Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sharp Aquos Sense 5G, hape 5G dengan harga murah

 Jaringan 5G atau penerus dari 4G LTE saat ini sudah tersedia di Indonesia, tapi sayangnya harga ponselnya masih agak mahal yakni sekitar 3 juta. Beruntung ada Sharp Aquos Sense yang sudah 5G tapi memiliki harga terjangkau dan spek yang cukup bagus. Tapi biasanya harga murah ada beberapa kekurangan yang menyertainya.

Sharp Aquos Sense 5G berasal dari negeri sakura Jepang yang rilis sudah cukup lama yaitu September 2020. Biarpun lama Smartphone ini memiliki beberapa fitur yang cukup menggiur bagi pencari hp dengan budget terbatas.

Pertama tentunya Jaringan 5G yang jadi salah satu kelebihannya. Ponsel jepang ini memiliki 4 bands yakni N1, N3, N28, dan N78. Beruntung band N1 di 2100 Mhz dan N3 di 1800 Mhz ada di Indonesia sehingga bisa digunakan.

Secara teori jaringan seluler terbaru ini bisa mencapai 10 Gbps atau sekitar 800 MB perdetik nya. Tapi karena memakai Jaringan N1 2300 kecepatan disini teorinya paling cepat hanya 1 Gbps atau 125 MB perdetik buat download. Tapi realitanya di lapangan paling masih puluhan MB saja.


Lumayan 44 MB dengan kartu XL jam 5 sore, untuk download file 1 GB biasanya butuh waktu kurang lebih 1 menit. Tapi kalo ditempat anda belum ada jaringan 5G, bisa pakai 4g LTE yang saat ini sudah hampir merata di seluruh Indonesia kecuali daerah pelosok.

Kelebihan lainnya ialah layarnya yang berukuran 5,7 inchi. Menurutku layar yang tidak terlalu besar cocok untuk dibawa kemana-mana apalagi layarnya sudah pakai IGZO IPS LCD full hd plus yang bening. Kalo besar biasanya terlalu menonjol di saku atau kantong celana.

Keunggulan selanjutnya dari Shap Aquos Sense5G ini kameranya. Memang kamera utamanya hanya 12 MP tapi kamera kedua untuk ultrawide juga 12 MP dan telefoto 8 MP. Inikan agak berbeda dengan hape lainnya dimana biasanya kamera utama 50 MP tapi kamera kedua 2 MP atau malah VGA, Jomblang banget.

Untuk hasil kameranya tentu saja bening biarpun cuma 12 MP.

Untuk ram dan Rom sendiri ada dua varian yaitu 4/64 GB dan 8/128 GB. Jika masih kurang bisa memakai kartu memori berjenis Micro SD.

Harganya sendiri cukup murah yaitu 1,6 juta rupiah untuk versi 4/64 GB, masih terjangkau lah menurutku. Tapi ini ponsel seken atau bekas ya.



Nah, setelah bahas kelebihannya apa saja kekurangannya. Yuk simak bagi yang mau.

Pertama adalah hape Sharp Aquos Sense5G ini tidak beredar secara resmi di Indonesia atau barang BM (black market). Jadi aslinya ini ponsel bundling atau kerjasama dengan operator DoCoMo di Jepang. Setelah selesai kerjasama 2 tahun baru ini boleh dijual lagi, salah satu penerimanya ya pasar Indonesia. Jadi yang beredar disini hape bekas, bukan baru.

Itu sebabnya biasanya ada dua versi yang beredar di Indonesia yaitu wifi only atau cuma bisa pakai wifi dan bisa pakai kartu SIM. Untuk wifi only biasanya lebih murah 1,3 juta dan 1,6 juta untuk all SIM. Tapi terus terang agak ragu bisa awet sinyalnya karena biasanya IMEI nya tidak didaftarkan secara permanen di bea cukai. Kalo IMEI nya bisa di cek di situs web Kemenperin biasanya selisih harganya 700 ribu sampai sejuta.

Jadi biarpun ponsel Sharp ada yang beredar resmi di Indonesia bahkan memiliki servis center tapi Sharp Aquos Sense5G tidak termasuk yang masuk secara legal. Tidak tahu apakah tempat service center resmi mau menerima atau tidak. Kemungkinan sih menerima asal harganya cocok. 

Untuk android sendiri sudah versi 11 dan bisa di update hingga 13. Cuma untuk update OS Android ada cara khusus karena ini memang ponsel jepang yang dibundling dengan DoCoMo.

Pilihan ada di tangan anda sendiri. Kalo secara harga dan fitur ini jelas worth it atau sebanding.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

21 komentar untuk "Sharp Aquos Sense 5G, hape 5G dengan harga murah "

  1. Seken kah? Kalau seken masih termasuk mahal itu, harusnya 75 ribu saja. 😜😜

    BalasHapus
    Balasan
    1. 75 ribu yen masih mahal kang, kalo dirupiahkan jadi 7,5 juta.😁

      Hapus
  2. Wah saya bacanya tadi kalau mau update Android ke versi 13 nya di bundling dengan mocondo🤣

    BalasHapus
  3. Mau beli ponsel yg gak legal ya agak gimana ya, walau mungkin servis center nya mau nerima,takutnya kenapa" belakangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga usah beli mbak, mendingan yang pasti pasti aja.😁

      Hapus
  4. kalo wify only sama aja ga guna ya buat di bawa kemana-mana, coz kalo diluar belom tenti ada wify kalauoun ada pasti di kasih password, iya kalo kita tau passwordnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya orang beli hape ini buat jadi hape cadangan, jadinya cuma dipakai dirumah aja. Kalo kerja bawanya Ipin pro mag.😁

      Hapus
    2. ipin pro mag itu hape keluaran baru dari ipin dan upin ya mas, setelah mereka sukses di animasi mereka sedang merambah ke dunia elektronik ternyata :D

      Hapus
    3. Pro mag juga setelah sukses dengan obat mag kini bisnis ke hape.😁

      Hapus
  5. Bagi aku tuh yang penting gambar kamera bening. Baru tahu Aquos Sense5G tidak termasuk yang masuk secara legal. Dimahalin ga ya kalau betulin di service centernya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan dimahalin dikit, harusnya 300rb bisa 400 atau 500rb. Tapi kurang tahu juga sih

      Hapus
  6. dengan harga segitu dapat sinyal 5 g
    emang mantap banget
    cuman semoga aja penyebaran 5 g nya cepat merata saja
    btw sharp saya kira ngeluarin ac sama tv
    ternyata smartphone juga

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Bisa pak, kemungkinan dibuat murah tidak bayar daftar IMEI cuma bayar ke bea cukai saja

      Hapus
  8. Kalo ga legal, aku mundur mas 😅. Belum berani pakai gadget yg dari BM. Takut napa2. Apalagi hp aku gunain buat kerja juga, jadi memang btuh yg pasti2 aja, jgn sampe ngadat pas dipake kerja 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, lagipula banyak hp 5G yang sudah 2 jutaan tapi resmi. Mendingan itu saja.😄

      Hapus
  9. aku baru tau kalau Sharp ngeluarin versi hape dan udah 5G
    Hiks, sayangnya memang belum resmi ya, daannn bisa juga ya hape second masuk Indo terus dijual bebas gitu di market

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak, kan bayar pajak di bea cukai, tapi kalo mau daftar IMEI di Kemenperin lebih mahal lagi makanya kebanyakan bayar cukai saja agar murah

      Hapus