Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samsung A71, smartphone Quad kamera dari Samsung untuk kelas menengah


Setelah melihat kesuksesan seri A yang diluncurkan kembali pada tahun 2019, di mana Galaxy A40 menjadi smartphone Samsung dengan penjualan terbaik di Eropa dan Inggris, Samsung ingin melipatgandakan pada tahun 2020 dan Galaxy A71 berada di bagian depan, dan mendorong tepat di belakang Galaxy S10 Lite dan Galaxy Note 10 Lite yang baru .

Layar lebar, empat kamera, dan baterai besar tampaknya merupakan ide yang bagus, tetapi apakah itu cukup untuk merayu konsumen agar mau membelinya?

Desain dan tampilan



Ketika berbicara tentang desain Samsung Galaxy A71, itu semua tentang layar, yang besarnya 6,7 inci. Ini mendominasi bagian depan handset, tetapi dengan bezel minimal di sampingnya, terasa pas di tangan dan lebih baik dari yang Anda bayangkan.

Layar Ini menggunakan teknologi layar Infinity-O Samsung yang telah kita lihat pada beberapa perangkat Samsung sebelumnya seperti Samsung M40. Ini berarti Anda mendapatkan desain kamera depan seperti lubang di bagian atas layar. Desain trendi seperti ini biasanya disebut juga Punch Hole. Tren smartphone sekarang memang memakai  layar Infinity-O, menggantikan infinity-V yang ngetren pada tahun 2018-2019.

Tak usah khawatir dengan bilah notifikasi karena tidak akan mengganggu penggunaan umum. Kamera 32 MP yang menghadap ke depan membutuhkan lebih banyak ruang di A71 daripada di Galaxy A51 yang lebih murah meskipun mereka memiliki lensa yang sama.

Layar Infinity-O Galaxy A71

Layar Infinity-V Galaxy A20

Samsung Galaxy A71 menggunakan panel Super AMOLED Plus (vs Super AMOLED pada A51) yang lebih tipis dan lebih ringan, tetapi yang perlu diperhatikan adalah lubang kamera sedikit lebih besar. Ini bukan masalah, tapi sayang sekali Samsung tidak bisa mendapatkan desain yang lebih kecil di sini juga. Galaxy A71 berukuran 163,6 x 76 x 7,7mm dan berat 179g, yang membuatnya  sedikit besar tapi relatif mudah digunakan.

Mereka yang memiliki tangan yang lebih kecil akan lebih merasa besar, merentangkan ibu jari ke bagian atas layar merupakan perjuangan terutama jika menggunakan satu tangan.

Disebelah kanan ponsel, anda akan menemukan tombol daya dan volume yang mudah dijangkau, sementara di bagian bawah ada jack headphone bersama port USB-C 25W yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dengan cepat.

Ada juga pemindai sidik jari yang tertanam di layar, ditambah opsi untuk menggunakan pengenalan wajah untuk membuka kunci telepon.

Kamera dan baterai

Salah satu keunggulan untuk Samsung Galaxy A71 adalah kameranya. Kamera depan untuk selfie adalah 32MP, menghasilkan bidikan berkualitas tinggi, bahkan dalam pencahayaan yang agak remang, yang seharusnya memuaskan penggemar selfie.

Di bagian belakang Galaxy A71 memiliki empat kamera. Sensor utama yang menawarkan 64MP, f / 1.8 yang menghasilkan sensor gambar yang terang dan detail.

Anda bisa mengabadikan gambar lebih lebar ke dalam pemotretan, dengan mengetuk ikon di layar untuk beralih ke kamera ultra-lebar 12MP 123°.

Selain itu, Anda juga mendapatkan kamera 5MP makro dan kedalaman 5MP untuk bidikan close-up dan efek blur latar belakang (yang disebut Samsung sebagai Fokus Langsung).


Ini adalah pengalaman kamera berfitur lengkap, dengan banyak mode dan tambahan unggulan

Samsung Galaxy A71 juga bisa menjadi sedikit bintang ketika berbicara ke masa baterai untuk smartphone kelas menengah atas. Samsung telah menanamkan baterai 4.500 mAh yang cukup besar ke dalam handset, yang lebih besar dari baterai di Galaxy S10 Plus (4.100mAh) dan Galaxy Note 10 plus (4.300mAh), tetapi tentu saja kalah dari M20 (5.000mAh) apalagi M30s (6.000 mAh).

Dengan kapasitas baterainya, sepertinya cukup untuk bertahan seharian dengan pemakaian normal, apalagi sudah mendukung fast charging sehingga pengisian lebih cepat, hanya sekitar sejam lebih dari 0-100%.

Spesifikasi dan Performa

Galaxy A71 dibekali dengan prosesor octa-core (2x2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 470 Silver) dengan chipset Snapdragon 730 (8nm) dan 8GB RAM (beberapa negara ada juga yang mendapatkan 6GB).

Perangkat ini menjalankan Android 10, dengan antar muka One UI 2, yang terasa smooth dan cepat, dan Anda juga mendapatkan 128GB penyimpanan yang bagi banyak orang lebih dari cukup. Tetapi jika Anda kehabisan ruang penyimpanan, Galaxy A71 juga memiliki slot microSD yang mendukung kartu hingga ukuran 512GB.

Fitur lain

Terdapat fitur finger print didalam layar (under display), selain itu juga ada Bluetooth 5.0 yang jangkauannya bisa mencapai 100 meter (bluetooth biasanya hanya 10 m saja) dengan kecepatan 2 Mbps. Tentu saja ada Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot. Kelebihan WiFi ac adalah bisa koneksi ke beberapa perangkat, tidak hanya satu perangkat saja seperti WiFi a,b,g, atau n.

Harga Samsung A71

Untuk harga Samsung A71 adalah 6.1 juta, sedikit lebih mahal dari Samsung A51 yang dibanderol Rp 4.099.000, tapi spesifikasi maupun fiturnya mirip kecuali kamera utamanya yang hanya 48 MP saja. Sepertinya Galaxy A71 dikeluarkan untuk membendung Xiaomi Mi Note 10 Pro, yang mana harganya lebih mahal tapi memiliki fitur lebih bagus. Untuk sekarang bisa dipesan pada tanggal 20-24 Januari 2020 saat mulai pre order.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger yang ingin berbagi pada dunia terutama tentang film dan serial tv, suka nonton film tapi lewat gadget terutama handphone

26 komentar untuk "Samsung A71, smartphone Quad kamera dari Samsung untuk kelas menengah"

  1. A71 belum ada ya? Suami kemarin pulang bilang HP dia rusak itu artinya aku emang harus beli HP baru. Suami emang selalu aku kasih bekasku. Hahaha.
    Bekasku rata-rata pemakaian 1th, paling lama 1th 2bulan seperti sekarang ini. Offline A51 sekitar 4,399 gitu aku brows tapi masih nunggu kalau suami sabar ga pakai HP sampai akhir bulan mungkin aku mau A71.

    Padahal kemarin aku cuma bicara saja sih, ke Maldive bawa HP baru. Semesta bener-bener menjawab, hahahaha. Jangan main-main ya dengan pikiran dan perkataan.

    Once more, makasih review-nya Mas.... meski aku harus naikin budget dikit ya kalau ambil A71 asal segera datang kekbya no probelm.

    Sempat nengok Vivo S1 Pro, pernah review Mas? Murah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo S1 pro sih rencananya mau review, tapi harus cari bahan dulu di yutub dan Gugel.

      Review nya hp keren², padahal adminnya cuma pakai hp Advan, itu juga dikasih bekas kang satria..😁

      Hapus
    2. Eh ya lupa, a71 belum ada, itu baru launching saja, pre oredernya mulai 24 Januari kak.

      Hapus
    3. Iya...sedih aku tuh. Aku barusan chat sama staff Samsung ID. Suruh nunggu kejutan, ember lah.....hahahaha. Soalnya Hp suami sudah almarhum. Kalau preorder 24 January paling tidak 2 minggu kayanya baru masuk. Soalnya aku pernah preorder yang sebelumnya gitu.

      Let's see deh, suami sabar gak, hahaha.

      Sebenarnya HP itu sesuai dengan fungsinya. Kenapa suami jarang tak bolehin beli baru soalnya dia sih ngegame aja kok. Paling WA dan telpon. Dan kebanyakan waktu habis di kantor pula.

      Hapus
    4. Iya sih, kalo pre order itukan baru pesan, barangnya biasanya datang dua Minggu, jadi sekitar bulan Februari.

      Kalo untuk game, kata temen sih enakan Xiaomi black shark 2 pro, enak buat main game karena pake Snapdragon 855+, GPU nya juga Andreno 640 yang powerful buat game. Cuma harganya lumayan sampai 8 juta yang ram 8gb.

      Kalo untuk WA dan telpon mah, hp Advan juga bisa..😂

      Hapus
    5. Keren mb Hanila nih.. tiap tahun ganti hape. Lebih keren suamnya jg, mau terima bekas heheeh

      Hapus
    6. Ya, suami ngegame ga usah terlampu difasilitasi lha...pentingnya duit buat anak dan istri saja, hahahah.

      Nah, komenan Bang Day ini sedikit membuat aku merasa terintimidasi, hahahaha.

      Asliny aku ga ada niat ganti HP tahun ini tapi selalu ada alasan membuatku ganti.

      Hapus
    7. Sebenarnya aku juga lebih suka hp seken soalnya harganya lebih murah. Tapi kalo selisihnya cuma dikit aja mendingan beli yang baru.

      Kayak kemarin ada yang nawarin Redmi Note 7, harganya 2 JT, lha harga barunya aja cuma 2.1 JT ya jelas mending yang baru. Terjamin barangnya. Kecuali jika 1.5 bolehlah, ada selisih 600 hahaha..😁

      Hapus
    8. Bener, itu Mas.
      Aku itu sebenarnya loyal ke Samsung karena merasa terjebak saja.
      Karena aku terjebak semua data kaya contact dari 2012 sudah ada di Samsung Claud. Jadi misal beli merk lain gimana gitu....

      Dan kabar buruknya, preorder A51 kehabisan stock.

      Suamiku biasanya terima aja dikasih second karena dia emang kebutuhan ga kaya aku. Aku beneran buat kerja sih. Email, telp, follow up, foto, semua aku kerjakan lewat HP jadi bukan gegayaan.

      Hapus
    9. Samsung juga bagus kok, kalo tidak, ngga mungkin mereka jadi vendor ponsel nomer satu dunia.

      Soal data di Samsung cloud, bisa di download lagi kan datanya. Kalo bisa pindahin saja ke google Drive, jadi mau pakai hp apapun aman karena hp android sekarang kan harus punya akun google.

      Kalo kehabisan A51, tunggu saja A71 nanti kak, siapa tahu nanti dapat, tapi harganya lebih mahal dari A51 sih.😃

      Sekarang emang hp hampir bisa semua pekerjaan sih, jadi tak perlu laptop lagi. Kalo untuk pekerjaan malah bagus itu, daripada saya cuma main FB ngabisin kuota.😂

      Hapus
    10. Hahahaha.

      A 71 harus preorder luamayan lama. Suami udah diprotes sam ateman-teman kantornya karena semua telpon masuk nyari dia gara-gara di ga ada HP, hahahha.

      Akhirnya aku beli yg low budget Vivo S1 Pro, lumayan. Aku pikir bakal melakukan banyak penyesuaian ternyata tidak juga.

      Secara fisik A71 emang keren banget, aku mau beli tuh sample yang dipegang mbak-mbaknya ga dikasih, hahahhaha

      Hapus
  2. waw harga 4jt fiturnya oke... tapi udah punya samsung a30s nih hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus juga kok a30s, tapi menurutku bagusan m30s sih, kamera udah 48 MP.😄

      Hapus
  3. samsung emang nggak pernah mati ya. hehe. bapak ibuku pakai samsung. sementara, aku pakai yang lebih murah saja asal bisa dipakai update instgram hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Neng ajenk...yang terpenting bisa IG,an sama si anu. Merk No 3 yee.😄😄

      Hapus
    2. Samsung juga sekarang sudah banyak yang murah, Samsung Z2 juga cuma 700an kang.😁

      Hapus
  4. Bagus speknya A71 cuma desain sekarang banyakan memanjang sih. Coba kalau melebar agak lebih elegan lagi dilihatnya. Kaya body si anu..����

    Kirain dapat 600 ribuan harganya kang. Pake Advan saja lagi deh. Bisa bolong dompet gw kalau beli Samsung.����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dompet boleh bolong, tapi kartu atm kan banyak, tinggal gesek saja, kayak kang satria suka gesek anu.😂

      Hapus
  5. Impian banget bisa beli tu smartphone, ak masih bertahan di S. A3 2017 :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah masih betah pakai Xiaomi note 2 tahun 2014.😂

      Hapus
  6. Anak istri bisa nyesel nih. Berurutan mereka beli A40 dan A30S. Kalo liat A70 ini bisa bete hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku malah mau beli hp belum kesampaian kang, terpaksa masih pakai yang lama biarpun baterainya agak boros.😁

      Hapus
  7. Desain kamera belakangnya beda dari yang lain ini. Bentuk L gitu. Mana resolusinya jugab64MP. Ckckck. Smartphoneku yang sekarang bakal kalah jauh kalau dibandingin sama A71 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menuruti hp mah ngga bakal ada puasnya kak. Aku aja masih pakai note 4 yang cuma 1 kamera aja.😃

      Hapus
  8. Mas saya masi menantikan ulasan samsung tab s nih, wkwkkwkw,

    Eniwey (duile uda kayak anak gaul aja gw bilang eniwey wakakka, sayansuka smartphone yang layare luebar biar bisa puas baca blog dan keliatan template versi webnya

    BalasHapus
  9. Sebenarnya pengen beli smartphone Samsung ini tapi nggak jadi karena waktu itu bingung milih smartphone. Nanti kalau ada rejeki jadi pengen beli smartphone Samsung lagi.

    BalasHapus