Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tecno Spark 6 Go hape android sejutaan dengan fitur lengkap



 Bagi anda yang sedang mencari hape android dengan budget sejutaan maka mungkin agak pusing karena banyak pilihan. Ada ITel Vision 1 plus atau mungkin juga Samsung M12. Kini Anda mungkin makin pusing karena ada lagi yaitu Tecno Spark 6 Go.

Smartphone bersistem operasi robot ijo ini merupakan adik dari Tecno Spark 7 pro yang sudah aku ulas. 

Tecno sendiri merupakan brand baru yang beredar di Indonesia sejak 2020, jadi masih cukup baru. Karena itulah agar dikenal masyarakat mereka menjual produk dengan harga murah tapi berkualitas.

Biarpun baru disini, tapi soal garansi tidak usah khawatir karena sudah banyak tersedia karena masih satu keluarga dengan ponsel Infinix yang sudah cukup lama beredar di Indonesia, garansinya sama dengan merk iTel juga. Dan soal kandungan TKDN tidak usah khawatir sudah memenuhi syarat minimal 30% seperti ketentuan pemerintah, jadi soal IMEI dijamin aman tidak akan kena blokir.

Lalu apa saja keunggulan dari Tecno Spark 6 Go untuk bersaing dengan hape yang harganya sama? 

Harga murah

Harga Tecno Spark 6 Go sendiri cukup murah yaitu 1.280.000 untuk varian 3/64 GB dan 1.340.000 untuk ram 4/64. Jika duitnya masih belum cukup ada yang lebih murah lagi yakni 2/32 dengan harga 1.075.000. cukup terjangkau bukan. Oh ya, harga itu aku cek di toko Oren, tapi ada juga yang jual lebih tinggi atau lebih rendah juga ada, tinggal pintar cari saja yang paling murah.

Uangnya masih belum cukup, cuma ada 150 ribu? Tenang saja ada Spaylater dengan cicilan cuma 122 ribu per bulan selama setahun untuk yang ram 2/32. Memang sih totalnya jadi agak gede sedikit karena ada bunganya tapi tidak apa-apa yang penting punya hape.

Apa, takut riba. Ya udah, minta sama mertua saja ya. Hati tenang, uang aman, mertua uring-uringan.

Layar 6,5 inchi

Keunggulan lainnya ialah layarnya yang berukuran besar 6,52 inchi sehingga lebih mirip talenan. Layar sebesar itu beresolusi 720x1600 px, cukup jernih dan bagus untuk menonton konten didalamnya biarpun tidak seterang layar Full HD.

Di bagian depan layarnya berbentuk waterdrop atau tetesan air dimana terdapat kamera depan berukuran 8 MP, jelas bukan ukuran yang wow karena sudah standar. 

Kamera selfie nya cukup bagus, ada fitur AI beauty agar hasil lebih baik.

Untuk perlindungan mata ada fitur Eye Care, gunanya agar mata tidak terlalu kena radiasi layar hape yang bikin mata cepat lelah. Layarnya sendiri jenis IPS lcd dan sudah dilindungi oleh peri bunda, eh gorila glas 3.

Baterai 5.000 mAh

Fitur unggulan lainnya dari Tecno Spark 6 Go ini adalah kapasitas baterainya yang besar yaitu 5.000 mAh, sehingga dengan daya sebesar itu bisa bebas untuk menggunakan smartphone seharian, baik untuk bermain game atau sosmed. Bisa juga untuk ngeblog sih.

Tapi ada kekurangannya yaitu ponsel android ini belum memiliki fitur fast charging atau pengisian cepat. Padahal dengan kapasitas besar seperti itu harusnya dikasih ya, ngga perlu yang Fast Charging 200 Watt, cukup 18 Watt karena harganya murah.

Untuk pengisian daya dari 19% saat ada notif baterai lemah membutuhkan waktu sekitar 3 jam 15 menit sampai penuh 100%, sedangkan jika dari kosong jelas lebih lama lagi, sungguh harus punya stok sabar yang banyak. Disarankan kalo mengisi daya sebaiknya saat mau tidur saja, sehingga tidak terasa. Tidak usah khawatir Safe Charger yang fungsinya untuk memutuskan pengisian kalo baterai sudah full.

Fitur lain

Untuk fitur lainnya aku rasa standar untuk smartphone zaman sekarang. Jaringan 4G, WiFi, Bluetooth, dan lainnya. Kamera belakang ada dua yakni 13 MP dan entah yang kedua tidak ada spesifikasi nya, mungkin untuk efek bokeh atau blur kali. Ponsel ini juga mendukung kartu memori hingga 256 GB jika memori internal masih kurang.

Mungkin yang cukup spesifik ada fitur Bike Mode, gunanya untuk otomatis memutuskan panggilan masuk saat kita sedang naik kendaraan, cukup bermanfaat karena bisa bahaya terima telepon sambil naik motor, bisa nyungsep nabrak trotoar atau nabrak kendaraan lain. Aktifkan juga fitur ini jika ada tukang kredit atau debt kolektor mau nagih lewat telepon.

Ada juga WhatsApp mode, entah gunanya untuk apa, mungkin untuk Membuat Stiker WhatsApp seperti di hape Infinix.

Selain itu ada juga Audio Share, gunanya untuk menghubungkan antara ponsel dengan beberapa perangkat bluetooth misalnya speaker bluetooth. Jadi bisa memakai tiga speaker sekaligus, bagus juga ya, jadi nonton film di smartphone seperti punya home teather saja. Untuk suara maksimal memang sebaiknya beli speaker bluetooth yang suara jernih dan bagus, yang sekitar harganya 400 ribuan, beli tiga berarti 1,2 juta, sudah sama dengan beli ponselnya. Beli hape boleh murah, yang penting speaker nya mewah.



Untuk warna sendiri Tecno Spark 6 Go memiliki tiga warna yakni Biru, Putih dan hijau. Warnanya cukup bagus dan tidak terkesan murahan. Jadi, minat tidak nih beli Tecno Spark 6 Go?

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

36 komentar untuk "Tecno Spark 6 Go hape android sejutaan dengan fitur lengkap"

  1. fiturnya, lebar layarnya...harganya...murah
    smartphone entry level sekarang dapat berbuat banyak. Bahkan youtuber pemula bisa membuat konten video dengan memanfaatkannya...

    Selamat hari Raya Idul Adha di tengah PKKM yoi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, hape sejutaan sekarang memang bisa segala macam, tapi spek nya ya pas pasan.šŸ˜„

      Selamat hari raya idul Adha juga.šŸ˜ƒ

      Hapus
  2. Dulu kalo ngomong android yang paling terkenal pasti Samsung. Sekarang banyak merk baru diantaranya Tecno ini. Tinggal pembeli menentukan yang mana yang cocok di hati dan di kantong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mbak, merk sekarang banyak sekali. Ada itel, tecno, hotwav, Wiko, dll

      Rata rata harganya murah. Kalo mahal orang milihnya Samsung

      Hapus
  3. Hape terjangkau speaker okey, lumayan tuh buat musikan hihi
    aku kalau hape mah yang penting layar bening dan speaker tajam
    kalau bening enak buat scroll ga bikin capek mataku ini Loh Mas, terlebih buat baca baca, atau ngeblog dan aktipitas lainnya, termasuk scroll e-commerce (scroll doang dan masukin keranjang, ga sampe taraf bayar sih Mbulnya, hahaha)
    kalau speaker tajam, asyik buat ajep ajep, tapi ajep-ajepnya dalam kamar sendiri hihihi

    Ngomong ngomong aku baru tau merek yang ini masih tunggalnya Infinix lho Mas
    Nais inpoh Mas, makasih atas repiunya ya

    ^____________^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajeb ajeb itu apa mbul, apa goyang dombret.šŸ˜‚

      Layar bening dan tajam tapi ukurannya cuma 5 inchi kayaknya masih kurang ya, kecuali memang sukanya hape mungil kayak orang Jepang.

      Hapus
    2. bukan goyang dombret mas, tapi goyang ngebor atau ngecor hahahahha

      iya lebih suka hape mungil semungil orangnya #eeehh

      tabok si mbul

      Hapus
  4. Rasa ingin ganti hpšŸ“ˆ tapi budget blum ada wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan ada Spaylater, bisa kredit cuma 122 ribu per bulan selama setahun.šŸ˜„

      Hapus
  5. Yaa kalau ditoko oren emang segitu, Tapi kalau di Ofline bisa 1,5 atau lebih dengan alasan PPKM.šŸ¤£ šŸ¤£

    Untuk speknya Tecno Spark 6 Go bisa dikatakan cukup lumayan meski baterainya yang 5000mah cukup boros... 11,12 lah sama Xiaomy redmi 9.šŸ˜Š

    Tapi kalau mau nyari Hp yang baterainya awet seharian meski sambil aktifitas Infinix hot 9 play masih unggul. Atau Samsung type berapa lupa gw tuh..šŸ¤£ šŸ¤£ šŸ¤£ Pokoknya baterainya 6000mah juga.šŸ˜šŸ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disini malah belum ada konter yang jual kang, tapi kalo infinix ada.

      Mungkin Samsung yang baterainya gede Samsung M31, tapi harganya mehong 3 juta kang.šŸ˜

      Hapus
    2. Bukan 31...Samsung 31 boros baterainya meski 6000mah juga...Mending infinix.šŸ˜ŠšŸ˜Š

      Hapus
    3. Berarti Samsung M21 kali ya kang.

      Hapus
    4. M30S yang benar baru inget gw..šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£ Maklum cuma punya hp Advan..šŸ˜‚šŸ˜‚

      Hapus
  6. Lumayan bagus terlebih sudah terdaftar punya IMEI di Indo dan layarnya juga di lindungi Ibu Peri Lia, baterainya di lindungi siapa klo udh full bisa off sendiri šŸ˜…šŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baterainya dilindungi oleh Jaey-charger, kalo full otomatis mati.šŸ˜„

      Hapus
  7. Mantep banget nih harganya murah spek dewa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, hape sekarang makin murah tapi spek bagus, tahun 2000an paling dapat hape buat telpon dan SMS doang.šŸ˜‚

      Hapus
  8. cepat inovasi bergerak, tak terikuti rasanya...

    Thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, keteteran ngikutin teknologi

      Hapus
  9. Speknya bagus dan harganya terjangkau. Bateray nya keren, sudah 5000 mAH, cocok untuk main game dan dengerin musik. Terima kasih sharingnya.

    BalasHapus
  10. wih manteb nih mas fitur2nya, dan murah meriah ya, cocok banget buat kite2 yang ga punya banyak duit :D.. tapi gada wafna item ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal cat pakai pilok item nanti jadinya warna hitam mas, kalo enggak, beli softcase item saja.šŸ˜„

      Hapus
    2. di cat emang tembok :D

      Hapus
    3. Anggap saja tembok mas.šŸ˜

      Hapus
  11. wah tiap ke blog mas agus selalu diiming-imingi henpon wkwk
    aku mupeng jadinya mana harganya sejutaan speknya oke punya
    kalau sepakernya oke pa sbanget ini tar kalau buat pembelajaran tatap muka buat muter video

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perasaan aku lebih sering posting cerpen dari pada hape.šŸ˜‚

      Hapus
  12. Terima kasih kang untuk reviewnya. Kayaknya boleh nih jadi smartphone cadangan karena smartphone yang pemain inti siap² masuk ruang operasi karena lagi bermasalah.

    Tapi kenapa harus pinjam uang mertua kang, kalau tak mau riba? Haha.

    Semoga kang Agus selalu berlimpah rezeki, kesehatan dan kebahagiaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, cocoknya memang dijadikan ponsel cadangan, jadi kalo yang utama bermasalah bisa pakai yang ini.

      Bukan pinjam mertua, tapi minta.šŸ˜‚

      Amin, makasih banyak doanya kang.šŸ˜ƒ

      Hapus
  13. Hahahah minta mertua ya mas :p.

    Hp zaman skr makin banyaaak pilihannya ya. Dan rata2 kapasitas batre juga gede. Itu termasuk yg aku cari tiap beli hp. Krn penting supaya hp awet kalo kluar seharian. Aku termasuk tipe yg ga suka pake powerbank mas. Makanya LBH milih kapasitas batre yg gede

    BalasHapus
  14. Awas nanti mertuanya manyun.. Hahahaha.. Model hp sekarang mirip2 ya, pinter2 milih aja yang sesuai dengan kebutuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya cari yang Mertuanya tajir biar tidak manyun kalo mantunya minta hape mbak.šŸ˜†

      Hapus
    2. Hahaha tajir kalo pelit juga percuma, Mas..

      Hapus
  15. Ada fitur bike mode nih asyiiik! Iya donk kalau lagi sepedaan atau motoran atau nyetir mobil, sebaiknya fokus aja ya melihat ke depan. Jangan sambil nerima panggilan masuk di hp wkwkwkwkw bahaya.

    BalasHapus
  16. Wah murah2 betul yahh... Jadi kepengen ganti hp nihh...

    BalasHapus