Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tecno Spark 10, pesaing Infinix Hot 30i

 


Sudah lama rasanya tidak menulis tentang brand yang satu ini,p terakhir nulis yaitu Tecno Spark 6 Go padahal kini sudah ada penerusnya yaitu Tecno Spark 10. Ponsel android yang satu ini fiturnya sudah melompat jauh dari seniornya. 

Salah satunya hp android ini sudah mendukung ekspansi ram. Tersedia dua pilihan ram yaitu 4 GB dan 8 GB, yang bisa di ekspansi sebesar itu pula. Misalnya ram 4 GB bisa ditambahkan ram virtual 4 GB juga jadi totalnya 8 GB.

Selain itu, ponsel dengan OS Android 13 ini didukung dengan memori internal 128 GB dan diotaki oleh chipset mediatek Helio G37, sebuah prosesor yang memang ditujukan untuk kalangan smartphone low end karena harganya murah.

Biarpun murah tapi otaknya sudah 8 inti atau istilah kerennya Octa Core. Empat prosesor menggunakan Cortex A53 dengan kecepatan 2,3 GHz, sedangkan empat lainnya masih sama dari Cortex A53 tapi kecepatannya diturunkan menjadi 1,7 GHz.

Layarnya masih IPS lcd, belum amoled yang memang lebih mahal. Tak apalah, toh sudah cukup apalagi resolusinya 720x1620 px dengan kerapatan piksel 267 ppi. Luas layarnya sendiri 6,6 inchi.

Selain itu layarnya sudah mendukung refresh rate 90 hz. Sepertinya sekarang sudah hal wajib layar ponsel kelas bawah menggunakan refresh rate segitu. Tapi itu Infinix dan Tecno sih. Untuk Samsung A14 sendiri yang harganya lebih mahal belum mendukung, masih 60 hz saja. Begitu juga dengan Vivo Y33s. Tapi Realme C55 sudah mendukung refresh rate 90 hz lho.

Duh, sudah kayak sales Tecno saja ya.

Selain itu hp ini didukung dengan teknologi masa kini yang sudah jadi standar smartphone seperti jaringan 4G, WiFi b/g/n, bluetooth, GPS, radio FM, dan lainnya. Mungkin yang spesial karena harganya dibawah dua juta yaitu sudah mendukung nfc.

Lalu apa saja kelebihan Tecno Spark 10 sehingga layak dipinang?

Kelebihan TECNO SPARK 10

1. RAM 4+4 GB atau 8+8 GB dan memori internal 128 GB

Sebenarnya hal biasa melihat ponsel Android dibawah dua juta yang memiliki ram 4 GB, cuma yang memiliki rom 128 GB masih jarang dong. Salah satunya ya Tecno ini. Apalagi versi yang 8 GB juga harganya dibawah dua juta.

Dengan ram besar maka menjalankan berbagai macam aplikasi tidak akan lemot. Kalo misalnya lemot bisa menambahkan ram virtual yang diambil dari memori internal. Nah, karena itulah perlunya Rom yang besar seperti 128 GB.

Tidak lucu kan, misalnya Rom nya cuma 32 GB, dipakai buat sistem operasi dan aplikasi bawaan sebesar 20 GB, tinggal 12. Nanti kalo ada ram virtual 4 GB tinggal 8 GB. Baru mau install shope dan tiktok sudah ada peringatan memori penuh. Karena kesal maka akhirnya hape dibanting di kasur.

2. Kamera 50 MP dengan AI

Kalo untuk smartphone kelas menengah maka wajar resolusi kameranya 50 MP, tapi Tecno Spark 10 ini menyasar kalangan low end atau budget minim yaitu dibawah dua juta.

Hasil kameranya cukup jernih pada saat siang hari, untuk malam hari kurang bagus biarpun sudah ada fitur night mode.

3. Desain Menarik 

Untuk kelas low end maka desainnya menarik, warnanya juga cerah, cocok untuk kalangan muda yang suka bepergian.

Bentuk kamera belakangnya yang besar membuat juga sesuai tren terkini.


4. Memiliki NFC 

Ini salah satu fitur yang cukup berguna di zaman sekarang yaitu NFC, fungsinya sebagai alat pembayaran saat belanja atau topup saldo maupun transfer data.

Nah, Tecno Spark 10 ini sudah dilengkapi NFC dan masih jarang hp android dibawah dua juta yang mempunyai NFC.

Kelemahan hp Tecno Spark 10

1. Tak ada kejelasan update OS 

Sama seperti saudaranya Infinix, merk Tecno juga tidak ada kejelasan apakah nanti akan dapat OS Android terbaru apa tidak. Sekedar informasi, Tecno Spark 10 sudah terinstall android 13, cuma belum ada informasi apakah nanti akan mendapatkan android 14 atau tidak.

Tapi harap dimaklumi karena untuk memiliki update OS sebuah pabrikan ponsel harus riset dan penelitian terlebih dahulu agar tidak terjadi bug atau cacat setelah update dan itu itu butuh biaya yang tidak sedikit.

Nah, Tecno ini menjual hp nya dengan harga murah sehingga keuntungan nya sedikit.

Beda dengan Samsung yang menjual perangkat nya dengan harga sedikit lebih mahal. Makanya tak heran kalo Samsung rajin memberi update OS terbaru.

2. Tidak ada kamera Makro dan Ultra wide

Kamera belakang ada dua yaitu kamera utama 50 MP  dan AI. Tidak ada kamera ketiga maupun keempat untuk mode makro dan ultra wide.

Mungkin hilangnya mode makro agak dimaklumi karena tidak semua orang suka memakai mode makro. Bagi yang belum tahu, mode makro itu fitur  untuk mengambil gambar dalam jarak yang sangat dekat agar lebih detil, contohnya tetes air di daun atau semut di rumput. Biasanya yang suka memakainya adalah seorang fotografer.

Nah, kalo hilangnya ultra wide cukup disayangkan. Ultra wide digunakan agar foto bisa diambil dengan sudut yang lebih luas sehingga lebih lebar gambarnya. Jika anda liburan dengan tiga atau empat teman lalu ingin mengambil foto untuk kenangan, maka dengan fitur ultra wide maka semua teman bisa di foto dengan sekali klik. Kalo tak ada ultra wide maka saat memfoto kita harus mundur, akibatnya gambar kurang jelas bukan.

3. Tidak bisa untuk kinerja berat 

Tecno Spark 10 dijalankan oleh prosesor Mediatek G37. Secara umum sebenarnya cukup bagus untuk menjalankan tugas sehari-hari. Hal ini tercatat dari skor AnTuTu Benchmark yang mendapat nilai 134 ribu.

Skor itu cukup tinggi dari pendahulunya Tecno Spark 8c yang hanya 70 ribuan. Untuk membuka beberapa aplikasi lancar saja.

Namun untuk main game sepertinya tidak akan maksimal apalagi jika game berat. Untuk membuka banyak aplikasi, misalnya diatas 10 juga agak ngelag tapi tidak sampai mengganggu sih.

Itulah ulasan hp Tecno Spark 10 beserta kelebihan dan kelemahannya. Jika anda ingin membelinya bisa cari di toko online atau market place seperti shopee dan Tokopedia. Untuk harganya cek sendiri ya, yang jelas dibawah dua juta kok, baik yang versi 4+4 GB atau 8+8 GB.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

19 komentar untuk "Tecno Spark 10, pesaing Infinix Hot 30i"

  1. Jadi ngiler sama hape jaman sekarang, meskipun harganya dibawah 2 juta, tapi mesinnya, layarnya, kameranya, baterainya, semuanya bagus2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti lama lama yang dibawah sejuta juga bagus semuanya.😄

      Hapus
    2. Tapi bakal muncul lagi hp sejutaan baru yg lebih bagus lagi wkwk

      Hapus
  2. Saya malahan baru tau NFC itu setelah baca postingan ini..kadang punya hape tapi ga tau fitur"bawaannya hehhehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga apa-apa mbak, yang penting bisa digunakan hapenya, soal fungsinya ntar kalo perlu baru dicari ada enggak di hapenya.😄

      Hapus
  3. kameranya manteb banget mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Model kameranya memang mantap, tapi hasil kameranya biasa saja sih.😁

      Hapus
  4. Selain memori internalnya besar ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh kesenggol tombol publikasinya.. wkwkwk

      Hapus
    2. Selain memori internalnya besar ada fitur NFC-nya padahal ini HP, HP kelas low end. Jangan-jangan memori internalnya ngga sampai 128 GB kayak kartu memori bajakan yang tulisannya aja 128 GB tapi isinya ngga sampai setengahnya.. hihihi

      Hapus
    3. Kartu memori micro SD ori sekarang sudah murah mas, yang 128 GB merk Sandisk 150k di toko Oren, padahal itu beli satu dan ada untungnya.

      Kalo pabrikan ponsel pasti beli eMMC nya (ruang penyimpanan data ponsel) ratusan ribu biji jadinya lebih murah.

      Btw, masih mending ada isinya biarpun cuma setengah, aku pernah beli memori 256 GB kW ngga terdeteksi sama sekali di hape, akhirnya dibuang doang.😂

      Hapus
    4. Lha kali aja kayak kameranya yang katanya 50 MP tapi hasil fotonya biasa aja, mungkin kalau diadu sama kamera HP yang bermerek seperti Samsung atau Nokia yang lebih kecil pixel-nya akan kalah.

      Hapus
    5. Biarpun hasil kameranya biasa saja kalah sama Nokia atau Samsung tapi tetap bisa buat foto kan.😄

      Begitu juga dengan eMMC, biarpun murah tapi tetap bisa nyimpan data dan kapasitasnya 128 GB (biarpun aslinya tetap kurang buat sistem memori, misalnya cuma 120 GB), cuma kekurangan buat olah data agak lelet.

      Tapi biarpun lelet tetap hitungannya milidetik, jadi ngga terlalu terasa lah, kecuali kalo pakai banyak aplikasi, baru ketahuan.😂

      Hapus
  5. dari spek sih luar biasa ya.. tapi model kameranya kurang suka karna ikutin produk buah buahan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena lagi tren kang, jadi ditiru sama merk lain.😄

      Hapus
  6. Sip Mas reviewnya, dengan menyertakan kelebihan dan kekurangannya.
    Tentang kamera, memang payah ya untuk jepret foto malam hari. Apalagi kalau waktu malam dan obyeknya bergerak. Misal kalau motret pergelaran musik waktu malam di panggung.
    Terima kasih reviewnya, Mas

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama pak.😀

      Kalo kamera hp yang harganya dibawah 3 juta rata rata memang jelek untuk foto malam, soalnya sensor dan lensa kameranya yang murah biar harganya terjangkau.

      Lain dengan iPhone atau Samsung S23, udah seperti kamera digital

      Hapus
  7. kapasitas internalnya sampe 128 GB ini luar biasa banget mas agus, nyimpen dokumen, foto bisa muat banyak
    dari segi kamera pixelnya lumayan gede juga ya
    canggihnya lagi udah ada fitur NFC, dulu waktu awal awal muncul fitur ini, aku pengen punya hp yang support ke NFC, tapi pas giliran udah punya malah ga pernah dipake

    BalasHapus
  8. pengen S23 belum kesampaian, terus incar infinix hot30i, disini malah baca artikel Tecno Spark 10, makin bingung ini mau beli HP mana,,,

    BalasHapus