Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat penyimpanan online (file hosting) gratis tanpa kadaluarsa

Tempat penyimpanan online atau lebih dikenal dengan nama file hosting memang sangat banyak sekarang ini, apalagi sekarang memang sudah masuk zaman online dimana banyak file yang ingin anda simpan. Sayangnya kebanyakan file hosting yang gratis ada masa kadaluarsa nya, biasanya sekitar sebulan atau dua bulan. Jika dalam jangka waktu tersebut tak ada yang mengunduh atau download filenya maka file akan dihapus oleh pihak pemilik file hosting.

Tentu saja hal itu cukup merugikan karena untuk upload kita perlu waktu dan kuota internet, belum lagi lamanya waktu upload kalo file yang kita unggah berukuran besar. Karena seperti kita tahu kecepatan internet lebih lama saat upload dibandingkan dengan download. (Baca cara agar hp xiaomi selalu di jaringan 4g untuk kecepatan internet yang bagus)

Memang ada file hosting yang tidak ada kadaluarsa nya, tapi sayangnya kita harus mengeluarkan sejumlah uang atau tidak gratis. Tenang saja, ada kok beberapa file hosting gratis tanpa kadaluarsa yang dulu aku bagikan. Sekarang akan aku tambahkan lagi file hosting gratis yang tanpa kadaluarsa atau file kita akan aman.

Baiklah, ini tempat penyimpanan online gratis tanpa kadaluarsa:




  • Kumpul bagi
Kumpul bagi adalah file hosting gratis dari indonesia. Biarpun dari indonesia tapi kualitas file hosting gratis ini tak kalah dari file hosting luar. Di kumpul bagi, anda bisa upload file tanpa khawatir dihapus biarpun tak ada yang download.

Soal kecepatan download jangan khawatir. Karena menggunakan server lokal maka kumpul bagi cukup cepat jika anda ingin mengunduh file yang anda upload. Selain itu, di kumpul bagi kita tidak dibatasi besaran file yang akan anda upload karena kumpul bagi tidak menerapkan limit atau unlimited strorage.

Tak ada gading yang tak retak. Dibalik kelebihan maka ada kekurangannya. Salah satu kekurangannya adalah untuk orang lain yang ingin mengunduh file yang anda upload harus mempunyai akun terlebih dahulu. 

Selain itu, kumpul bagi juga tak ada fitur remote url untuk mempercepat upload file. Mungkin itu disengaja oleh pihak hosting untuk mengurangi jumlah file spam yang hanya akan membebani server saja. Lain halnya dengan Google drive ya, biarpun google tidak menyediakan fitur remote url tapi kita bisa upload ke google drive dengan remote url.



  • Hulkload
Apakah anda baru dengar nama file hosting ini? Wajar kalo anda baru dengar karena aku juga baru tahu file hosting ini saat sedang download file di blog download dan ada yang menggunakan hulkload.

Setelah aku baca, hulkload ternyata tidak akan menghapus file yang anda upload asal tidak melanggar hak cipta atau mengandung konten pornografi. Selain itu, di hulkload anda juga bisa mendapatkan dolar jika file yang anda upload ada yang mendownload. Tiap 1.000 download maka anda akan mendapat $1 jika berasal dari negara indonesia. Untuk negara amerika atau inggris tentu saja pendapatan bisa lebih besar. Jika sudah mencapai $5 maka bisa anda tarik dengan menggunakan paypal. Hulkload juga bisa upload dengan remote url untuk mempercepat upload.

Sayangnya hulkload juga punya kekurangan. Salah satu yang mencolok menurutku adalah anda hanya akan mendapatkan tempat penyimpanan sebesar 50 gb saja, cukup kecil menurutku apalagi sekarang banyak File hosting gratis dengan unlimited disk space.

Selain itu, untuk download file kita harus menunggu 20 detik dan memasukkan capcha yang cukup mengganggu. Hulkload juga hanya bisa download lewat pc atau laptop saja. Ini akan merugikan jika kebanyakan pengunjung situs anda berasal dari hp atau smartphone.




  • Solidfiles
Dulu solidfiles membatasi bahwa file yang tidak ada yang download dalam 3 bulan maka akan dihapus tapi kini solidfiles tidak akan menghapus file yang diunggah biarpun tak ada yang download dalam 90 hari. Hal ini tentu kabar baik bagi anda karena kini tak usah khawatir dihapus file yang sudah sudah payah anda upload.

Apalagi solidfiles sudah terkenal dengan kehandalan servernya karena solidfiles berasal dari eropa. Saat aku download di solidfiles maka kecepatan stabil di kisaran 500kb - 1 mb perdetiknya bahkan kadang lebih, menurutku itu sudah bagus karena server file hosting lain biasanya naik turun kecepatan nya. Kadang mencapai 1.5 mb perdetiknya tapi di saat lain turun cuma 100 kb. Mungkin hanya google drive yang bisa mengalahkan solidfiles dalam kestabilan kecepatan internet. Solidfiles juga mendukung remote url untuk upload file.

Sayangnya di solidfiles kita hanya akan mendapatkan 50 gb penyimpanan online saja. Hal ini tentu saja cukup kecil buat blog download. Bisa sih kita mendapatkan 1 tb penyimpanan online tapi harus bayar. Alternatif lainnya ialah kita upload tanpa bikin akun kita tak dibatasi kapasitas penyimpanannya tapi kita jadi tak tahu sudah berapa yang download file 

Kekurangan lainnya solidfiles sangat sensitif dengan file yang ada hak cipta atau dmca. Bahkan subtitle film yang mempunyai dmca juga akan dihapus. Kalo film atau lagu sih menurutku wajar. Lha, kalo subtitle kenapa harus dihapus juga?

Itulah daftar tempat penyimpanan online gratis tanpa kadaluarsa yang bisa aku bagikan. Semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi silahkan pilih saja sesuai keinginan anda. Jika anda memang ingin kapasitas penyimpanan besar maka pilihlah kumpulbagi tapi anda harus siap kuota internet yang banyak untuk upload file.

Jika ingin mendapatkan penghasilan maka anda bisa pilih hulkload, tapi dengan tempat penyimpanan tidak terlalu besar maka sebaiknya unggah file yang tidak terlalu besar juga agar tempat penyimpanan tidak cepat limit. Jika ingin server yang handal maka pilihlah solidfiles tapi dengan syarat dan ketentuan yang agak ketat dan juga bukan file hosting gratis unlimited disk space, semua terserah anda.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

6 komentar untuk "Tempat penyimpanan online (file hosting) gratis tanpa kadaluarsa"

  1. Keduanya pernah nyoba..kang cuma nggak lama.. Tapi mending si HULK ketimbang googledrive.. Kalau untuk nominal GBnya.. 😂😂

    BalasHapus
  2. Hallo mas Agus bicara soal file hosting, dan penjelasan mas di atas maka ada satu pertanyaan. Mohon maaf ya mas,

    kenapa harus gunakan Hulkload kan ada google dravier yang gratis mas...

    Bedanya apa google draiver dengan file hosting yang mas Agus maksudkan di atas?

    maaf ya mas...

    Terima kasih sudah membagikan informasi baru buat saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya sama saja bahkan lebih baik google drive pak guru, cuma yang ini buat alternatif saja pak.

      Jadi file semacam film, musik, itu kan aslinya ada hak ciptanya dan sebenarnya tidak boleh di upload. Jadi boleh upload ke hulkload atau solidfiles walaupun sebenarnya kedua hosting ini juga ada ketentuan tidak boleh upload. Eh tapi sebenarnya kalo mau upload musik atau film ke google drive boleh saja sih asal buat diri sendiri, bukan untuk di download secara bebas pak.

      Jadi sebenarnya hosting gratis ini buat alternatif saja sih.😊

      Hapus
    2. Mas semua produk di atas (file hosting) gratis yang mas Agus Ulas, masuk untuk menyimpan menggunakan akun google ya?

      Hapus
    3. Tidak pak guru, harus buat akun baru untuk bisa upload. Tapi buat akunnya bisa pakai Gmail sih. Pakai email lain juga bisa.

      Hapus
    4. Terima kasih mas Agus mau coba dulu. Buat nyimpan RPP dan silabus (perangkat mengajar). Terima kasih banyak mas Agus atas rekomendasinya, jujur saya pikir selama ini hosting gratis hanya google drive saja tetapi ternayata ada alternatif lain, thanks mas...

      Hapus