Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menambah kamus bahasa Indonesia di hp Sharp


Jika anda pengguna hp Sharp docomo maka salah satu kesulitan yang dihadapi adalah handphone asal negeri sakura itu hanya menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Begitu juga dengan Keyboard atau papan ketiknya yang menggunakan kamus bahasa Inggris. Misalnya anda ingin menulis cara tapi yang muncul malah kata-kata bahasa Inggris seperti car, care, atau card.


Hal ini sebenarnya bukan masalah jika anda tidak biasa memakai kamus keyboard. Anda tinggal nonaktifkan saja maka kata-kata yang muncul jika anda mengetik sebuah huruf tidak akan nongol. Tapi bagaimana jika anda suka memakai kamus dari keyboard karena lebih praktis, tentu hal itu bikin ribet. Tapi tenang saja, hal itu bisa diatasi kok. Anda bisa menambahkan kamus bahasa Indonesia di papan ketik.

Berikut cara menambah kamus bahasa Indonesia di hp Sharp Aquos DoCoMo:

  • Pertama masuk ke settings atau pengaturan.
  • Lalu pilih Language & input.
  • Setelah itu pilih Current Selected Keyboard.
  • Lalu pilih Google Keyboard atau GBoard. Jika belum ada silahkan download di play store ya. Jika hp Sharp DoCoMo anda belum bisa menggunakan internet silahkan baca cara setting internet hp docomo. Jika sudah terinstal GBoard silahkan pilih Languages.

  • Pilih lagi Add Keyboard atau tambahkan papan ketik. Adanya disebelah bawah ya.

  • Nanti akan muncul beberapa pilihan bahasa. Pilih Indonesian ya. Jika anda ingin menambahkan bahasa lain juga silahkan. Tersedia ratusan bahasa di GBoard.
  • Hampir selesai . Jika anda tidak ingin kamus bahasa Inggris muncul saat mengetik huruf maka pada bagian English (US) hilangkan tanda centang ya. Itu yang ada di bagian Language Setting. Setelah pilih Indonesian lalu klik Done atau selesai.

  • Selesai, kini silahkan ketik beberapa huruf, maka yang muncul adalah kata dalam bahasa Indonesia. Contohnya mengetik kata "besa" maka kamus yang muncul adalah "beda" atau "besar".

Demikian tutorial cara menambahkan keyboard bahasa Indonesia di handphone Sharp DoCoMo seperti Sharp SH 01g yang aku gunakan. Cara ini juga bisa digunakan untuk tipe Sharp lain seperti SH 04g, SH03g dan lainnya.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

3 komentar untuk "Cara menambah kamus bahasa Indonesia di hp Sharp "


  1. Kalau nulis Randa jadinya Rondo yaa kang...😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kang, mau nulis rangda jadinya malah Satria xixixi..😂

      Hapus
  2. Makasih Gan, berguna infonya. Jangan lupa mampir ya

    BalasHapus