Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebuah kenangan dengan BlackBerry

 


Seperti diketahui pada tahun 2010 BlackBerry menjadi salah satu hape populer di Indonesia yang ketenarannya setara dengan hp Nokia atau bahkan melebihi. 

Ini terbukti waktu peluncuran BlackBerry Bellagio di Pacifik Place Jakarta. Waktu itu ribuan orang antri untuk mendapatkan blackberry Bellagio yang dijual dengan harga 2,3 juta, padahal harga resminya 4,6 juta. Tapi sayangnya hanya untuk 1.000 orang pertama saja sih.

Selain blackberry Bellagio, yang terkenal lainnya ialah BlackBerry Gemini yang harganya sekitar 2,8 juta. Itu 3x gaji UMR Banten, yang tentunya tidak bisa dijangkau oleh karyawan kecuali puasa dan ngirit dulu selama setengah tahun, dengan berdoa semoga tidak kena tipes atau busung lapar.

Tapi untungnya aku tidak perlu melakukan tapa brata atau sejenisnya karena aku mendapatkan hape trend saat itu karena kedekatan ku dengan seorang blogger kondang asal Jepara yaitu khanif, yang juga merupakan teman satu kost ku sekaligus guru dalam membuat artikel. Maklum aku masih newbie. Karena dia pula aku jadi tahu yang namanya blog.

"Dua juta Gus." Begitu katanya ketika aku menanyakan harga sang Gemini, itu pun seken karena khanif berencana hendak membeli Bellagio. Memang segitu sih harganya seperti di tabloid pulsa.

"Waduh, aku tidak punya duit sebanyak itu mas khanif." Kataku sambil menyertakan kopi yang dihidangkan nya.

"Emang adanya berapa?"

"Sejuta setengah doang." Jawab ku. Setengah juta nya juga aku harus jual hp Nokia 2730 dulu yang sudah menemaniku selama setengah tahun. Tak apalah, semua demi dia.

"Oke, ini hapenya." Katanya sambil menyerahkan benda keramat yang berwarna hitam beserta dus nya.

"Nanti malam mas, aku harus jual hapeku dulu sama Jaey. Sekarang hanya ada sejuta saja."

"Udah bayar dulu sejuta tak apa-apa. Kurang nya nanti malam atau besok juga tak apa-apa."

Asyik, aku tentu saja senang. Inilah untungnya berteman dengan blogger kondang, yang gonta-ganti hape seperti ganti sempak saja. Maklum, pendapatan adsense nya bisa untuk beli dua hape tiap bulan.

Aku segera masuk grup BBM blogger yang berisi para member khusus blackberry. Inilah alasan utamanya, biar aku terlihat keren. Sekarang aku bisa ngomongin orang yang tidak ada di grup. Dengan privilese, aku kini tak lagi jadi bahan gunjingan karena sudah eksis di sana.

Salah satu fitur yang aku sukai dari BBM adalah "buzz". Dengan fitur ini maka hp penerima BBM ku akan bergetar hebat saat menerima chat.

Hingga suatu saat aku melihat seorang wanita yang cantik di grup tersebut. Namanya Endah. Segera saja aku PDKT dengan dia.

Setiap statusnya muncul di recent update aku japri, jika Endah ganti DP (Display Picture, bukan duit panjer) aku puji.

"Kamu cantik Endah, tapi lebih cantik lagi kalo kamu pakai kerudung pink."

Tak lama kemudian, DP Endah berubah memakai kerudung pink. Tentu saja aku kegirangan.

Aku segera gas, ajak Endah untuk makan malam dan nonton bioskop. 

Gayung pun bersambut. Endah ternyata mau, kami berdua pun menuju tempat hiburan. Biarlah duitku melayang , yang penting hati senang. Maklum aku hanya buruh, sedangkan dari blog cuma cukup untuk beli pulsa dan paket BBM saja.

Dua Minggu setelah malam romantis itu Endah masih meladeni chat ku. Hingga suatu hari chat ku tak pernah dibalas lagi, hanya dapat huruf R, yang artinya hanya dia baca.

Tentu saja aku galau, lebih galau lagi ketika gebetan ku ganti kerudung warna ungu.

Apakah dia sudah punya pacar baru yang menyuruhnya ganti ungu, pikirku galau. Semangat kerja pun turun drastis, begitu juga ngeblog.

Ternyata benar, tak lama kemudian Endah mendelete kontak ku. PDKT ku kandas.

Tentu saja aku galau. Aku memutar lagu sedih dengan mengaktifkan fitur BBM yang sedang aku dengarkan, pokoknya teman-teman dan dunia harus tahu aku sedang sedih.

Selang beberapa hari tak ada hal spesial dan aku juga kembali bermain hape seperti biasa.

Hingga suatu hari ketika aku sedang ngeblog sambil iseng lihat recent update, ada satu teman yang sedang menonton banyak video. Disana tertulis:

Khanif sedang mendengarkan "anak ingusan".

Wah, ada ya video yang judulnya anak ingusan. Ah, mungkin khanif sedang menonton tentang anak batuk pilek kali untuk artikel blog, begitu pikirku.

Lima menit kemudian:

Khanif sedang mendengarkan "Bandung lautan asmara"

Aku garuk-garuk kepala yang tidak gatal. Seingat ku memang ada film yang judulnya Bandung lautan api, yang berlangsung saat perang kemerdekaan, terjadi perang antara Indonesia lawan Belanda. Kalo Bandung lautan asmara latar belakangnya apa.

Tiga menit berselang:

Khanif sedang mendengarkan "Kasting Sabun Mandi"

Astaga....

Tanpa perlu jadi detektif aku tahu video apa yang sedang ditontonnya, tentunya film esek-esek. Tapi kenapa ia lupa mematikan fitur BBM nya sih. Ia yang lebih dulu punya BBM tentunya tahu fitur tersebut.

Buru-buru aku segera ke kamar kostnya. Ternyata khanif sedang tidur sore. Wah, apa hapenya dicuri orang ya, lalu pencuri itu memutar video koleksinya tanpa tahu fitur itu aktif, ataukah...

Saat aku sedang bingung itulah pintu kamar mandi terbuka dan Satria, teman satu kostnya keluar kamar mandi dengan hanya memakai handuk yang sudah bulukan. Ia senyum-senyum saja melihatku.

Aku tentu saja jadi tepok jidat, lebih tepatnya jidatnya Satria.

"Kalo mau nonton film bokep, matikan dulu fitur itu Sat, nanti orang jadi salah paham, dikira khanif yang nonton."

Satria malah tertawa ngakak, aku jadi ikutan tertawa juga. Sementara khanif yang terbangun hanya kucek-kucek mata, bingung kenapa kami berdua tertawa.

Sesuai dugaan ku. Di grup BBM khanif menjadi bulan bulanan.

"Cie, yang banyak koleksinya, bagi dong."

"Diam-diam bandar nih si khanif."

"Lain kali, kalo mau nonton maraton, ajak-ajak kita dong bro, jangan nonton sendirian." 

Khanif yang trauma segera menjual BlackBerry Bellagio nya dan berganti menjadi iPhone, begitu juga aku yang menjual BlackBerry Gemini dan beralih ke android karena tidak kuat dengan paket bulanannya.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

23 komentar untuk "Sebuah kenangan dengan BlackBerry "

  1. Aku blm pernah pake BB, tapi pas punya Android baru aku install Chat BB terus pamer pin deh di FB 🤣

    Update status via Blackberry, preet ternyata pakai Nok 6600 🤣

    Wow Bandung Lautan Asmara, klo Chika Bandung tau juga ga mas? 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga ngga pernah punya BB kang, biasalah ngayal doang.🤣

      Dulu tren ya, update status Facebook pakai BB, padahal aslinya Nokia Java.😁

      Hapus
    2. Wkwk, kirain pernah pake BB soalnya penjelasannya lumayan detil 😅

      Iya tren banget, tapi ujung2nya bosan dan berubah jadi Update Via Kompor segala macam, wkwk..

      Hapus
    3. Lumayan detil karena diberi tahu suhu khanif yang punya BB.🤭

      Iya betul, setelah itu malah jadi aneh-aneh update statusnya, ada yang via kompor, ada juga yang via Vallen.🤣

      Hapus
  2. Iya mas aku dulu juga sempet pake blackberry,tapi gak tau tipe yg mana,pokoknya dulu mah apa yang ngetrend di beli, eeh gak juga siih...keq kebanyakan duit aja🤣,dulu emang perpesanan nya yg seru yaa...😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sebenarnya ga punya blackberry tapi punya Nexian, yang mirip BB itu lho, cuma harganya lebih murah. Dulu blackberry paling murah 2,5 juta, kalo Nexian 500rb juga dapat.🤣

      Hapus
  3. Dulu punya hape merk-nya Blueberry, bentuk nya mirip BB. Pakai trackball dan keyboard Qwerty...😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sayangnya kalo buat kirim pesan ngga ada bunyi "ping." 🤣

      Hapus
  4. wkwkwk tapi pada jaman blackberry gw ga pernah pake sih mas, gw ga begitu suka keypad yg qwerty :D, kalo pake bbm mesengger dulu pake hape android galaxy young :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, suhu khanif kan dulu bandarnya blackberry.😀

      Hapus
  5. Nah dl sempet pakai blackberry juga.kalau gak salah gemini juga.Tapi kocak ini kisahnya...aku dah lupa si ada kenangan apa tuh sama si BB hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini hanya cerpen mbak, aku sebenarnya dulu ngga punya blackberry.😂

      Hapus
  6. Bicara tentang film esek2 jadi ingat era 80-an.

    BalasHapus
  7. BB kayaknya sudah lama nggak dipasarkan di AS...
    sweet memory

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disini juga sudah lama ngga ada yang jual. Udah ga laku. Blackberry Gemini yang dulu harganya 2,5 juta sekarang aku lihat di toko oren paling 200 ribu, tapi sedikit yang beli.😂

      Hapus
  8. BlackBerry, HP yang dulu sempat viral sebelum tersisihkan setelah ada WhatsApp hehe... Dulu ingat sekali pin BB lebih penting dan privasi daripada nomor HP

    BalasHapus
  9. Wah jadi inget BB nih Mas.
    Dulu pake BB buat kebutuhan kerja utamanya buat terima & kirim email (Bos suka kasih instruksi via email) dan bbm-an. Terus juga buat twitteran. Waktu itu saya suka bgt ngetwit. Kalau pake BB ada aplikasinya yg keren Uber Twitter.

    BB pertama saya yy seri Gemini, BB termurah, terus semoat ganti ke yg layarnya touchscreen, lupa deh serinya.

    BB yg kedua ini ga lama saya pakai dan diganti androidnya Samsung.

    Salam,


    BalasHapus
  10. 🤣🤣🤣🤣🤣🤣 ya Allah mas Agus, bikin kangen Ama BB deh ih 😂.

    Iyaaa ku inget fitur itu 🤣. Bisa dimatiin ga sih fitur itu? Lupa aku

    Dulu beli BB yg onyx, lumayan lama aku pake. Trus temen ada yg ganti ke BB yg lebih Baru dan bagus. Tapiii aku ga suka Krn temen ngeluh eror Mulu. Mati sendiri... Kebetulan saat itu android baru masuk. Jadinya aku yg memang udh kepikir mau ganti onyx ku, Ama BB lain, jadi batal. Mending android 😂

    Walopun sempet pusing di awal Krn biasa pake keypad yaa 😄.kalo Skr, malah kagok pake keypad lagi.

    BalasHapus
  11. Kenangan indah bersama BB... Baik banget Khanif, kalian berdua jadi bisa ber-BB, dan ujung-ujungnya, satu Iphone dan satunya android...😊😊

    BalasHapus
  12. ya ampun, blackberry memang meninggalkan banyak kenangan sekali di hati para penggunanya. Sayang banget ya dia harus kolap dan tak tersisa sama sekali.
    Btw, salam ya sama mas khanif, masih trauma ga ya sampai sekarang dengan pengalaman blackberry nya... hehehehe

    BalasHapus
  13. Akoh punya blackberry tahun 2011 keknya, atau lebih yak.
    Gara-gara BBM.
    Tapi BB yang biasa sih.
    Btw akoh trauma sama BB, soalnya nemu chat paksu dengan mantan pacarnya ya pakai BB :D
    Eh iya ya, kok bisa si BB ini sama sekali ga bisa bertahan yak

    BalasHapus
  14. Yahhh tidak bisa dipungkiri sih bang kalau hp bb itu emang legend dan pada jamannya hp bb memang hp buat sultan secara dulu harganya juga mahal,,,tapi ya begitulah kemajuan teknologi sangat pesat dan cepat,,,dan pada akhirnya bb sekarang hanya tinggal kenangan...

    BalasHapus