Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi pengisian baterai Sharp Fujitsu yang lama

Hp Sharp dan Fujitsu adalah smartphone asal Jepang, biasanya dari operator di DoCoMo yang di jual secara online di Indonesia, biasanya dalam bentuk second atau bekas. Hal ini karena kedua hape tersebut tidak memiliki garansi resmi dan biasanya hanya dijual hanya handphone saja, tanpa charger ataupun kardus. Karena merupakan hp seken maka kadang ada sedikit yang bermasalah biarpun sebagian besar masih normal dan layak pakai.

Salah satu permasalahan yang aku rasakan dalam membeli itu adalah slow charging atau lama pengisian baterainya. Saat itu aku membeli hp Fujitsu tipe F03H, semuanya normal dan bagus, tapi ternyata ada kekurangannya yaitu slow charging. Untuk mengisi baterai dari 20% sampai 100% perlu waktu 6-8 jam, padahal charger itu aku pakai untuk charge hape Xiaomi dan hanya butuh waktu 2 jam saja untuk mengisi penuh. Ini tentu saja menjengkelkan biarpun sebenarnya baterai nya masih awet, dalam pemakaian normal, Fujitsu F03H bisa sampai 2 hari.

Akhirnya aku mencari informasi di Google tapi rata-rata hanya untuk hape android lain, bukan untuk hp DoCoMo. Aku coba praktekkan tapi hasilnya masih tetap lama pengisiannya. Aku cari info di grup Facebook tapi malah yang ada keluhan yang sama dari pengguna lain. Tapi akhirnya aku berhasil cara mengatasi pengisian lama pada smartphone Sharp Fujitsu. begini caranya:



  • Coba matikan smartphone Android tersebut lalu coba isi, apakah pengisian dayanya sekarang lebih cepat. Sebab ada juga beberapa tipe hape yang ternyata bisa di isi lebih cepat jika hape dalam keadaan mati.

  • Kedua, jika ternyata masih lama juga, coba miringkan hapenya saat mengisi daya. Soalnya aku pernah coba cara tersebut dan lumayan berhasil, hanya dalam 3 jam sudah penuh. Jika itu yang terjadi, berarti port USB atau lubang chargernya sudah agak rusak.

  • Jika masih tidak bisa juga, coba pakai charger yang mendukung fast charging. Saat itu ponakan aku membeli hp Infinix yang sudah mendukung fast charging, ternyata cepat juga mengisinya, kurang dari 2 jam baterai sudah terisi penuh.

  • Coba ganti baterainya jika ketiga solusi diatas tidak berhasil. Baterai yang sudah rusak memang memiliki beberapa masalah. Ada yang cepat sekali penuhnya tapi ada juga yang jadi lama mengisinya. Sayangnya karena bukan handphone resmi di Indonesia, agak sudah juga mencarinya. Kalo itu, tinggal cari baterai yang cocok saja, tak usah yang sama merk-nya, yang penting konektor baterainya sama dan pas.

  • Kalau keempat cara diatas tidak bisa, mungkin hapenya harus dijual saja, atau kalo masih ingin memakai harus sabar ya.😂
Demikian solusi mengatasi baterai lama chargernya di hp Fujitsu Sharp yang admin bagikan. Semoga saja bisa membantu bagi kamu yang sedang mengalaminya. Jika kamu memakai Sharp Aquos bisa membaca cara mengatur energi saving pada sharp Sh01g agar lebih hemat daya.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger yang ingin berbagi pada dunia terutama tentang film dan serial tv, suka nonton film tapi lewat gadget terutama handphone

2 komentar untuk "Cara mengatasi pengisian baterai Sharp Fujitsu yang lama"

  1. Sangat bermanfaat infonya gan, apa cara ini bisa untuk hp Sony Xperia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya bisa gan, cuma aku tidak punya hp Sony Xperia.

      Hapus