Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Xiaomi telah meluncurkan MIUI 11 versi stabil


Xiaomi sekarang telah secara resmi meluncurkan MIUI 11, inkarnasi terbaru dari UI Android kustom mereka. Di bawah ini, kami telah merinci perubahan desain baru serta semua fungsi dan fitur baru yang dibawa pembaruan. Jadi, mari kita melihat lebih dekat pada MIUI 11.

Desain satu tangan lebih maksimal

Dengan MIUI 11, Xiaomi menerapkan sentuhan yang lebih modern untuk bahasa desain mereka secara keseluruhan. Seperti Huawei dan Samsung, Xiaomi telah maju dan berubah tidak hanya tampilan tetapi juga desain umum UI. Semuanya sekarang dirancang agar lebih mudah dijangkau dengan penggunaan satu tangan, dan itulah yang diharapkan dari para penggunanya.

Bahasa desain yang sama ini telah diterapkan pada hampir setiap bagian MIUI 11, menghasilkan tampilan yang bersih dan modern. Semua kekacauan lama dari MIUI 10 telah dihapus dari UI, dan itu jelas jauh lebih baik dari sebelumnya. Ada lebih banyak ruang putih dan warna-warna berani, yang merupakan tren saat ini di pasar smartphone.

Tersedia mode gelap di MIUI 11

Mode Gelap adalah fitur utama Android 10 dan MIUI 11 mengimplementasikan ini dengan beberapa lonceng dan peluitnya sendiri. Implementasi Xiaomi tampaknya sangat mirip dengan mode gelap Huawei EMUI dalam hal itu mengubah warna semua aplikasi sistem, dan menggunakan mode gelap hitam yang sebenarnya dibandingkan dengan mode gelap lebih biru dan abu-abu Android 10.

Font MiLan pro terbaru

Xiaomi memperkenalkan font baru mereka, yang menurut perusahaan sangat ramping dan pas untuk hampir semua situasi. Font MiLan Pro yang baru mengikuti tren desain keseluruhan dari seluruh antarmuka pengguna, tetapi ada sedikit perubahan. Pengguna dapat mengganti font untuk sebagian besar sistem dengan slider, memungkinkan untuk pilihan yang lebih besar.

Huruf-huruf UI akan dinamis dan otomatis

Salah satu hal yang sangat dibanggakan perusahaan asal China ini adalah keberanian mereka terhadap huruf UI dinamis yang sensitif terhadap konteks baru. Di seluruh UI, tindakan tertentu akan memberanikan font tertentu untuk memberikan konteks yang lebih baik tentang apa yang dipilih atau sedang berinteraksi dengan.

Ini adalah fitur yang sangat sederhana, tetapi itu membuat antarmuka pengguna terasa jauh lebih minimalis dibandingkan dengan pesaing.

Misalnya, menekan nomor pada papan tombol menguatkan nomor tersebut, membiarkan semuanya tetap bersih sambil tetap memberikan umpan balik visual. Pilihan desain ini luar biasa, memenangkan penghargaan Desain Reddot dalam prosesnya.

Ambient Display

Ambient Display adalah apa yang disebut Xiaomi sebagai fitur tampilan live mereka. Ini sedikit berbeda dari implementasi perusahaan lain karena versi Xiaomi memiliki fokus yang lebih besar pada penyesuaian. Sebagai permulaan, pengguna dapat menyesuaikan jam yang muncul pada Tampilan Sekitar, dan ada banyak opsi yang tersedia. Pengguna juga dapat membuat pesan mereka sendiri yang dapat disesuaikan yang muncul pada Tampilan Sekitar.

Selain itu, animasi pada tampilan Ambient bahkan berfungsi sebagai indikator notifikasi, dengan lampu pernapasan yang dapat dipertukarkan digunakan untuk menunjukkan ketika pesan atau notifikasi telah muncul. Ini bukan fitur yang paling penting, tapi ini fokus besar MIUI 11.

Sistem suara yang dinamis

Akhirnya, Xiaomi telah memperbarui semua suara alarm dan suara pemberitahuan menjadi dinamis. Ini artinya suara yang dihasilkan dapat berubah tergantung pada variabel seperti tempat dan waktu. Sekali lagi, ini bukan fitur yang sangat besar, tapi tentu saja ini tambahan yang bagus untuk pengalaman pengguna.


Itulah beberapa fitur yang menarik dari MIUI 11, untuk sementara hanya beberapa smartphone Android Xiaomi yang sudah mendapatkan pembaharuan antar muka terbaru tersebut terutama keluarga Mi seperti Mi 6, Mi 8, dan lainnya.

Untuk mengetahui apakah ponsel anda mendapatkan MIUI 11 silahkan masuk ke Pembaharuan lalu sistem update. Jika ada cek dulu apakah sudah versi stabil ataukah Beta. Jika sudah stabil disarankan untuk update sih, kalau belum ada, harap bersabar ya. Xiaomi Redmi Note 4 aku juga kayaknya baru akan mendapat MIUI 11 pada quartal 1 2020.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger yang ingin berbagi pada dunia terutama tentang film dan serial tv, suka nonton film tapi lewat gadget terutama handphone

Posting Komentar untuk "Xiaomi telah meluncurkan MIUI 11 versi stabil"