Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara tes pressure naik Sharp Fujitsu tanpa perlu masuk air

Cara tes pressure naik hp Sharp Aquos Fujitsu Arrow tanpa perlu masuk air - Pressure adalah fungsi di handphone yang berguna untuk mengetahui apakah gawai yang kita punya masih tahan air atau tidak. Jika pressure naik itu berarti aman untuk direndam air. Tapi tidak lama ya, biasanya smartphone anti air paling lama hanya tahan direndam selama 30 menit saja.

Jadi, dengan adanya fitur pressure ini kita tidak perlu langsung merendam  handphone di air, takutnya malah mati kan kita sendiri yang rugi. Memang sih, yang pressurenya naik juga belum tentu masih water resistant, tapi 90% hape yang sertifikat tahan air nya naik maka aman untuk direndam.

Berbeda dengan Sony Xperia yang mempunyai kode untuk pressure sensor test, yaitu dengan menekan *#*#7278423#*#* di menu, sayangnya hal ini tak bisa diterapkan untuk Sharp Aquos atau Fujitsu. Tapi tenang saja, kita tetap punya cara untuk mengetahui apakah masih ok hapenya tanpa perlu merendam hp di air.


  • Pertama download aplikasi Weather Signal di play store. Jika tak ada silahkan download Weather Signal. Ukurannya cukup kecil kok, cuma 1.6 MB saja jadi tidak memakai banyak ram.
  • Kedua, buka menu. Jika ada tulisan pressure silahkan di klik. Tekan bagian layar dan bagian belakang smartphone. Tekan perlahan-lahan lalu agak lama tekan yang kuat. Tapi jangan terlalu kuat ya, takutnya nanti lcd nya malah rusak.
  • Nah, jika pressure nya naik seperti ini berarti masih aman dan tahan air.
  • Tapi jika ternyata handphone anda tidak ada menu pressure nya, itu berarti gawai anda tidak ada sensor pressure nya. Berarti anda tidak beruntung seperti Sharp Aquos SH 01g atau Fujitsu F01h, jangan sedih ya, mungkin itu sudah nasib hp murah soalnya harganya kan cuma 600 ribuan.

Biasanya handphone yang sudah water resistant atau tahan air mempunyai sertifikat IP68 atau IPX-7. Water resistant itu sendiri artinya tahan air ya bukan anti air atau waterproof.

Perangkat IP itu sudah menjadi standar tersendiri dalam sebuah produk elektronik terutama smartphone asal Jepang karena masyarakat disana sangat hobi bermain hape bahkan saat mandi pun kabarnya masih membawa gawai makanya hape-hape asal jepang kebanyakan anti air seperti Sharp, Fujitsu, Sony Xperia, Kyocera, dan lainnya.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

1 komentar untuk "Cara tes pressure naik Sharp Fujitsu tanpa perlu masuk air"


  1. Tapi kenapa vendor2 smartphone enggan buat model gaya smartphone yang tahan di air berjam2..😊😊

    Sehebat-hebatnya Sony Experia masih kalah sama Jam G-Shock gw yang tahan air berjam2... Meski sudah jadul tetap awet sampai sekarang ...😂😂😂

    BalasHapus