Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi kartu tri tidak terhubung ke internet

 


Operator seluler tri adalah salah satu yang cukup banyak digunakan masyarakat Indonesia. Salah satu alasannya ialah paket internet nya yang cukup murah. Salah satunya yaitu paket internet murah untuk sebulan yang harganya cuma 15 ribu mendapatkan 4.5 GB.

Cuma sayangnya di kampung ku daerah Serang Banten sinyalnya kurang banyak, cuma dua atau tiga bar saja. Aku coba pakai kartu lain yaitu si merah dan kuning juga sama saja sinyalnya segitu. Sepertinya sudah nasib memang kalo disini itu susah sinyal.

 Tapi kalo pergi ke tengah desa yang jaraknya 500 m disana sinyal full. Tapi tidak mungkin nongkrong terus disana untuk main hape kan, hanya kadang-kadang saja.

Karena sinyal sedikit itulah kadang internet agak lelet. Biasanya kalo mau download file besar seperti film aku terpaksa ke tengah desa agar lancar mengunduhnya.

Oke lupakan curhat tidak jelas itu. Kali ini aku mau bagikan tips cara mengatasi kartu tri tidak bisa terhubung ke internet. 

Jadi kemarin malam aku asyik-asyiknya internetan. Tiba-tiba ada SMS lima angka yang ketik reg reg gitu. Aku hapus saja karena bisa nyedot pulsa. Entah kenapa tiba-tiba kok internet hilang padahal aku cek sinyal ada dan juga data aku aktifkan.

Tentu saja aku bingung, soalnya hape secanggih apapun kalo tidak terhubung ke internet ya jelas tidak terlalu berguna, paling hanya untuk main game sedangkan aku tidak terlalu hobi. Aku coba nyalakan lalu matikan lagi datanya tapi tetap tidak terhubung ke internet.

Akhirnya aku coba utak atik sendiri pengaturannya. Alhamdulillah setelah sempat was-was akhirnya bisa juga. Buktinya ini bisa buat artikel lagi, tidak perlu minta WiFi tetangga.

Berikut cara mengatasi kartu tri tidak bisa internetan biarpun data seluler aktif:

Mengaktifkan dan nonaktifkan mode pesawat


Pertama aktifkan dulu mode pesawat agar sinyal hilang lalu setelah itu dimatikan lagi mode pesawatnya sampai sinyal muncul lagi. Cara diatas memang sempat berhasil, data internet nongol lagi tapi sayangnya cuma sebentar saja, sekitar setengah menit mati lagi. Diulangi lagi sukses tapi setengah menit kemudian mati. Kan kesal sekali, tidak mungkin kita begitu terus.

Ubah APN

Cara yang aku tempuh selanjutnya adalah dengan mengubah APN. Biasanya aku pakai APN 3data, lalu aku ubah ke 3gprs. Cara ini biasanya aku lakukan agar jaringan lebih cepat karena APN satunya barang kali banyak yang pakai sehingga internetan lelet. Ternyata ini tidak mempan, data internet tidak muncul sama sekali. 

Aku coba pakai APN dari Jepang juga sama saja tak bisa. Akhirnya aku ganti cara ketiga.

Memancing dengan WiFi 

Cara berikutnya adalah mencoba memancing data agar menyala dengan menggunakan WiFi lain. Beruntung aku memiliki dua hape yaitu Infinix dan Xiaomi jadi bisa coba. Tapi kalo anda hanya punya satu silahkan pinjam ponsel teman, keluarga atau saudara.

Awalnya sih lancar saja karena memang pakai WiFi, tapi setelah dimatikan lalu aku coba menyalakan data internet tetap tidak terhubung. Aku cuma garuk-garuk kepala yang memang banyak ketombenya.

Restart ponsel

Tips selanjutnya yang aku pakai adalah dengan restart ponsel yaitu dengan cara menekan tombol power agak lama nanti ada dua pilihan yaitu memulai ulang hape atau mematikan.


Pilih mulai ulang dan hape akan restart sendiri. Tunggu sekitar satu menit sampai ponsel menyala secara normal. Langsung saja aku nyalakan internet dan Alhamdulillah ternyata muncul lagi.

Hore berhasil. Langsung aku pakai untuk blog walking, eh ternyata baru setengah menit data internet hilang lagi, kampret tenan.

Mematikan hape

Akhirnya karena kesal aku matikan saja tuh hape. Sengaja aku matikan, sekitar 10 menit sambil browsing di dunia maya mencari informasi. Cari infonya pakai kartu tri juga lho tapi anehnya di hape satunya lancar saja. Kalo dua duanya tidak bisa aku juga tidak panik, mungkin sedang gangguan.

Ternyata cukup banyak juga yang mengalami sinyal tidak bisa internetan biarpun kuota masih banyak.

Aku lalu nyalakan dan Alhamdulillah kali ini sukses. Aku masih was-was, dibiarkan saja tidak aku pakai internetan dulu selama 5 menit dengan data masih menyala. Syukurlah data internet sekarang sudah normal.

Demikian solusi yang dapat aku bagikan untuk mengatasi kartu tri tidak terhubung ke internet biarpun kuota banyak dan sinyal ada. Menurutku penyebabnya karena jaringan kartu yang aku pakai sedang eror.

Iyah, cuma itu saja dugaan ku sih, soalnya aku juga tidak tahu.

Jika setelah anda mencoba semu tutorial diatas tapi tetap tidak bisa maka hubungi customer servis tri di nomor 123 dari hape kamu atau 08964400123. Konfirmasi kan keluhan anda kepada CS tersebut, apakah ada gangguan atau hal lain. Semoga setelah itu masalahnya bisa selesai.


Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

16 komentar untuk "Cara mengatasi kartu tri tidak terhubung ke internet"

  1. tips yang bermanfaat....
    bisa langsung diaplikasi kan...
    👍👍👍

    BalasHapus
  2. Kena hacker mungkin sinyalnya 🤣
    Di hacker oleh sms 5 angka.

    Kalau pakai kartu dari provider yg sama di hp berbeda sementara di hp satunya lancar mungkin bukan kartu penyebabnya, mungkin hp penyebabnya, coba ke tengah desa di dekat rongdo mgkn kuat tuh sinyalnya 🤣🏃‍♂️🏃‍♂️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, hari yang indah 😅

      Hapus
    2. Mungkin juga karena hapenya baru dipinjamkan sama rongdo sebelah makanya sinyal ilang ya kang.😂

      Hapus
  3. Kartu Tri memang kuotanya murah, tapi suka susah sinyal di tempat tertentu. Tapi ada baiknya juga, kadang saat kartu lain yang sinyalnya turun, kartu Tri sinyalnya kencang. Karenanya, kuota Tri saya tetap terisi jika diperlukan sewaktu-waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya bukan hanya tri sih mbak, kadang ada orang main kesini dan bilang kok susah sinyal disini ya.

      Mungkin karena kampung jauh dari tower makanya sinyal susah plus kadang ngadat.😅

      Hapus
  4. kendala pKe tri emang gitu sih mas, pernah sekali pake juga gitu, jadinya males make :D.. thx tipsnya :V

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku tetap pakai mas khanif, soalnya murah kuotanya.🤣

      Hapus
  5. Mulai pakai HP sampai sekarang saya pakai telkomsel, Mas Agus. Jadi tak pernah nyoba pakai kartu lain. Selamat sore. Terima kasih telah berbagi.

    BalasHapus

  6. Kalau didaerah atau tepatnya dikabupaten memang jaringan 3 seperti itu. Meski tidak semua.

    Ditempat gue kartu 3 bagus ( Lingkungan rumah ) cuma kalau ditoko atau didaerah bogor kartu 3 udah kaya bekicot jalannya.🤣🤣🤣

    BalasHapus
  7. Aku pernah ngalamin mas, sama2 kartu Indosat dengan suami, tapi dia lancar, aku ga nyala malah. Masalahnya hp ku waktu itu termasuk belum lama jadi kalo dibilang hp yg masalah, bikin sebel Ama tuh merk hp 🤣🤣. Biasanya sih jadi lancar dengan sendirinya memang.

    Pernah juga pas pulang kantor, mau pesen gojek, sbnrnya cuma tinggal 3 km ke rumah. Tapi itu si kuning tiba2 mati dong, sama sekali ga bisa hubungin termasuk SMS. Emosi bener aku. Akhirnya jalan kaki sampe rumah. 3 km sbnrnya aku biasa jogging lebih dari itu, tapi Krn baru pulang kantor, jadi bawaan emosi Krn udh capek hahahahha. Sejak itu aku pake tsel dan smartfren utk back up. 😁

    BalasHapus
  8. dsni sinyal 3 engak ada om, cuma biasa saya pakai APN universal saja "INTERNET" maklum, daerah pelosok adanya cuma telkomsel :(

    BalasHapus
  9. Eh saya pernah loh kayak gini, dulu pas lagi doyan beli perdana Tri, terus tiba-tiba internetnya nggak bekerja gitu.
    Untungnya sih berhasil setelah pakai solusi restart HP, hehehe

    BalasHapus