Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips mengatasi rasa marah dengan cara unik

 


Marah adalah suatu perasaan emosi yang ada di setiap manusia. Adalah hal yang wajar kalo manusia merasa marah, misalnya jika kekasih atau pasangan kita cuek atau jika anda ada janji dengan seseorang tapi sayangnya orang itu tidak menepati.

Tapi perlu diketahui bahwa marah jika tidak pada tempatnya itu sedikit berbahaya. Misalnya jika pasangan kita acuh tak acuh itu perlu diketahui terlebih dahulu apa sebabnya, karena jika langsung marah bisa-bisa hubungan yang sudah terjalin lama malah bisa rusak atau yang lebih parah lagi putus.

Begitu juga jika ada yang ingkar janji, kita ketahui dulu apa sebabnya, apakah ia lupa ataukah sengaja. 

Berikut ini admin bagikan tips mengatasi rasa marah dengan cara tidak biasa yang mana semoga tidak bermanfaat.

* * *

Siang ini Agus sedang menunggu temannya Jaey, yang dulu satu platform blogging di mywapblog dengannya karena ada perlu di sebuah kafe di pinggir kota. Tempat itu sendiri cukup ramai karena kafe ini terkenal harganya terjangkau tapi makanan dan minumannya cocok di lidah masyarakat sekitar. Selain itu tempat parkirnya luas sehingga mobil pun bisa masuk. Kebetulan temannya itu katanya lagi di kota ini karena ada keperluan, sekalian saja kopdar, soalnya belum pernah ketemu walaupun di blog sering bercanda.

Setelah menunggu setengah jam akhirnya ia datang juga. Agus kaget juga ia datang dengan memakai mobil warna merah yaitu Lamborghini seperti yang dilihat di televisi, entah tipe apa kurang tahu. Ia kaget karena kalo di blog seperti orang biasa saja, tidak pernah memperlihatkan mobilnya.

"Maaf Gus baru sampai, sudah lama nih nunggu?" Katanya lalu mengulurkan tangannya. Agus lalu berdiri untuk salaman. Temannya itu memakai pakaian yang kelihatannya biasa tapi ia yang kadang baca dari internet tahu kalo harganya itu jelas mahal. Terlihat dari merk-nya yang mendunia.

"Ah enggak kang Jaey. Baru datang kok."

Seorang pria berusia muda datang lalu menanyakan pesanannya apa saja. Ia sepertinya baru bekerja, terlihat dari sikapnya yang agak canggung. Setelah menulis ia lalu ke meja sebelahnya lagi karena tamu yang disana juga ikut memesan.

Tak lama kemudian pramusaji itu datang tapi sepertinya bukan membawa pesanan mereka berdua tapi orang lain, soalnya minuman nya beda. Saat melewati meja tanpa sengaja kakinya menyenggol meja disebelahnya dan mengakibatkan minuman yang dibawanya oleng dan sedikit tumpah kena kemejanya.

"Maaf pak, aku.. aku tak sengaja." Katanya terbata-bata ketakutan. Mukanya langsung pucat pasi. Ia langsung mengeluarkan kain untuk mengelap.

Agus langsung saja berdiri dan bermaksud memarahi pramusaji yang teledor itu, tapi temannya itu buru-buru menyahut.

"Udah tidak apa-apa mas. Sana layani yang lain, kasihan sudah menunggu." 

Pemuda itu mukanya langsung cerah. Setelah mengucapkan banyak terima kasih iapun pergi.

Agus yang tidak puas lalu bicara." Uh enak amat kang, harusnya kamu marahi dia agar lain kali lebih berhati-hati."

Temannya itu hanya tertawa." Kalo ia orang lama mungkin aku juga komplain Gus, tapi karena sepertinya ia anak baru biarlah, mungkin ia grogi. Lagi pula hal sekecil itu tidak patut marah-marah."

Agus jadi tertarik." Wah, sepertinya kang Jaey tidak pernah marah nih."

"Ah kata siapa Gus. Aku juga kadang marah kok. Memangnya aku robot apa, tidak punya emosi hehehe.."

"Memang siapa yang bisa bikin marah kang."

"Ya ada lah, bisa istri atau klienku yang ngeselin."

Pramusaji itu datang lalu meletakkan pesanan mereka ke meja. Setelah mengucapkan terima kasih lagi ke Jaey ia lalu pergi melayani yang lain.

Sambil menyeruput minuman di gelas Agus yang penasaran pun bertanya." Kang, apa sih resepnya biar tidak gampang marah. Soalnya aku kadang bawaannya suka emosi kalo ada hal yang tidak berkenan di hati."

Ia hanya tertawa." Ya kiat mengatasi rasa marahnya beda-beda Gus, tergantung siapa yang bikin marah kita."

Agus diam menyimak.

"Jadi gini Gus. Misalnya saya sedang marah sama Amanda istriku maka aku tidak akan marah-marah ke dia, yang ada malah nanti jadi perang. Aku lebih suka keluar rumah lalu pergi ke tempat rekreasi, misalnya ke Bali atau ke Gili Trawangan gitu. Disana aku tinggal di hotel dekat pantai lalu tiduran sambil minum minuman segar sambil menikmati pemandangan. Kalo di rumah bisa-bisa malah cekcok dan berantem, tapi kalo disana pikiran malah fresh, biasanya rasa marah masih ada tapi tidak banyak. Sehari juga biasanya sudah hilang. Paling lama dua hari, setelah itu tinggal beli oleh-oleh untuk istri, jadi sampai rumah marahku hilang iapun senang."

"Oh begitu ya."

"Iya, intinya rasa marah itu harus sudah hilang, misalnya masih marah jangan pulang dulu."

"Tapi kan jauh kang." Kata Agus, maksudnya jauh duitnya.

"Kalo tak ada waktu karena aku sibuk, biasanya aku nginap di hotel yang dekat rumah Gus, pilih yang terbaik yang bikin pikiran kita rileks sehingga rasa marah itu hilang. Bisa hotel bintang empat atau lima. Disana pelayanan nya bagus, stafnya ramah-tamah sehingga mood kita juga ikutan jadi baik. Tinggal masuk kamar lalu pesan makanan dan minuman kesukaannya kita sepuasnya sambil nonton TV, paling beberapa jam juga rasa kesal sudah menghilang. Sehari juga biasanya sudah tenang bahkan kadang Amanda suka nyusul ke hotel dan akhirnya malah nginap disana."

"Tapi kalo marahnya sama klien atau orang lain yang bukan anggota keluarga maka kiatnya beda lagi Gus."

"Memang kiatnya apa kang?"

"Kalo aku marah sama klien maka biasanya aku olahraga Gus. Tapi bukan sembarangan olahraga tapi tinju. Tinggal kita pukuli samsak itu sambil membayangkan orang yang ngeselin itu. Hajar sepuasnya seakan itu dia. Halah, paling hanya 30 menit juga kita sudah lemas dan puas. "

"Kalo misalnya tidak suka olahraga, bisa juga dengan menulis di kertas. Tinggal maki-maki atau marah-marah tuh orang yang ngeselin. Tulis sepuasnya, boleh sepanjang-panjangnya. Setelah itu jangan langsung dikirim tapi kamu keluar rumah jalan-jalan, mampir ke toko berisi barang yang kamu suka. Misalnya kamu suka jam tangan, maka beli, kalo perlu yang paling mahal sekalian seperti Rolex. Misalnya suka hape, tak usah mikir, langsung beli juga. Pokoknya yang bakal kita tidak marah lagi."

"Setelah sampai rumah maka kamu nonton YouTube, coba cari informasi tentang benda-benda yang baru kita beli. Dengan begitu maka pikiran kita akan fokus ke benda yang baru kita beli tersebut dan tidak ada pikiran untuk marah sama orang lain, baik klien atau teman."

"Tapi, kan sayang juga beli barang saat kalap gitu " Ujar Agus mencoba berargumen.

"Gini lho Gus. Mungkin habis beli tuh barang kita memang menyesal. Tapi percayalah, rasa sesal itu tidak sebanding kalo misalnya kita marah ke klien atau teman, itu bisa merusak hubungan jangka panjang apalagi kalo rekan bisnis. Beda dengan beli hape, kalo nyesal paling juga sebentar. Kalo masih ingat juga, tinggal kasih hape tersebut pada orang yang lebih membutuhkan. Orang lain senang, kita pun dapat pahala. "

Agus pikir benar juga sih tips mengatasi rasa marah tersebut, tapi masih ada yang mengganjal.

"Tapi kang, itu semua kan butuh duit banyak."

"Nah, kalo duit kamu sedikit, maka gunakan lah energi itu untuk cari duit agar banyak, ngapain marah-marah. Sudah tidak punya duit tapi malah marah, payah itu."

Entah ia harus bagaimana, kesal ataukah geli dengan tips dari temannya itu.

"Jadi gini lho Gus. Sebenarnya kita ini hanya membawa sejarah masa kecil kita. Saat kecil dulu saat kita marah kan sukanya ngambek atau ngamuk, tapi begitu dibawa ke toko mainan maka rasa marah itu langsung lenyap tanpa bekas. Saat dewasa ya seperti itu, mirip biarpun tidak sama."

Agus hanya bisa manggut-manggut saja. Tipsnya sih emang bener, tapi duitnya itu lho.

* * *

Sekian tips ngawur mengatasi rasa marah dengan cara unik, semoga tips nya tidak bermanfaat. Siapa yang mau mempraktekkan cara diatas? 

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

64 komentar untuk "Tips mengatasi rasa marah dengan cara unik"

  1. Hahaha, jadi ingat. Beberapa tahun yang lalu pernah tuh, saya kesel, mau bilang marah ngga berani, soalnya sama atasan, wkwk. Ujung-ujungnya pulang dari tempat kerja saya mampir di ponsel dan beli HP baru πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan

    1. Yaa kalau ada uang mah enak buguru...tiap kesal belanja-blenjong.😁😁

      Ini yang jadi masalah kalau kaga Gableg duit....Jangankan ngutang, Pinjam kutang Spg counter juga belum tentu dikasih..πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸƒπŸƒπŸ’¨

      Hapus
    2. Ternyata tipsnya sudah dilakukan lebih dulu sama Bu guru ya.😁

      Hapus
    3. Tapi kalo kang satria mah bebas, soalnya yang punya konter dan SPG nya.🀣

      Hapus
    4. Kalo kang sat tipsnya lain lagi, kalo lagi marah beliau memperbanyak pacar πŸ€£πŸ€£πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️

      Hapus
    5. kalau mbul ga sampe beli ke konter hape mba nis...hihi..

      paling kalau lagi ga sreg ama netijen mbul lari ke e-commerce..lalu beli buku atau novel hahaha..abis baca buku akhirnya jadi dapat hiburan dan kembali gembira, ketimbang ketemu orang yang hobi ngejudge di dunia maya 😁🀭 padahal aslinya ga kenal. Kalau diajak kopdar paling pendiem aslinya hihihi

      Hapus
    6. Betul sekali kang jaey, tapi enakan itu, kalo marah sama pacar, maka pacaran lagi.🀣

      Hapus
    7. Bisa juga ke e commerse lalu scrol cari hape baru ya mbul, setelah itu dua tiga hari hape datang.😊

      Hapus
  2. ribet amat tipsnya yak.. kalo aku marah ada yang ngasih duit 100 jt pasti langsung ilang marahnya wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan

    1. Naah mending tips ente Nif...Kalem.😁😁

      Terus kalau ente lagi kesel & mumet Asmirandah datang Kesel, sama mumetnya hilang nggak.🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Cuma 100 juta Nif, itu mah receh. Kang satria kemarin dikasih Jaey 1 miliar sebagai komisi beli pesawat, mana pakai dolar $$$ lagi.🀣

      Hapus
    3. πŸ™„πŸ™„πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³

      Hapus
    4. Tuh πŸ‘† kang sat sampai melotot tak percaya melihat duit 1 miliar dolar 🀣

      Hapus
    5. gw ga muluk2 mas, 100 juta asal asli udah bahagai banget :D

      Hapus
    6. waa kalo ditemenin asmirandah pasti keselnya ilang lah :D

      Hapus
    7. Sayangnya habis dapat duit 1 miliar disuruh ngarit.🀣

      Hapus
    8. Terus maunya dapat duit 100 juta asli apa Asmirandah mas?

      Atau mau dua duanya?

      Ya udah, silahkan request sama kang jaey.😁

      Hapus
    9. kalo bisa dua-duanya, uang dan perempuan wkwkwk :D

      Hapus
    10. Silahkan khanif request ke Jaey Cool mas.🀣

      Hapus
    11. Ke Kang Sat aja banyak koleksinya πŸ˜…

      Hapus
  3. wakakakakkakkk....ini cerpen isinya penuh nasihat ya mas...nasihat buat amanda dan jaey sebagai tokoh utama, atau mas agus atau pramusaji bernama khanif atau herman...? πŸ˜‚πŸ˜‰

    mbul ketawa baca komen khanif...


    o itu naik mobil lamborghini sudah amat sangat sultan ya mas sesultan raffy ahmad dan bang hotman hehehe...

    biasanya semakin kaya semakin wise ya mas, semoga amanda dan suaminya tercinta ga marahan atau perang lagi kayak cerpen di bawah...

    δΈ‰δΈ‰α••( ᐛ )α•—

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pramusajinya namanya khanif, kalo pemiliknya namanya Anita, cuma lupa dimasukkan dalam cerita.πŸ˜‚

      Wah Raffi Ahmad dan bang Hotman mah lewat, kalo Jaey Cool ini levelnya udah Elon Musk, Bill Gates atau Mark, maklum 10 besar orang terkaya di dunia, tapi dalam mim... πŸ˜‚

      Hapus
    2. mim....

      mim apa mas? Kok ga diterusin 😁😱

      Hapus
    3. Mim..

      Mim apa ya, mungkin dalam mimbar waktu Jaey Cool berbicara dalam ajang bisnis KTT J20 di depan para pemimpin dunia.πŸ˜„

      Kan ngga mungkin mim, mimisan.πŸ˜‚

      Hapus
    4. oiya kan beliau tokoh dunia berpengaruh dan kaya raya, selain itu alim dan beragama bagus ya mas, cocok mbak amanda bersuamikan orang yang alim dan lurus juga baik dalam segala hal tak ada cela πŸ˜‰πŸ˜☺

      Hapus
    5. Betul sekali mbul, makanya sungkem dan komentar disana biar dapat berkah.😁

      Jangan lupa bawa gula teh.πŸ˜…

      Hapus
    6. baru ingat beberapa minggu lagi udah masuk bulan romadhon...harusnya saling silaturahim dan saling bawa gula dan teh juga ya mas agus ☺πŸ˜„πŸ˜Š

      Hapus
    7. Betul sekali mbul, ayo sungkem kesana , ngga usah bawa gula teh, cukup kuota unlimited buat sebulan. πŸ˜„

      Hapus
    8. Tadi kucing kakakku nyasar kerumah ibuku, terus adikku memanggil2 nama kucing itu, aku yg mendengarnya dari dlm kamar sepontan mengakak dlm hati, tebak siapa nama kucing itu? 🀣🀣

      Hapus
    9. Paling nama kucing nya m**l ya kang.🀣

      Hapus
    10. Iya Gembul, tapi jgn marah mbak, di snackvid juga banyak pke nama itu, ada juga namanya Oyen, Gemoy 🀣

      Hapus
    11. hahahha...malah baru baca ini, ga pa pa kok kucing kan lucu hahhahahha

      kucing namanya mbul dan gemoy bagus malah hahahahaha

      Hapus
    12. Gusti> Oh, wise itu ditentukan kekayaan ya?
      😁

      Hapus
    13. ga juga sih pak 😁

      Hapus
  4. Soal marah2 ini ada beberapa tips2nya dijelaskan dlm agama, penjelasan yg paling populer biasanya klo marahnya pas baring diredakan dgn duduk, klo lg duduk diredakan dgn berdiri, Dst. Tapi tips di cerpen ini juga bagus, ya tinggal disesuaikan aja sih yg mana paling nyaman buat kita lakukan, yg jelas kalau mengatasi marah pakai modal bisa2 habis duit kita hehe, kalau marah dibawa kerja mgkn makin cape πŸ˜…

    Pengendalian marah itu butuh latihan, semakin sering latihan menahan amarah InsyaAllah semakin kebal.

    Tapi dlm agama ada beberapa hal yg memang kita diharuskan untuk marah, diantaranya ketika keluarga diganggu dan ketika tanah air diganggu, dll.

    Btw, tadi komenku dipost yg sebelumnya, pas ku baca ulang sepertinya mengandung unsur nganu merek.. jadi kuhapus 🀣 kalau dibaca yg empunya merek wah bisa2 tamat riwayatku. 🀣

    BalasHapus
    Balasan

    1. Betul itu Huu...πŸ˜πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Unsur apa Huu, yang bikin anu2...Apa karena anunya kelihatan.🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Membanding2kan merek, yg satunya dipuji yg satunya ga πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    3. Ngga apa-apa hu, kalo review memang harus jujur, kalo jelek dibilang kurang bagus, kecuali kalo kita dikasih bonus, bolehlah dibilang bagus dikiiittt.😁

      Hapus
    4. Haha iya hu, aku cuma parno aja, Arbain sering share org di denda hanya krn hal sepele, kan seram 🀣

      Hapus
    5. Wah, baru tahu, emang arbain kena denda berapa dan dari siapa

      Hapus
    6. Arbain cuma share menceritakan kasir upload slip gaji di medsos, entahlah aku lupa ceritanya, terus bos dari kasir itu sepertinya tersinggung, trs di tuntut deh si kasir.

      Hapus
    7. Kalo ngga salah, itu mah kejadian di Lampung, ngga masalah sepertinya soalnya cukup vital waktu itu

      Hapus
  5. siip deh tipnya..... bisa langsung dipraktekkan...
    πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung dipraktekkan bagi yang punya duit banyak ya pak.πŸ˜…

      Hapus
  6. Ada macam-macam cara mengatasi rasa marah, kalo saya lebih ke beli makanan yang enak-enak sih. Habis resign, makan di luar. Lagi mumet sama kerjaan, makan di luar. Tapi kalo lagi gak ada duit ya nggak perlu maksain makan di luar, kan masih banyak jajanan murah yang hemat di kantong.

    BalasHapus
    Balasan

    1. Waaduuhh jangan sering2 beli makanan atau banyak makan kalau sedang marah2 Dew, bisa endut ntar lho....

      Kalau endut ntar dapet Durennya lama lho..🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Kalo kang Satria lagi marah, biasanya mengenang mantan ya kang, dari pada makan nanti tambah gemuk.πŸ˜…

      Hapus
  7. Jauh banget mengungsi menahan marah, Mas Agus. Sampai ke Bali. Hihikk ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga cerpen Bu, bebas imajinasi.πŸ˜„

      Hapus
  8. Ya ampuunnn keren banget, bener banget nih tipsnya, saya sampai takjub saking biasanya di prank sama tulisannya, sekarang kok serius gini wakakakka.
    Saya jadi berpikir, apa ya yang saya sukai, jadi kalau marah saya mau lakukan hal disukai, biar nggak perlu marah.

    Yang selalu bikin marah tuh anak-anak sih, tapi kalau pas marah, trus saya kabur sejenak, yang ada si Adik nangis kejer sampai saya balik baru bisa diam, wakakaka.
    Jadi cara tersebut kurang bisa ditiru, hahhaa
    Palingan kalau marah beli es krim juga, tapi anak-anak pasti ikut dan minta, jadilah mereka bikin tingkah mulu biar mamaknya marah dan beli es krim mulu, wakakakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin biar anak-anak ngga nangis dan bikin marah harus banyak jalan-jalan ke mall mbak. Cukup jalan-jalan saja jangan belanja, paling bayar parkir doang kalo naik motor, atau bayar taksi 🀣

      Hapus
  9. Hai mas Agus. Kalo aku sih gampang aja. Pas hati lagi panas, ademin pake mie ayam bakso hahahaha :D Plus cendol atau es teler. Apalagi kalau dibelanjain macam2, bisa redaan amarahnya, tapi belom hilaaaang sih, tetep msh ada rasa kezel wkwkwkwkwk :D

    BalasHapus
  10. agus emang hobinya marah-marah. Sedikit, sedikit marah. Sedikit, sedikit marah. Marah kok cuma sedikit-sedikit..wkwkwkk

    Yang paling menarik perhatianku bagian akhir mas. Kita hanya membawa sejarah masa lalu. tapi benar juga sih...hahhahaa

    Besok aku coba tipsnya mas agus. Kalau marah yaa kerja aja, ga usah pakai marah-marah segala...wkwkkwk

    BalasHapus
  11. Hahahhaa, emang ini tips terlalu jauh ya mas, jauh duitnya maksudnya, harus ke bali lah, gili lah, nginep di hotel bintang 5 lah, tipsnya ga bisa dipraktekkan sama kaum kismin hahahha, kalau aku cukup scroll shopee aja, ga checkout juga gpp wkakakkaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa ini artinya dilarang marah mbak?

      Atau kaum kismin ga ngerti marah? Nrimo aja?

      Hapus
  12. Benar juga nih, cara yang unik. Ntar kalo pengen marah, terpaksa tahan dulu, tunggu punya uang dulu, biar bisa dilampiaskan kemarahannya haha

    BalasHapus
  13. Wahahahahaha

    Bisa dicoba nggak nih ? :)))))

    BalasHapus
  14. Aku mah suka ditahan tahan kalo mau marah, tar awal bulan ajah. Kan kantongnya pas tebel tuh, jadi bisa langsung blanje hahaha... etapi tips yang di atas juga perlu dipertimbangkan..

    BalasHapus
  15. Aku sering praktekin yg cara liburan atau staycation 🀣. Dan bener mas, mau semarah apapun, tapi kalo udh lampiasin ke liburan, itu bakal reda sih.

    Intinya sih, kalo mau cari pelampiasan, cari yg sesuai Ama passion kita. Kalo passionnya traveling, pelampiasannya kesana. Kalo mungkin dana terbatas, lakuin aja sesuatu atau hobi yg ga terlalu menguras uang tp bisa melegakan pikiran yg mumet 😊

    BalasHapus
  16. Pelampiasan tapi sekaligus melakukan hobi yang bermanfaat dan tidak menzalimi oranglain. Tapi ada juga pelampiasannya ke medsos misalnya nyinyir hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju dengan pak vicky, lebih baik diam dan ga nyinyir di medsos xixixixi apalagi sampai mendzolimi orang lain 😁

      Hapus
  17. hahaha tipsnya bikin kesel ih

    BalasHapus