Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samsung galaxy A01, smartphone murah dengan memori besar

Samsung merilis sebuah produk andalan pada tahun 2020 mendatang yaitu Samsung galaxy A01, sebuah smartphone yang akan menyasar segmen entry level. Walaupun menyasar kalangan pemula atau yang memiliki budget minim, tapi A01 membawa keunggulan pada memori nya yang besar.

Mengutip dari XDA developer, Samsung galaxy A01 akan dibekali RAM 6 GB atau 8 GB. Mungkin ram sebesar itu hal biasa untuk ponsel android menengah keatas, tapi untuk kelas entry level jelas ini kejutan, apalagi ini dari Samsung lho. Selain itu, ada juga ROM atau memori internal sebesar 128 GB. Kalo masih kemaruk juga, ada slot kartu memori hingga 512 GB, totalnya mencapai 640 GB, sangat besar untuk menampung banyak koleksi foto ataupun video kamu, asal jangan video anu saja ya.

Untuk sektor kamera, terdapat dual kamera di bagian belakangnya yaitu 13 MP dan 2 MP untuk efek bokeh plus lampu flash, terasa kurang jos ya, apalagi tak ada kamera ketiga untuk ultra wide atau kamera keempat buat depth sensor. Tapi karena menyasar kalangan yang duitnya Senin Kamis atau pas-pasan jadinya dimaklumi. Jadi maklumi juga kalo tidak ada sensor finger print agar lebih murah harga jualnya. Dibagikan bawah ada lubang speaker untuk menikmati musik.

Setelah mengobok-obok di bagian belakang, sekarang beralih ke bagian depan. Ada layar IPS LCD sebesar 5.7 inchi dengan resolusi HD+ 720 x 1560p plus kamera depan 5 MP. Resolusi segitu menurutku sudah cukup tajam biarpun tidak setajam Full HD atau 4k.

Beralih ke bagian jeroan atau software. A01 menggunakan chipset mediatek P22 (12 nm ) yang memang terkenal untuk segmen entry level. Dipadu dengan prosesor Octa Core (4x1.95 GHz & 4x1.45 GHz) dan GPU PowerVR GE8320. Sistem operasi dari Samsung A01 sudah menggunakan android 10, sama seperti Umidigi A3s, dipoles dengan antar muka One UI 2. Untuk baterainya sendiri berkapasitas 3.000 mAh, cukup kecil apalagi sekarang kebanyakan smartphone memiliki baterai 4.000 mAh, bahkan lebih.

Ok, sekarang ngomong soal harganya soalnya ini yang paling sensitif untuk kebanyakan konsumen Indonesia, kecuali tentunya buat orang tajir macam kang satria mah bebas. Harga Samsung A01 adalah Rp 2.100.000 atau $149 untuk ram 6 GB Rom 128 GB, belum diketahui berapa untuk yang ram 8 GB, tapi kemungkinan adalah Rp 2.300.000. tentunya harga tersebut baru perkiraan dari situs xda developer karena ponselnya sendiri belum rilis secara resmi. Tapi melihat spesifikasi nya, bisa nanti dijual dibawah dua juta atau Rp 1.999.000.

Melihat harganya, sebenarnya ini adalah sebuah kemajuan karena hp Samsung yang beredar saat ini dengan harga dibawah 2.5 juta kebanyakan baru memiliki ram 4 GB dan ROM 64 GB, bahkan ada juga yang cuma memiliki ram 3/32 seperti Samsung A20s. Sepertinya Samsung bersemangat untuk merebut tahtanya kembali di tahun 2020 setelah di kudeta oleh Oppo dan Vivo, karena saat ini memang hanya peringkat ketiga pada tahun 2019.

Spesifikasi Samsung A01:

  • Brand: Samsung
  • Model: A01
  • Tipe ponsel: Android 4G
  • Chipset: Mediatek P22 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • Kamera: belakang dual kamera 13+2 MP, depan 5 MP
  • Memori: RAM 6/8 GB, ROM 128 GB, micro sd hingga 512 GB
  • Layar: 5.7 inchi, resolusi 1560 x 720 p, 19.5:9
  • Baterai: 3.000 mAh
  • Ukuran:146.3 x 70.86 x 8.34mm
  • Sistem operasi: Android 10. One UI 2
Kalo melihat spesifikasinya, Samsung A01 jelas menyasar pengguna yang menginginkan memori besar. Tapi masalahnya memori tersebut digunakan untuk apa. Untuk menyimpan koleksi foto selfie jelas kurang tepat, gimana jew, kamera depannya cuma 5 MP, jelas hasil fotonya akan suram, sesuram masa depanmu kalo terus bersama dia yang tidak kunjung menepati janji-janjinya.

Kalo untuk kolektor video rasanya juga kurang pas. Mau bagaimana lagi, baterainya cuma 3.000 mAh, jelas kurang untuk nonton koleksi video bokep apalagi layarnya kurang besar. Tapi bagaimanapun ini sebuah kemajuan karena biasanya vendor hape asal Korea Selatan ini pelit memberikan ram besar untuk smartphone entry level.

Demikian informasi tentang Samsung A01 yang rencananya akan rilis pada kuartal pertama tahun 2020, jadi antara bulan Januari sampai Maret 2020. Kudoakan semoga pembaca sekalian bisa melunasi hutang-hutangnya dan segera menabung untuk membelinya.

Update: ternyata Samsung galaxy A01 hadir di Indonesia dengan harga 1.5 juta tapi dengan ram 2 GB dan penyimpanan internal 16 GB. Untuk yang ram 6 atau 8 GB belum keluar.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger yang ingin berbagi pada dunia terutama tentang film dan serial tv, suka nonton film tapi lewat gadget terutama handphone

30 komentar untuk "Samsung galaxy A01, smartphone murah dengan memori besar"

  1. Kalau tuk ngeblog cocok nih. Memori besar, layar lega, jadi bisa berlama-lama tuk menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo memori besar emang betul kang, tapi kalo layar menurutku kurang lega, minimal 6 inci lah.😁

      Hapus
  2. tanggung sih batrenya,, tpi ramnya udah mumpuni buat aplikasi berat.. thx infonya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kang, baterai 3.000 mAh paling hanya tahan setengah hari doang kalo dipakai terus.

      Hapus
  3. Sebagai pecinta hape samsung saya sebenernya ga begitu monat sama yang galaksi a, saya pengen yang tab s euy, maklum suka yang layare lebar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Talenan saja kak Nita, lebih lebar daripada tablet..😂

      Emang kalo layar lebar enak sih buat ngetik ataupun nonton film horor, iya kan..😄

      Hapus
  4. RAM-nya yang bikin ngiler kalo di rentang harga segitu :').

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, jarang hp dua jutaan yang memiliki ram 6 atau 8 GB kang

      Hapus
  5. samsung sekarang main di harga murah juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mulai tahun 2019 Samsung agresif di harga murah kak, soal nya posisi Samsung sekarang nomer tiga di Indonesia.

      Hapus
  6. Mantap speknya.. ramnya juga maknyus

    BalasHapus
  7. Nama gw dibawa2 sueee...Bukan SPB Samsung...😬

    Mahalah harga segitu..kalau murah tuh 500 ribu sampai 700 ribu.

    Mending uangnya buat si Anu..😩😮

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, juragannya dateng, sungkem gan.🙏

      500k juga masih mahal, Sharp sh01f aja cuma 300ribuan, kalo 500 mah tarif kang satria buang booking nganu..😂

      Hapus
  8. auto beli sih gw kalo harganya segitu, ngiler liat ram nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu saja tahun depan kang, sebentar lagi juga rilis.😃

      Hapus
  9. Balasan
    1. Lebih mantap lagi Xiaomi black shark 2 pro, 12 GB ram nya

      Hapus
  10. Memorinya cm 8 Gb? msh kcl sih... saya kira agak gedean..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sih yang ram nya 32 GB dengan ROM 2 TB, tunggu saja nanti ya.😁

      Hapus
  11. Kapok beli samsung, sering dunlud sendiri, play store kdg 2x sehari pembaruan terus dan hampir tiap hari, dan harus dunlud anaknya juga, iya play store punya anak, bangkrut kuota, jangan tertipu RAM, saat beli biasanya aplikasi bawaan seprti kalkulator, notes, dll harus di dunlud sendiri, pas itu di download akhirnya RAM jadi minim juga, mana temanya jelek2 udah gitu mahal2 pula, cuma mgkn kelebihannya super aman cocok buat yg nyimpan duit di hp, saking amannya, app sejenis clipboard, app hapus sampah, pokoknya app pihak ketiga yg berbau pengumpulan data bakal dijaganya super ketat dan tentunya menyulitkan kita 😛😛

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pembaharuan otomatis dinonaktifkan saja suhu. Kalo kalkulator, notes, musik player tak usah download, biar ram gede, yang harus download itu aplikasi bigo live...😂

      Saya juga malas beli Samsung karena harganya mahal. Ntah kalo harganya dibawah sejuta ram 6 GB saya beli biarpun ngutang sama kang satria..😁

      Hapus
  12. Memori besar
    Mantap simpan gambar
    Ukuran lebar
    Tampung video pun ga sukar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Samsung A01 memang mengunggulkan memori besar, soalnya spek lain standar untuk ukuran smartphone sekarang.

      Hapus
  13. Harga murah, Ram gede, menggiurkan banget

    BalasHapus
  14. Karena saya adalah pemakai hape samsung, maka untuk jenis samsung ini, kayaknya cocok untuk pembuatan video, karena resolusi kameranya cukup besar. Namun harga-nya masih belum pas di dompet ( ketauan kan isi dompet saya berapa,hahaha...).

    Jenis hape samsung kalau menurut saya cukup bandel / awet. Tapi masih tergantung dng pemakaian sih.

    BalasHapus
  15. Harganya kira kira dibawah satu jutaan gak ya... 😁

    BalasHapus
  16. jarang2 nih samsung gedein memori tapi low price. bisa jadi ada yang dikorbankan dari segi spek yah

    BalasHapus
  17. Bekasnya berapa ya kira"?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin sejuta kang, tapi nanti tahun 2021.😁

      Hapus