Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sony Xperia XZ2 Compact, ponsel mungil spesifikasi mumpuni harga sejutaan

 


Ponsel jaman sekarang itu ukuran layarnya hampir semuanya diatas 6 inci, bahkan sekarang standar ponsel, baik low end maupun kelas atas layarnya berukuran 6,5 inci bahkan lebih. Padahal tidak semua orang suka dengan ukuran yang besar, salah satunya karena kurang praktis digunakan dengan satu tangan.

Jika anda sedang mencari hape dengan layar kecil tapi spesifikasi kelas atas tidak ada salahnya melirik Sony Xperia XZ2 Compact. Ponsel buatan Jepang ini memang hanya memiliki layar 5 inci saja. 

Biarpun mungil tapi layarnya tajam karena resolusinya sudah FHD+ 1080x2160 px, belum lagi jenis layarnya menggunakan Triluminos Display yang merupakan layar unggulan brand asal Jepang itu. 

Hape ini menggunakan sistem operasi Android 8.0 Oreo yang bisa di upgrade ke android 10. Memang cukup ketinggalan karena harap maklum rilisnya pada tahun 2018, sudah empat tahun ya. Untuk prosesornya sendiri memakai Snapdragon 845 yang merupakan chipset kelas atas pada saat diluncurkan. Kecepatan CPU nya mencapai 4x2,7 GHz dan 4x1,7 GHz dengan GPU Adreno 630. Main game seperti mobile legend aman dan lancar.

Untuk performanya tidak perlu diragukan lagi. Saat di tes menggunakan AnTuTu Benchmark, hasilnya adalah 265 ribu, skor yang sangat tinggi, tapi mengingat menggunakan Snapdragon 845 jadi wajar saja. Makin tinggi nilai skor AnTuTu maka makin bagus, baik itu untuk multitasking membuka beberapa aplikasi secara bersamaan atau untuk bermain game.

Untuk memori internal sendiri cukup besar yaitu 64 GB dipadukan dengan RAM 4 GB, memorinya menggunakan UFS (Universal Flash Storage) 2.1, yang membuat pemprosesan data berlangsung lebih cepat dari eMMC. UFS memang biasa digunakan di smartphone kelas atas seperti Samsung galaxy S8 plus, Oppo Reno atau Google Pixel. Kalo 64 GB masih kurang bisa menggunakan kartu memori micro SD sampai 1 TB.

Untuk kamera Sony Xperia XZ2 Compact sendiri hanya memiliki satu kamera di belakang dan satu lagi di depan. Entah kenapa perusahaan mobile asal Jepang ini pelit ngasih kamera, padahal tahun 2018 sudah tren dual kamera bahkan empat kamera seperti Redmi Note 8. Kamera belakangnya memiliki resolusi 19 MP , yang sanggup merekam video 4k@30 fps. Cukup jarang ponsel harga murah yang memiliki kemampuan merekam 4k, kebanyakan hanya Full HD saja.

Untuk kamera depannya untuk selfie sendiri hanya memiliki resolusi 5 MP. Biarpun hanya 5 Mega piksel tapi jangan lupa, ini sensornya dari Sony yang sudah terkenal memiliki kemampuan bagus dalam menangkap gambar. So, biarpun ponselnya mungil tapi kemampuan kelas atas.

Selain beberapa kelebihan diatas, ada lagi keunggulan lainnya yaitu tahan air. Memang kebanyakan hape dari negeri sakura itu memiliki fitur ini. Kabarnya ini wajib untuk ponsel yang beredar di Jepang karena masyarakat disana suka sekali menggunakan gawai termasuk saat mandi atau berenang.

Hape mini ini memiliki beberapa varian warna yaitu hitam, hijau, orange, dan putih.

Mungkin kelemahan dari gawai ini adalah kapasitas baterainya yang agak kecil yaitu 2870 mAh. Bayangkan, Nokia C1 yang lebih murah saja kapasitasnya 3.000 mAh tapi ini malah kurang. 

Tapi tenang saja, biarpun kecil tapi untuk pemakaian normal kapasitas segitu cukup untuk satu hari. Entah kenapa produk Jepang biarpun tidak terlalu besar ukuran baterainya tapi agak awet pemakaiannya, apalagi didukung dengan fast charging 18 Watt, ngecas kurang dari satu jam juga sudah penuh.

Lalu berapa harga Sony Xperia XZ2 Compact?

Harganya sendiri saat pertama kali di pasarkan di Jepang sekitar 8 juta rupiah, sebuah harga yang sangat tinggi menurutku.

Tapi bagi anda yang kepincut ponsel Android mungil dengan spesifikasi kelas atas ini tidak usah khawatir. Di tahun 2022 ini harga Sony Xperia XZ2 Compact adalah 1,2 juta.

Harga tersebut aku lihat di toko online warna Oren.

Dengan harga semurah itu dari harga barunya tentu saja ada beberapa hal yang harus diketahui. 

Pertama, ponsel ini sudah dalam kondisi seken atau bekas. Iya betul, jadi saat membeli itu sudah pernah dipakai dan karena itu harganya murah meriah. Karena bekas tidak ada kardusnya bahkan charger juga tidak dikasih. Biasanya ada juga yang jual fullset tapi tambah harga 100 ribu, plus jangan lupa aksesoris yang ada di dalamnya itu bukan original.

Kedua, tidak ada garansi resmi karena memang seken. Jadi kalo misalnya ada kerusakan cukup riskan karena sparepart nya agak susah. Paling kalo mau servis harus bersabar menunggu sparepart dari ponsel sejenis yang rusak atau mati.

Ketiga, karena bukan garansi resmi maka ini hape BM ( black market ) atau barang gelap. Resikonya maka IMEI bisa saja terblokir biarpun rata-rata penjual menggaransi bahwa sinyal akan muncul atau on, tapi IMEI tidak terdaftar di Kemenperin.

Keempat, Sony Xperia XZ2 Compact yang beredar di toko online kebanyakan datang dari Jepang dan dibundling dengan operator seperti DoCoMo atau AU, jadi jangan heran kalo nanti ada beberapa aplikasi bawaan pabrik seperti DoCoMo mail atau DoCoMo market.


Dengan beberapa kekurangan itu jika anda ingin hape mungil tapi memiliki spesifikasi bagus bisa melirik iPhone 12 mini yang bisa dibeli dengan kondisi baru, cuma sayangnya harganya lumayan mahal yaitu 10 juta rupiah untuk memori 64 GB. Beda jauh ya dengan Sony Xperia XZ2 Compact.

Itu saja review dari Sony Xperia XZ2 Compact, memang membeli ponsel ini harus dengan pertimbangan matang karena ada beberapa kelebihan dan juga kekurangannya. Jika memang khawatir dengan sparepart nya kalo rusak sebaiknya tidak usah membeli, tapi kalo butuh ponsel mungil tapi dengan spesifikasi kelas atas berharga murah ini bisa jadi solusinya.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

14 komentar untuk "Sony Xperia XZ2 Compact, ponsel mungil spesifikasi mumpuni harga sejutaan"

  1. wih hape layar imut kesukaan gw nih mas, mesinya juga top ya, enak di bawa hape kayak gini tuh, kalo di kantongin ga berat-berat amat :D

    kalo hape sekarang yang layarnya gede banget, di kantongin berasa ngatongin remot tivi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas khanif, ayo borong Sony XZ2 Compact mas.😁

      Hapus
  2. wow...murah....
    sangat terjangkau harganya
    👍👌

    BalasHapus
  3. Dulu Sony aku pake sekitar THN 2007 an.. atau 2008. Sekitar itulah. Sony yg seri W, utk musik kalo ga salah Yaa. Lupa kalo nama seri 🤣. Tapi sejak BB datang, trus android bermunculan, udh ga pernah pegang hp itu lagi. Jujur aku kira malah udah ga ada mas. Ternyata masih ada yaaa.

    Cuma kalo utk beli seken, walo murah, agak serem sih aku 🤣. Mikir rusak atau di blokir ntr ketahuan hp gelap 😅.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu Sony Ericsson memang terkenal seri W seperti Sony Ericsson W900 ya mbak

      Hapus

  4. Waahh meski perfomanya menarik dan bisa diremas2, Eehh salah diupgrade maksudku.🤣🤣🤣 Tapi si Sony udah nggak zaman kang. Hp tahun 2018.🤣🤣🤣

    Mending beli Xiaomi terbaru atau Infinix yang layarnya gede 6,82 inc. Karena aku suka yang gede2. Kalau perlu layar smartphone 8 inc kalau menurut gue. Jadi pas untuk era teknologi sekarang, asal jangan kebesaran kaya tablet aja yang sampai 10 inc.

    Tapi banyakan smartphone atau Hp sekarang mentok ukurannya di 6,5 yee...Padahal kalau ada yang 8 inc malah pas dan menarik kalau menurutku. Gue beli dah bakalan.🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku malah sukanya layar yang tidak terlalu besar tapi juga jangan kekecilan sih, cocoknya 5,5 inci biar enak dikantongi, kalo 6,5 inci apalagi lebih gede kayak talenan.🤣

      Hapus
  5. Jaman SMA sekitar 2007 an aku pakai sonny ericson hihihi, tapi cuma sekali itu doang pakai sony, abis itu pakai nokia trs moved ke android.

    Sony xperia ini terjangkau banget ya mas, ga ngira sih ada hp semurah itu

    BalasHapus
  6. Sony ini dulunya HP favorit ya, terlihat keren soalnya.
    Tapi saya nggak pernah kesampaian belinya.
    Ujung-ujungnya Nokia mulu, lalu ke BB, lalu ke Samsung lalu ke Vivo :D
    Btw kenapa di compare ama HP apel kegigit sih Mas, wakakakakaka

    BalasHapus
  7. harga lebih terjangkau yang ini
    fitur suka yang RAM besar

    BalasHapus