Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara SMS gratis menggunakan internet

Halo semua pengunjung Blog Sarilah, kadang ada kalanya kita ingin sms seseorang, baik itu teman atau pacar tapi sayangnya pulsa kita sudah habis untuk beli kuota internet. Nah, dari pada kita beli pulsa lagi maka ada baiknya anda gunakan saja kuota internet itu untuk mengirim pesan.

Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah kok tapi untuk pengguna smartphone android ya. Beruntung sekali karena android memang menyediakan berbagai aplikasi, salah satunya aplikasi SMSin. Memang ada sih aplikasi terkenal yakni WhatsApp yang bisa lebih baik karena banyak fiturnya tapi sayangnya tidak semua pengguna hp di indonesia menginstal aplikasi pesan instan ini, apalagi yang memakai hp Java atau hp yang hanya mempunyai fitur telpon dan SMS saja. Karena itu tidak ada salahnya kita instal aplikasi SMSin.

Pertama buka play store lalu cari aplikasi SMSin. Setelah ketemu silahkan install. Tenang saja, aplikasi ini ukurannya cukup kecil kok, cuma 2 MB sehingga tidak membebani ram.

Buka aplikasinya. Tampilan aplikasi ini cukup simpel sehingga pasti gampang digunakan. Silahkan pakai SMSin untuk mengirim pesan. Pesan ini bisa kemana saja ke semua operator seluler di Indonesia.

Begini tutorial cara menggunakan SMSin:

  • Nomor telepon: silahkan isi nomer telpon yang anda tuju. Masukkan saja tanpa diiringi kode negara, misalnya 08123456789, tapi bisa juga dengan kode negara Indonesia +628123456789
  • Nama pengguna: silahkan masukkan nama anda, misalnya Agus. Nama ini penting karena SMS yang datang nanti adalah sms dari aplikasi SMSin, bukan dari nomor kita sendiri.
  • Pesan teks: nah, isilah pesan itu, terserah pesan apa saja. Maksimal huruf cuma 160 karakter jadi perhatikan ya jumlah hurufnya. Setelah selesai klik tombol kirim. Tombolnya ada di kanan atas, lihat gambar yang aku tandai.

Selain bisa mengirim pesan, aplikasi ini juga bisa menerima SMS tapi sayangnya sangat lambat. Untuk melihat pesan yang masuk klik saja "pesan masuk".


Karena menunggu pesan masuk nya sangat lama maka aku sarankan untuk menyertakan nomer anda saat mengirim pesan agar anda mendapatkan balasan langsung ke nomer anda, misalnya saja seperti ini.


Itulah tutorial mengirim pesan singkat secara gratis yang dapat aku bagikan. Cara diatas bisa anda gunakan jika sedang darurat pulsa sehingga tidak bisa kirim SMS. Jika anda pengguna Xiaomi maka tak ada salahnya anda baca Cara mengirim SMS time atau SMS waktu yang bisa menghemat waktu Anda jika anda sedang sibuk.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

1 komentar untuk "Cara SMS gratis menggunakan internet"


  1. Perasaan pernah nyoba tapi gagal terus kang... Apa ada yang salah mungkin..😱😱😳

    Kalau ngirimnya ke hp jadul bisa juga yaa! Kang..😄

    BalasHapus