Pertama instal aplikasi Mi Remote, jika belum ada silahkan unduh di play store ya. Jika hape anda tidak bisa konek internet silahkan baca cara mengatasi Sharp Fujitsu yang tidak bisa mengakses internet.


Setelah terinstal aplikasinya, lalu buka. Ada beberapa menu didalamnya. Bisa buat remote tv, AC, kipas angin dan lainnya. Karena admin bahas pengontrol televisi maka pilih TV.


Di dalamnya terdapat beberapa menu. Silahkan pilih tombol plus (+) untuk menambahkannya. Letak menunya ada di kiri atas, silahkan lihat gambar yang aku lingkari.


Ada beberapa merk televisi yang muncul. Silahkan pilih sesuai merk masing-masing ya, ada Samsung, Changhong, TCL, Konka, silahkan geser ke bawah untuk mencari tipe yang tepat, jika tidak ada maka pilih other saja. Karena aku memakai LG maka itu yang saya pilih.


Pertama silahkan arahkan infra merah yang ada di samping kamera ke arah televisi. Jika tv lagi hidup silahkan dipencet tombol menunya. Jika sukses dan tv merespon maka silahkan klik yes, jika tak merespon silahkan cari merk lain yang tepat. Tapi biasanya jika merknya tepat akan sukses sih.


Nanti akan muncul beberapa pilihan. Dari Device Name, Remane Device, sampai Add shortcut. Jika anda tak ingin pusing silahkan klik saja paired.


Nah, begini penampakan dari remote tv yang ada. Cukup lengkap bukan menunya. Yang CH untuk channel TV dan Vol untuk suaranya.


Bagaimana, mudah saja bukan menjadikan Sharp sh01g menjadi remote control untuk televisi. Selain untuk tv, device ini juga bisa untuk AC, DVD player, Kipas Angin, dan peralatan elektronik lainnya yang ada di Mi Remote. Selain Sharp sh01g, bisa juga untuk Sharp Z2 atau tipe lainnya yang mempunyai infra merah. Semoga artikelnya bermanfaat untuk anda semua nya.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

2 komentar untuk "Cara Sharp SH01G menjadi remote TV"