Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Oukitel WP22, speaker yang menjadi smartphone



 Mungkin bagi pembaca sebagian baru dengar dengan merk Oukitel. Wajar saja sih, soalnya smartphone asal China ini tidak masuk secara resmi di Indonesia, biarpun begitu ada juga yang menjualnya di toko online. Salah satunya ialah Oukitel WP22, ponsel android yang memiliki suara kencang setara dengan smartphone. Tak heran kalo ada yang bilang ini sebenarnya speaker yang menyamar jadi hape.

Seberapa keras suaranya?

Rata-rata smartphone menghasilkan suara 95 dB, sedangkan speaker 116 dB. Nah, Oukitel WP22 suara maksimalnya 125 dB, lebih keras dari speaker bukan, cocok untuk yang suka ngusilin tetangga. Geber hapenya saat tengah malam, dijamin tetangga pada datang bawa sapu atau kayu balok.

Apakah hanya speaker keras saja unggulannya? Tentu saja tidak dong. Kapasitas Baterai nya 10.000 mAh, wow. Jika sebelumnya Samsung M51 boleh jumawa dengan daya 7.000 mAh, kini ia tentu minder karena kapasitasnya hanya 3/4 dari ponsel asal China ini, apalagi Infinix hot 30i yang hanya 5.000 mAh.

Untuk spesifikasi lainnya standar ponsel android jaman sekarang sih. Layar IPS lcd 6,6 inchi, jaringan 4g, WiFi, chipset mediatek P90, Android 13 dan lainnya. Selain itu ada sertifikat IP 68 untuk ketahanan jatuh dari ketinggian 1 meter dan kena air. Jika jatuh ke air selama 30 menit tidak apa-apa. Tapi kalo tidak diambil ya koit juga. Ingat, ini hape ya, bukan ikan mas yang memang habitatnya di air.

Kelebihan Oukitel WP22

1. Baterai kapasitas 10.000 mAh

Tak dapat dipungkiri, dengan baterai berkapasitas besar maka jadi kelebihan tersendiri. Oukitel mengklaim hape ini bisa untuk standby selama 52 hari, bermain musik 41 jam dan menonton video 16 jam.

Selain itu, ponsel ini juga bisa reverse charging atau istilahnya menjadi power bank. Tinggal colok hape lain kesini yang baterainya ngedrop dan mengisi. Tentunya harus dengan kabel yang sesuai.

Bagaimana dengan pengisian nya? Karena ukurannya sebesar itu wajar saja kalo charging nya lama. Walaupun sudah mendukung fast charging 18 Watt tetap saja dibutuhkan sampai 4 jam untuk mengisi daya hingga penuh.

2. Suara speaker kencang

Seperti sudah diulas diatas, salah satu kelebihannya ialah suaranya yang keras atau kencang. Biarpun kencang juga cukup jernih, beda dengan speaker rusak ya.

Hal ini berkat diameter speaker yang mencapai 36 mm, selain itu ada teknologi driver magnet neodynium agar suara yang keluar jernih, nada tinggi yang tajam dan bass yang seimbang.

Oh ya, Oukitel WP22 ini juga bisa mendengarkan radio FM tanpa harus mencolokkan dengan headset, sangat cocok dengan speakernya. Mendengarkan lagu dangdut tidak perlu ribet lagi, harus sambung dengan bluetooth ke speaker aktif.

3. Memiliki sertifikat IP68 dan IP69.

Sertifikat ini biasanya digunakan untuk peralatan militer. Fungsinya untuk mengukur seberapa kuat suatu perangkat. Nah, Oukitel WP22 ini tahan dijatuhkan dari ketinggian 1,5 meter dan tidak akan rusak. Cocok untuk pekerja diluar ruangan seperti kuli bangunan. Ngga tahu apabila hapenya tidak sengaja nyemplung di adukan semen, apakah kuat atau tidak.

Selain itu jika tak sengaja jatuh kedalam air selama tidak lebih dari setengah jam maka tidak akan apa-apa. Jika jatuh ke air selama 30 menit tidak apa-apa apalagi cuma kehujanan, insyaallah tidak apa-apa, paling hapenya hanya masuk angin.

4. Kamera triple dengan night vision

Terdapat tiga kamera di bagian belakang ponsel ini. Kamera utama 48 MP dengan sensor Sony IMX 582 sehingga hasilnya jernih. Kamera night vision nya sendiri berapa di kamera kedua berukuran 20 MP, sedangkan kamera ketiga untuk mode makro.

Kamera night vision ini berguna sekali untuk memotret dalam gelap di malam hari. Cocok sekali buat yang suka berburu gambar di malam hari, misalnya gambar wanita lagi mangkal di lampu merah.

Kamera depannya yang untuk selfi berukuran 16 MP, tidak jelas sensornya dari mana, mungkin dari Sony juga. Selain buat selfi, tentu saja dapat digunakan untuk video call maupun layanan lainnya yang mengandalkan kamera depan.

5. Memiliki ruang penyimpanan besar

Untuk masalah penyimpanan data tidak usah khawatir karena ponsel android dengan OS 13 ini memiliki Rom atau memori internal 256 GB. Rom besar ini dipadukan dengan RAM 8 GB jadi ya tidak akan lemot untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Cuma sayangnya tidak ada ram plus atau ram expansion untuk menambah kapasitas ram.

Memori 256 GB bisa digunakan untuk menyimpan kurang lebih 60 ribu foto atau 1.000 video hd. Jika masih kurang maka bisa menambahkan kartu memori berbentuk micro SD sampai 1 TB atau 1.000 GB. Cocok sekali buat yang hobi jepret ya.

Kekurangan Oukitel WP22

1. Desain kurang menarik 

Sebenarnya ini subjektif sih, soalnya menurutku desainnya kurang keren dan bagus. Ini bisa dimaklumi karena hape ini memang ditujukan untuk kegiatan luar ruangan yang tahan banting jadi ya wajar kalo desain nya tidak menarik.

2. Lama dalam mengisi baterai 

Hal ini wajar karena ukuran baterainya yang besar makanya mengisi dayanya lebih lama, butuh sekitar 4 jam. Cuma seandainya fast charging nya ditingkatkan jadi 66 Watt cukup dua jam saja.

Ada baiknya sebaiknya mengecas saat malam hari lalu pagi hari baru dicabut. Tenang saja, sudah ada fitur pengisian daya aman, sehingga jika sudah penuh maka smartphone akan otomatis memutuskan pengisian biarpun kabel masih menancap sehingga tidak bikin baterai cepat drop.

3. Masih pakai mediatek P90

Disaat smartphone lain sudah pakai chipset mediatek G90T, Oukitel WP22 malah menggunakan P90 yang secara kinerja dibawahnya. Maklum, seri G mediatek lebih tangguh dari seri P.

Tapi secara umum jika digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti browsing di internet, scroll media sosial atau menonton video tidak terlalu terasa perbedaanya sih. Jika dipakai untuk main game baru terasa.

4. Tidak beredar resmi di Indonesia 

Nah, ini yang paling penting diketahui. Oukitel WP22 ini tidak beredar secara resmi di Indonesia. Kemungkinan mereka malas membuat pabrik disini untuk memenuhi kandungan TKDN 30%. Karena itu jangan harap melihat ponsel ini dipajang di etalase konter.

Kalo tidak ada di konter lalu dimana dong yang jual? Dimana lagi kalo bukan di toko online atau market place .

Saat aku cek di shopee bulan Juni 2023 harganya 3,3 juta, tapi ada juga yang menjual 3,5 juta bahkan 4 juta juga ada. Jadi harus pintar pilih toko.


Selain itu, hape ini rata rata pre order dulu selama 15 sampai 20 hari. Maklum, barangnya dari China makanya lama sampainya.

Kendala lainnya, kadang IMEI ponsel tidak terdaftar di database Kemenperin. Hal ini cukup bikin was-was karena takutnya bisa kena blokir dan tidak muncul sinyal.

Demikian ulasan hape Oukitel WP22 beserta kelebihan dan kekurangan nya, semoga bisa bermanfaat bagi yang sedang mencari ponsel outdoor dengan baterai badak berkapasitas besar yang tahan banting.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

17 komentar untuk "Oukitel WP22, speaker yang menjadi smartphone "

  1. "Ingat, ini hape ya, bukan ikan mas yang memang habitatnya di air." 🤣

    Bagus sih fiturnya, desainnya juga bagus tapi harganya rada mahal, dgn harga segitu bisa beli 3 hp, 3 hape digabungin suaranya kurasa bisa juga buat bangunin tetangga, sebagiannya bisa juga dibanting, sebagiannya lagi bisa diputar di mesin semen 🤣🙏👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, berarti kang Jaey suka desain yang seperti ini ya.
      Tiga hape kalo digabungkan suaranya tetap kalah soalnya mentok cuma di 100 dB.

      Soalnya ini bukan matematika, 3 hape 90 dB, 3x90= 270 dB.

      Aku punya hape, istri juga punya, anak juga punya, ada tiga hape, tapi tetap kalah dengan speaker tetangga sebelah yang cuma satu.😂

      Hapus
  2. Walau tahan banting dan bagus suaranya kenceng,tapi kalo masih meragukan dan belum terdaftar di kemenperin ya was was juga belinya😁,harga juga rada mahal di banding smartphone yg ada di pasaran,eeh tapi saya ga terlalu ngerti spek hape juga sii,maaf baru sempet komen mas Agus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku cek di kolom komentar sih banyak yang aman, daftar di Kemenperin, biasanya bayar pajak 300k makanya harganya agak mahal.😀

      Hapus
  3. demi bertahan hidup ya, berevolusi dari speaker jadi hp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan cuma speaker, kalkulator sama jam juga sekarang nyamar jadi hape agar banyak dipakai.😂

      Hapus
    2. harapan saya semoga pompa ban esok juga bisa menyatu dengan hape....

      Hapus
    3. Kalo aku penginnya kulkas fusion sama hape, biar kalo haus tinggal pencet tombol akan keluar minuman dingin.🤣

      Hapus
  4. baterinya manteb banget, tapi sayng gak masuk indonesia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha, itu kan ada yang jual di toko Oren Nif.😂

      Hapus
  5. Ulasan yang lengkap. Smartphone inovatif ini dengan memprioritaskan suara yang mantap, lalu memori juga besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak, cocok buat yang suka kerja di lapangan.😊

      Hapus
  6. oh ini hp? sekilas mirip speaker gede yang dipake buat hajatan hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga sampai yang buat hajatan sih, cuma mirip yang dipakai konser Coldplay.🤣

      Hapus
  7. Saya baru tahu ada merk HP ini, Mas
    Speakernya dahsyat banget ya. Sepertinya asik juga buat mendengarkan musik kalau lagi kumpul-kumpul bareng teman.
    Trims infonya, Mas

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak, sangat cocok dipakai buat ngumpul bareng teman, biar semua kebagian suaranya.😄

      Hapus
  8. Aku langsung takjub pas liat batrenya mas 🤣🤣. Gileeee cocok nih buat traveling. Sbnrnya aku ga masalah kalo soal mediatek P tadi. Toh aku kalo main games cuma candy crush , 🤣. Tapi mikir2 mau beli hp ini Krn belum legal tadi 😅. Ga pengen aja ntr diblokir. Jadi mending cari aman sih 😄

    BalasHapus