Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nokia C01 plus hadir dengan android 11

 


Setelah kemarin posting daftar hape android dibawah sejuta banyak yang agak kaget karena ada Nokia C1. Memang sih merk yang satu ini pasti melegenda di pemakai ponsel Indonesia karena pernah mencapai masa kejayaan pada tahun 2000-2010. Tapi sayangnya setelah itu ponsel asal Finlandia ini perlahan meredup bahkan boleh dibilang tak ada kabarnya sejak 2015 setelah diakuisisi oleh Microsoft dimana jarang mengeluarkan produk baru.

Kini Nokia C1 yang rilis 2019 sudah ada penerusnya yaitu Nokia C01 plus. Dan namanya pembaharuan maka fiturnya tentu saja ditingkatkan apalagi persaingan hape makin lama makin keras, sekeras hatinya mantan pacar yang ogah diajak balikan.

Sebagai perangkat entry level atau kelas bawah maka hape ini tidak terlalu dijejali dengan teknologi terkini, tapi disesuaikan dengan budget pembelinya yang kebanyakan butuh hape android untuk pemula atau yang duitnya pas pasan. Pas pengin nostalgia, pas beli Nokia.

  • Layar

Layar Nokia C01 plus tidak beda dengan pendahulunya yakni 5.5 inchi tapi bedanya pikselnya kini makin banyak, jika dulu cuma 480x960 kini menjadi 720x1440. Dengan luas cuma 5.5 inchi maka kerapatan pikselnya jadi seperti Full HD. Layarnya sendiri masih pakai IPS lcd.

  • Sistem Operasi

Salah satu peningkatan lainnya ialah sistem operasi Android nya sudah memakai android 11, meningkat dari android pie 9.0. sudah begitu, Nokia menjanjikan akan memberikan update OS ke android 12 dan 13. Selain itu juga update keamanan untuk memproteksi smartphone dari hacker yang nakal.

Salah satu yang bikin harga Nokia cukup mahal memang karena update OS ini. Maklum untuk mengembangkan sistem operasi terbaru Google itu perlu penelitian agar smartphone jadi lebih smooth, tapi sayangnya perlu dana yang tidak sedikit dan tentunya biaya tersebut dibebankan ke konsumen yang beli ponsel mereka.

Otaknya sendiri memakai  Unisoc SC9863A (28nm) yang biasa digunakan untuk hape entry level. Tapi ada peningkatan, jika untuk yang lama hanya Quadcore, yang ini sudah OctaCore atau delapan inti, jadi pemprosesan data jadi lebih cepat.

  • Kamera

Untuk kamera tidak berbeda jauh dengan pendahulunya, sama sama 5 MP baik di depan maupun belakang, bedanya di belakang sudah dilengkapi lampu flash.

  • Memori

Untuk RAM juga tidak ada perbedaan, masih dengan ram 1 GB dengan ROM 16 GB, padahal harusnya namanya plus, ada peningkatan, misalnya RAM jadi 2 GB, syukur-syukur 3 GB atau malah 12 GB. Setdah, kalo dari 1 GB jadi 12 GB itu bukan namanya plus lagi tapi sudah plus plus.

Beruntung Nokia C01 plus memakai android Go Edition, jadi lebih irit dalam pemakaian ram.

Untuk media penyimpanan, yang pasti zaman sekarang 16 GB itu masih kurang, karena itu jika kemaruk bisa ditambahkan kartu memori micro SD sampai 128 GB. Busyet dah, ini mah bisa untuk menyimpan konten plus plus yang banyak.

  • Jaringan

Untuk peningkatan yang bagus juga ada di bagian jaringan. Jika pendahulunya cuma mentok di 3G, Nokia C01 plus sudah bisa 4G. 

Selain itu, masih ada WiFi dan juga hiburan radio FM. Emang masih ada ya yang pakai radio di zaman sekarang?

  • Baterai

Nah ini, baterainya juga ada kemajuan seperti perut kamu. Eh maaf, maksudnya ada peningkatan dari segi kapasitasnya, dari 2500 mAh jadi 3.000 mAh. Jujur bukan kapasitas yang wow karena Samsung M51 saja 7.000 mAh. Kalo smartphone lainnya di kisaran 4.000 sampai 5.000 mAh.

Selain itu tidak ada teknologi pengisian cepat atau fast charging. Yah dimaklumi juga karena harganya memang ramah kantong. Memang berapa sih harga Nokia C01 plus ini?

  • Harga

Nah kita memasuki segmen yang paling penting yakni harga Nokia C01 plus. Harganya sendiri sekitar $90 atau sekitar 1,4 juta jika 1 dolar 14.500.

Jujur bukan harga yang murah tapi itu untuk kawasan Eropa sih, yang mana memang biasanya ponsel dijual lebih mahal. Mungkin untuk Indonesia bisa sekitar 1,2 juta atau bahkan kurang. 

Tapi melihat fiturnya terus terang kalo harganya diatas sejuta menurutku lumayan mahal, ram nya cuma 1 GB plus internal 16 GB.

Untuk penggemar Nokia sendiri harap bersabar menunggu karena untuk sementara hape ini baru beredar di negara-negara Eropa seperti Rusia. Untuk Indonesia sendiri belum ada kepastian apakah akan masuk atau tidak, tapi semoga saja masuk dengan harga dibawah sejuta.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger yang ingin berbagi pada dunia terutama tentang film dan serial tv, suka nonton film tapi lewat gadget terutama handphone

37 komentar untuk "Nokia C01 plus hadir dengan android 11"

  1. Bener juga ya makin ke sini persaingan smartphone makin ketat...dalam itungan bulan langsung update terbarunya ya, di segala kelas saling cepet cepetan update...tinggal kita sebagai konsumennya yang bingung mau beli yang mana hehehe

    Kalau penyimpanan aku juga uda ga bisa cuma belasan GB doang mas, pengennya 128 gb hihi...tapi karena mahal ya sementok mentoknya mau yang 64 gb.....berarti yang ini uda ga masoook dunk huhu

    tapi ga bole nyimpan konten ++ (tambah-tambah) ya mas, ntar dijewer kominfo wkwkkw ๐Ÿฅด๐Ÿคญ

    warnanya ungu....cakep casingnya, my favorit color ๐Ÿ˜

    oh mbul baru engeh nokia asal finlandia ya

    pengen punya nokia lagi, buat tambah cadangan henpon atu lagi hihi...tapi musti sabar menungguu..

    (เน‘•̀ใ…•́เธ…✧

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga memori 128 GB ngga mahal amat, cuma 200 ribuan, misalnya micro SD Samsung sekitar 230 ribu, tapi kalo V-Gen cuma 210 ribu.

      Kalo pengin punya Nokia bisa beli Nokia 5.4, sudah ada di Indonesia tapi sayangnya harganya 2.9 juta, bahkan di official store 3 juta.๐Ÿ˜‚

      Hapus
  2. kalau saya melihat spesifikasinya dan harganya memang sangat sesuai, kapasitas RAM mungkin bisa menjadi salah satu mahalnya harga HP ya mas, he-he, Hpnya cocok nih untuk anak sekolah online, murah dan terjangkaulah harganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku masih kemahalan koh, iTel saja yang sejuta ram nya sudah 3 GB plus internal memory 32 GB, baterainya juga 4.000 mAh.๐Ÿ˜„

      Hapus
  3. Spesifikasinya buat anak2 cocok ya mas, tapi desainnya kurang elegan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini memang cocoknya buat anak-anak sih, soalnya murah.๐Ÿ˜„

      Hapus
  4. cuma peke ram 1 gb kayakny udah ketinggaln banget mas, harga sejuta sekarang udah daoet ram 2 gb, kemaren gw seken aja dapet ram 3 gb :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang buat yang hobi main game jelas ram 1 GB kurang, minimal 4 GB lah biar lancar. Beli Sony xzs saja ram nya sudah 4 GB harga sejuta.๐Ÿ˜„

      Hapus
    2. sony xzs batreinya kecil, beli sekend pasti ngecas terus :D

      Hapus
    3. Jangan salah mas khanif, hape Fujitsu milikku baterainya cuma 2500 mAh tapi awet, bisa buat seharian main hape, padahal aku cek pakai aplikasi baterai kapasitas nya cuma tinggal 2.000 mAh.

      Hapus
  5. Naah akhirnya ada yg berani ngasi update sampai OS 13.

    Ram 1 gb baterai 3000an cukup sesuai kalau hanya utk browsing baca berita dan fb-an.

    Kalau tablet mas, ada yg murah ga yg 500an ribuan? Kayaknya aku kepengen tablet ๐Ÿ˜…๐Ÿƒ‍♂️๐Ÿƒ‍♂️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Huu tablet Bodrexin namanya...Bisa menurunkan panas dan demam...๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”

      Hapus
    2. Nah ada tuh, tablet bodrexin murah meriah cuma 1000.๐Ÿคฃ

      Ada kang tablet Android yang harganya 500 ribu, cuma merk lokal seperti Advan atau Evercoss dan jaringannya cuma 3g.

      Hapus
    3. Tablet Bodrexin baterai berapa mAh ya?

      Hapus
    4. tablet bodrexin bahan dasarnya itu ini
      ๐ŸŠ

      Hapus
    5. Kayaknya tablet bodrexin baterainya unlimited mas, ngga usah ngeces lagi seumur hidup.๐Ÿ˜†

      Hapus
    6. Masa sih mbul, bukannya bahan dasarnya strawberry yang dipetik dari kebun Van Hellen.๐Ÿ˜

      Hapus
    7. Mantap juga tuh, boleh dong nih di-posting reviewnya biar tau spek lengkapnya..hihihi

      Hapus
  6. Wuuuaahhhaaa kalau ram 1GB mah mending beli advan Nasa saja yang Ramnya sudah 2GB, Lumayan malah bisa goyang tik-tok sama sianu..๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma sayangnya Advan ngga dapat update OS kang.๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Kalau mau tambah gocap lagi bisa update OS selama setengah tahun, mas..hihihi

      Hapus
    3. Tanggung amat gocap, mendingan satu m biar bisa update OS seumur hidup mas.๐Ÿ˜

      Hapus
    4. Itu mah HP j-phone kalau update OS-nya seumur hidup.. hihihi

      Hapus
  7. Baterai lebih tinggi nih dari Nokia 3 tapi sayang RAM-nya cuma 1 GB minim banget.

    Rekomendasinya dong HP yang 3 jutaan layar super amoled 5.0 inci 19:6, Gorilla Glass, baterai 5000 mAh, 6/128 GB plus NFC.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Redmi Note 10s, ram 6/128 GB, gorila glas dan baterai 5.000 mAh plus ada NFC. Cuma sayangnya layarnya 6.5 inchi bukan 5 inci

      Hapus
    2. Review Tecno Spark 7 pro kang, Besutan dari infinix..sama Tecno spark 6 Go, Atau Tecno Spark 6 pro..

      Hapus
    3. Kegedean, sama kayak layar Nokia 5.3 kalau 6.5 inci, saya nyari yang 5 inci kayak layar Nokia 3 soal pas digenggaman dan enak dikantonginya, mas.

      Hapus
    4. Kalo mau yang 5 inchi tapi spek lumayan bagus paling Sony xz2 Compact, sudah gorila glass dan nfc cuma ram 4/64 plus baterainya cuma 3.000 mAh, kalo layarnya kecil otomatis kapasitas baterai juga ikutan kecil.

      Hapus
  8. Nokia si raja Hape tahan banting. hehe. Mas Agus, Saya nungguin Sambungan Cerpen gigi Emas. Pisss hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar ya mas Supri, ini lagi bikin cuma baru separuh, maklum lagi ada kerjaan.

      Hapus
  9. Dari dulu hp nukiye itu agak pelit ya... wkwkwk ditimpuk.. Ada harga ada rupa, kalo mau spesifikasinya oke harus merogoh kocek agak dalem..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tumben mbak Naia pinter, apakah habis minum obat.๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Habis salah makan kayaknya..hihihi

      Hapus
    3. kebetulan tadi abis kepentok, jadi otaknya yang kemaren agak gesrek udah mulai geser ke tempat semula.. wkwkkwwk

      Hapus
  10. Kalau lihat harganya aja emang masih terjangkau ya, Mas. Tapi setelah lihat spesifikasinya kayaknya kurang worth it. Soalnya hapeku aja dengan harga yang sama udah dapat RAM 2 GB. ๐Ÿ™ˆ

    BalasHapus
  11. saya tidak begitu mengikuti perkembangan handphone .... terlalu cepat perkembangannya.

    thank you for sharing the know how...

    BalasHapus
  12. Nokia is back!!!
    Eh apa aku yang telat baru tahu kalo Nokia akhirnya mau pake android. Ahahaha,, kudet saya.

    BalasHapus