Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah menambahkan trailer film di blog melanggar hak cipta?

 Selamat siang kawan-kawan blogger semua. Kali ini aku tidak akan posting cerita pendek dulu tapi ingin meminta pandangan teman-teman semua.

Jadi ceritanya seperti biasa aku masuk dashboard blogger untuk melihat-lihat, apakah ada komentar baru atau hal lain. Tapi ternyata di dashboard blogger ada pemberitahuan yang mengagetkan.

Jika pemberitahuan aku dapat mobil sih asyik, bisa buat jalan-jalan pulang kampung (eh, memang boleh mudik ya?) Tapi notifikasi itu berisi peringatan. Begini bunyinya.

"Kami telah menerima keluhan DMCA berkaitan dengan blog Anda, SINOPSIS FILM TERBARU. Email yang berisi detail mengenai keluhan tersebut telah dikirim kepada Anda pada tanggal 2021 Feb 2, dan kami menyetel ulang status postingan menjadi "Draf"; Anda dapat mengeditnya di sini. Anda dapat memublikasikan ulang postingan tersebut setelah menghapus konten dan/atau link yang melanggar. Jika yakin Anda memiliki hak untuk memposting konten ini, silakan mengajukan klaim balasan kepada kami. Untuk informasi lebih lanjut tentang kebijakan DMCA kami, klik di sini. Terima kasih atas perhatian segera Anda"


Aku garuk garuk kepalanya yang memang rambutnya banyak ketombenya. Perasaan aku hanya membuat artikel saja, tanpa melanggar hak cipta, misalnya membagikan link download filmnya.

Tapi karena penasaran aku lalu coba klik link artikel itu yang sudah kembali jadi draf. Tidak aku lihat sesuatu yang aneh menurutku, tapi entah menurut dmca.

Oh ya, bagi yang belum tahu, DMCA adalah hukum hak cipta Amerika Serikat yang memberikan pedoman bagi kewajiban penyedia layanan online dalam hal pelanggaran hak cipta.

Setelah aku cek, hanya artikel biasa seperti lainnya.


Ada dua konten yang menurutku diduga melanggar hak cipta yaitu poster film dan juga trailer filmnya. Poster film aku dapatkan dari situs IMDB, sedangkan trailernya aku dapat dari YouTube.

Tapi menurutku hal ini tidak melanggar hukum karena kulihat blog sinopsis film lainnya juga banyak yang memuat poster film dan juga trailer, selain itu aku hanya memberikan sinopsis dan jalan cerita hasil tulisan sendiri walaupun informasi nya aku dapatkan dari website luar negeri.

Mohon sarannya teman-teman, karena jika blog sinopsis film terbaru dapat peringatan lagi, maka akun blogger ku akan ditangguhkan bahkan lebih parah lagi bisa dihapus, itu berarti blog sarilah juga ikut dibanned karena masih satu akun blogger. Akun blogger ini sudah dapat dua kali peringatan, bulan Februari 2021 dan bulan ini. Artikel yang kena dmca semuanya tahun 2018, agak aneh juga sudah tiga tahun baru bermasalah.

Kenapa aku bilang begitu, karena dulu aku punya akun blogger yang berisi blog download film dan juga blog berisi informasi android. Waktu itu belum tahu kalo di blogger tidak boleh membuat artikel download file yang ada hak cipta nya. Dan tentu saja akhirnya blog download film itu baru beberapa bulan ketahuan dan langsung dibanned tanpa bisa banding. Blog berisi informasi android juga ikutan hilang.

Memang untuk blog sinopsis film ada link untuk mengajukan banding, beda dengan dahulu, tapi tetap saja jika ditangguhkan repot juga mengurusnya.

Apakah blog teman ada yang mengalami hal sama? Kalo ada yang mengalami kejadian sama bagaimana solusinya? Terima kasih banyak ya.

Mohon maaf juga, untuk sementara blog walking nya aku tunda dulu karena aku hendak menghapus semua trailer yang ada di blog sinopsis film terbaru, tapi karena jumlah artikelnya ribuan jadinya akan memakan waktu sehingga belum bisa blog walking.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger yang ingin berbagi pada dunia terutama tentang film dan serial tv, suka nonton film tapi lewat gadget terutama handphone

65 komentar untuk "Apakah menambahkan trailer film di blog melanggar hak cipta?"

  1. Waduh, mengkerut saya bacanya, hahaha.

    Soalnya kalau ngomongin nulis review film, duh saya terlalu spoiler malah, hahaha.

    Tapi setau saya, yang namanya link trailer, malah mereka sengaja dan senang buat disebarkan.

    Terlebih juga gambar, asal ada sumbernya, ga masalah sih.

    Apa karena ada yang laporin ya, cuman kenapa yang laporin ga mau kasih tau penyebabnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang aku baca sih itu dapat peringatan DMCA, jadi sepertinya yang ngelaporin pemilik konten filmnya, tapi aneh, bukannya kalo banyak yang nulis sinopsis dan review filmnya harusnya tidak apa-apa malah senang ya kecuali kasih link download film itu baru bermasalah.

      Makasih mbak Rey

      Hapus
  2. kangmase agus, mbul ada sedikit saran tapi mbul tulisin liwat email...mungkin bisa dibaca...walau ga yakin bisa membantu sih. πŸ˜ŠπŸ˜‰

    Semangat ya mas, nita berharap blog sarilah n sinopsis ga dibanned...mbul uda kadung cintak sama cerita cerita di blog ini dan blog sebelah. Semoga cepat menemukan solusi...Lengkapnya di email hwehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak mbul, semoga saja memang tidak dibanned, biarpun bisa banding tapi repot juga.😁

      Hapus
    2. amiiin mas...mudah mudahan ga sampe banding bandingan segala, soalnya mumet bahasa inggrisnya mas πŸ₯Ί, e itu mbul deng yang ga bisa bahasa Inggris. Mudah mudahan saranku yang diemail dikit membantu, khususnya untuk post ke depan....walau dikiiiiiiiit hehehe. Semangat ya kangmase agussssss ! ☺

      Hapus
    3. Kalo ngga salah untuk banding bisa pakai bahasa Indonesia yang baku biar diterjemahkan enak , tapi kalo disuruh banding pakai bahasa Inggris mendingan bikin blog baru aja lagi.😁😁😁

      Makasih sarannya ya. Silahkan ambil sepedanya di toko terdekat.πŸ˜„

      Hapus
    4. Tadi ada balasannya, cuma pakai bahasa Inggris. Jadi bingung.

      Aku coba terjemahkan, katanya mereka juga bingung aku nulis apa karena pakai bahasa Indonesia.🀣

      Hapus
    5. pegangan togor listrik aja po mas kalau bingung ? πŸ˜‹πŸ€­

      Hapus
    6. Togor apa tiang listrik mbul? πŸ€”

      Hapus
  3. waduh gw gak tau sih mas, sejauh ini gw belum pernah dapet peringatan seperti itu, kalo saran gw sih... apa yaa, gw juga bingung sendiri :D, mungkin ikut saran mbak mbul aja tu yang udah dikirim lewat email.. samangat mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak mbul ngasih sarannya suruh ke mas khanif, piye Iki.πŸ˜‚

      Hapus
    2. nah ayo lah tuh jadi muter muter gini...mbul ke mas agus..mas agus bilang mbul saranin ke mas nif 😱🀭

      Hapus
    3. Mas khanif nya mana nih, kok belum datang kasih saran lagi.😱

      Hapus
    4. mas khanif lagi banting tulang mencari sebongkah berlian mas ....
      katanya buat ketemu asmirandah tapi dalam rangka tilik bayinya hwehehe

      kaboooooor yuk mas agus...hihi

      Hapus
  4. Kak Agus, biasanya kena laporan seperti itu karena yang membuat konten awal atau yang punya hak cipta merasa takut kontennya disalahgunakan, terus mungkin karena Kakak menuliskan dalam bahasa indonesia dan yang empunya konten nggak bisa bahasa indonesia, maka dia merasa takut kontennya disalahgunakan. Itu menurutku ya.
    Mungkin nextnya, Kak Agus bisa sertakan link credit di bagian bawah foto/video yang Kakak sertakan di tulisan atau nggak usah pakai foto/video sama sekali biar aman. Semoga masalahnya bisa segera selesai πŸ™πŸ»

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya bukan soal bahasa sih, karena sekarang kan sudah ada terjemahan, kemungkinan karena takut disalahgunakan.

      Makasih banyak atas sarannya mbak Lia.πŸ˜€

      Hapus
  5. Waduh, baru juga saya mau bikin artikel tentang The Batman. Jadi ngeri pas baca ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga usah ngeri bang, bikin saja artikel tentang Batman, asal tidak melanggar hak cipta tidak apa-apa kok

      Hapus
  6. Iya waktu share mp3 dulu aku juga pernah dapat peringatan seperti itu, ku hapus link dunlodnya terus publis lagi, aman2 aja meski cover/posternya belum aku hapus.

    Tapi sebaiknya dihapus aja mas gambarnya dan link apapun yg ada dlm post itu, post yg dapat peringatan aja jangan semua, karena itu gambar milik IMDB kan? Atau kalau mau ngotot di edit aja gambarnya dikecilin dikit dan ganti format. Atau tulisi Jaey digambarnya, DMCA takut sama Jaey.

    Kita tdk bisa membandingkan dgn blog/situs lain bahwa mengapa mereka boleh sementara kita tidak. Turuti saja perintah google/blogger, cari aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atau foto/gambarnya jangan di save biar scriptnya asli dari webnya ga kebawa serta, cukup print screen pakai aplikasi baru di save.

      Hapus
    2. Nah ketahuan atas ane suka nyekrenshot gambar πŸ€£πŸ€£πŸ‘πŸ™

      Hapus
    3. Sepertinya yang dipermasalahkan bukan link sih, soalnya di artikel itu tidak ada link ke situs download, tapi juga tidak ada link ke IMDB atau YouTube sih.😁

      Kemungkinan seperti kata Bu guru Khairunnisa, trailer filmnya yang bermasalah.

      Tapi kalo soal itu juga masih tebakanku doang sih soalnya di email tidak ada keterangan spesifik, apakah anu nya atau anu nya.🀣

      Hapus
    4. Kalo gitu sapu rata aja, hapus semua isinya terus ganti sama emot melet banyak2 begini πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ🀣🀣🀣

      Hapus
    5. Wkwkw mas Jaey emang selalu solutifπŸ˜‚πŸ˜†πŸ˜‚πŸ˜†πŸ˜‚πŸ˜†πŸ˜‚

      Iya saya perlu aplikasi SS layar kompi buat bikin bahan ajar. Kalau diblog kadang2 aja😁

      Hapus
  7. wew, bingung.. padahal bukannya seneng ya dapet promo film gratis gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti ada sesuatu yang melanggar hak cipta makanya kena dmca, cuma harusnya malah senang ya filmnya di promosikan, gratis lagi, bukannya malah dilaporkan ke KPK eh DMCA.πŸ˜‚

      Hapus
    2. Semoga masalahnya cepat selesai ya, Mas..

      Hapus
    3. Sepertinya tidak masalah sih, aku masukkan ke draf saja terus artikel yang bermasalah dari pada di terbitkan malah was-was.πŸ˜‚

      Hapus
  8. Halo Mas Agus, aku baru sempet BW dan baru baca postingan ini. Ikut sedih dengernya. huhuhu..
    Ga bisa ngasi saran banyak, karena aku pun blm terlalu ngeri. Tp sedikit saran Mas Agus, coba mas Agus cek sinopsis yg tayang pake smallseotools.com untuk plagiarism-nya. Pas aku cek random td beberapa postingan, itu ada yg plagiarism nya di atas 50%, bahkan ada yg 80% lebih. Nah biasanya google klo menemukan web yg isi persentase plagiarismnya agak gede, bisa2 di take down. Saran aku, coba ketik ulang susun ulang kalimatnya, agar beda dari data sumber yg mas agus ambil. Plus tambahkan ulasan pribadi atau pendapat pribadi yg lebih panjang, agar persentase uniknya lebih banyak dr pada persentase yg dianggap plagiat. Klo bisa yg unik itu sampai 90% lebih biar aman Mas Agus.
    Semangat terus yaaa mas Agus. Semoga web nya tetep awet yaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow saran yang komplit, makasih banyak mbak Ica.πŸ˜€

      Tapi dilihat, diraba, dan diterawang (emang duit apa.πŸ˜‚) Sepertinya ini bukan masalah plagiarisme atau copas tapi lebih ke melanggar hak cipta. Kemungkinan ada dua yaitu poster film dan trailer film, tapi aku lebih ke trailer filmnya yang bermasalah.

      Makasih sudah kasih semangat, semoga web nya aku awet sih.

      *Buru buru cari formalin.

      Hapus
    2. Saya setuju sama Mba Thessa Mas Agus. Kalo gambarnya mungkin bisa di edit dikit trus simpan ulang pake nama laen. :D

      Hapus
    3. Kalo gambar dari IMDB memang aku edit pakai nama lain, tapi menurutku seperti nya trailer film yang bermasalah seperti kata Bu guru Khairunnisa.

      Soalnya kadang banyak juga trailer film yang ada di YouTube dihapus oleh YouTube karena pemilik trailer film komplain. Aku cek trailer film yang dipermasalahkan itu juga tidak ada di YouTube.πŸ˜‚

      Aneh ya, bukannya trailer film malah buat promosi tapi malah jadi kena komplain, sungguh bikin herman.πŸ˜‚

      Hapus
  9. Hah?waduh ini meresahkan para blogger ya

    Saya pun kalau ngereview nyantumin foto tapi biasanya di keterangan bagian bawah saya cantumkan link hidup sumber foto : misal Wiki atau IMDB gitu mas.

    Sejauh ini aman sih. Tp coba diikuti jg saran mbak PiPit.

    Atau emang ada yg khusus ngelaporin blog ini claim DMCA, wallahualam ni shawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kalo foto atau poster film tidak dipermasalahkan, tapi trailer filmnya.

      Tapi memang aku kalo bikin postingan tidak kasih sumber sih.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  10. Saya juga sering nulis review film, tapi cuma ada posternya doang. Belum pernah dapat dmca.
    Kalo boleh tahu, trailer dari youtube itu, channel youtube nya resmi dari pemilik film atau bukan? takutnya itu yang bermasalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini, sepertinya masalahnya ketemu nih, makasih banyak Bu guru Nisa.

      Karena sudah lama (itu artikel tahun 2018) maka aku kurang tahu apakah dari channel resmi atau bukan, tapi sepertinya bukan kali ya, soalnya waktu itu aku bikin postingan film harus ada trailernya, jadi aku Embat saja trailer film dari mana saja, sepertinya itu yang bermasalah.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  11. Waduh mas baru tahu sayaa.. saya pernah nulis review film pake posternya pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kalo poster film tidak melanggar hak cipta sih, kalo trailer agak was-was, kalo trailer resmi sepertinya tidak masalah tapi yang abal-abal itu yang bisa kena dmca, banyak juga trailer film di YouTube dihapus.

      Hapus
  12. Ikut sedih aku bacanya, Mas. Padahal udah artikel lama, lhoooo. Tapi kenapa kok baru dipermasalahkan sekarang?? 😭😭😭

    Kalau menurutku, untuk trailer seharusnya gak masalah. Gimana pun juga kan trailer itu media promosinya film. Jadi seharusnya kalau banyak yang nyebarin, gak masalah. Malah menguntungkan sih menurutku.

    Beberapa bulan yang lalu aku juga pernah dapat peringatan dari DMCA, mas. Bukan buat blog, melainkan instagram. Itu gara-gara igs ku pakai copyright song. Sebelumnya sih aku gak tau kalau itu bakal menimbulkan masalah, toh itu lagu aja udah bawaan aplikasi edit video πŸ₯Ί. Tapi mau gak mau igs nya harus aku hapus dan aku bikin baru lagi. Jadi dua kali kerja deh, padahal itu igs buat job. 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin mereka lagi gabut kali mbak.🀣

      Kalo trailer film resmi sepertinya tidak masalah sih bahkan mungkin mereka senang, tapi yang tidak resmi itu bisa bermasalah, soalnya aku lihat banyak juga trailer film di YouTube yang dihapus.

      Hapus
  13. Wah masih belum bisa berpendapat saya.. Di negara kita saat ini saja minta royalti untuk semua jenis lagu yang disetel,,, ini tiba-tiba kena tegur masalah trailer.. Mungkin trailer yang dari youtube itu channelnya juga kena teguran dari pembuat asli trailer... Mungkin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin begitu bang, mungkin trailer film yang aku pasang itu bukan milik aslinya jadi nya kena tegur

      Hapus
  14. wah....begitu toh....
    dapat ilmu baru, nambah wawasan.... thank you for sharing.

    BalasHapus
  15. sekarang memang agak strict mas
    tapi aku gatau ya kalau maslaah download ini
    aku dapat teguran masalah konten tentang pijat refleksi kemarin
    padahal menurutku ya wajar aja hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi penasaran konten pijat refleksi kayak apa yang kena tegur.😁

      Hapus
  16. Wah kok bisa ya setelah sekian tahun baru dipermasalahkan. Mungkin karena ada yang laporan ya, akhirnya yang lain dicek juga sekalian.

    Kalau menurut saya, ya jangan ambil resiko Om.. ngalah aja sama blogger, di take down aja semua postingan daripada akun blognya sampai ditangguhkan, eman-eman..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, kalo diturunkan semua artikelnya sayang juga pak guru, soalnya ada ribuan. Mendingan aku hapus semua trailer film

      Hapus
  17. waduh mas Agus! Turut sedih. Semoga blog mas Agus aman ga kena banned ya!! Aku beberapa kali pernah masukin trailer sih. Tapi itu aku embed code gitu sih mas agus. Jadi pake html, ga insert video. Tapi ga tau ini ngaruh atau engga. Cuma emg aku kadang males sih masukin trailer, lebih milih poster saja dan ga lupa sertakan sumbernya. Semoga saja aman-aman aja ya mas Agusss >.<

    BalasHapus
  18. Tumben artikelnya curhat...😁😁

    Mungkin video atau film yang ente unduh bukan murni dari yang punya video kali kang...Terus pemilik aslinya melaporkan keGoogle dengan aduan DMCA, Pemilik melakukan total keseluruhan kena satu kena semuanya termasuk ente... Penangguhannya yaa ada dipemilik hak cipta itu sendiri...Meski sudah ditangguhkan belum tentu Google meresponnya buru2.

    Pernah ngalami dulu aku download video komunitas sepeda milik temanku diyoutube, Bagi pemilik nggak masalah karena teman...😊😊 Sueenya pas gw upload ke Facebook kena blokir karena bukan hak cipta gw katanya.😳😳

    Gw laporin ketemen gw, Dia malah ketawa2 pas dibantu dia baru bisa...Video klip musik juga pernah ngambil disitus aslinya, Pas gw upload ke IG sama FB diblokir.😳😳 Akhirnya gw hapus solusinya....🀣 🀣 🀣 🀣 Tapi giliran upload versi bajakan malah bisa anehkan.😁😁


    Solusinya ajak kerumah Rongdo mungkin bisa damai kali kang..🀣🀣🀣

    BalasHapus
  19. Ikutan sedih, om Agus... Kok bisa gitu yaa. Aku sih belum faham mengapa begitu

    BalasHapus
  20. Aku ikut heran, sebenarnya malah senang film ikut dipopulerkan secara cuma-cuma, tapi kok malah dapat peringatan.

    Semoga cepat beres.
    Lebih baik entri film atau lagu dicopot, selanjutnya di ganti entri lain saja.

    BalasHapus
  21. Aku malah baru dengar ini Mas Agus.
    Tapi mungkin masalahnya ada di Gambarnya karena beberapa gambar memang ada yg berhak cipta. Jadi, memang agak sulit.

    Kalau artikelnya menurutku nggak masalah sih. Karena pedoman blogger di google memang tulisan bersifat bebas dan tidak mengandung unsur porno atau SARA.

    Kalau video menurutku tergantung asalkan bukan reupload. Kalau semisal asalnya embed html dari si empunya yg punya saya rasa nggak masalah.

    Tapi mungkin demi agar kejadian ini tidak terulang. Sebaiknya tidak usah dikasih gambar saja Mas Agus. Yah memang jadinya agak kurang wahh, tapi saya rasa nggak masalah.. semoga urusannya cepat kelar.. πŸ™‚

    BalasHapus
  22. Aku ikut sedih ya mas hiks..

    Aku kalau pakai foto yg bukan punyaku selalu aku sertakan sumbernya sih dibawahnya, tp kalau trailer film aku ga tau, malah baru tau kalau ini melanggar hak cipta, setau aku kalau disertakan sumbernya sih harusnya nggak ya mas.

    BalasHapus

  23. Semoga cepat selesai permasalahannya mas Agus, tenang mas Agus permasalahan gitu gak cuma mas Agus aja yang alami banyak yang menggalami dulu kakaknya Enda kakak Giorgia pernah bikin website terus websitenya disalah gunakan oknum tidak bertanggung jawab lalu tindakan kakak Giorgia memblokir websitenya dan diam sejenak untuk tak ngeblog dulu lalu setelahnya ngeblog dengan buat website lagi namun di setting websitenya jadi coming soon.

    BalasHapus
  24. Waduh.. Saya bacanya jadi deredeg mas. Saya kan juga suka bikin sinopsis film
    Tapi sejauh ini nggak pernah dapat peringatan dan semoga aja nggak pernah. Lagian kalau dipikir kayaknya 2 hal itu nggak melanggak hak cipta deh. Kan kita malah bantu filmnya jadi terkenal.
    Semoga cepet selesai ya mas masalahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ini, saya sebelumnya sempat berkunjung ke blog mbak Astria; saya lihat banyak banget bikin review ataupun sinopsis film di blog nya. Ya, saya pun bertanya-tanya tentang ini dan akhirnya dapat sedikit 'intipan' dari postingan mas Agus kali ini. hehe.

      Hapus
  25. bisa buat tambahan pelajaran mas buat saya, wah ternyata ada aturan-aturannya ya blogger. Thanks mas

    BalasHapus
  26. Wah, jadi nyesek bacanya :( Semoga masalah ini bisa segera clear ya, Mas Agus. Sebenarnya sih banyak blogger yang menuliskan sinopsis atau trailer film ya, cuma ya kurang paham juga kenapa bisa begini. Mungkin si empunya pelem ngeri jika filmnya ntar kenapa2 hihihihi :D Kaboooooorrr aja ah ga ngerti soalnya.... :D

    BalasHapus
  27. Mas Agus, aku ga terlalu ngerti masalah ini. Tapi semoga aja cepet selesai, dan jgn sampe blognya dibanned. Ntr aku ga bisa baca cerita2 lucumu lagiiii :D. Itu hiburan tauuuuk ;)

    BalasHapus
  28. wah asyik tuh donlot film, pasti banyak koleksinya. bagi dong lewat email...

    BalasHapus
  29. Wah saya baru saja akan posting review film seri dari Netflix, akan publish di blog di bulan depan. tapi memang saya hanya menjelaskan synopsis saja, tidak dengan video trailer.

    Fokus salahnya jadi ada di mana dong ya, gambar? artikel? atau video?

    Dan masalah seperti ini ada yang laporin atau dari pihak mereka sendiri yang menyadari ya?

    BalasHapus
  30. aku belum pernah mengalami kayak gini
    bukannya kalau sedia link download ga apa apa, kan banyak juga blog blog yang menyediakan link donlot. aku bingung juga
    semoga cepat teratasi ya mas Agus

    BalasHapus
  31. Wah² sampai segitunya ya, padahal harusnya malah bantu promote lho. Ternyata ditanggapi lain. Oh iya, mungkin karena pandemi, karena banyak yang posting review gitu buat orang jadi malas nonton film nya. Mungkin lho.

    Sy juga ada notifikasi begitu di dasbor blog, tapi gak tau bahas apa, sy abaikan soalnya.

    BalasHapus
  32. Wahh jarang banget liat notice dari blogger langsung di dashboard blog, ternyata ada juga yaa. Saya pikir cuma di youtube aja yang gitu-gitu, baru kali ini liat sih..

    BalasHapus