Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Empat pekerjaan di rumah tapi menghasilkan duit selain babi ngepet

 


"Kamu lagi apa mas Herman?" Agus bertanya pada temannya ketika melihatnya asyik saja melototi layar hape. Sore itu mereka bertiga sedang nongkrong di pos ronda sambil makan cemilan biarpun tentu saja bukan untuk ronda. Satria sendiri sedang sibuk membuka beranda Facebook, mungkin ada berita yang menarik.

"Ini loh mas Agus, lagi viral berita tertangkapnya babi ngepet. Heran, zaman sudah modern seperti ini kok orang masih percaya. Dan ternyata memang benar kalo itu akal-akalan orang agar viral." Kata Herman sambil memperlihatkan layar hape android nya yang sudah lecet dengan goresan.

"Masyarakat Indonesia memang sejak dulu itu dekat dengan hal gaib, lha tetangga sebelah juga masih ada yang ngoleksi keris, tiap bulan suro selalu dimandikan pusaka nya."

"Ya begitulah, tapi yang lebih bikin heboh itu ada seorang ibu-ibu yang ngomong kalo tetangganya itu yang jadi babi ngepet itu, gara-gara tetangganya itu jarang keluar rumah tapi duitnya banyak. Akhirnya jadi fitnah bukan."

"Memang tetangganya itu kerjaannya apaan sih kok bisa kaya tapi jarang keluar rumah. Pejabat juga biarpun kaya tapikan harus sering keluar rumah untuk kerja atau rapat." Agus tertarik juga karena ia sering ke sawah untuk bertani tapi hasilnya ya cuma pas-pasan saja.

"Wah aku juga kurang tahu karena disini tidak ditulis, mungkin kang Satria tahu, dia kan ilmunya banyak." Jawab yang ditanya.

"Kang, kamu tahu tidak?" Akhirnya Agus tanya juga pada temannya yang dari tadi masih sibuk melihat layar hapenya dari pada ngobrol.

Yang ditanya diam saja, masih sibuk melototi ponsel nya.

"Kang, ada Nita lewat tuh." Kata Herman. Nita adalah gadis yang ditaksir olehnya tapi sayangnya ia hanya bertepuk sebelah tangan karena cewek itu sudah punya pacar. Efeknya segera terlihat, Satria segera berhenti main hape dan dilihatnya seorang nenek-nenek lewat depan pos ronda sambil menggandeng cucunya yang masih berusia lima tahun.

Hahaha, Agus dan Herman kompak tertawa, sementara temannya hanya ngomong sueee.

"Jadi gini kang, ada orang yang kelihatan nya di rumah saja tapi cukup kaya. Menurut kang satria ada enggak pekerjaan yang di rumah saja tapi menghasilkan, tentunya selain babi ngepet gitu, soalnya itu kan kemarin viral itu di televisi." Jelas Agus panjang lebar.

Satria makan cemilan yang ada di piring dulu baru jawab." Ya jelas adalah. Sekarang zaman sudah canggih, biarpun kita di rumah saja tapi bisa menghasilkan duit. Itu orang yang bilang tetangganya jadi babi ngepet itu berarti mainnya kurang jauh."

"Wah memang beneran ada kang."

"Tentu saja ada, ini semua berkat kecanggihan teknologi dan internet. Semua di mungkinkan dari rumah. Sekarang sekolah juga bisa online, sambil selonjoran atau ngemil."

"Pekerjaan apa saja emang kang yang bisa bikin kaya tapi di rumah saja." Agus antusias, maklum ia tahunya kalo bekerja ya harus keluar rumah, dagang atau ke sawah atau kantor. Jika ada yang bisa dirumah saja tapi jadi kaya, siapa yang tidak tertarik.

"Dibilang kaya ya kurang tepat juga Gus, lebih pasnya ada penghasilan gitu. Nah, kalo kamu ingin tahu, ini empat pekerjaan yang di lakukan di rumah."

YouTubers atau Blogger

"Kerjaaan pertama itu jadi YouTubers. Kamu cukup membuat video yang bisa bagus dan unik lalu upload ke YouTube. Jika ada yang menonton video itu maka kamu akan mendapatkan bayaran, makin banyak yang nonton maka makin banyak cuan kita."

"Emang youtuber penghasilannya banyak kang?"

"Ya tergantung sih, untuk artis terkenal sih bisa mencapai miliaran tiap bulan, tapi ada juga orang biasa yang mendapatkan penghasilan mencapai 150 juta. Menurut survei rata-rata penghasilan youtuber Indonesia itu 3-8 juta per bulan, lumayan kan."

"Tapi kan kang satria tahu sendiri kalo di kampung ini internetnya lelet, jangankan buat upload video, untuk nonton YouTube juga masih sering muter-muter." Protes Herman yang dari tadi hanya memperhatikan.

"Tenang Her, kalo itu solusinya ya jadi blogger saja, cukup menulis di blog, daftar adsense maka fulus akan datang."

"Lha, memang berapa penghasilan blogger kang?"

"Bervariasi sih, sama seperti youtuber, tapi Dahlan teman saya dari Depok itu penghasilannya sampai 10 juta sebulan, paling kecil 7 juta katanya, makanya duit hasil adsense bisa ia belikan mobil."

Agus jadi melongo, tak mengangka kalo penghasilan blogger lumayan juga ya, tapi Herman lagi-lagi protes." Tapi kan harus bisa nulis kang, sementara kita ini tidak pintar menulis. Apa tiga pekerjaan lainnya?"

Main Saham atau Bitcoin

"Oke, tenang saja. Masih ada kok kerjaan yang cuma di rumah saja tapi dapat uang. Yang kedua itu main saham."

Tentu saja Herman langsung protes." Kang, kang, kita ini orang kampung, saham itu apa juga tidak tahu, apalagi cara mainnya bagaimana."

"Aduh Man Herman, kamu kok protes melulu. Saham itu bukti kepemilikan nilai suatu perusahaan. Cara mainnya ya harus beli saham, kalo harga sahamnya naik, otomatis yang kita dapat untung."

Agus langsung memotong." Aduh, kayaknya itu kita tidak minat deh kang, soalnya tidak tahu caranya juga kayaknya butuh modal gede."

Satria sebenarnya ingin menjelaskan panjang lebar tentang saham dan sebagainya termasuk juga bitcoin yang lagi hits, tapi melihat kedua temannya itu sudah tidak tertarik akhirnya ia urungkan.

Jualan online

"Oke, pekerjaan selanjutnya yang bisa dilakukan di rumah agar bisa mendapatkan cuan itu jualan online."

Mendengar hal itu Agus jadi berminat." Wah, bagaimana caranya agar bisa jualan online kang?"

"Mudah saja Gus, kamu cukup buat toko online untuk menjual produk yang kamu miliki, misalnya kamu kan nanam bawang merah, maka kamu bisa jual bawang merah kamu secara online, kemas secara menarik lalu jual dengan harga bersaing, kalo perlu yang paling murah, maka kamu bisa dapat duit tanpa perlu keluar rumah."

Herman lagi-lagi protes." Ngga keluar rumah apanya kang, emang bawangnya dari sawah itu datang sendiri gitu ke rumah, terus misalnya ada yang beli, bawa bawangnya ke ekspedisi itu tidak keluar rumah apa. "

Sue juga nih orang batin satria." Oke, aku jamin pekerjaan yang keempat ini bisa dilakukan di rumah dan bisa menghasilkan banyak duit."

Pekerjaan keempat di rumah saja yang bisa membuat kaya

Tentu saja Agus antusias mendengar hal itu, sementara itu biarpun Herman sebenarnya ikut tertarik tapi pura-pura acuh tak acuh." Emang pekerjaan apaan kang, beneran tidak perlu keluar rumah nih."

"Keluar rumah yang pastinya perlu, tapi cuma sebentar sekali. Lagian emang kenapa di rumah saja, emang pengantin baru apa."

Agus hanya nyengir saja.

"Udah kang, apa pekerjaan keempat itu yang bisa bikin kaya tapi tidak perlu keluar rumah." Ujar Herman tak sabaran.

"Eh sabar dikit kenapa sih, aku habiskan dulu cemilannya ya." Satria lalu makan beberapa kue kering yang masih ada di piring.

Setelah selesai makan barulah ia berkata." Nah, pekerjaan keempat ini gampang banget tapi hasilnya bisa kaya, dan aku jamin kalian berdua ini bisa."

Tentu saja mereka berdua tertarik." Apa itu kang?"

"Miara Tuyul." Jawab Satria lalu buru-buru kabur sebelum dilempar sandal oleh kedua temannya.

TAMAT

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

77 komentar untuk "Empat pekerjaan di rumah tapi menghasilkan duit selain babi ngepet"


  1. Massa sih...Perasaan gw jadi Blogger atau Youtuber kaga kaya2...Yang ada tekor malah tiap bulan beli quota 50GB..😥😳😳😭😭😭


    Naah sama yang terakhir baru gw setuju..🤣🤣😆😆😆😆😆😆🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan

    1. Lupa numpamg promo ada cerpen baru diblog baru juga...Silahkan.cek ketetangga sebelah..😁😁

      Hapus
    2. Aku yang belom mudeng bitcoin nih Mas, sering denger dari pemaparan para suhu, tapi ilmu mbul lom nyampe huhu
      tapi kalau jualan online di masa pandemi gini emang yang paling prospektif sih, cuma memang harus ada kerja sama ama jasa ekspedisinya biar bikin kastemernya trust hehehe...nah jualannya apa ini yang masih membingungkan lagi, soalnya pilihannya banyak.

      Btw, kayaknya dari kemaren bahasannya tentang peronlinenan mulu nih, apa dalam rangka menyambut promo tanggal sesuatu ^__^ di toko oren,merah,ijo,biru, dan merah jambu

      Yang terakhir itu kok agak horror ya hahaha

      Hapus
    3. loh kok aku komen malah tergelincir ya,

      makasih kang sat uda dipromoin, e ini tetangga sebelah yang dimaksud aku kan kang sat hahahhahahah #siap siap ditimpukin mas agus xixiixixi

      Hapus
    4. Wah 50 GB sebulan itu buat apa kang, apa buat download film nganu.🤭

      Hapus
    5. Wah suhu mbul ilmunya banyak, berarti kalo jualan online harus kerja sama dengan kurir biar murah gitu ya hu, harusnya bayar 15 ribu cukup 10 ribu saja.

      Wah emang ada momen apa nih di toko online saat ini, paling tahunya nanti tanggal 8/8.🤔

      Hapus
    6. Saya aja pernah coba jadi yutuber saya nyerah wkwkwk g semangat. Padahal subscriber 730. Konten gaming. Jam tayang 1k. Tpi tetep aja nyerah

      Hapus
    7. Emang g bikin kaya wkwkwk

      Hapus
    8. Wah padahal subscribers nya sudah banyak ya, tinggal 270 lagi bisa di iklankan. Memang hoki hokian ya

      Hapus
    9. kirain kalau yutuber lebih cepet mas dari viewnya aja biasanya kalau yang uda terkenal bisa ribuan, sekali klik iklan yang ga bisa diskip berapa ya dikaliin ma viewnya xixiixi

      mbul mah bukan suhu hihihi
      masih bayi blogger hahhhahah

      Hapus
    10. Memang iklannya ngga bisa di skip, tapi katanya kecil hasilnya. Harga untuk 1000 view iklan cuma 10 ribu atau Rp 10 periklan, bayangkan kalo sehari cuma dapat 100 view doang.😂

      Tapi tergantung sih, ada juga yang Rp 100 per iklan, tergantung amal ibadah masing-masing.😁

      Hapus
  2. emangnya masih ada yang memelihara tuyul?....
    gimana caranya?....😃😁😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanya saja sama kang Satria yang ngasih ide.😁

      Hapus
  3. Alternatif biar cepet kaya, melihara tuyul 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, tinggal duduk manis di rumah, cuan datang.🤭

      Hapus
  4. Nenek ini mau belajar yang nomor 2. Main saham. He he. Apa tak diejek cucu, nenek-nenek bersaham-sahaman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak mbak, apalagi kalo hasilnya banyak, cucunya pada datang mau minta buat jajan.😄

      Hapus
  5. Keren, tipsnya dalam bentuk cerpen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya mbak Naia baru nongol nih disini, kalau lama-lama disini bisa ketawa sendirian mbak. Ati-ati loh

      Hapus
    2. Mbak Naia sudah sering kesini kok, dan Alhamdulillah sudah minum obat jadinya tidak ketawa sendiri.😆

      Hapus
    3. Hihihii.. Wis paten berarti obatnya ya mabk Naia :D

      Hapus
    4. Kurang tahu juga, coba nanti kalo ada mbak Naia datang, beneran paten ngga obatnya.😄

      Hapus
    5. Mas Roni: Hahahaha udah biasa ketawa sendiri, kadang2 ada yg nemenin ketawa dari belakang.. wkwkwkwk

      Hapus
    6. Wah asyik dong mbak ada yang nemenin ketawa dari belakang.😱

      Hapus
  6. Bitcoin, sampai sekarang saya ngga ngerti cara main bitcoin itu gimana?

    Alternatif pilihan yang terakhir sepertinya yang paling menjanjikan..hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang aku tahu sih, cuma beli bitcoin lalu nunggu harganya naik.😂

      Hapus
    2. Sama kayak main valas dong?

      Hapus
    3. Kurang lebih gitu sih, biarpun aku tidak tahu valas itu apa, tahunya talas Bogor.🤭

      Hapus
    4. Talas = keladi 😅

      Hapus
  7. wih enak banget sekarang memang mas, cuma upload video bisa dapet bayaran wkwkwk.. iya kalo videonya bagus, kalo kagak kan gak ada yang nonton dan gak daowt bayaran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tonton sendiri terus mas khanif biar dapat bayaran.😂

      Hapus
    2. nanti malah di pecat mas sama yutubenya gegara videonya di tonton sendiri :D

      Hapus
    3. Ah masa sih dipecat, emang melanggar aturan ya nonton video sendiri? 🤔

      Hapus
  8. Kalau ga salah konon katanya miara tuyul itu harus di susui, kalau perempuan mgkn bisa tapi kalau yg miara laki2 gimana ya? 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang miara laki-laki mungkin susunya diganti sama susu instan, kang..hihihi

      Hapus
    2. Tinggal beli susu bubuk lalu tuyulnya disusuin pakai dot kang.😆

      Hapus
    3. Yaya masuk akal 😅😅

      Kira2 ada tuyul jenis perempuan ga ya?, kang Satria yg nitip nanya ini.. 😅😅

      Hapus
    4. Kurang tahu juga, biar yang nitip nanya nanti yang jawab juga.😁

      Hapus
    5. Yang nitip belum muncul, mungkin lagi nuyul wkwk

      Hapus
  9. Bekerja keraslah sampai tetanggamu mengira kamu punya pesugihan...hahahaha
    Tapi itu emang cara yang bagus untuk membungkam mulut tetangga yang suka asal bicara..wkwkwkwkwk

    Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, rasanya banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan tanpa harus pergi ngantor. Bisa dikerjakan dimana saja, yang penting faktor pendukungnya sangat membantu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, YouTubers dari Banjarnegara yang penghasilannya 150 juta sebulan juga disangka pakai pesugihan oleh tetangganya.😂

      Hapus
  10. miara tuyul jajannya apa gak banyak ya hahahah
    belum lagi kalau harus gendong
    wkwkwk pengalaman banget aku

    tapi aku juga dengerin orang ceramah main saham atau bitcoin juga gak tertarik
    engga tau kenapa mungkin bagiku terlalu sulit dipahami
    kusuka yang pasti2 aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya di daerah mas Ikrom hal seperti ini masih lazim ya mas?

      Hapus
  11. Kenapa harus bawa2 babi di judulnya mas, HAHAHAHA, salah apa dia wkwkkw

    Andai saja, penghasilanku dari ngeblog doang bisa 7-10 jt seperti Dahlan, fix, aku pilih resign dari kantor lah mas, aku jadi full time blogger aja, seriusan ini, semoga demikan ya, amin hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar orang tertarik maka judulnya harus yang aneh mbak.🤭

      Wah, itu mah harus berguru sama Dahlan, gimana caranya bisa dapat 10 juta per bulan.😄

      Hapus
  12. Jadi mendingan main babi ngepet apa tuyul bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mendingan jadi pejabat atau komisaris BUMN mbak.🤭

      Hapus
  13. Yaaaak bener sih selain babi ngepet. Tapi gak memelihara tuyul juga dong om ahaahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi harusnya apa dong Do, jadi komisaris BUMN tetap keluar rumah juga 😂

      Hapus
  14. Cara yang terakhir paling mujarab sih, Kak 🤣🤣
    Mujarab + agak aman wkwk
    Cuman yang nggak amannya di akherat nanti 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah enggak juga, disini kalo yang ketahuan miara tuyul langsung diusir keluar kampung.😂

      Hapus
  15. Baca judulnya aja udah ngakak, tiap bikin artikel selalu dibumbui dengan humor yg unik.

    Maaf ya mas baru bisa berkunjung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo artikelnya buat gembira.😃

      Hapus
  16. Dari semua yang disebut di atas, saya baru bisa jadi blogger aja. Youtube ada tapi sekarang lagi ngga sempat bikin video karena kan isinya tutorial jahit, sedangkan saya lagi cuti jahit karena punya bayik. Selain itu emang belum fokus di youtube jadi subs nya masih dikit, padahal views nya lumayan.

    Saham n bitcoin saya sering dengar tapi belum berani nyoba karena belum tau seluk beluknya, bawaannya takut rugi, hehe....

    Jualan online ada niat sebenarnya, tapi belum fokus juga, masih belajar cara jualan online. Saya ngikutin kasus2 di grup fb khusus penjual syopi dan belajar gimana biar nggak rugi, gimana biar order banyak. Nanti kalo udah punya toko online sendiri kan jadi lebih hati2.

    Kamu miara tuyul mas Agus? Beli tuyulnya di mana, bisik-bisik dong mas. Yang dapet nya banyak sekali 'kerja' harganya berapa nih, kira2 balik modal berapa lama, gitu, wkwkq...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga tuyulnya 10 M mbak, kerja sehari 2x dapatnya 100 ribu, setahun 36 juta, lumayan balik modal 30 tahun, hitung-hitung investasi kalo belum mati.😂😂😂

      Hapus
  17. Bener sih, yang terakhir yang paling wajib dicoba. Kayaknya paling cepet juga progresnya itu wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kang Dede mau nyobain nih tips yang terakhir.😁

      Hapus
  18. Hahaha ngakak bang,,, tp saya mau tambahin juga lagi satu... Main domink hill scatter,,, bisa jg tuh jd kaya tp bisa juga tambah bangkrut hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah berarti kayak main bitcoin ya, bisa kaya tapi bisa bangkrut juga.😂

      Hapus
  19. Babi ngepet dan miara tuyul bukannya sebelas dua belas ya,,,

    Saat menceritakan penghasilan youtuber dan blogger, sebenarnya ngga ada kisaran pengahasilan minimal. Karena banyak youtuber dan blogger yang penghasilannya 0 rupiah perbulan atau cuma beberapa ribu rupiah saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 11 12 apanya Bu guru.😂

      Benar sih, memang baik YouTubers maupun blogger banyak sekali yang berpenghasilan kecil, setahun sekali sudah gajian juga bersyukur.😃

      Hapus
  20. Aku tuh kalo udh baca cerpen mas Agus, langsung auto ngebayangin aja kalian bertiga duduk bareng sambil cerita hahahaha. Saking smooth ceritanya, ga kaku padahal yg dibahas serius :D.

    Sukalah Ama cerita2mu mas :D.

    Tips terakhir tapi memang minta disambit selop jepit 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah masa sih mbak, jadi senang nih. (Ubek ubek dompet cari duit.😁)

      Waduh, harusnya kang satria jangan disambit sandal jepit tapi gagang pintu ya mbak.😂

      Hapus
  21. kenapa harus selain babi ngepet? wakakakak...
    aku mah fix blogger atau jualan online aja.
    main saham ga ngerti, apalagi main tuyul :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sengaja judulnya dibikin aneh biar pada baca.😂

      Hapus
  22. Harusnya sekalian tutorial melihara tuyul wkwk

    Kalau aku lagi belajar ngeblog sama jualan online aja si

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk tutorial miara tuyul cari di google sajalah.😂

      Kalo aku cuma ngeblog doang mbak.😃

      Hapus
  23. Mas Agus, tadonya aku udah seneng baca poin yang terakhir ituuuu...
    Diem di rumah aja bisa jadi kaya.
    Boleh juga nih. Pasalnya udah capek ngurus pekerjaan di kantor..
    Eh sekarang WFH tambah puyeng...

    Aku pengen dirumah kagak ngapa2 tapi dpt duitttt...

    Eh pas baca lanjut, ternyata miara tuyul..
    Duh mas aku sih no tengkiu ya🤣🤣

    Bisa2 dimakan tuyul😱

    Ada kagak rahasia/tips laen mas, yg diem di rumah ajah dpt duiit??🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mungkin jadi desainer grafis yang laris mbak, itu banyak cuannya dengan syarat banyak yang order 😂

      Hapus
  24. Mas, miara tuyul itu gimana pemeliharaannya ya?
    Makannya apa?
    Pupnya di mana? hahahaha

    Kalau miara meong aja rempong, apalagi miara tuyul ya, belom lagi kalau mukanya serem dan nakutin.

    Tapi, kalau ada tuyul yang bisa nyuri di bank sih, saya mau deh miaranya wakakakakaka.

    Nggak mau saya, kalau tuyulnya cuman bisa ambil duit sedikit, besar biaya pemeliharaannya wakakakak.

    Eh sama babi ngepet juga lebih repot ya pemelihraannya *makin eror wakakakakakak

    BalasHapus
  25. hahahaiya tuyulll, udah ga nampak wujudnya, tapi rajin kasih setoran ke majikannya

    heran sama orang yang tiba tiba fitnah tetangganya gara-gara bisa kaya, kayaknya tuh orang kurang banyak baca atau ilmunya cetek kali ya
    punya hape tapi ga dimanfaatkan buat nyari berita yang positif
    viral banget nih berita waktu itu

    BalasHapus
  26. Kayaknya harus konsisten ya mas dan kerja keras pantengin laptop.

    BalasHapus
  27. kadang orang-orang sekitar atau tetangga kita kerja cuma pakai kolor di rumah terus,,, di kira ngepet hahaha 😬😁😁😁 jaman sekarang sudah serba online
    Jualan online,,, mungkin salah satu dari sekian banyak cara untuk mendapatkan pundi pundi rupiah.

    BalasHapus