Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Paket internet murah untuk sebulan

 


Internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang sekarang ini apalagi sebagai blogger yang suka menulis atau blog walking. Selain blogger, pelajar zaman sekarang suka harus memiliki paket data yang banyak karena hampir tiap hari belajar online. Tak heran kalo banyak yang mencari paket internet murah untuk berselancar di dunia maya.

Aku sedang asyik jalan-jalan di internet atau blog walking ke teman-teman blogger ketika datang sebuah SMS.



Ah sial, perasaan belum terlalu banyak pemakaian, cuma buat ngeblog, sekali-kali buka YouTube atau Facebook tapi kok sudah habis. Tapi yah, memang kadang perasaan kadang dikhianati oleh kenyataan.

Buru-buru aku ke konter sebelah untuk beli paket internet untuk sebulan agar tidak ribet tiap hari kesini, biarpun sebenarnya tiap berkunjung ke konter betah saja sih, soalnya orangnya ramah, masih muda dan sedap dipandang, beda dengan tetangga sebelah yang mana sudah jelek, bawel, dan suka ngomel kalo WiFi nya kupakai tanpa ijin, padahal nyari password nya susah lho.

"Mbak, beli paket internet untuk sebulan ya."

"Paket yang berapa mas?" Katanya ramah sambil tersenyum. Senyumnya inilah yang bikin aku jadi langganan konter ini biarpun jaraknya lumayan jauh dari rumah, sekitar 50 meter.

"Biasa mbak yang 4,5 gb saja buat sebulan." 

Wanita itu tersenyum lalu jarinya segera bergerak lincah di layar smartphone. Aku lalu duduk sambil pura-pura main hape padahal kadang meliriknya. Sebuah wajah yang cantik, imut seperti Raisa, tentunya enak dipandang, tapi sayangnya ada kekurangannya.

"Sudah masuk mas?" Tanyanya satu jam eh satu menit kemudian. Ah sial, kenapa cepat amat masuk sih.


"Sudah mbak, berapa?"

"Biasa 15 ribu."

"Boleh ya bayarnya nanti tanggal satu saja mbak." Kataku.

"Tanggal satu gimana, kan sekarang mas Agus sudah tidak kerja. Memangnya dapat gajian lagi mas." Ujarnya sambil tertawa. Asyem, terpaksa kurogoh dompet dan mengeluarkan uang dua lembar puluhan ribu. Yah, itulah kekurangannya, tak boleh berhutang.

"Emangnya paket 4,5 GB sebulan itu cukup mas?" Katanya sambil menyerahkan kembaliannya.

"Ya cukup tidak cukup sih, kalo kurang tinggal kesini lagi."

Setelah basa basi sebentar termasuk meminta nomor WA yang sayangnya tidak dikasih aku pun lalu pulang.

Kekurangan paket internet tri 4,5 GB sebulan

Kenapa aku tulis dulu kekurangan paket ini daripada kelebihan nya? Karena biasanya lebih mudah melihat kekurangan sesuatu dari pada kelebihannya. Contohnya ya aku yang suka ngedumel sama tetangga sebelah gara-gara tidak dikasih password WiFi, lupa kalo dia suka ngasih oleh-oleh kalo habis jalan-jalan, uhuk. 

Benar kata pepatah dulu, Raisa manggung di Jakarta nampak, sedangkan istri yang ada di rumah tidak kelihatan.

Kuota dibagi-bagi

Kuota 4,5 GB itu tidak semuanya bisa langsung dipakai tapi dibagi-bagi yaitu: 

  • Kuota utama 1 GB
  • Kuota lokal 1,5 GB dan 
  • Kuota jaringan 3G 2 GB
Jadi kuota lokal cuma bisa dipakai di daerah Banten (mungkin untuk daerah lain berbeda-beda) sehingga jika anda suka bepergian seperti traveler atau pelancong supir bus antar kota antar propinsi maka kuota ini tidak cocok.

Untuk kuota 3G gampang sih, tinggal atur jaringan ke 3G/HSDPA maka kuota bisa terpakai. Yah, biarpun jaringannya tidak secepat 4g tapi dari pada mubasir kan.

Internet lambat

Sebenarnya tidak hanya paket 4,5 GB sih, tapi paket always on nya juga begitu. Entah kenapa akhir-akhir ini operator tri kecepatan internetnya turun, padahal sebelumnya lancar saja. Apalagi kalo mati lampu atau turun hujan, harus lebih sering istighfar.

Tapi ada untungnya juga sih, jadi kuota jadi lebih irit.

Tidak semua konter menjual paket 4,5 GB

Aku pernah mencoba ke konter lain karena yang langganan tidak boleh ngutang tapi sayangnya tidak ada. Bahkan waktu kucari di Toko Oren juga tidak ada. Mungkin karena ada kuota lokalnya, entahlah. 

Kelebihan paket internet 4,5 GB

Harganya Murah

Menurutku dengan harga 15 ribu untuk kuota 4,5 GB sebulan itu murah, biarpun tidak murah sekali sih. Kalo murah sekali itu 15 ribu dapat 45 GB.

Kalo dihitung berarti cuma Rp 500 perhari. Bayangkan, kencing di pasar yang tidak sampai lima menit saja bayar dua ribu, ini internet sehari cuma 500. Tentu saja syarat dan ketentuan berlaku yaitu sehari maksimal 150 MB saja hahaha.

Tenang, kalo habis sebelum waktunya kan bisa beli lagi toh.

Paket bisa dipakai 24 jam

Kadang ada paket internet yang kuotanya berlimpah tapi sayangnya tidak bisa dipakai 24 jam. Ada yang cuma sampai jam 12 siang, malah yang lebih parah ada yang cuma sampai jam 6 pagi dimana kebanyakan orang baru bangun tidur.

Untungnya paket internet ini bisa dipakai sehari semalam tanpa batasan waktu, cuma berdasarkan lokasi sama jaringan saja.

Bisa dipakai semua aplikasi

Kadang kan ada paket kuota banyak yang hanya bisa digunakan untuk beberapa aplikasi tertentu seperti untuk pendidikan atau layanan streaming video. Tapi berbeda dengan ini yang bisa digunakan untuk semua aplikasi. Jadi tidak perlu pusing harus install aplikasi tertentu agar paketnya bisa digunakan.

Kelebihan keempat

Silahkan tulis sendiri di kolom komentar apa kelebihan yang keempat ya karena aku bingung hahaha.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger yang ingin berbagi pada dunia terutama tentang film dan serial tv, suka nonton film tapi lewat gadget terutama handphone

37 komentar untuk "Paket internet murah untuk sebulan"

  1. ckckck...

    sungguh tak disangka hohoho

    intronya itu....ah sudahlah no komen saja

    oh pakenya tri ya, yaudah pindah ke lain hati saja mas, contohnya mbul pake telkomsel jarang banget gangguan...uda pake itu aja....lha hahhaha


    dah ah misi dulu hohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai Telkomsel juga sama saja, pakai tetangga sebelah yang biru juga sudah tapi sayangnya kecepatan internet nya ya ngga beda jauh mana lebih mahal lagi.

      Jadi mending yang paling murah saja deh.😁

      Hapus
    2. Hihi pake dua-duanya dong, Telkomsel sama 3. Tapi pemakaian data harian pake 3 soalnya lebih murah, kalau kepepet di tempat susah sinyal baru dipake tuh Tsel.

      Hapus
    3. Kalo pakai dua duanya bisa bisa anak ngga jajan kang.😂

      Hapus
    4. mbul dari dulu ga pernah ganti mas agus..selalu setia pake telkomsel ...sekolah as, lulus sekolah mpe sekarang baru simpati...soalnya sinyalnya bagus di tempat mbul jarang gangguan, kalau bapakku justru yang sering ganti ...maklum namanya orang tua suka ga mudeng mana yang sinyalnya bagus dan yang ga..kadang pake si biru yang katanya jaringan okey, kadang yang kuning terus 3 dan terakhir si biru lagi...kebanyakan bapakku buat telpon ama wa doang bisanya hihi

      Hapus
  2. aku dulu pernah pakai tri juga, tapi lama ga pakai lagi karena ya itu sepaket kuotanya dibagi-bagi. Aku kan ga suka digituin. klo satu ya satu, jangan sana sini mau. #apasih? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga apa-apa dibagi-bagi, soalnya kata pak ustad, berbagi itu indah.😁

      Hapus
  3. Hahahaha aku ga pake tri mas, JD ga ngerasain plus minusnya :pm tapi almarhum mama dulu pake, buat paket datanya. Dan Krn mama udh lumayan lama pake itu, aku anggab oke2 aja :p.

    Tp itu 2Gb nya utk yg 3G yaaa.. hmmm.... Itu malah paling jrg dipake :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena jarang dipakai kalo pakai jaringan 3G untuk download malah cepat mbak.😄

      Hapus
  4. Ohh itu maksud dari kuota lokal hanya bisa dipakai di wilayah sekitar kita saja rupanya.

    Hampir mirip Axis juga mas program paketnya.

    Axis, kuota utama 1gb, lokal 2gb, 24jam, total 3gb harga Rp. 16700.

    Beda sekitar rp. 1700 sama tri, dan selisih 1.5gb dgn kuota 3. Dan Axis gapunya istilah kuota 3G 😅

    Salam kenal buat penjaga konternya yg mirip Raisa, ehem..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 15 ribu itu harga konter, kalo modalnya pernah aku lihat itu sekitar berapa ya? 🤔

      Ya pastinya dibawah 15 ribu sih.😁

      Kata tukang konternya, ngga mau cuma kasih salam doang, harus kasih transfer duit juga.🤣

      Hapus
  5. Aku ga pake Tri, jadi baru tau klo ada kuota lokal2 kaya gini. Brarti belinya harus di lokasi yg deket tempat tinggal kita yaa. Misal kita lg keluar kota, jangan beli paket di situ ya, ntr pas balik ga bs dipake lg kuotanya 😆
    Klo aku pake xl, yg bikin sebel dia bagi2nya ada kuota youtube n kuota biasa. Lah aku kan jarang nonton youtube, jd aja kuotany sering ga kepake. Klo dulu dibaginya jd kuota biasa sama kuota tengah malem. Cocok buat mahasiswa n orng2 yg suka begadang, klo di aku ya ga kepake juga 😆 Mending jd kuota 3g, masih akan kepake ya.. hehehe..
    Tp kelebihan Tri itu memang harganya sih. Kayany operator lain yg aku tau paket data bulanannya itu harganya bisa sampe 50ribuan ke atas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, tri terkenal dari dulu memang paketnya murah. Ada juga yang unlimited tapi lebih mahal 65k sebulan, ada juga yang 87k atau 115k.

      Hapus
  6. Kak Agus, tapi kan kencing di wc umum nggak tiap hari 🤣🤣

    Kalau di daerah Kak Agus, Telkomsel kencang nggak kecepatan internetnya? Kadang ada kartu Telkomsel yang selalu dapat kuota murah. Kayak punyaku dapat 4GB hanya 10rb dan nggak dibagi-bagi, Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi aku tiap hari ke pasar biarpun tidak beser terus sih.😂

      Pernah coba Telkomsel, Axis, Indosat semuanya hampir sama sih kecepatan nya, mungkin karena jauh dari towernya kali, harus gotong towernya biar wuz wuz.😁

      Hapus
    2. Kalau gitu kita harus bikin petisi agar dekat rumah Kak Agus didirikan tower agar internetnya bisa was wes wos kencangnya kayak Yamaha selalu di depan 🙈
      100rb ttd cukup nggak ya untuk petisinya? 🤔

      Hapus
    3. Kalo kata mas Herman 100rb tanda tangan masih kurang, minimal 100 juta lah.😁

      Hapus
  7. Saya biasanya sebulan itu untuk mobile nghabisin sekitar 10-15GB sebulan, sisanya pakai wifi di rumah.

    Tapi paket telkomsel adanya yang 20GB, terpaksa banyak yang terbuang.

    Ngomong-ngomong minta nomor WAnya buat apa tuh mas? Wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pada terbuang sayang mendingan buat nonton streaming video kang.😄

      Minta nomor WA buat ngutang dong kang.😁

      Hapus
  8. Padahal Chelsea baru juara Liga Champions, harusnya 3 ikutan makin juara juga lah.

    Solusi internet murah ya nebeng wifi orang bang hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa hubungannya sama Chelsea ya? 🤔

      Tapi memang nebeng WiFi tetangga itu paling enak.🤣

      Hapus
  9. Saya terlanjur jatuh hati pada telkomsel. He ... He ... Sebab, di sini tak ada pilihan lain. Selamat malam, Mas Agus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk luar pulau Jawa memang andalannya cuma Telkomsel ya Bu, sampai ke pelosok juga ada sinyalnya.😃

      Hapus
  10. Very useful article! I think 4,5 G increase the upload and download. But it is expensive than the 3G. Actually, all kind of internet is expensive here. But we should connect the internet in daily life. Because everything is online in todays world.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kalo 4G lebih mahal daripada 3g tapi mau gimana lagi kita tetap harus beli paket internet bukan.

      Maaf jawabnya pakai bahasa Indonesia karena ngga pintar bahasa Inggris.😂

      Hapus
  11. Dirumahku gada sinyal 3 huhu adanya telkomsel dan indosat sahaa

    BalasHapus
  12. sudah banyak pilihan internet di Indonesia.... mantap

    BalasHapus
  13. Dimana tuh konternya Mas?
    Boleh dong share lokasinya. 🤣

    BalasHapus
  14. 3 emang murah banget, Mas 😆. Dulu waktu kuliah aku pakai paket datanya 3 dan gak pernah khawatir menguras uang saku, soalnya harganya murah bingits. Apalagi di Kediri jaringan 3 nya cepat, jadi gak ada alasan aku pindah ke lain hati. Hehehe.

    Setelah merantau ke Mojokerto, baru deh aku buang kartu 3 ku. Percuma soalnya. Bener murah, tapi di sana gak ada sinyal. 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan

    1. 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  15. 11,12 Tri dengan Mentari..Yang Versi 4,5GB...Meski Mentari cuma 4GB

    Cuma dari segi harga Tri memang lebih murah ketimbang Mentari...Tapi cara pemakian Tri kurang mengenakan.

    Mentari lebih mahal, Cuma segi pemakian lebih enak, 2GB full...Sisanya jam 1 pagi sampai jam 6 pagi..

    Untuk Jaringan sama beletnya.😆😆😆

    BalasHapus
  16. Wah kelebihan yang keempat adalah bisa bolak balik ke counter buat ketemu mbak Raisa Kw super.. gitu kan, Mas? wkwkwk

    BalasHapus
  17. Dulu aku pernah coba pake 3. Tapi, jelek banget signalnya di tempatku....

    BalasHapus
  18. Saya juga pengguna kartu 3 sudah beberapa tahun. Masalah utama tentu jaringan yang suka hilang saat mati lampu.

    Pertanyaan saya sama seperti yang jual kuota.

    4,5 GB untuk satu bulan cukup?

    Pemakaian internet saya jauh lebih besar dari itu, apalagi suka nonton video online. Bagi saya itu benar-benar kurang.

    BalasHapus
  19. adik aku nih mas Agus yang pake tri,, aku sendiri nggak pake
    katanya harganya murah tapi ya kalau aku numpang bentar buat tetering nggak bisa, jadi pas malem itu bukan jamnya internet, hahahaha

    BalasHapus
  20. Saya dulu pelanggan Tri, emang paling murah meriah deh.
    Cuman memang kekurangannya, agak sedikit lelet di lokasi kami, apalagi kan saya suka pakai buat teethering, makin ambyar deh itu.

    Tapi sebenarnya kalau cuman buat ngeblog, cukup ya dengan Tri, kalau saya tuh yang bikin abis kuota, kadang ga sadar sejam buka tiktok, wakakaka.
    Pokoknya, TikTok, Youtube, IG, nonton film, udah deh, langsung abis tuh kuota.
    Bahkan sehari kadang ga cukup hiks.

    Kudu kuat iman, ga buka macam-macam yang ga perlu deh

    BalasHapus