Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nokia 7610 5G, hape andalan Nokia terbaru di segmen entry level

 Siapa diantara pembaca yang tidak kenal Nokia, hampir semuanya tahu bahkan mungkin dulu pengguna hape tersebut. Nokia memang selalu menjadi nomor satu dari tahun 2000-2010an sebelum era android. Sayangnya setelah era smartphone pamor Nokia terus meredup bahkan sempat menghilang.

Sebagai produsen ponsel nomor satu, pasti hape Nokia juga banyak, salah satu yang jadi legenda adalah Nokia 7610 yang boleh dibilang hape sejuta umat, eh bahkan mungkin bukan sejuta umat tapi puluhan juta umat karena memang ponsel ini terjual lebih dari 10 juta unit di seluruh dunia.

Salah satu keunikan dari Nokia 7610 adalah desainnya. Kalo orang Indonesia bilangnya mirip ketupat. Memang tidak salah sih.


Tapi menurut yang aku baca, katanya desain hape tersebut terinspirasi dari bentuk daun. Entah daun apa yang jadi inspirasinya aku tidak tahu, mungkin daun pintu atau daun telinga kali ya.

Kini HMD global sebagai pemegang merk Nokia berniat meluncurkan lagi hape legendaris itu, tentu saja dengan desain yang lebih kece dan menarik. Bagusnya lagi, spesifikasinya juga sudah mengadopsi teknologi terkini. Iya dong, masa cuma bentuknya saja yang jadi nilai jual, susah lakunya dong walaupun tidak dipungkiri kalo desainnya salah satu nilai lebihnya.

Nih, kalo tidak percaya, lihat saja desain baru Nokia 7610.


Desainnya masih mengadopsi hape dengan sistem Operasi Symbian S60 itu, cuma lebih kece ini ya.

Oke, desain emang bagus, tapi bagaimana dengan spesifikasi nya?

Tenang saja, Nokia 7610 sudah memiliki spesifikasi mumpuni. Layarnya berukuran 6,5 inchi dengan resolusi 1080x2400 atau Full HD plus. Enaknya lagi layarnya sudah pakai lcd amoled jadinya lebih kinclong. Layarnya sendiri sudah mendukung refresh rate 120 Hz, sangat cocok untuk yang hobi main game.

Disudut atas layar ada lubang kecil untuk kamera 20 MP. Sangat cocok untuk yang hobi selfie, adapun di belakang ada empat kamera dengan kamera utama 64 MP. 

Untuk jaringan nya sendiri sudah mengadopsi teknologi terkini yakni 5G, tentunya selain 4g 3g dan 2g. Dengan jaringan terbaru itu, internetan makin ngebut biarpun itu tergantung operator seluler masing-masing. Soalnya disini biarpun ada jaringan 4g tapi untuk download file 15 MB kadang butuh waktu 5 menit kalo malam hari.

Untuk sistem operasinya tentu saja memakai OS Android, biarpun aku ngarepnya pakai Symbian biar sama dengan pendahulunya. Enaknya pakai  Symbian itu karena ukuran filenya kecil-kecil, memori 2 GB bisa untuk 100 game.

Oke, lupakan opini ngawur diatas. Untuk OS Android sudah memakai versi terbaru android 11 jadinya tidak usah khawatir ketinggalan zaman. 

Untuk chipsetnya sendiri memakai Snapdragon 765 yang memang sudah mendukung jaringan 5G. Untuk ketangguhan prosesornya tidak usah diragukan karena ini adalah chipset Qualcomm terbaik untuk kelas menengah. Game macam Mobile Legend, PUBG, Asphalt 3 legends semuanya bisa dilibas.

Ketangguhan prosesor tidak akan berguna tanpa hardware yang mumpuni, untuk itulah ponsel Nokia 7610 5G dibekali dengan Ram 6 dengan memori internal 128 MB. Tersedia juga varian lain 8/128 GB dan 8/256 GB. Kalo masih kurang bisa menambahkan kartu memori UpTo 1 TB.

Tapi kehebatan hardware juga percuma kalo baterainya loyo, karena itu hp terbaru Nokia ini dibekali dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh plus dukungan fast charging terbaru 65 watt, yang bisa mengisi daya dari 20% sampai 100% hanya dalam 35 menit. Fast charging 65 watt lama memang bisa mengisi daya dalam 35 menit tapi untuk baterai kapasitas 4.000 mAh, bukan 6.000 mAh.


Layar amoled full hd plus, kamera 64 MP, prosesor tangguh, jaringan sudah 5G ditambah dengan ram 6/128 GB, baterai badak dengan fast charging 65 watt terbaru. Kira-kira berapa ya harganya?

Nokia sedang baik hati nih. Karena ini hape Untuk segmen pasar kelas bawah maka harganya juga murah. Untuk harga Nokia 7610 2021 varian 6/128 GB cuma 1.999.000, sedangkan 8/128 sekitar 2.2 juta dan 8/256 sekitar 2.5 juta, cukup terjangkau bukan.

Demikian ulasan Nokia 7610 5G yang rilis tahun 2021. Tepatnya kapan dirilis aku belum tahu karena sejujurnya ponsel ini barulah hape konsep atau buatan penggemar, bukan asli dari pabriknya. Jadi spesifikasi maupun harga dari Nokia 7610 2021 ini juga karangan aku saja. Gambar berasal dari internet dan ternyata cukup banyak juga yang membuat konsep phone Nokia 7610 reborn.

Sekian ulasan dan harga hape Nokia 7610 2021, mungkin sebagian sudah ada yang tertarik bahkan langsung ngitung duit di dompet untuk beli, eh tapi bohong.

#Kabur ah sebelum dilempar sandal.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

59 komentar untuk "Nokia 7610 5G, hape andalan Nokia terbaru di segmen entry level"

  1. Udah lama nggak ngikutin perkembangan hp Nokia, ternyata masih ada produk-produk baru yang diproduksi yaa. Ikutan senang lihatnya karena Nokia kan sempat ada masanya ketinggalan zaman banget padahal dulunya yang mendominasi dunia 😭
    Lihat model hpnya, bener-bener bikin nostalgia banget ya, Kak wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul kak Lia, lihat desainnya memang mirip ya, sepertinya mau borong nih hapenya, harganya murah lho cuma sejuta.😁

      Hapus
  2. Sek sek...mas..bentar...kok aku naksir bentukannya yang reborn ya Mas....duh ...pengen
    warnanya yang metalik atau biru kayaknya elegan, ga setebal yang jadul punya....kalau yang jadul itu percis seperti punya Mbul waktu jaman sekulah mas....tapi aku juga mikir itu bentuk daun apa ya kira kira kotakan agak kayak ketupat dikit ^________^

    Kalau melihat speknya, sepertinya menarik hati nih Mas, udah mau nyamain android merek lainnya...bahkan udah ultra hd pula ya layarnya, bisa betah aku kalau liat hp layarnya bening hehe, harganya juga kayaknya sesuai ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata mbul juga sama, baca tulisannya tidak sampai tuntas kayak Lia.🀭

      Hapus
    2. waduuuuhhh apa ada yang nyelip nyelip ya mas, yawes takbaca ulang, siji loro telu hihihi

      Hapus
    3. itu uda ada pen tabletnya tuh yang biru....mauuuuuuuukkkkk

      Hapus
    4. Waduh orangnya datang.πŸ™„

      Kaboorrr πŸšΆπŸƒπŸ’¨

      Hapus
    5. uda diportal mas di depan uda ga bisa kabur wkwkkw

      Hapus
    6. Ini sebenarnya hape konsep buatan penggemar Nokia mbul, jadi hapenya belum diproduksi bahkan tidak tahu diproduksi atau enggak.

      Selain Nokia 7610, ada juga Nokia 6600, Nokia N95 yang dibuat konsepnya oleh penggemarnya, cuma memang Nokia 7610 yang paling hits.πŸ˜„

      Hapus
    7. ow berarti tadi mbul hora mudeng ya mas, waduh terjebak deh si Mbul...🀯😳πŸ₯΄

      Hapus
    8. Astaga, ada yang keselip ternyata πŸ˜‚ nggak ngeuh dong. Dikira ini beneran desain pabrik πŸ˜‚

      Hapus
    9. Hahaha, maaf ya mbul dan Lia.πŸ˜„

      Hapus
  3. Tapi bohong.. wkwkwk..telak banget kenanya.. wkwkwk. Yang kurang teliti baca post ini pasti udah senang banget ada HP Nokia yang sudah 5G dengan spek mumpuni di bandrol di bawah 3 juta pada langsung siapin duit dah buat beli.. wkwkwk


    Rumor tentang ponsel Nokia 7610 5G ini sudah beredar beberapa bulan yang lalu ada yang bilang RAM-nya 8 dan 12 GB dengan memori internal 256 dan 512 GB, memakai android 12 serta chipset Snapdragon seri 8 dengan harganya di kisaran 6 jutaan, mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh mbul ga teliti diprank mas agus ya mas her 😁

      Hapus
    2. Akhirnya ada juga yang tahu.πŸ˜†

      Memang banyak rumor spek Nokia 7610 5G dengan ram 8/256 dan 12/512 GB, tapi kalo spek segitu kayaknya harganya harus mahal, jadinya aku tulis yang masuk akal saja biar yang baca tidak curiga.🀭

      Mas Herman sebagai penggemar Nokia update banget ya.πŸ˜„

      Hapus
    3. Di grup Nokia kadang ada yang share berita tentang ponsel Nokia yang baru, mas

      Hapus
    4. Oh aku udah lama ngga buka FB mas.πŸ˜„

      Hapus
  4. Nokia sang penguasa pada zamannya
    ingat banget dulu hape klo ga Nokia serasa hape kentang
    terakhir punya Nokia Xpress music awet banget

    oh ini jadi masih prototype
    klo Nokia bisa kasih yang baru dan menggigit kayaknya mereka bakal bisa laris lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung harganya juga mas, kalo ram 6/128 dibanderol 4 jutaan apalagi diatasnya, orang pasti mikir mikir biarpun merk Nokia. Mungkin kalo harganya 2 juta orang pada beli.πŸ˜„

      Hapus
  5. Nokia HP sejuta umat, kecintaankuh..
    Tapi itu duluuu...
    Sayang iya, Nokia ketinggalan jauh..

    Ampe saat ini aku masih nyimpen Nokia N95 & 6600. Masih mulus🀩

    Mas ulasannya bagus bangettt..
    Terutama hayalannya itu, alias pura2🀣
    Tadinya aku udah seneng, yapi memang rada aneh....
    Nokia specnya bagus koq harganya murmer???

    Ternyata oh ternyataaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, udah ngetung duit di dompet ya mbak buat beli Nokia 7610 5G, eh ternyata.πŸ˜‚

      Hapus
  6. Boleh juga nih. Murah meriah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bu haji, ayo beli yang banyak buat cucu.πŸ˜„

      Hapus
  7. Bagus tuh Hp 7610 jadul versi Symbian...Dulu sempat beli seken 950 ribu, Barunya 2 juta lebih kalau nggak salah. Itu Zaman gw kuliah apa awal baru masuk kerja lupa gw juga..😁😁😁 5 bulan pakai gw jual lagi karena nggak punya uang cuma laku 600 ribu..😁😁😁

    Iyaa banyak yang bilang itu motif ketupat padahal bukan motif Daun...Nggak tahu daun kelor apa daun ganja.🀣🀣🀣🀣🀣


    Bohoonggg kalau 7610 mau bikin lagi versi Android, Semua masih kabar angin yang berhembus seperti kentut.😁🀣🀣🀣🀣


    Lagian seandainya Nokiyem 7610 dibuat versi Android yang 5G tetap aja pasarannya nggak bakalan bagus, Yang udah2 juga hasilnya melempem. Udah banyak merek lain yang lebih Hot dan menggoda.😁😁

    Lagian Nokia juga kelamaan menjanda tapi nggak ngurus diri, Pas dijajal yaa plong dah..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸƒπŸƒπŸ’¨

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua juta zaman itu mahal banget, soalnya harga emas 1 gram cuma 80 ribu, sekarang 400k, berarti sekitar 9-10 juta kalo saat ini.πŸ˜‚

      Berarti kang satria termasuk tajir juga.😁

      Mungkin kalo harganya 2 juta untuk ram 6/128 pasti laku kang, soalnya poco M5 pro yang sudah 5g juga 2,5 juta itu juga ramnya 4/64.πŸ˜„

      Hapus
  8. 5 G?.....
    benar benar mantul... πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang Mantul kang, di Amerika sudah beredar belum? πŸ˜€

      Hapus
  9. Lahhh aku udah mikir buat ganti hape.. wkwkw 🀣🀣
    Ternyata desain fandom -_-

    Soalnya kalau bneran ada. Ini keren si bentuknya. Apalagi hape itu nostalgia banget.. hapenya Mba pas dulu. 😁 sering banget main game disitu jadi kaya punya hape sndiri. 🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, udah ngitung duit di dompet ya mas Bayu, eh ternyata zonk.πŸ˜‚

      Emang hape ini kebanyakan yang pakai cewek, padahal desainnya bagus ya.

      Hapus
  10. wah sepertinya nokia memang lagi membuat hape yang dulunya hits di produksi lagi ya mas, tapi dengan fitur-fitur baru.. kalo dengan harga segitu aku langsung capsus beli mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mas khanif, buruan beli, jangan cuma satu tapi lima karena ini limited edition, dibuat khusus untuk mas khanif.🀭

      Hapus
  11. Wah kalo dari segi desain emang keren sih ini. Dulu bilangnya hape daun karena bentuknya kayak daun.
    Mudah2an aja ini jeroannya reliable biar bisa laku dan bersaing sama pesaing2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan sih begitu ya kang.πŸ˜„

      Hapus
  12. Wah, ini yang ditunggu-tunggu, Sang legend lagi manasin mesin. Nokia. Saya dulu pakai nokia terakhir Nokia 5130 exspres music tahun 2014. Asli, kuat baterainya, enak soundnya buat dengerin musik waktu itu, namun perlahan badai Android pun menyerang.

    Semoga beneran rilis di Indonesia, Kalau iya siap-siap nabung hehe. Thanks mas Agus buat artikelnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Supri, siapkan tabungan yang banyak ya, karena hapenya lumayan harganya, jangan lupa kalo ada langsung borong ya.😁

      Hapus
  13. Sebagai pecinta nokia tulen dr jaman smp sampe sekarang saya cukup senang ngeliat bentukan nokia baru ini,, bentuknya bikin nostalgia yah.... Smoga nokia bisa ngejar ketertinggalannya dgn produk hp yg lain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kang Fahrul, ayo beli Nokia 7610 yang baru ini kang, murah meriah.πŸ˜„

      Hapus
  14. Mas Agus bisaaa aja, inspirasi daun pintu wkwkwkwkkw. Iyaaa sih, daun apa coba yg bentuknya kotak begitu, kalo bukan pintu 🀣

    Btw, aku sukaaa bgt modelnya! Gilaaa kangen juga Ama masa2 Nokia :D. Tadi aku udah bersiap bakal baca harga yg kisaran 4 juta ke atas, tapi ternyata masih dibawah 2 yaaaa ^o^.

    Keren siih. Bisa untuk anakku, kalo hp nya udh rusak dan perlu ganti. Bisa banget aku masukin list.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aslinya baru angan angan kata mas agus mba fan...blom dibikin hihihi, pembaca kena prank wkwk

      Hapus
    2. Mbul udah jawab, berarti aku ngga usah ngasih keterangan lagi.πŸ˜„

      Hapus
  15. spek nyaris perfect harga ga rasional xixixi

    seandainya ada memori beneran hingga 1 TB buat smartphone ...kalah harddisk eksternal ya Mas..^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adminnya lagi ngendon mbul dirumah Jande..🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. ni orang nyamber mulu kayak petasan 🀣

      Hapus
    3. Itu yang 1 TB buat memori eksternal atau kartu memori mbul, tapi beneran ada. Hape Samsung sekarang seperti Samsung M12 support micro SD hingga 1 TB.

      Cuma kartu memori 1 TB itu harganya sama dengan Samsung M12 yaitu 1,6 juta.πŸ˜‚

      Hapus
  16. Kalo soal desain si nokia ini emang juara deh, cakep banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo beli mbak Naia, kalo perlu borong yang banyak.πŸ˜„

      Hapus
    2. Yaa udeh beli bagi gw satu yee..🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Hahahaha aku kalo pake hp sampe rusak bener baru diganti, jadi gak bakal tertarik gonta ganti hp, tau diri juga karena pengangguran. wkwkwk

      Hapus
  17. Aku sampe manggil suami nih buat baca tulisan Mas Agus hahaha :D EH taunya bohong, bete banget doi wwkwkwkwkwk :) Lagian mana ada hape spek keren tapi murah buangeeddd :)

    BalasHapus
  18. Aku pikir Nokia udah menghilang dari pasarang, ternyata dia ada lagi. Eh, tapi seriusan bagus nih Nokia yang keluaran terbaru? Semoga Nokia kembali ke permukaan. Yeey...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hape Nokia Android yang baru sudah ada mbak, cuma yang 7610 belum ada.πŸ˜„

      Hapus
  19. Saya sudah serius banget bacanya. Sudah 5G pula. Spek nya juga bagus banget. Terakhir harganya yang murah. Sayang, hanya bisa dibeli di alam mimpi.

    BalasHapus
  20. nokia, hape sejuta umat dengan desain yang beragam
    jaman aku kuliah, temen temen pada ganti hape, dari yang model nokia biasa sampe yang model kayak game gitu, duh lupa namanya, N-gage kalo ga salah
    trus renkarnasi 7610 ini bentuknya apik juga ya, kekinian dan harganya itu lhooo, ram 8 aja 2,5 jeti, wowww

    BalasHapus
  21. Wah, ada Nokia lagi. Pasti mas Agus diendorse sama Nokia nih. 🀭

    Btw tampilannya cakep banget, mas 😍. Dan ini udah 5G. Eh, di Indonesia 5G udah ada belum, sih? πŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah mbak, di Jakarta Bali Solo Surabaya udah ada jaringan 5g cuma tidak full, baru beberapa area dulu

      Hapus
  22. Mas Agus, tak lempar sandal beneran ya. Udah serius baca dari awal lah kok jebule hape fan fiction.

    Lagian Mas, kalo hapenya masih pake Symbian, itu gamenya cuma bisa Snake. Ga ada ceritanya Mobile Legend jalan di Symbian.

    Aya-aya waeh.

    BalasHapus
  23. Mengenang kembali Nokia yang sudah tenang di alam sana

    BalasHapus