Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghapus virus android dengan safe mode

Virus android merupakan momok yang menakutkan bagi pengguna android karena bisa menyebabkan berbagai hal yang tidak diinginkan seperti muncul iklan sendiri di hp. Selain itu ciri-ciri hp kena virus yang lainnya ada koneksi wifi menyala sendiri, ada juga yang mencuri data pengguna yang bisa disalahgunakan. Ada juga yang download aplikasi sendiri terus menerus.

Untuk virus yang memunculkan iklan sendiri biasanya disebabkan oleh virus malware yang mana sangat menjengkelkan karena selain mengganggu juga menyedot kuota internet terus. Cara menghilangkan malware iklan silahkan baca cara menghilangkan virus iklan di android. Biasanya virus yang memunculkan iklan itu karena memakai adsministrator perangkat jadi harus dicabut izin adsministrator perangkatnya agar aplikasi yang bandel itu bisa dihapus.

Tapi bagaimana jika virus itu tak memakai adsministrator perangkat sehingga tak bisa dicari karena biasanya virus itu menyamar dengan nama yang sama dengan sistem hp. Contohnya virus yang menyerang hp advan T3 milikku. Dia menyamar dengan nama sistem uploader sehingga kita tak tahu. Virus itu menyebabkan hp advan T3 milikku selalu menyalakan wifi sendiri dan juga data internet selalu hidup. Dimatikan wifi nya maupun koneksi internet nya selalu menyala sendiri, pusing bukan.

Tapi tenang saja, Blog Sarilah akan bagikan cara menghapus virus android secara mudah dengan safe mode atau mode aman.


  •  Pertama masuk ke safe mode. Tiap hape android berbeda-beda caranya, tergantung merk-nya. Untuk itu silahkan cari di Google ya, ketik "cara masuk safe mode (merk dan tipe hp)". Ketiknya tanpa tanda kutip ya. 
  • Untuk hp Advan, begini cara masuk safe mode. Tekan tombol power beberapa saat, nanti akan muncul pilihan.
  • Setelah itu pilih tekan dan tahan beberapa saat menu daya mati. Tekan sampai muncul pemberitahuan mau masuk ke safe mod atau reboot ke mode aman.
  • Setelah itu, klik saja ok. Saat sudah masuk maka akan ada tulisan "mode aman" di bawah bagian kanan. Silahkan liat gambar.
  • Saat masuk mode aman maka hanya aplikasi sistem saja yang akan muncul. Jika virus itu sudah masuk ke sistem maka akan muncul juga. Kalo bentuknya aplikasi maka akan muncul di menu. Hapus aplikasi yang mencurigakan. Tapi kalo tidak ada, maka masuk ke pengaturan lalu pilih aplikasi.
  • Setelah itu, hapus aplikasi virus itu. Jika tak ada pilihan uninstall, coba masuk ke menu administrator, caranya masuk ke pengaturan > keamanan > perangkat administrator. Hapus tanda centang pada aplikasi yang mencurigakan. Lalu masuk kembali ke aplikasi dan hapus.
Selesai, silahkan keluar dari safe mode atau mode aman dengan cara reboot atau restart. Jika susah, matikan saja lalu hidupkan lagi. Selamat, kini virus bandel itu sudah lenyap.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger yang ingin berbagi pada dunia terutama tentang film dan serial tv, suka nonton film tapi lewat gadget terutama handphone

Posting Komentar untuk "Cara menghapus virus android dengan safe mode"