Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara merekam layar di Xiaomi tanpa root


Hp Xiaomi semakin terkenal di Indonesia. Penyebab banyak pengguna Indonesia yang menggunakan smartphone asal China ini adalah banyaknya fitur yang berlimpah, salah satu fitur yang cukup berguna bagi kalangan blogger atau vlogger adalah perekam layar.

Perekam layar adalah fitur yang berfungsi untuk merekam atau mengabadikan apa yang ada di layar smartphone. Fitur ini sangat cocok untuk kalangan vlogger yang memang merekam aktivitas. Untuk smartphone android, sebenarnya fitur ini juga ada, tapi sayangnya handphone anda harus di root. Hal ini tentu cukup mengkhawatirkan karena jika salah root maka gawai anda bisa bermasalah, atau garansi smartphone juga hangus.

Nah, di hape Xiaomi fitur ini sudah ada dari sananya, tapi syaratnya hp Xiaomi anda sudah menggunakan MIUI 8, MIUI 9, atau diatasnya. Sekarang sudah banyak kok hp yang menggunakan MIUI 8, seperti Xiaomi Redmi note 2 yang harganya sejuta, atau redmi 5a yang harganya 1 juta sudah menggunakan MIUI 9.

Berikut cara merekam layar di Hp Xiaomi:


  • Masuk ke folder "alat" atau "tool".
  • Pilih aplikasi "perekam layar" atau "Screen Recorder".
  • Sebelum memulai ada baiknya setting atau atur dulu hasil rekamannya. Karena jika menggunakan default setting maka akan dipilih resolusi yang tinggi. Letak pengaturan ada di pojok kanan atas.
  • Setelah masuk pengaturan, silahkan sesuaikan dengan selera anda. Ingat, makin tinggi resolusi dan kualitas video maka akan makin besar ukuran filenya.
  • Untuk memulai merekam, klik saja tombol orange yang ada disebelah tulisan MULAI. Mudah saja bukan caranya.

Itulah cara merekam layar handphone di Xiaomi. Cara diatas tanpa memerlukan akses root sama sekali karena sudah ada aplikasi rekam layar dari pabrik. Ketika aku mencoba merekam sebanyak 40 detik dengan kualitas sedang dan resolusi 1 Mbps maka ukuran yang tersimpan adalah 4.5 MB, tapi jika memilih resolusi 2 mbps dengan kualitas tinggi maka mencari 12 mb jadi pastikan ruang penyimpanan handphone anda cukup ya.

Untuk melihat hasil rekaman ada di aplikasi file manager. Buka lalu pilih folder DCIM. Nanti ada screen recorder. Nah, disitulah hasil rekam layar. Silahkan unggah ke blog anda atau ke YouTube juga bisa agar anda bisa berbagi kepada yang lain. Sebelum di bagikan anda juga bisa mengedit hasil videonya lho. Silahkan edit dulu agar hasilnya lebih maksimal.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

3 komentar untuk "Cara merekam layar di Xiaomi tanpa root"


  1. Betul sekali...Ia mungkin itu kelebihan dari Xiaomy. Tanpa harus Root, Karena sudah ada dari bawaan...😄

    Huawei Honor saja belum ada aplikasi bawaannya..nggak tahu kalau yang terbaru..😄

    Tapi Himax Polimer kalau nggak salah ada deh kang cuma lupa typenya..😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kang Satria banyak amat koleksi hp nya ya, mau dong kang hp sampean, lumayan buat bahan nulis artikel kang.😁

      Hapus