Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenang hape Nokia 3210 era tahun 2000an

 Entah mengapa menulis artikel tentang hape Nokia 3210 cuma kemarin baca baca artikel tentang hape jadul di beranda Opera jadinya malah pengin mengulasnya. Kalo dibilang nostalgia ya kurang tepat juga karena aku juga belum pernah punya hapenya. Hape Nokia yang aku punya justru Nokia 3310 yang beli tahun 2006 padahal ponsel tersebut keluar sebelum tahun 2000.

Oke, mungkin sebagian sudah tahu seperti apa hapenya apalagi kalo sempet beli tapi aku yakin ada juga yang belum pernah melihat terutama yang lahir tahun 2000 dan sekarang berumur 20 tahunan yang biasanya ponselnya sudah smartphone Android. Begini penampakan nya.

Gambar dari detik.com

Nokia jaman itu adalah idola kawula muda karena menghadirkan ponsel dengan desain cantik dan menarik seperti Nokia 3210 ini. Desainnya bagus karena zaman itu kebanyakan hape masih ada antena luar. Dibandingkan dengan Nokia tipe lain yang keluar pada saat itu, hape ini menjadi idola karena harganya "murah" yaitu sekitar 1.2 juta dan biasanya yang beli cewek karena desainnya trendy. Sengaja aku kasih tanda kutip murahnya karena perlu diketahui bahwa 1,2 juta itu hampir lima bulan gaji UMR Jakarta pada saat itu.

Menurut penuturan beberapa orang. Kebanyakan cewek yang pegang hape ini pada zaman itu adalah ayam kampus. Karena itu banyak juga wanita yang ogah beli ponsel ini karena khawatir disangka ayam kampus. Tapi lebih banyak lagi yang beli karena desainnya yang trendi.

Padahal ponsel ini punya beberapa keunggulan lho. Diantaranya ialah bisa Gonta ganti casing dengan mudah atau istilahnya Express On Color Covers. Sangat jarang ponsel yang beredar saat itu memiliki hal demikian. Kalo softcase jangan tanya, saat itu sepertinya belum ada atau mungkin ada tapi aku ngga tahu.



Gambar dari pinterest

Kehebatan lainnya dari hape ayam kampus, eh hape sejuta umat ini adalah adanya fitur Screening Call Ringer. Fitur apa itu? Dengan fitur ini maka kita bisa menentukan nada dering yang berbeda untuk tiap nomor kontak. Zaman itu kebanyakan hape ya hanya bisa memakai satu ringtone seperti slogannya SCTV, satu untuk semua.

Jumlah ringtone di hape ini sendiri ada 40, cukup banyak untuk ukuran hape zaman itu. Selain itu jika masih kurang ada fitur melody composer yang bisa untuk membuat ringtone. Zaman itu bikin ringtone jadi kesibukan sendiri, tiap Minggu beli majalah, yang mana untuk mengumpulkan not ringtone.

Cuma anehnya Nokia 3210 malah tidak memiliki memori untuk menyimpan kontak, jadi cuma bisa mengandalkan simcard yang umumnya hanya bisa menyimpan 50 kontak saja. 

Kekurangan lainnya ialah badannya yang bongsor padahal desainnya oke punya. Ini membuat cowok yang usianya diatas 30 tahun mikir-mikir kalo mau beli. Bisa jatuh wibawa dong kalo pakai hape model begini. Laki-laki akan tampak kurang macho jika beli, sedangkan cewek disangka bisa di-booking. Tapi kalo untuk para ABG baik cowok maupun cewek pasti mau saja apalagi kalo dikasih gratis sama orang tua.

Tapi tenang saja, itu hanya image saja karena banyak sekali yang membeli hape ini, baik cewek maupun cowok. Menurut Wikipedia, ponsel ini terjual lebih dari 100 juta unit, ini membuktikan kalo ini ponsel sejuta umat seperti Nokia 3310.


Tapi kekurangan yang paling fatal dari hape ini ialah baterai nya belum lithium-ion tapi tipe NiMH. Jadi kalo mau ngecas harus menunggu baterainya habis dulu baru bisa di colok, kalo tidak ya tidak bakal ngisi, sungguh merepotkan bukan. Pacar minta telpon tapi baterainya tinggal satu bar. Di cas tidak bisa, kalo buat telpon baru lima menit sudah modar.

 Selain itu beratnya juga lumayan 151 gram, sampai sekarang malah dijadikan bahan meme dibandingkan dengan palu.

Demikian ulasan hape Nokia 3210, jika dibandingkan dengan ponsel zaman sekarang jelas kalah telak. Layarnya juga masih hitam putih dengan backlight biru atau hijau, fitur internet jangan harap ada bahkan browser WAP yang jadul juga tidak. Untuk memori atau ram kangan tanya deh, buat simpan kontak saja tidak bisa. 

Simpan SMS kalo sudah 50 juga sudah penuh, kalo ada SMS baru datang maka tidak bisa masuk, harus hapus dulu yang ada. Untungnya saat itu operator tidak hobi kirim SMS promosi seperti si kuning yang tiap hari bisa ngirim 5-10 SMS tidak jelas.

Ada yang pakai hape ini dulu?

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

64 komentar untuk "Mengenang hape Nokia 3210 era tahun 2000an"

  1. ayam kampus itu sejenis ayam apa, Mas?

    BalasHapus
  2. Kaget ada kata ayam kampusnya 😱
    Belum pernah pake hp ini mas. Waktu hp ini terbit, saya masih bayi kayaknya.
    Dulu waktu SD, beli majalah pulsa.
    Beli? Kagak. Cuma lihat2 hp terkini. Lihat aja udah seneng 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, waktu SD saja sudah tahu hape, apalagi sekarang ya, sudah borong hape.🤣

      Hapus
  3. Ikut bilang belum pernah juga ah biar disangka lahir tahun 2000an 🤣

    Tapi iya seingatku thn 2000an aku belum kenal hp, mainanku dimasa itu mgkn gim board dan walkmen 🤣

    Kalau jaman skrg ada yg pakai hp sejenis itu di anggap pengedar narkoba, karena hp sejenis itu sulit di lacak 😅

    Wow harganya 1.2 juta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah bukannya suhu ajaey lahir pada waktu jaman pak Karno.🤣

      Kok tahu hape jenis ini dipakai pengedar narkoba, apa mungkin suhu ajaey intel.😅

      Harga tahun 1999 kang, tahun 2000 udah turun 1,1 juta, 2001 kalo ngga salah turun lagi 950k.😄

      Hapus
    2. Waahh! Kalau ini saya sama kaya suhu Ajay, Malah saya lebih mudah lagi. Kelahiran tahun 2006. Zaman Blackberry aja aku nggak ngalamin mas.😉😁😁😁🥴🙄🙄🙄


      Jadi aku tahu Hp cuma Android doang mas. Nokia dan BB hanya dengar cerita dari orang2 saja.😆😁😁🙄🙄🙄😜

      Hapus
    3. Kirain aku ente lahir zaman batu dulu kang.😬

      Hapus
    4. Hihi bukan intel tapi entah baca dari berita juga mungkin.

      Ga percaya saya, masa kang Satria cuma dgr cerita BB. 😅

      Kalau aku sempat nyoba App BB for Android 🤣

      Masih muda beliau itu mas, kuat ngenjot puluhan km 🤣

      Hapus
    5. Ya maklum lah, kang Satria soalnya saat ini baru umur 12 tahun, saat BBM terkenal tahun 2011-2014 baru umur tiga tahun, jadinya tidak kenal.

      Tapi biarpun baru umur 12 tahun tapi sudah punya anak dua.🤣

      Hapus
  4. HP pertama.....apa Nokia sudah mati?

    Thanks telah mengingatkan memori lama...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak Nokia masih eksis tapi pakai android pak.😄

      Hapus
    2. oh.... kirain udah mati..... soalnya nggak kelihatan di Amerika....

      Thanks

      Hapus
    3. Mungkin ada di Amerika cuma kurang terkenal pak.😃

      Hapus
  5. hp ini dulu pernah lihat tapi dah lama banget dan sekarang lihat lagi di blog ini, he-he, kalau hp lama seperti ini biasanya lebih tahan lama di bandingkan hp biasa dan enggak cepat rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang hape jaman dahulu awet soalnya pakainya hati-hati, maklum harganya mahal setahun kerja baru bisa beli.😅

      Hapus
    2. Ha-ha, apalagi jaman itu hp merupakan benda keren ya mas, pasti lebih hati-hati lagi tuh menggunakannya, bisa tambah awet pokoknya 😃

      Hapus
    3. Tapi biarpun benda keren kalo hape ini misalnya ketinggalan di rumah maka biasa saja, beda dengan jaman sekarang, tidak ada hape mati gaya.🤣

      Hapus
  6. ya ampun aku ingat hengpon ini
    cuma 50 kontak
    temenku dulu punya
    dia sampe bawa kertas buat nyatet kontak
    aku dulu punyanya yang nikia 3200
    tapi yang lebih jadul si siemens A 55
    asli memorable banget itu mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sampai bawa catatan saking banyaknya teman jadinya tidak bisa masuk ke kontak, yang dibatasi cuma 50 orang ya mas.😄

      Hapus
  7. Kami di rumah, waktu saya SD. Punya hape Nokia 3310. Itu pun bukan beli, melainkan pemberian dari pakde. Hahaha.
    1 rumah ada 1 hape.
    Dan, itu hape nya hilang. Dicuri. Ntah gimana caranya. Ada orang yg masuk ke dalam rumah, mencuri itu hape. Parah banget hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kang Dodo tahun 2000 itu sudah SD ya, kok samaan sih.😅

      Terus habis hapenya ilang ganti Nokia Symbian ya kang.😄

      Hapus
    2. wkwkkw mungkin om agus kalo tahun 2000 itu jadi guru SD, bukan siswa SD 😄

      atau orangtua yang anaknya udah SD wwkwkwk

      Hapus
    3. Aku cuma lulus SD, gimana mau jadi guru SD, tapi kalo ada yang nawarin dan diangkat jadi PNS guru SD mau sih.😅

      Hapus
  8. wah...jadi nostalgia dengan hape nokia mas, tapi dulu Mbul sih ga punya mas walau Mbul dulu dan kini masih polos sih soalnya ga tau ada image kayak gitu tentang hape nokia. Aku pinjam punya ibu juga buat main snake ular apa cacing gitu yang lagi makan bulet-bulet, yang kalau ketabrak sudutan langsung matik ularnya hehe...

    dan masalah ringtone ini emang legendaris banget ya mas, tapi selalu bikin aku kaget soalnya suaranya kencang banget, apalagi kalau pagi alarm bunyi, masih pake merem langsung buru buru pengen matiin...ternyata punya ibu hahha..ya tandanya disuruh subuhan gasik

    btw malah salfoks sama fotonya mas, itu berarti jarinya mas admin ya yang lagi pegang henpon...kelihatan klasik banget tapi ya hapenya mas...berarti ini sekarang masih ada dong ya? :D

    lihat salah satu casingnya, aku tetiba pengen ngguyu mas, itu ada casing yang imut-imut soalnya ada winnie the pooh. Kalau dulu aku sih dapat lungsuran hapenya kakak yang nokia tapi kayak belah ketupat mas...casingnya diganti warna ungu ada gantungan hapenya. Tapibkalau hape yang aku beli pertama kali bukan lungsuran sih sony ericson dan selanjutnya naik tingkat lagi nokia yang udah touchscreen...^_____^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah masa sih, bukannya mbul dulu koleksi hapenya banyak, Nokia 3210, Nokia 3310, sama Nokia 7650, hape pertama Nokia yang bisa putar musik, padahal memori internalnya cuma 5 MB.😄

      Itu gambar tangan pegang hape dapat dari Google, entah tangan siapa, mungkin tangan mbul.😅

      Hape Nokia belah ketupat itu Nokia 7610, itu hapenya mau rilis tahun ini bahkan dulu udah ditulis.🤣

      Hapus
    2. kok tangan mbul? itu mah tangannya mas kalikkk 🥺

      Hapus
  9. Ha ha ... Jadi kangen sama HP nokia pertama, dibeli th 2002. Besar bin berat. Terima kasih telah membangkitkan kenangan lama, Mas Agus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh Bu haji sudah pegang hape tahun 2002, pasti harganya masih mahal ya bu

      Hapus
  10. kerenya hape jaman dulu tu bisa gonta-ganti kesing ya, kalo sekarang kan gak bisa hihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang malah enak bisa Gonta ganti softcase, mana modelnya bagus-bagus mas, asal kuat duitnya saja.🤣

      Hapus
    2. na itu maslhnya, gak kuat duitnya :D

      Hapus
    3. Minta saja sama Miranda 😅😅

      Hapus
    4. Kalo Miranda ngga ada duitnya, minta kang jaey aja.😅

      Hapus
  11. Wahhh aku punya hape ini dan masih aku simpan dirumah.. Bersejarah banget pake hape ini, dlu buat main uler tangga hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hape Nokia lama salah satu yang jadi legenda itu main game snake ya kang.😃

      Hapus
  12. Memori jaman dulu. Banyak banget yang suka Nokia. Tapi saya nggak pernah punya Nokia. Soalnya Nokia milik sejuta umat. Tapi hape Nokia itu terkenal awet dan tahan banting.

    Mas, ini permainan di hapenya yg ular2an itu bukan? Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mbak Pipit, ini ada game snake yang legendaris itu lho

      Hapus
  13. Di rumah kalau nggak salah masih ada ini hp, tapi udah nggak ada baterainya jadi gak bisa dinyalain lagi. Jujur aku lebih suka hp yang kayak gini wkwkwk, tapi sayangnya hp yang kayak gini mah gk ada Whatsapp, susah buat hubungin kalau ada apa-apa wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mendingan disimpan saja buat kenangan mas, dijual kalo ngga ada baterainya juga kurang laku.😄

      Hapus
  14. HP Nokia itu memang selalu indah untuk dikenang. Yah, tapi hanya untuk dikenang, kalo beli HP baru masih pilih merek lain 😅

    Adik saya paling suka dengan menu composer. Bisa bikin ringtone sendiri. Berhubung saya buta nada, jadi ngga bisa makai. Cuma bisa request minta bikinkan ringtone.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena hape Nokia android juga mahal harganya dibandingkan hape cina ya mbak.😅

      Hapus
  15. Wahh kalo saya pertama kali punya hp itu taun 2009, itupun motorola e398 berasa keren sih tapi blututnya lelet banget hampir nggak ada bedanya sama infra red.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blutut sama infrared dulu itu fitur wajib kalo beli hape soalnya buat transfer lagu atau film 3gp ya kang.😄

      Hapus
  16. Sepertinya saya pernah punya hape ini...

    BalasHapus
  17. Astagaaaaa. Saya punya HP ini dan gak paham klo identik dengan ayam kampus. Bhahahhaha ..

    BalasHapus
  18. Terakhir masih pakai nokia 5130 express music bang. udah keran ya? 2014 sih terakhir pakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren sih, yang hapenya tipis itu ya mas?

      Hapus
  19. Ini jaman aku masuk SMA kali ya, tp waktu itu aku belum punya hp sendiri mas, aku dibeliin hp sendiri pas kelas 2 SMA. Pertama kali orang tuaku punya hp nokia yg ada antena itu, yg ukurannya segede gambreng hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zaman dahulu memang hape kebanyakan ada antenanya, soalnya sinyal operator masih naik turun, maklum towernya masih sedikit mbak

      Hapus
    2. Saya nggak kebagian nih HP pake antena :D
      tapi si pacar dulu dapat lungsuran kakaknya, HPnya punya antena, di saat kami-kami masih jarang banget punya HP :D

      Hapus
  20. Wakakakaka, ayam kampus 🤣

    Kalau saya dulu pakai 3315 ya kalau ga salah, trus 2100, terus N70, trus ada lagi yang kayak flip gitu.
    Baru ke BB lalu android.

    Dulu beli hape semester berapa ya, belinya hape second, dianter si pacar.
    Terus setelahnya beredar kabar di kampus, kalau saya dibeliin hape Ama si pacar, padahal ya beli pake duit sendiri 😅

    Menariknya, bisa kirim SMS lucu-lucu gitu ya 😂

    BalasHapus
  21. Aku dulu dari smp sampe kls 2 sma pake hp nokia ginian sih tapi beda tipe..
    Gak tau kenapa hp nokia bnyak kekurangan tapi kenangannya belum bisa ditandingin dengan android jaman skrang

    BalasHapus
  22. Hp pertama papaku hahahahha. Inget banget bentuknya. Trus mama juga beli yg ini kalo ga salah inget. Aku sendiri pas muncul 3330, lebih milih itu. Adek2ku yg 3310. Sebenernya aku lupa kalo seri, tapi inget bentuknya. Makanya TD browsing dulu seri hpku yg pertama apaan 😄.

    Ya ampuuun aku kangen loh features bisa ganti2 ringtone utk nomor kontak berbeda. Jadi langsung tau yg nelpon pacar ATO ortu 🤣🤣. Pas kuliah, aku baru pake 8210.

    Trus sempet ganti lagi, tapi aku lupa seri nya. Nokia juga kepala 8, tapi ga inget seri, coba browsing juga ga muncul gambarnya. Kalo yg itu beli di Malaysia, apa serinya beda Yaa Ama Indonesia?

    Sebenernya Nokia ini memang bagus dan awet kok. Tapi dibanding android skr, ya cukup kalah jauh sih 😄.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3310 itu NOkia sejuta umat banget ya Mba, wakakakak.
      Saya 3315 sih, si pacar dulu 3310.
      Terus kami kirim-kiriman SMS yang gambar hati wakakakka

      Hapus
  23. Untung wkt itu aku gak pake seri nokia yg lagi di bahas admin ini.... jadi selamat dari ayam kampus.😅

    Nostalgia banget iya Hape nokia.
    Dulu aku pakai yg nokia 8250..

    Paling suka kalo pas lagi tlp terus asesoris lampu yg ditempelin di belakang hp nya kedap kedip..

    Terakhir pake nokia 6600. Ampe sekarang masih ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha ayam kampus :D
      Enakan ayam kampung ya Mba qiqiqiqi

      Saking dulu tuh HP Nokia juga barang mewah ya.
      Eh ada lagi yang lain, Siemens sama apa ya dulu yang juga banyak dipake orang saat pertama kali HP booming :D

      Hapus
  24. dulu yang punya hp ini sudah termasuk keluarga sultan baru denger suara hp aja ranya sudah gimana gitu....

    BalasHapus
  25. HP pertamaku dulu 3310, pake casing warna merah. Duh rasanya dulu bangga banget punyanya hahaha, trus yg paling seneng ringtone-nya sudah poliponik :D

    BalasHapus
  26. yaampun ini hp ku jaman smp..haha..
    hp nokia gini tuh dulu tahan banting banget ya gak sih mas..
    punya ku udah berkali-kali jatuh, tetep kuwaddd.. hihi

    BalasHapus