Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Operator AT&T mencapai kecepatan 1 Gbps dalam jaringan 5g


Era penerus dari jaringan 4g yakni 5g tampaknya sudah dekat. Di Amerika Serikat, AT&T, operator AS telah meluncurkan layanan 5G yang sebenarnya di 12 pasar dan hanya dapat diakses dengan undangan. Layanan 5G membutuhkan penggunaan hotspot seluler 5G Netgear Nighthawk yang diluncurkan beberapa bulan yang lalu.

Kecepatan jaringan 5G pada awalnya sedikit lebih cepat daripada yang dicapai oleh jaringan 5G palsu yang dikenal sebagai evolusi 5G. Namun, AT&T pada hari Sabtu 31 Maret 2018 mengumumkan bahwa mereka telah mampu mencapai kecepatan seluler 5G yang melampaui 1Gbps. Hal ini membuat perusahaan tersebut menjadi operator AS pertama yang mencapai hal tersebut.

Ini adalah tonggak sejarah bagi perusahaan yang merupakan penyedia nirkabel terbesar kedua di negara itu, di belakang Verizon. AT&T mengatakan film HD berdurasi dua jam dapat diunduh dalam 20 detik pada kecepatan itu.

Bukankah itu luar biasa? Pada bulan Desember 2018 yang lalu, layanan AT&T 5G ini memiliki kecepatan unduh 194,88Mbps, yang kira-kira seperlima kecepatan 1Gbps tempat layanan tersebut baru saja beroperasi. Saat itu, layanan 5G Evolution milik operator, yang sebenarnya ditingkatkan 4G LTE, memiliki kecepatan unduh 187.44Mbps.

Tetapi upgrade ke jaringan 5G memungkinkan AT&T menggunakan agregasi empat frekuensi 100MHz untuk meningkatkan kapasitas data jaringannya, sehingga memungkinkannya mencapai kecepatan internet yang lebih cepat. Dengan menggunakan Hotspot 5G Netgear Nighthawk, jaringan internet mencapai lebih dari 1 Gbps.

hotspot netgear


Berbicara tentang pencapaian monumental ini, Igal Elbaz, SVP Teknologi Nirkabel, AT&T menyatakan; “Hari ini, kami adalah operator pertama di AS yang mencapai kecepatan 5G seluler yang melampaui 1 gigabit per detik. Kami mencapai tonggak ini pada jaringan 5G langsung kami di beberapa kota menggunakan perangkat komersial, NETGEAR Nighthawk 5G Mobile Hotspot… ini semua adalah bagian dari rencana kami. Kami akan terus menguji dan meluncurkan teknologi 5G terbaru kepada pelanggan kami dan mereka akan terus menjadi yang pertama mengalami versi 5G terbaru dan terhebat."

Luar biasa ya, kira-kira apakah operator seluler di Indonesia tahun depan akan menyelenggarakan jaringan 5g? Kita tunggu saja ya, dan semoga tidak lama lagi.😄
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger yang ingin berbagi pada dunia terutama tentang film dan serial tv, suka nonton film tapi lewat gadget terutama handphone

Posting Komentar untuk "Operator AT&T mencapai kecepatan 1 Gbps dalam jaringan 5g"