Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FIFA tunjuk Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia U-17

 


Setelah pada bulan April 2023 masyarakat Indonesia terutama pecinta sepakbola dibuat sedih dengan dibatalkannya sebagai tuan rumah piala dunia u-20 kini datang kabar gembira. FIFA memastikan bahwa negara'tercinta kita ini kembali ditunjuk menjadi tuan rumah untuk piala dunia U-17.

Indonesia menjadi tuan rumah untuk piala dunia usia 17 tahun ini menggantikan Peru yang mundur karena infrastruktur tidak siap.

Secara infrastruktur sendiri, negara kita ini sudah siap karena sudah banyak stadion yang dibangun untuk pergelaran piala dunia usia 20 tahun. Tapi sayangnya dibatalkan FIFA detik detik terakhir dengan alasan "situasi terkini yang tidak memungkinkan".

Situasi terkini yang tidak memungkinkan itu, kemungkinan karena penolakan sejumlah kepala daerah kepada timnas Israel yang memang menjadi peserta piala dunia u-20. Hal ini mematahkan semangat para pecinta sepakbola yang ingin melihat timnas Indonesia berlaga di piala dunia usia muda tersebut. Kecaman tentu saja ditujukan kepada dua kepala daerah tersebut.

Alhamdulillah, Jumat 23 Juni 2023 FIFA memutuskan Indonesia menjadi tuan rumah piala dunia biarpun untuk usia 17.

Tentunya ini berkat lobi ketua umum PSSI Erick Thohir yang memang terkenal pintar dalam melobi.

Sebelum beliau juga sukses mendatangkan juara dunia Argentina ke Senayan, padahal seperti kita tahu sangat sulit, sangat sulit mendatangkan tim peringkat 10 besar karena banyak negara lain yang juga mau berujicoba dengan mereka.

Kesuksesan pertandingan persahabatan itu tanpa ada demo maupun ricuh meyakinkan FIFA kalo Indonesia memang baik-baik saja. Apalagi masyarakat sangat antusias menonton pertandingan bergengsi itu. Buktinya tiket yang dijual secara online langsung ludes dalam hitungan menit. Sudah kayak flash sale toko online saja ya.

Persiapan menyambut piala dunia U-17 

Keberhasilan menjadi tuan rumah piala dunia usia 17 tahun ini tentu momen yang berharga. Tapi jangan sampai kita tidak menjadi tuan rumah yang baik.

Untuk saat ini sendiri badan sepakbola dunia FIFA belum menunjuk stadion mana saja yang akan menjadi arena pertandingan. Tapi kemungkinan enam kota yang dulu siap jadi tempat pertunjukan akan kembali dipilih, alasannya karena memang sudah siap.

Tim Nasional Indonesia U-17 

Nah, inilah yang paling mengkhawatirkan ku. Pertandingan akan dimulai pada bulan November 2023, tepatnya 10 November 2023 sampai 2 Desember 2023.

Sekarang sudah bulan Juni, artinya timnas Indonesia hanya memiliki waktu sekitar 4 bulan saja.

Ini jelas waktu yang mepet untuk menyiapkan sebuah timnas, tapi apa boleh buat karena memang PSSI sudah menyanggupi menjadi tuan rumah.

Idealnya memang butuh waktu 1-2 tahun menyiapkan tim agar jadi kompak dan bagus. Contohnya timnas U-20 yang sudah dipersiapkan dari 2021 untuk event 2023 tapi sayangnya batal.

Menurut informasi yang aku baca, Timnas U-17 akan dipimpin oleh Bima Sakti sebagai pelatihnya. Walaupun kurang setuju dengan penunjukan itu karena kegagalan ke piala Asia U-17, dimana saat laga pamungkas malah kalah 5-2 dari Malaysia, semoga saja Bima Sakti bisa menyusun strategi terbaik saat piala dunia nanti.

Untuk naturalisasi pemain aku tidak masalah asalkan pemainnya memang berkualitas dan respek dengan negara tercinta kita ini.

Dan terakhir, semoga kali ini tidak ada orang bodoh yang menggagalkan lagi pergelaran akbar ini, misalnya dengan demo ataupun menolak kedatangan tim nasional negara lain.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

23 komentar untuk "FIFA tunjuk Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia U-17"

  1. Wah mantap ini ada piala dunia u-17 kah, setelah sebelumnya u-20 gagal karena ada yg ga suka tim israel dtg ke sini hihi..

    Ya semoga u-17 ini sukses tanpa hambatan, kasian klo gagal lagi, timnas merasa di PHP 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kang, aku juga tadinya tak percaya baca berita di Opera, tapi pas aku cari di google katanya iya.

      Semoga saja beneran ada ya kang, jangan cuma PHP.😄

      Hapus
  2. Iya nih saya juga nunggu"mas Agus...kemrain sempat batal..moga"yg ini gak batal lagi deh... fasilitas mendukung banget..apalagi yg di tunggu,sebagai penyuka bola..ga sabar saya liatnya...emang sih kmmren Bima Sakti agak ga berhasil ya..moga"kali ini berhasil lah .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, semoga kali ini tidak ada yang bikin ulah atau cari sensasi demi pemilu tahun depan.

      Semoga timnas Indonesia bisa melaju ke babak selanjutnya, jangan hanya di grup saja.

      Hapus
  3. Semoga giveaway kali ini tidak mengecewakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya mas, seharusnya kejadian kemarin jadi pelajaran biar jangan menyepelekan FIFA

      Hapus
  4. tinggal tunggu aja ya,
    semoga enggak ada drama lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masih ada drama lagi, orang yang bikin drama sebaiknya dibuang ke Nusa Kambangan.

      Hapus
  5. Sebenarya Fifa sudah sreg sama Indonesia sejak lama... Cuma terkadang orang indonesia saja yang punya pemikiran berlebihan dan banyak kurang bersyukurnya.

    Jadi setiap akan membuat proyek apapun bentuknya selalu ribut dan jadi kontroversi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, sekarang FIFA sudah nunjuk Indonesia jadi tuan rumah, publiknya malah yang ribut, stadion JIS layak jadi tempat pertandingan atau tidak.

      Ntah drama apalagi ntar.🤣

      Hapus
  6. Kalau pesertanya gak ada israel atau Ukraina/Rusia sih harusnya lancar jaya aja

    Hopefully deh ini bs jadi angin segar yg beneran terlaksana Huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga ada Israel, ngga ada juga Ukraina atau Rusia kang.

      Betul kang, semoga terlaksana.😀

      Hapus
  7. Tadi kalau ga ngematin banget bacanya aku ga ngeh arti U-17 itu umur 17 ya, takkirain tadi yang umur dah pemain bola di atasnya. Ternyata U-20-nya ga jadi ya sebelumnya...aku kudet baru tau berita ini abis baca post mas agus malah wkwkkw

    wah artinya pemain bolanya yang remaja ya. Semoga perhelatan sepakbola internasional gini jika diselenggarakan di Indonesia lancar dan aman saja deh 😄. Supaya di mata dunia Indonesia juga bagus kan...dan kalau beneran jadi bisa merangkul banyak sektor misalnya dari segi pariwisata atau bahkan kuliner yang bakal menarik penonton dari luar negeri yang singgah menonton untuk tahu lebih dalam atau lebih mengenal baik bahwa Indonesia juga bagus lho....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbul, U-17 itu pemainnya batas maksimal cuma 17 tahun, bisa 15, 16 bahkan 14 tahun.

      Semoga saja terlaksana dengan lancar agar Indonesia makin terkenal di dunia internasional. Semoga saja sate ambal dijadikan menu ikonik di piala dunia u17 juga.😅

      Hapus
  8. Kalau tidak demo kok rasanya kurang seru
    Entar yang demo tak ada kerjaan, sekarang kan semuanya jadi profesi
    Eist itu negara sebelahnya ya
    Kalau indonesia mah baik banget, waktu yang mepet, tapi bisa kerja dengan baik
    Pokoknya siap deh dengan perhelatan akbar ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, orang Indonesia mah ramah tamah ngga ada yang demo, kalo yang demo tetangga sebelah itu mah.😁

      Hapus
  9. indonesia bisa mengikuti piala dunia di kelompok umur melalui jalur tuan rumah. Penyelenggaraannya bebarengan dengan konser coldplay. akhirnya stadion GBK tidak bisa digunakan untuk piala dunia. Akhirnya stadion JIS diajukan untuk menjadi tuan rumah bersama dengan stadion-stadion lainnya. Renovasi pada JIS pun akhirnya dibumbui dengan agenda politik. Pada saat itulah aku mulai malas mengikuti beritanya lagi...hahhaha

    menurutku, ketika gagalnya piala dunia u20 di indonesia, indonesia sudah kehilangan momen. Begitu juga dengan antusias masyarakat. Semua dibumbui dengan agenda politik sehingga sepak bola sudah berjalan tidak pada semestinya. Masyarakat sudah muak dengan sepak bola yang dibumbui dengan agenda politik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang bikin malas kang, sebaiknya Jakarta tidak usah menggelar pertandingan saja kali ya. Sebaiknya pindahkan ke kota besar lain yang sudah siap.

      Betul kang, masyarakat sudah kehilangan momen tapi tetap masih banyak yang antusias, maklum penggemar sepakbola kan banyak di Indonesia

      Hapus
  10. Mantap deh... moga-moga persiapan yang bakal seperti " lash sale" juga bisa dilaksanakan dengan baik

    BalasHapus
  11. semoga pemain dan kita para suporter bisa belajar dari pemain U17, tapi dalam hal ini kita sependapat saya juga kurang sreg kalau Bima Sakti jadi pemimpinya, mengingat kegegalan beberapa waktu lalu

    BalasHapus
  12. Semoga ya mas. Walopun aku ga paham dengan bola, tapi kalo ngobrol dan dijelasin suami, ya aku juga dukung kalo Indonesia bisa jadi tuan rumah, kan demi reputasi kita juga.

    Drpd ributin masalah Israel, aku LBH kuatir penontonnya bakal rusuh, Krn supporter di sini masih tipe yg panasan sepertinya 😔. Kan bikin malu kalo sampe ada pertandingan Ama negara lain, trus rusuh.

    BalasHapus
  13. Hai, Terima Kasih artikelnya bagus sekali. BTW Salam sesama blogger saya pingin berteman dan follow blog sampean :)

    mashilman,blogspot,com

    BalasHapus