Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sony Xperia 1, ponsel flagship murah dari Sony yang sudah beredar di Indonesia dengan harga lebih terjangkau

 


Sony Xperia 1 adalah ponsel flagship atau andalan dari vendor smartphone asal Jepang itu. Dirilis pada Mei 2019 di negeri sakura dan kemudian menyebar ke Eropa dan Amerika, kini hape tersebut sudah hadir di Indonesia lewat toko online.

Sebenarnya hape ini sudah hadir di Indonesia lewat lazada pada tahun 2019 juga, cuma harganya kelas flagship juga yaitu 11,7 juta. Sebuah harga yang wow dan mungkin hanya penggemar Sony sejati plus banyak duitnya yang berani beli. Soalnya kalo cuma penggemar mah aku juga penggemar hape itu tapi duit 11 juta mendingan buat kawin lagi eh buat beli motor buat ngojek.

Fitur dan spesifikasi Sony Xperia 1

Kalo melihat fitur dan spesifikasi nya memang pantas sih ponsel ini dibanderol mahal. Pertama menggunakan prosesor kelas atas saat 2019 yaitu Snapdragon 855 dengan teknologi 7nm. Ini chipset Qualcomm yang digunakan untuk Samsung galaxy Z flip atau Oppo Reno 10. CPU nya Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 485 & 3x2.42 GHz Kryo 485 & 4x1.78 GHz Kryo 485). sudah pasti mantap buat main game atau multitasking. Snapdragon seri 8xx memang biasa digunakan untuk smartphone premium. Main game seperti mobile legend apalagi cuma tetris pasti dilibas.

Fitur selanjutnya yang cukup menarik adalah layarnya yang terbuat dari OLED berukuran 6,5 inci sehingga lebih jernih dalam menampilkan gambar, sejernih kalo habis gajian. Apalagi resolusi layarnya 1644x3840 piksel. Wajar sih, namanya juga hape flagship atau andalan. Kalo cuma full HD mah cuma buat kelas menengah. 

Agar layarnya tidak mudah tergores oleh benda tajam maka dipasang dengan Corning Gorila Glass 6, yang kabarnya sanggup menahan godaan para janda muda, eh maksudnya tahan dari goresan tak sengaja seperti logam, kunci motor bahkan tidak tergores saat dijatuhkan dari ketinggian 1,6 meter.

Agar lebih oke maka hape dari negeri sakura ini juga memiliki sertifikat IP65/68 yang sanggup untuk berenang di kedalaman 1,5 meter selama setengah jam. Cocok sekali buat musim hujan seperti ini.

Sony Xperia 1 yang rilis tahun 2019 ini memiliki OS Android 9 yang memang saat itu baru sampai segitu, tapi tenang saja karena akan mendapatkan jaminan update selama dua tahun dan bisa di upgrade sampai Android 11.

Dan seperti ponsel saat itu yang sedang tren, Sony Xperia 1 ini juga dibekali dengan triple kamera di bagian belakang, sedangkan untuk kamera depan cukup satu saja.

Lalu berapa resolusi kamera utamanya? Apakah 108 MP seperti Realme 8 pro, Samsung S21 ultra, atau Xiaomi Mi 10? 

Sayangnya tidak saudara-saudara. Kalo anda ingin mendapatkan resolusi kamera yang tinggi maka siap-siap kecewa karena ponsel ini hanya dibekali kamera utama 12 MP saja. Iyah, hanya 12 MP. Begitu juga kamera kedua dan ketiganya.

Tapi jangan lupa ini produk Sony yang sudah terkenal dengan kecanggihan teknologi kameranya. Biarpun cuma 12 MP tapi sudah dilengkapi telefoto, jadi memperbesar gambar tidak akan membuat foto pecah, beda dengan teknologi zoom. Hasil gambar udah pasti jernih, tidak buram seperti muka mu kalo lihat mantan lewat gandengan dengan pacar barunya.


Untuk rekam video juga sudah maknyus karena sanggup rekam 4k dengan resolusi 30 fps, udah pasti di jamin mantap dan jernih kualitasnya. Tapi harus diingat kalo satu menit rekaman itu menghabiskan 350-400 MB, hampir dua kali lipat dari format Full HD.

Untungnya Sony Xperia 1 dibekali memori internal yang cukup lega yaitu 64/128 GB dipadu dengan ram 6 GB. ROM nya sudah memakai UFS 2.1 yang lebih oke. Kalo masih kurang, tinggal tancapkan kartu memori Micro SD yang support hingga 1 TB atau 1000 GB. Download file juga bebas, bisa sampai ratusan film dengan kualitas HD.

Setelah bahas ram dan rom maka selanjutnya bahas bagian penting lainnya yaitu baterai. Sama seperti Sony Xperia XZ3, ponsel andalan pabrikan Jepang ini juga hanya dibekali baterai berkapasitas 3330 mAh, walaupun dengan fast charging 18 Watt. Kapasitas yang tidak terlalu besar menurutku menjadi salah satu kelemahan dari Sony Xperia 1 ini. Tapi kalo melihat tradisi memang kebanyakan hape Xperia hanya dibekali daya sebesar itu.

Hasil tes menunjukkan screen on time Sony Xperia 1 ini sekitar 7 jam , hasil yang tidak terlalu jelek walaupun tentu saja bukan bagus, sedang-sedang saja.

Sekarang masuk ke sektor yang paling penting untuk konsumen Indonesia yaitu harga. Berapa harga Sony Xperia 1 di tahun 2022 ini?

Harga Sony Xperia 1 tahun 2022

Saat aku cek di toko online pada bulan Maret 2022 ini, harga Sony Xperia 1 sekarang berkisar 2,1 juta sampai 2,5 juta untuk varian 6/64 GB tergantung kemulusan dan kualitas ponselnya. Perlu diketahui bahwa harga segitu adalah untuk kondisi seken atau bekas.

(((Bekas)))

Iya, soalnya memang Sony tidak menjual hape baru di Indonesia sejak 2015 karena kalah bersaing dengan merk lain. Jadi kebanyakan handphone Sony memang didatangkan langsung dari Jepang oleh penjual online dan dalam kondisi seken tanpa ada dus boxnya.

Selain itu harap diperhatikan bahwa karena seken tidak ada garansi resmi kecuali garansi toko selama 3-7 hari tergantung tokonya. Jadi kalo rusak agak riskan juga.  Tapi hp ini sepertinya cukup banyak juga di Indonesia, jika ada yang rusak tinggal cari ponsel lainnya yang rusak lalu diambil sparepart nya untuk diganti. Tentu saja kita harus ke konter kecuali jika anda sudah pintar servis ponsel sendiri.

Demikian kelebihan dari Sony Xperia 1 seperti layar bening, prosesor Snapdragon 855, kamera jernih dan juga desain bagus. Jika melihat harganya yang 2 jutaan ini jelas sangat worth it karena hape Snapdragon 855 lainnya itu diatas 6 juta (tapi kondisi baru). Tapi jangan lupa juga kekurangan yaitu baterai agak kecil, kondisi seken dan juga tidak ada garansi resmi.

Apakah anda berminat?

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

26 komentar untuk "Sony Xperia 1, ponsel flagship murah dari Sony yang sudah beredar di Indonesia dengan harga lebih terjangkau"


  1. Waahh bagus kang Hpnya tapi udah bekas 不不不 pas dicoba rasanya plong gimana kang.不不不

    Baterainya juga nggak ada yang jual. Ngerakit baterai sendiri nggak seimbang jadi cepat habis baterainya..喫

    Uang 2 jutaan mending buat ngerapetin anu si anu kang. Ketimbang beli anu.不不不

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan hape Sony di Indonesia memang janda semua kang, tapi untungnya janda muda.不

      Hapus
    2. Kalau bekas jepang biasanya masih keset tuh 不

      Hapus
    3. Emang pernah nyoba kang, kok tahu masih keset 不

      Hapus
    4. 不不不不不☝☝ Kebanyakan buka XNXX sih..不不不

      Keset luarnya doang Huu...Dalemnya mah udah Dolll!! 不不不

      Hapus
  2. harga terjangkau, tapi kualitas untung untungan,,,
    good try

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kok kang, orang pamer hape seperti itu, sengaja renang sambil bawa hape Xperia lalu nyilem.

      Hapus
    2. Selain Xperia, hp apalagi ya yg kira2 bisa direndam

      Hapus
    3. Wah tumben komentarnya dihapus, apakah komentar sebelumnya itu waktu belum minum obat.

      Hapus
    4. Hampir semua hape DoCoMo seperti Sharp, Sony atau Fujitsu bisa direndam kang, tapi sebelum merendam, jangan lupa bungkus dulu pakai plastik.不

      Hapus
    5. @Agus....kalau plastiknya bocor bagaimana?

      Hapus
    6. Kalo plastiknya bocor kemungkinan airnya masuk pak.

      Sebenarnya beli hape seken Jepang untung-untungan pak, kalo untung dapat hape yang anti air, kalo enggak ya begitu masuk air koit.

      Hapus
  4. baru baru ni mbul baru paham arti flagship itu mas...artinya andalan ya. Sering dengar istilah ini dari pereview gadget yang bahasanya technical banget hehew



    hape dengan spek semumpuni ini harganya 2,5 juta, ternyata second ya mas. Padahal bagus banget layarnya di atas ultra hd hwahaaa...bisa puas.

    lalu kapasitas penyimpanan dan ramnya juga oke nih..mayan gede buat nyimpan banyak memori foto

    #ternyata harga motor 11 yuta ya mas...motor merek apa ya...hahah...eh ini kan lagi bahas hape sony...piwe sih mbul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor beat bekas kan banyak yang harganya 11 juta mbul, keluaran tahun 2018 - 2019, dijamin masih kinclong.

      Ya, memang hapenya bagus sih, tapi itu bagi yang punya duit lebih. Kalo aku nunggu setahun lagi deh, mungkin harganya sudah turun 1,5 juta. Tapi kalo masih ngga ada duit tunggu tahun depannya lagi sudah 1 juta.

      Hapus
    2. he em mas, mbul juga sayang sayang sih kalau cuma buat beli hape kalau ada uang 2 digit...hiks hiks...mending ditabung iya mas...kalau hape mah mbul kelasnya cuma bisa buat wa dan foto telpon searching udah deh...ga perlu yang canggih canggih 五

      Hapus
    3. Iya sih, kalo ada tabungan dua digit mendingan buat beli emas batangan ya mbul.不

      Hapus
  5. Wehhh dari 11 juta turun jadi 2jt ya om. Lumayan sih.. tapi ada duit 2jt, menurutku mending beli hape baru. Samsung oppo vivo udah dapet tuh 2jt hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang hape 2 juta sekarang juga sudah mumpuni, mana garansi resmi lagi.

      Hapus
  6. Oalaaaahhh, kaget saya, kok murah meriaaahhh :D
    ternyata bekas ya, tapi masih diperjual belikan.
    Sejujurnya saya dari dulu pernah pengen punya HP Sony ini, tapi nggak tahu kenapa ya, saking saya pernah punya kamera saku Sony, yang gambarnya buram, jadinya malas ama produk sony, hahaha

    BalasHapus
  7. wah sony ini kalo buat dengerin musik memang mantap bgt. aku dulu penggemar hp sony, tapi kemudian berenti karena harganya wow banget. terakhir beli xperia mini, dan earphonenya Alhamdulillah masih berfungsi baik sampe saat ini, masih jernih tipikal produk sony, padahal itu hp udah lama banget kan. memang ada harga ada rupa

    BalasHapus