Cara mengatasi NFC terkunci di hp Fujitsu

Mungkin bagi banyak orang Indonesia NFC adalah fitur asing yang belum banyak diketahui. NFC adalah sebuah singkatan dari Near Field Communication. Ini adalah sebuah fitur yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna smartphone yang tidak mau direpotkan oleh hal-hal yang ribet dan kurang praktis. NFC fungsinya cukup banyak diantara ialah :

  1. Transfer File atau data, lebih cepat daripada bluetooth.
  2. Melakukan transaksi pembayaran di berbagai merchant. 
  3. Bermain game online bersama teman-teman.
  4. Untuk mengecek saldo kartu e-toll.
Tetapi harga hape android yang memiliki fitur NFC cukup mahal, seperti Samsung galaxy M30s yang harganya 3.1 juta atau Redmi Note 8 pro dan Redmi Note 8T yang juga sekitar 3 juta. Tapi ada solusinya jika ingin memiliki Hp dengan fitur NFC dengan harga dibawah 1 juta yaitu dengan membeli hp Fujitsu dari Jepang. Hp Fujitsu yang beredar disini memang tidak memiliki garansi resmi karena hape second, tapi hampir semuanya memiliki NFC. Contohnya adalah Fujitsu F01H yang dijual dengan harga 500 ribu sampai 600 ribu saja.

Sayangnya karena smartphone second, kadang ada beberapa kendala, salah satunya adalah NFC terkunci. Hal ini kadang membuat pusing, tapi tenang saja, aku akan bagikan tips untuk membukanya. Sebenarnya solusinya cukup mudah, tapi jika belum mengerti memang bikin jengkel.

Begini cara membuka fitur nfc yang terkunci di hp Fujitsu:

  • Pertama masuk ke settings lalu pilih device managment.
  • Kemudian pilih Apps. Screen shot yang aku gunakan memakai hape Fujitsu F01H, mungkin agak berbeda dengan tipe lain, tapi intinya sih sama yaitu pilih manager aplikasi.
  • Nanti akan muncul aplikasi apa saja yang sudah terinstall di smartphone android asal Jepang itu. Pilih aplikasi Osaifu Keitai lalu hapus atau uninstall.
  • Setelah selesai menghapus Osaifu Keitai, masuk ke play store lalu cari lagi aplikasi Osaifu Keitai . Yup, tidak salah. Kamu harus install lagi aplikasinya. Aplikasi yang lama ada password kode, sedangkan kita tidak tahu kodenya jadi dihapus lalu pasang lagi.
  • Setelah terinstal Osaifu Keitai biarkan saja tak usah dibuka. Masuk ke pengaturan lalu masuk useful tools. Kemudian pilih lagi NFC/ Osaifu Keitai settings.
  • Silahkan cek, menu NFC/ Osaifu Keitai settings yang sebelumnya tidak bisa disentuh kini dapat digunakan. Jika diminta masukkan password, silahkan masukkan kode sesuka kalian, misalnya 12345 atau lainnya terserah anda. Mudah bukan cara mereset kode nfc yang terkunci.

Demikian solusi atasi nfc terkunci di hp Fujitsu DoCoMo, sebenarnya cara ini sama dengan Cara mengatasi nfc terkunci Sharp Aquos docomo yang dulu pernah aku posting. Sekian dan semoga bermanfaat.

Post a Comment

5 Comments

  1. Baru tahu kalau ada smartphone merek Fujitsu. Ada fitur NFC ni hape Sony milikku saat ini. Tapi ternyata nggak bisa digunakan. Jadi nggak bisa ngecek e-money Mandiri dan Flazz BCA dengan hape sendiri. Huhuhu. Sedih aku tuh.

    ReplyDelete
  2. Enak banget manfaat NFC di smartphone. Kalau aku pake Samsung A7. Ternyata daku baru tahu ada merk Fujitsu ini. Langka apa ya? hihihihi....

    ReplyDelete
  3. Harus root dulu ga om? HH saya F02H. Mau apus data nfc osaifu gabisa diklik clear datanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga kang, tidak usah di root.

      Wah kok ngga bisa di klik clear datanya. Coba cek lagi soalnya seingatku osaifu ada dua.

      Delete
  4. Jadi pengen beli smartphone dengan fitur NFC setelah baca postingan ini. Tapi sekarang aku udah bisa cek e money mandiri walau hapeku nggak ada fitur NFC.

    ReplyDelete