Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mematikan dan mengaktifkan hape infinix secara otomatis

 Salah satu fitur yang cukup bermanfaat di hape android menurutku adalah mematikan dan mengaktifkan secara otomatis. Fitur ini ada di hampir semua ponsel termasuk juga di Infinix.

Smartphone asal Hongkong ini memang masih belum terkenal di masyarakat, orang lebih familiar dengan merk Samsung, Oppo, Vivo dan Xiaomi, padahal infinix juga tidak kalah bagus fiturnya.

Salah satu fiturnya yang cukup berguna menurutku ialah mematikan dan menyalakan hape secara otomatis. Berikut ini beberapa manfaatnya:

  • Ponsel jadi fresh

Seperti manusia, ponsel juga butuh istirahat, dengan mematikan nya maka smartphone bisa lebih segar dan fresh. Prosesor tidak bekerja secara terus menerus. 

Biarpun gawai tidak dipakai tapi tetap saja masih menggunakan prosesor biarpun tentu saja tidak seberat kalo sedang dipakai.

Begitu ponsel menyala otomatis, seperti orang yang bangun tidur, maka jadi lebih segar dan tenaga lebih kencang.

  • Baterai jadi irit

Nah ini alasan utama menggunakan fitur ini yaitu agar baterai lebih irit. Jika hanya diletakkan saja memang konsumsi baterai cuma sedikit tapi tetap saja memakan daya.

Beda halnya jika dimatikan maka baterai otomatis beristirahat sehingga lebih hemat. Bukan cuma hemat tapi baterai juga tidak cepat ngedrop.

  • Mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Seperti diketahui aplikasi yang ditutup bukan berarti langsung mati. Ada beberapa aplikasi biarpun sudah ditutup dan tidak digunakan masih tetap berjalan di latar belakang, seperti WhatsApp, layanan google play atau sistem android.

Jika dimatikan otomatis aplikasi yang boros data maupun mengkonsumsi baterai ini akan mati juga.

Oke, setelah mengetahui manfaatnya kini langsung saja ke cara menonaktifkan dan mengaktifkan hape infinix secara otomatis biar tidak capai mematikan dan menyalakan terus.

Pertama masuk ke pengaturan lalu pilih sistem.

Akan muncul beberapa menu, pilih lagi jadwalkan pengaktifan dan penonaktifan. Menu itu ada dibawah tanggal dan waktu di Infinix Hot 8. Untuk tipe lain seperti Infinix smart 5 atau lainnya kurang tahu tapi sepertinya tidak beda jauh.


Kemudian tinggal atur saja jadwal kapan ponsel mati. Jangan lupa atur juga kapan waktunya ponsel menyala sendiri agar tidak capek.


Misalnya aku atur gawai mati pada pukul 23.00 atau jam 11 malam saat waktunya istirahat dan menyala jam 5 pagi. Tentunya ini bisa disesuaikan dengan kebiasaan masing-masing karena aku tahu ada juga orang yang memakai hape tengah malam.


Selesai, kini smartphone infinix kamu bisa menjadwalkan sendiri kapan mati dan nyala nya.

Yang perlu diketahui bahwa untuk mematikan dan menyalakan smartphone tetap perlu daya baterai, jadi pastikan baterai tidak dalam kondisi kosong ya, sebaiknya sih sekitar 20% atau lebih.

Semoga bermanfaat.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

58 komentar untuk "Cara mematikan dan mengaktifkan hape infinix secara otomatis"

  1. Dengan kata lain menonaktifkan dan mengaktifkan HP secara terjadwal ya. Sayangnya di Nokia 3315 ngga ada fitur ini..hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mas, caranya dengan direndam air nanti hapenya mati, biar nyala lagi beli yang baru.😁

      Hapus
    2. Udah pernah nyoba tapi tetap ngga ada fiturnya. Btw hp infinix kenapa ngga di jual di outlet resmi seperti di Eraphone atau Global Teleshop ya?

      Hapus
    3. Kurang tahu juga kenapa ngga dijual langsung, mungkin agar lebih hemat tidak bayar karyawan.πŸ˜‚

      Hapus
    4. Mungkin juga alasan seperti itu dan kebanyakan hp infinix memang di jual online ada juga sih yang bilang di Roxi banyak yang jual tapi malas ke Roxinya dan kadang kala harganya lebih tinggi dari harga resminya. Dan sampai sekarang belum kebeli tuh HP infinix padahal udah niat mau beli infinix hot 9.

      Hapus
    5. Beli saja di toko online mas Herman, biasanya malah lebih murah dari harga resminya. Harga resmi Infinix Hot 10 4/64 1.599.000, kalo toko online malah cuma 195.000 bahkan ada yang dibawah itu.

      Hapus
    6. Wow 195.000 ya πŸ‘†

      Hapus
    7. Hahaha salah tulis, angka satunya ketinggalan.🀣

      Hapus
    8. Kirain 195.000 cicilan perbulan..hihihi
      Entah kenapa malas banget beli online lebih senang beli langsung ke outletnya.

      Hapus
    9. Pakai shopee bisa kredit mas, cuma sayangnya harus verifikasi KTP dulu, kalo ngga mah mau ikutan nyicil juga.😁

      Hapus
    10. Lho beneran ada ya beli online dengan kredit?

      Hapus
    11. kalau beneran 195. 000 si mbul pengen beli 10 🀭

      jadinya 1.195.000 apa 1.950.000 tuw?

      Hapus
    12. Ada mas Herman, udah sejak 2019 ada fitur shopepay later , bisa kredit 3x, 6x atau 12x, tapi syaratnya harus verifikasi KTP dulu lalu dilihat belanjanya. Biasanya dapat limit 500ribu, kalo sering belanja 3 juta, terus kalo pembayarannya lancar limitnya naik jadi 15 juta, bisa buat kredit motor tuh.😁

      Hapus
    13. Iya harganya 195k x 10 mbul.πŸ˜‚

      Harganya 1.595.000 maksudnya tapi rata rata 1.6 juta sih.πŸ˜„

      Hapus
    14. Oh, jadi limitnya bisa naik terus ya, kalau buat beli kapal pesiar kira-kira harus rajin belanja berapa tahun ya?

      Hapus
    15. Kayaknya cukup setahun atau dua tahun mas, soalnya anak sultan.😁

      Hapus
    16. Oke, terima kasih infonya..hihihi.. harus mulai nyicil nih belanja di shopee biar cepat dapat limit buat beli kapal pesiar setelah dapat bisa lanjut beli pesawat tempur..hahaha

      Hapus
    17. Sepertinya habis pesawat tempur mau nyicil planet krypton juga ya mas.😁

      Hapus
  2. Aku noted dulu cara2nya, mas
    Soalnya aku saat ini masih pakai hengfon merk tetangga sebelah 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh mas Hino pakai handphone punya tetangga sebelah yang baru punya anak satu ya.πŸ˜‚

      Hapus
    2. Ho'oh [jawabnya sambil ngangguk-ngangguk].
      Kok tau aja seh πŸ€” ?.

      Tetangga yang punya satu anak dan usahanya jualan susu 🍼

      Hapus
    3. kalian ini ngomong apa si

      Hapus
    4. Wah, jualan susu apa tuh mas hima,...hi-hi 😁,...kabur

      Hapus
    5. Walah, kok malah pada ngomongin susu sih.🀣

      Hapus
    6. iya nih mas agus, mas hima nih yang membuat konten susunya, mana nih mas hima, sang pembuat konten susu-susuan,...hi-hi-hi,..kabur,...

      Hapus
    7. Mungkin mas Himawan belum datang karena lagi nyari susu.πŸ˜‚

      Hapus
  3. penjelasan yang amat sangat gamblang mas......

    terima kasih ya atas ilmunya.

    Dari tulisan ini si Mbul jadi paham bahwa ketika hp belum dimatikan secara total, meski layar pas ga nyala, tapi tetap saja prosessor dan beberapa aplikasi lainnya terus bekerja, seperti whatsap, google play dsb (yang mana paling sering menyerap daya), sehingga sedikit demi sedikit prosentase batere berkurang.

    Ya, betul sekali pengandaiannya..tak ada salahnya biarkan sejenak smartphone kita dalam keadaan beristirahat total jika sedang tidak digunakan. Jadi opsi mematikan sendiri (canggih juga ya) bisa menjadi pilihan. Asal ga kaget dan lupa kalau sekarang ada cara rahasianya kenapa kok tiba tiba mati dengan sendirinya, wkwkkw...

    Jadi tertarik mengulik infinix...merapat dulu ah mo takcari dulu info infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali suhu mbul, takutnya kayak aku kemarin, lagi asyik-asyiknya main hape jam 11 malam kok tiba-tiba hape mati sendiri. Kirain aku kena virus jadinya aku panik.

      Eh, esoknya ternyata nyala sendiri.😁

      Hapus
    2. hapenya kena virus korona mas :D

      Hapus
    3. Yang penting jangan orangnya yang kena korona mas khanif.πŸ˜‚

      Hapus
    4. hu umb...moga moga kita semua terhindar dari kororo...😁☺😊

      Hapus
    5. Amin, semoga semuanya sehat ya mbul.

      Hapus
    6. amin ya robbal alamin Mas...☺

      (✪Ο‰✪)/

      Hapus
  4. Ternyata caranya cukup mudah ya mas Agus, jadi kepengen beli hp infinix juga,..hi-hi πŸ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli saja koh, kalo nanti kurang sreg buat aku saja hape Infinix nya.😁

      Hapus
    2. boleh-boleh mas Agus,...sombong amat ya saya, seperti anak sultan,..he-he

      Hapus
  5. mudah banget mas caranya, gw catet dulu nanti kalo udah beli hape infinix gw praktekan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga hanya merk Infinix, hape android lainnya juga bisa kok.

      Hapus
  6. selama ini aku matiin hape kalau pas panas aja hahaha.
    jadi aku matiin cuman beberapa menit, terus aku hidupin lagi
    bisa ga ya di hapeku disetel otomatis begini, ntar ahh aku coba utak atik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya bisa mbak Ainun, hampir semua hape android ada fitur ini.

      Hapus
  7. Sepertinya samsungku gak punya fitur itu, huuh cari ke PlayStore ah barangkali ada hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jual saja hape Samsung nya lalu beli infinix biar aku ada teman hihihi.🀣

      Hapus
  8. jadi meskipun hp nya lagi dipakai, kalu udah jadwalnya nonaktif, auto nonaktif ya mas.. ?
    kalau lagi main game jadi kentang tuh.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak thya, kayak aku semalam pagi asyik nulis artikel tahu tahu mati hapenya.πŸ˜‚

      Hapus
  9. Balasan
    1. Artine apa sih mbul, tidak aku balas karena ngga paham.πŸ˜‚

      Hapus
    2. πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„

      Hapus
  10. harusnya sih tiap hp ngaktifin ini biar awet.. baterai bisa tahan lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya hape android lain juga ada fitur ini kang

      Hapus
  11. Thx infonya. Kali artikelnya bukan cerpen, melainkan tips seputar penggunaan smartphone. Fitur yang jarang dipakai orang ternyata penting juga agar baterai awet dan dan tidak cepat panas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sudah ada cerpen yang baru lagi pak.πŸ˜ƒ

      Hapus
  12. Waahh kalau begitu saya suka lupa orangnya...Ntar kalau jam 3 pagi terbangun pas mau ngecek hp malah nggak bisa.🀣🀣🀣

    Mending ada hp cadangan kang, Pas lupa bisa mencet hp satunya.🀣🀣🀣

    BalasHapus
  13. Wah, boleh juga nih, mas. Kebetulan hapeku jarang banget mati. Nyalaaaaa, terus. Kasihan juga kalau dipikir-pikir. 🀭

    BalasHapus
  14. tips bermanfaat....

    thank you for sharing.....

    BalasHapus
  15. Aku jrang pake fitur ini , Krn tidur ku sendiri ga tentu mas :D. Kadang malam banget, kdg kecepetan. Jd agak susah kalo hrs pake auto on off.

    Cm yg pasti pas aku tidur, hp selalu aku matiin. Aku ga prnh biarin dia nyala.

    Dulu pas msh kerja, hp ttp aku matiin kalo wktunya tidur. Padahal ada aturan juga kalo hp hrs hidup, jd kalo cabang kantor yg aku pegang ada masalah kenapa2, aku bisa segera dihubungin. Tapi ga mau :p. Waktunya tidur, ya tidur buatku :D. Jd hp jg hrs istirahat. :p

    BalasHapus
  16. Makasih mas Agus tipsnya . tapi aku nggak punya HP merk Infiniti.. tapi tetap bermanfaat kok.. Sip.
    Oh ya mas Agus aku mau titip cerpen boleh nggak? Ntar aja kalau mas Agus sudah ada waktu luang akan aku kirim cerpennya..buat dijadiikan artikel. Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Titip cerpen yang sudah jadi apa di edit dulu mbak? Tapi sepertinya tidak bisa sekarang karena blog aku lagi kena dmca, kalo tidak aku perbaiki bisa ditangguhkan atau malah di banned blognya.πŸ˜‚

      Hapus