Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengaktifkan VoLTE di ponsel Xiaomi

 


Assalamualaikum semua nya sobat blogger. Kalo ini aku mau bagikan cara mengaktifkan VoLTE di hape Xiaomi. Mungkin ada yang bertanya, apa sih itu VoLTE?

VoLTE atau Voice over Long-Term Evolution adalah jaringan seluler yang memungkinkan kita menerima telepon di jaringan LTE atau 4G. Masih bingung kan?

Jadi begini teman-teman, pernah tidak sih saat kita lagi asyik WhatsApp an sama istri atau selingkuhan, eh maksudnya orang lain lalu kita kirim pesan atau juga gambar, terus ada telepon masuk. Maka saat itu juga pesan atau gambar WhatsApp kita akan pending dulu karena jaringan seluler mengutamakan telepon suara. Bisa-bisa selingkuhan eh istri ngambek karena merasa dicuekin padahal sebenarnya data internet mati untuk sementara selama ada panggilan telepon.

Atau contoh yang lain. Biasanya kita berbagi WiFi hotspot dengan anak, lalu anak kita main game online. Saat itu ada telepon masuk dan otomatis data internet mati. Ngambek dong anak kita, masih mending kalo cuma ngambek, bagaimana kalo hape langsung dibanting, modyar ~.

Jika anda menghadapi situasi diatas maka sebaiknya VoLTE diaktifkan saja.

Hampir semua smartphone 4G saat ini yang beredar di Indonesia sudah memiliki fitur VoLTE, begitu juga kartu SIM operator sudah mendukung VoLTE. Tapi ada kalanya tetap VoLTE tidak aktif padahal handset dan operator mendukung.

Jika itu yang terjadi, tidak ada salahnya mencoba tips yang ini ya, siapa tahu sukses.

Begini cara aktifkan VoLTE di hape Xiaomi Redmi

Pertama masuk ke pengaturan atau setelan.

Kemudian pilih kartu SIM dan jaringan seluler.

Pilih kartu SIM yang kamu pakai. Kalo aku pilih SIM ke dua karena SIM pertama kartunya mati karena lupa diisi pulsa selama tiga bulan. Mau pindahkan kartu SIM ke satu malas saja. Lihat gambar bagian tengah.

Di bagian itu nanti ada setelan kartu SIM. Pilih gunakan VoLTE dengan cara geser toogle agar berwarna biru seperti gambar panah hijau itu.

Selesai, VoLTE sudah aktif. 

Jika di setelan kartu SIM tidak ada menu gunakan VoLTE, silahkan aktifkan dulu dengan cara *#*#86583#*#* nanti ada pemberitahuan VoLTE enable.


Seharusnya dengan pengaturan seperti itu, fitur VoLTE sudah aktif. Kini Anda bisa terima telepon suara tanpa takut internet putus.

Tapi ada beberapa tipe hape Xiaomi yang biarpun sudah mengaktifkan VoLTE di pengaturan tapi tetap belum muncul.

Jika itu yang terjadi silahkan coba cara berikut ini. 

Pertama masuk ke setelan atau setting.

Kemudian pilih koneksi dan berbagi.

Pilih lagi setel ulang WiFi, jaringan seluler, dan Bluetooth. Menu itu ada di bawah, lihat gambar yang aku kasih warna panah kuning.

Terakhir klik reset setelan.



Lalu coba lihat, apakah jaringan VoLTE sudah aktif.

Jika belum aktif maka ada beberapa kemungkinan yaitu operator yang anda pakai belum mendukung jaringan VoLTE, seperti tri.

Lalu operator apa saja yang sudah mendukung jaringan ini? Telkomsel, XL axiata, Smartfren, dan Indosat sudah mendukung. Tri berkilah bahwa pelanggan mereka lebih mengutamakan internet dari pada telepon suara, jadi itu sebabnya operator ini belum memakai VoLTE.

Kemungkinan lainnya jika tidak muncul juga, daerah anda belum tercover VoLTE biarpun sudah 4G biarpun sebenarnya sudah sebagian kota kota besar di Indonesia sudah tersedia, tapi untuk kota kecil hanya beberapa saja.

Bonus cerpen: 

Kisah sang pelaut

Setelah dua Minggu tinggal bersama istrinya Satria akhirnya kembali berangkat kerja, maklum ia kerja sebagai pelaut dan hanya diberikan waktu untuk kumpul bersama keluarga, setelah itu kembali bekerja di kapal.

Setelah berpamitan pada istrinya rohaya dan anaknya Jaenudin maka iapun pergi. Setelah dua jam naik bus akhirnya ia sampai ke pelabuhan tempat kapalnya berlabuh.

Siang itu pelabuhan sangat ramai, pas hari Minggu hingga banyak orang mau naik kapal. Beberapa orang tampak berdesak-desakan ingin naik. 

Seorang anak kecil tampak takjub melihat ke kiri dan kanan, tampaknya ia baru pertama kali mau naik kapal laut, sementara ibunya repot membawa koper dan sebuah tas ransel.

"Andy, matanya lihat kedepan ya, nanti jatuh ke laut." 

Anak kecil bernama Andy itu hanya mengangguk. Namanya juga anak-anak, biarpun sudah diperingatkan oleh ibunya jalannya masih meleng dan karena ia tidak melihat-lihat anak itu jatuh ke tercebur ke laut.

"Tolong, tolong anak saya tenggelam." Teriak ibu itu ketakutan dan khawatir. Ia ingin menolong tapi sayangnya tidak bisa berenang, apalagi dermaga itu sepertinya dalam.

Beberapa orang melihat tapi sayangnya belum ada yang berani turun tangan terjun ke laut menolong.

Untungnya tidak lama kemudian tampak seorang lelaki jatuh ke laut dan langsung menuju anak kecil itu. Ia berenang dengan gesit dan langsung membawanya ke tepian dermaga. Siapa lagi kalo bukan Satria.

Ibu itu langsung memeluk anaknya sambil menangis. Ia segera mengucapkan beribu-ribu terima kasih pada Satria.

"Makasih banyak ya mas, terima kasih." Katanya sambil memberikan uang 50 ribuan sebagai tanda terima kasih.

Satria menolaknya." Tidak usah Bu, kalo ibu mau berterimakasih, tolong ibu cari tahu, siapa tadi yang mendorong aku ke laut."

Terima kasih sudah membaca artikel cara mengaktifkan VoLTE di ponsel Xiaomi Redmi Note 10, semoga bisa bermanfaat ya.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

41 komentar untuk "Mengaktifkan VoLTE di ponsel Xiaomi"

  1. Masih bingung sama VoLTE

    BalasHapus
  2. Kalo lagi asik chatting dan gaming di telpon dan tibatiba ada interupsi, ya perlu banget nih aktivasi volte.

    Satria emang satria, tetap menolong walau karena ada yang mendorong 😉😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah kang satria, soalnya sejak kecil nonton satria baja hitam jadinya satria jadi satria. Lha kok malah mbulet.😅

      Hapus
  3. buat gw volte kayaknya ga kepake sih mas, hapenya ga pernah ada yang nelponin :D, apalagi selingkuhan yaa, ga punya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mendingan hapenya jual saja mas.😂

      Hapus
    2. jangan, nanti gw ga bisa ngeblog lagi :D

      Hapus
    3. Kan bisa lewat laptop mas 😁

      Hapus
  4. Kalau pas ngeces lalu sinyal menurun ini termasuk ulah volte juga bukan mas?

    Aku cari2 fitur volte tapi tak ada, tapi aku blm coba yg ini *#*#86583#*#* nanti aja nyobanya.

    Btw itu nulis "selingkuhan" sampai keceplosan 2x mas, jangan2 🤣 ayo mas bisikin ke aku siapa selingkuhannya 🤣

    Wah ada yg dorong Ayah kelaut 🤣 siapa pelakunya 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pengin tahu saja apa pengin tahu banget.🤣

      Huruf depannya A, terakhirnya juga A.😁

      Hapus
    2. Oh Amrananda 🤣🏃‍♂️🏃‍♂️

      Hapus
    3. Itu mah selingkuhan kang Satria.🤣

      Hapus
  5. wakaakakaakakaka, astagaaaaaa ngakak!
    Udah mau terharu dengan sikap pahlawan menolong orang, ternyata awalnya karena didorong :D
    Curiga, jangan sampai yang dorong ya ibunya si anak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirain satria itu satria ya mbak, eh ternyata karena didorong.🤣

      Hapus
    2. Mungkin kah ibu itu yang dorong? 🤣

      Hapus
  6. Setelah membaca artikel ini saya langsung mengecek pengaturan kartu SIM pada HP Xiaomi Redmi yang saya gunakan. Pas ngecek Telkomsel, ternyat pengaturan VoLTE sudah aktif. Pas ngeliat kartu Tri, benar saja, tak ada pilihan VoLTE nya.

    Jadi si Satria nolongin nya ngga ikhlas nih,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bagi tri, jarang yang pakai VoLTE jadi tidak memberikan fitur ini ya mbak.

      Ikhlas nolong mbak, buktinya itu mau dikasih 50 ribu ditolak.😂

      Hapus
  7. aku orangnya slow respond
    tergantung mood kalau balas WA hahaha
    tapi kalau selingkuhan agak killer berguna juga nih
    apalagi pas yang nelpon selingkuhan lain
    eh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, berarti kalo selingkuhan nya galak harus cepat balasnya ya mas.😂

      Hapus
  8. Baru tau fitur VoLte ini, intinya untuk memudahkan komunikasi. Seperti biasa ada cerita jenaka absurd di bagian akhir cerita, hikmah di balik musibah, menolong akibat terpaksa daripada malu hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak, ini untuk memudahkan komunikasi pengguna.😊

      Hapus
  9. hahahahah endingnya tolonggg, aku seriusss bener ini
    aku malah ga tau ada VoLTE, padahal adik aku hapenya xiaomi juga.
    Jarang utak atik settingan hape soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya VoLTE ngga penting amat sih mbak, ini mah buat artikel saja jadi utak-atik hape.😁

      Hapus
  10. Saya fokus ke cerpennya. He he ternyata satria terjun ke laut karena didorong ya? He he ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya bukan di dorong tapi di senggol Bu.😁

      Hapus

  11. Dari sekian VoLte disemua Hp yang gue bingung cuma Infinix doang nyari VoLtenya dimana.???😳😳

    Gue pencet kode malah hilang dan nggak ada respon...Apa memang sudah otomatis.


    Memang belum gue utak-atik lagi sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tumben serius 🤣🏃‍♂️🏃‍♂️

      Hapus
    2. Kalo VoLTE di Infinix carinya di janda sebelah kang.🤣

      Hapus
  12. Saya baru tahu tentang Volte ini. Makasih banyak ya....

    BalasHapus
  13. Udah baca cerpen dengan seksama ternyata endingnya.... wakakkaka

    Aku baru tau malah ada volte mas, sodara atau teman jarang yg pake xiaomi jadi kudet hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Endingnya kenapa mbak.🤣

      Aku juga tidak pernah pakai VoLTE biarpun tahu sih.😄

      Hapus
  14. Makasih buat tipsnya Mas, soalnya sering juga nih lagi asyik main game online, ada telpon, jadi ngelag deh gamenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bang Rudi, mendingan diaktifkan VoLTE nya.😅

      Hapus
  15. di redmi note 9 pro saya kayaknya sudah diaktifin volte-nya, tapi belum pernah telp-an pakai volte. habis ga ada yang mau diajak telp-an. maunya cuma WA-an aja... hehehe..

    BalasHapus