Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akhirnya pembayaran adsense Dahlan cair juga

Dahlan sedang senang. Akhirnya setelah ngeblog selama setahun dia mendapatkan pembayaran dari AdSense google. Memang tidak terlalu banyak, hanya 1,4 juta yang mana itu adalah batas minimal payout dari AdSense. Setelah ia cek email yang masuk dari periklanan google tersebut, ia mendapat kiriman cek yang bisa ia cairkan di kantor pos.

Dahlan, yang mana merupakan admin daripada blog Bosanpedia mendadak terbayang di ingatannya bagaimana ia bisa mendapatkan bayaran.

Awal mulanya itu karena ia suka membaca artikel dari blog di situs master satria mwb yang berisi tutorial tentang android, bisnis online, dan sebagainya. Ia pikir apa salahnya kalo ia juga ikut bisnis online, apalagi melihat pendapatan dari master satria mwb yang mencapai puluhan juta rupiah per bulan. Iya, puluhan juta perbulan bro, siapa yang tidak ingin. Hasil dari ngeblognya itu ia sudah bisa membeli Nissan Terra, siapa yang tidak ingin.

Mulailah ia ngeblog. Karena tidak punya modal untuk beli hosting maka ia memutuskan membuat blog di blogger saja yang gratis. Beruntung, berkat tutorial blogspot yang ada di blognya satria mwb, ia akhirnya berhasil juga. Mulai dari cara buat artikel, pilih template gratis dan sebagainya.

Tapi sayangnya, kok iklannya tidak muncul juga. Akhirnya ia beranikan diri untuk bertanya langsung pada pakarnya adsense, siapa lagi kalo bukan satria mwb.

"Masta, kok blog saya ini tidak ada iklannya. Tolong bagaimana caranya agar ada iklannya supaya saya dapat uang juga seperti Masta. Terima kasih, mohon dijawab ya." Demikian ia berkomentar.

1 menit kemudian...
2 menit kemudian...
3 menit kemudian...
1 jam kemudian...
1 hari kemudian...
1 minggu kemudian...
1 bulan kemudian...
1 tahun kemudian...
1 abad kemudian...

Eh becanda ding. Tak butuh waktu lama pertanyaan nya dijawab oleh empunya blog. Tentu saja ia senang sekali. Ternyata dia disarankan untuk daftar ke Adsense Google agar dapat duit dari Internet. Ia juga disuruh baca artikel tentang cara-cara daftar yang ada di blognya.

Tak butuh waktu lama ia langsung membaca. Ternyata cukup mudah, hanya cukup ubah settingan ke bahasa Inggris, nanti akan ada menu penghasilan. Setelah itu tinggal daftar saja.

Deg degan ia menunggu email persetujuan dari adsense. Alhamdulillah satu hari kemudian datang, dan Alhamdulillah juga permohonannya ditolak.


Tentu saja ia shock, tak menyangka kalau mbak adsense ternyata sekejam itu, apalagi tak disebutkan alasan penolakannya, apakah ia kurang ganteng, kurang berisi badannya, ataukah karena ia pengangguran. Eh, itu mah alasan Desy pacarnya memutuskan dirinya.

Berhari-hari Dahlan jadi tak enak makan, tidak nyenyak tidur karena hal ini. Impian untuk memiliki Nissan Terra seperti idolanya pupus sudah.

Tappiiiiii, sebagai lelaki masa kini yang punya harga diri walaupun sering kali disakiti ia pantang menyerah. Selama janur kuning belum melengkung ia akan terus berusaha.

Ia coba daftar lagi ke Adsense, tentu saja dengan memperbaiki konten di blognya yang tidak kalah mengenaskan dengan wajahnya. Alhamdulillah ditolak lagi hiks...

Ia coba lagi, lagi, lagi, dan lagi. Entah karena kasihan padanya karena nembak terus tapi ditolak atau mungkin juga karena bosan akhirnya ia diterima juga saudara-saudara.

Ternyata caranya cukup mudah saudara-saudara. Jika ingin diterima adsense, caranya cukup dengan membeli akun adsense yang banyak dijual, simpel saja bukan. Setelah itu tinggal daftarkan blog Bosanpedia ke situs yang diterima itu, langsung deh diterima.

Tentu saja ia senang bukan kepalang, mirip anak kecil yang baru diberi uang biarpun akun dapat beli. Ia traktir semua teman-temannya hari itu juga. Teman-temannya awalnya juga heran, tapi karena gratis siapa sih menolak. Segala makanan di warung habis disikat oleh mereka, dari Snack ciki sampai makan kuaci, dari Coca cola sampai minuman cap orang tua. Total hampir habis sejuta, biarlah tak mengapa, nanti akan diganti Nissan Terra hehehe.

Tapi ternyata kenyataan tak seindah ekspetasi. Hasil dari adsense ternyata bahkan kadang tidak bisa untuk membeli cilok dalam sehari. Iya, sehari cuma dapat ratusan rupiah saja, bukan ratusan ribu seperti bayangannya. Total dalam sebulan pendapatannya bahkan tidak cukup untuk membeli kuota internet bulanan termurah sekalipun.

Dahlan awalnya tentu saja shok, sudah rugi ratusan ribu untuk beli akun plus traktir teman kok ya ambyar.

Tapi Dahlan memang lelaki pantang mundur, biarpun hasilnya minim, ia tetap maju terus. Hasil tak akan mengkhianati usaha, begitu motonya.

Dan setelah setahun lebih 12 bulan. Iya, setahun lebih 12 bulan atau 2 tahun, total 24 bulan akhirnya ia menerima bayaran juga. Alhamdulillah ya Allah. Ia sengaja memilih western union sebagai pembayaran karena sedikit saja biayanya, hanya 25 ribu saja. coba kalo transfer bank, bisa habis 350 ribu biayanya.

* * *

Dahlan memacu motor Honda Astrea milik bapaknya dengan kencang. Ia memang harus agak cepat karena hari sudah siang, takut kantor pos tutup sehingga tidak bisa mengambil gajian. Karena ngebut, disebuah tikungan ia hampir saja menyenggol janda motor Honda CBR disampingnya. Merasa ditantang, pengemudi motor yang merupakan pemuda tanggung itu lantas membalas. Ia segera tancap gas melewati Dahlan lalu melambatkan laju motornya hingga Dahlan menyalip lalu ia kebut lagi, begitu berulang-ulang. Panas, Dahlan segera tarik gas sekencang-kencangnya agar tidak kalah. Saat motor beda generasi itu berdiri sejajar, tiba-tiba mesinnya berulah batuk batuk dan motor langsung mogok, mati saat itu juga.

Hahaha, tawa pemuda tanggung segera pecah. Sebelum ia meninggalkan Dahlan ia memberikan hadiah ekstra untuk dirinya; pantat ditunggingkan sebelum ia menghilang.

Sabar, Dahlan hanya bisa mengelus dada saja. Ia terpaksa mendorong motornya menuju bengkel terdekat.

Cie kasihan, udah jomblo dorong motor sendirian pula, begitu ledek beberapa pengendara motor yang lewat.

Akhirnya ia sampai juga di bengkel terdekat. Setelah nego alot masalah harga akhirnya deal juga. Karena sudah siang, ia buru-buru naik angkot karena untuk ke kantor pos jaraknya masih lumayan, 3 km lagi. Bisa gempor kakinya kalo ia memaksa jalan kaki.

Ia sengaja duduk dekat pintu agar bisa cepat keluar. Saat didalam angkot itulah baru disadari kalo beberapa penumpang memperhatikan dirinya, beberapa diantaranya malah cekikikan. Ia melirik bajunya, tak ada yang aneh.

"Kenapa mbak, baru lihat orang ganteng ya?" Seru Dahlan pada seorang wanita yang ada didekatnya karena ia melihat terus. Saat berseru ia sambil membusungkan dadanya yang kerempeng.

"Idih GR amat, emang mas habis dari rumah sakit jiwa ya, kok naik angkot pakai helm."

Astaga, ia segera meraba. Ternyata ia lupa melepas helm karena terburu-buru. Segera saja ia lepas tuh helm laknat dan buru-buru turun sambil diiringi tawa berderai penumpang lainnya. Dahlan turun karena memang sudah tiba di kantor pos.

"Selamat siang. Ada yang bisa dibantu?" Begitu sapa seorang pegawai wanita saat ia masuk. Hari sudah siang sehingga ia tidak perlu mengantri.

"Anu mbak." Entah kenapa dihadapan si cantik berkerudung hijau ini ia malah grogi.

"Mau bayar listrik mas?"

"Enggak." Dahlan menggeleng.

"Bayar BPJS atau kredit mas?"

Eh eh, memang tampan ganteng seperti Dahlan ini suka kredit ya, begitu gerutunya dalam hati." Mau ambil uang dari western union kak." Akhirnya ia bisa berbicara juga.

"Minta nomor MTCN dan KTP nya mas."

Dahlan mengangsurkan KTP dan juga nomor MTCN yang diminta. Wanita itu lantas meng-input ke komputer.

"Kak, boleh dong minta nomer hp nya kak. Siapa tahu aku ada perlu." Dahlan setengah berbisik merayu pegawai negeri itu.

Dia tersenyum." Nanti ya mas, kalo sudah selesai transaksinya."

Lima menit kemudian ia memberikan uang pada Dahlan." Ini mas uangnya, silahkan hitung dulu ya."

"Makasih kak. Nomer hapenya dong." Jawab Dahlan sambil menerima uang tersebut tanpa menghitung.

"Ini mas, 021 55795418."

"Nanti malam aku telpon ya kak." Kata Dahlan sambil mengedipkan matanya.

"Silahkan saja mas, call center kantor pos ini buka 24 jam kok. Yang jaga biasanya bapak itu atau mas yang disampingnya." Wanita itu tersenyum lebar sambil menunjuk suatu ruangan.

Haduh Gusti, ternyata nomer telpon call center.

Dengan lesu Dahlan keluar dari kantor pos lantas naik angkot menuju tempat bengkel. Ditempat bengkel itu ia menghitung, ternyata pas 1.4 juta.

Setelah membayar ongkos 200 ribu, ia bawa lagi motor Honda Astrea itu. Karena ingin cepat sampai ia bawa agak kencang juga biarpun tidak sekencang saat berangkat.

TAMAT
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger yang ingin berbagi pada dunia terutama tentang film dan serial tv, suka nonton film tapi lewat gadget terutama handphone

136 komentar untuk "Akhirnya pembayaran adsense Dahlan cair juga"

  1. Walah, tak pikir cerpen romantis yang kemarin tak minta , tibak ke?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya kemarin hampir jadi 75%, eh baca postingan mbak Rey ada request kang nata, baru ingat jadinya aku kebut pesanan kang nata dulu soalnya udah lama.πŸ˜‚

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Aduh mbak, aku ini kuli lho mbak, waktuku buat kerja buat nyari nafkah anak istri. Dari kemarin sibuk terus banyak kerjaan, itu nulis cerpen juga kalo malam hari yang harusnya buat istirahat, mohon dimaklumi lah keterbatasan ku ini.

      Ok, insya Allah nanti malam aku selesaikan cerpen pesenan mbak tari, tinggal 25% ini. Harap sabar, tuh mas Dahlan aja sabar nunggu gajian adsense 2 tahun.😊

      Hapus
    5. Maaf, saya tidak bermaksud marah - marah kok om Agus? Hanya memastikan aja, harap dimaafkan πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
    6. Sudah jadi tuh cerpen pesanan mbak tari

      Hapus
    7. Maaf om agus kok dihapus cerpenya tha ?Apa yang tari katakan bahwa tari kena sakit jantung itu benar adanya, dan permintaan cerpen romantisnya itu aku dan bunda minta dengan tujuan supaya diriku bisa bahagia sedikit dengan dekat dengan mereka para blogger meskipun hanya pura - pura di dunia maya. tolong harap dimengerti, atau kalau gak om agus bisa datang ke blognya tari sebentar. please.

      Hapus
    8. Bukan dihapus tapi nanti diedit ulang. Karena lagi kuli jadi aku simpan di draf dulu, mohon maklum

      Hapus
    9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus

    10. Is oke om Agus, tapi ingat ya? Apa yang tari katakan bahwa tari sakit jantung itu jangan diceritakan di cerpen oke? Cerpenya jangan halu, om Agus harus fokus buatnya lho? Agar cerpenya bagus dan bisa romantis , biar tari happy terus bacanya hingga akhir.✍️✍️✍️πŸ™πŸ™

      Hapus
  2. Wkwkwkk..apes banget si Dahlan mau bersaing sama CBR udah pasti kalah kelas dan minta no hp di kasih nomer call center tapi untungnya si Dahlan ngga nyari tali...wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyari tali buat apa mas kal El, mau buat ngiket kardus pindah kontrakan ya? πŸ€”

      Hapus
    2. Tali buat ikat motornya ke CBR..wkwkwk

      Btw itu si Dahlan ngeblog setahun apa dua tahun baru bisa gajian? Dan nama blognya apa kok disensor? Hihihi

      Hapus
    3. Kirain tali buat ngiket cewek biar kayak perangko.😊

      Ngga disensor, itukan ada blog bosanpedia xixixi.

      Hapus
    4. Ya itu nama blsekalian..hihihi

      Oh itu nama blognya kirain yang disensor itu..

      Nah ini baru adem template-nya

      Hapus
  3. kapan ya aku bisa jadi kek di dahlan :V

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak dahlan gimana kang? Apa pengin godain mbak mbak petugas kantor pos ya? πŸ˜‚

      Hapus
  4. Suuuueeee looohhh...😠😠😠😠

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uhuiiii, Mastah Satria bakalan traktiran mulu nih dengan adsense puluhan juta hahahaha

      Hapus
    2. Adminnya salah minum obat jadi nulisnya ngaco kemana2 mbak Rey...

      Semoga ada obat penyembuhnya yaa mbak Rey.😊😊

      Hapus
    3. Orang pelit ya gini, diminta traktir malah suruh minum obat.

      Btw, emang mbak Rey sakit apa kang, kok disuruh minum obat? πŸ€”

      Hapus
    4. Eh ciyeeeee, yang bisa beli Nissan terra dari hasil ngeblog. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Hahahaha saya mau dong ditraktir masker juga nggak apa-apa, sama hand sanitizer hahahaha.
      Sulit soalnya nyarinya, kayak nyari barang langka aja :D

      Hapus
  5. Lama juga ya si Dahlan gajian adsensenya... Udah memghayal mau beli mobil malahan keluar duit nraktir temen, itu sekaligus ngingetin buat anak" muda yg kepingin banget ngadsense.. Baru bikin 2 ato 3 artikel udh sibuk banget kepingin dpt duit, dikira gampang x yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, ternyata adsense ngga seperti yang dibayangkan. Pendapatan kecil, ngga seperti dulu lagi

      Hapus
  6. Btw ni kok rada ga jelas ya kolom komentarnya, alias warna tulisannya ga jelas

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Apanya yang hebat mbak, ini cuma cerpen, aku belum dapat bayaran adsense malah

      Hapus
    2. sebab sebab pandai mengarang.... banyak ideanya ;-)

      Hapus
    3. Makasih mbak Anies, jadi malu.

      (Ngumpet )

      Hapus
  8. terlanjur baca serius dapet bayaran pertama dari adsense hehe tau taunya masih diselipkan becandaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ini cuma cerpen kang, yang nulis malah belum dapat bayaran adsense, ngenes ya

      Hapus
  9. Kayak aku aja suka kelupaan lepas helm :D Tapi pas naik ojol loooh hahaha :) Cocok jadi komedian mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa kabur aja helmnya mbak, buat kenang-kenangan gitu.πŸ˜‚

      Hapus

  10. Ammpuunn dah gw...🀣🀣🀣 Besok bikin cerpen tentang Template aja kang..🀣🀣🀣

    Judulnya Pengalaman Gonta-Ganti Bini...Eehhh salah Template maksudku.😲😲🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide bagus kang, bisa jadi itu. Ayo kang satria bikin cerpen nya ya.😁

      Hapus
  11. Bisaan masnya bikin cerita. Harusnya minta nomor WA aja mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomer WA juga sekarang ada yang jadi call center mang, contohnya nomer WA tri

      Hapus
  12. Kasihan si Dahlan, hahaha. Tapi saya salut sama usaha Dahlan. Akhirnya uang adsense cair juga.

    BalasHapus
    Balasan

    1. Betul mbak Pit. Memang Type orang inisial D atau Hurup depan D Selalu konsisten dan luar biasa menggairahkan.πŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ™πŸ™

      Hapus
    2. Betul, tipe orang inisial D itu konsisten, tapi kalo inisial S itu sueee..😁

      @Pipit, berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, yang penting akhirnya gajian πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Hapus
    3. 😠😠😠😠😠😠😠😠

      Hapus
  13. Ahaha... saya pengin apply Adsense tapi belum berani. Tapi kalau ntar terima bayaran harus mogok motor segala, kok perjuangannya berat banget ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang adsense sudah tidak bisa digunakan untuk penghasilan, enakan jadi Youtubers aja.

      Ini cuma cerpen biar suasana jadi hidup kak.πŸ˜ƒ

      Hapus
  14. Keren gaya bahasanya, meski nyenggol2 kang Nata n kang Satria tapi proses di atas sepertinya kondisi real nasib blogger saat ini. Seperti saya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar agak ceritanya maka dibikin agak nganu sedikit kang.πŸ˜‚

      Iya, sekarang blogger ngga bisa mengandalkan pendapatan dari adsense, terlalu sedikit penghasilan nya.😭

      Hapus
    2. Saya ikutaaaannnn, hahaha, udah approve berapa lama ya adsense saya? tapi ya gitu nggak pernah nambah saldonya hahaha.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Ah kalo mb Rey pasti kelas ataslah :)

      Hapus
    5. Ke atas mana nih Bang? atas atap? jangan dong, saya sih bisa manjatnya, tapi biasanya turunnya nggak bisa , kan berabe saya di atap mulu, kalau hujan petir, kesamber dong saya hahahaha

      Hapus
    6. Ke atas hotel, lalu foto foto buat tahun baru.😁

      Hapus
  15. Btw saya gagal fokus, itu beli akun adsense maksudnya beli akunnya orang, terus langsung bisa diterima ketimbang ngajukan langsung?

    Saya dulu awal-awal ngeblog sekitar tahun 2009an atau 2010an ya, pakai blog lama dulu saya coba daftar dan ditolak, setelah itu coba lagi nggak bisa, nanti baru-baru ini langsung bisa di approve :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Rey yang cakep, banyak yang jual akun adsense, harganya bervariasi dari 300 ribu sampai 700 ribu tergantung penjualnya.

      Jika sudah ada blog yang diterima maka kita tinggal tambahkan blog sendiri kesana, otomatis diterima.

      Ayo coba daftar adsense lagi mbak, insya Allah 99% diterima.

      Kenapa ngga dulu aja mbak, dulu penghasilan adsense bagus, sehari ada visitor 3 ribu aja bisa gajian tiap bulan, tapi sekarang kalo pengunjung 3 ribu mungkin setengah tahun baru gajian 1.3 juta.πŸ˜‚

      Hapus
    2. Waahh saya baru tahu dong, berarti kalau saya punya blog baru, bisa saya tambahin aja langsung di adsense saya ya?
      Kayaknya menarik nih bikin blog yang bersifat lebih umum dan khusus buat ads, saya malah matikan ads otomatis yang dikasih google di blog saya hahahaha

      Hapus
    3. Betul, tinggal tambahkan saja, nanti beberapa hari akan ada informasi iklan sudah bisa tampil mbak

      Hapus
  16. Hebat ih si dahlan adsensenya udah cair, lah gw 100rb aja belom nyampe2 wkwk 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dahlan memang hebat mbak, aku aja belum gajian padahal sudah setahun nih.πŸ˜‚

      Hapus
  17. kalau saya waktu itu cuma dapet 2 juta mas saat pengambilan pertama adsense saya, hehehe lumayanlah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak itu kang, saya saja belum gajian padahal sudah setahun.πŸ˜ƒ

      Hapus
  18. Selamat Dahlan akhirnya gajian juga dari adsense. Kapan ya saya bisa nyusul? *lirik saldo adsense yang masih puluhan ribu :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kayaknya nunggu tahun 2021 baru bisa gajian, kalo tahun 2021 belum bisa nunggu 2022, kalo 2022 belum bisa tunggu 2023, begitu seterusnya sampai 2100.πŸ€£πŸ˜‚

      Hapus
  19. Test koment satu dua tiga....!!!!

    #,soalnya kemarin koment saya udah panjang disini, pas di publish....eeee...error.hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin sepertinya ada yang nganu blognya, jadinya emang agak susah komentar, maafkeun ya boz.πŸ™

      Hapus
  20. Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih kepada Mas Agus karena sudah berjibaku dalam menulis dan mengarap cerpen pesanan saya.#eee..kok kayak pidato ya.hahah.

    saya tersenyum dan ngakak tertahan, pas baca dan teringat tulisan ini, tahu kenapa ?

    Ternyata pas saya baca, tulisan ini " kayak tulisan berbau kisah nyata " sehingga sulit membedakan mana yang imajinasi, mana yang berbau pengalaman pribadi.Dan perpaduan kisah nyata dan imajinasi inilah yang membuat saya kagum dan tertawa.Soalnya alur ceritanya keren dan mantul banget Frennn...!!!!.hahaha,

    Cuma satu kalau boleh saran, untuk judul sebagusnya dikasih kalimat unik, misalnya begini " Pegalaman mengambil pembayaran adsense bersama Janda Cantik "

    Tujuannya adalah agar nanti ketika orang mencari judul ( kata kunci ) serupa di mesin pencari, judul artikel mas akan membuat orang kepo, sehingga orang - orang akan mengklik judul artikel Mas.

    Tahukan apa imbasnya, kalau orang - orang mengklik judul artikel mas di mesin pencari google,? Ya.Blog Mas akan mendapat Trafik Organik.Asik banget bukan...?

    Selebihnya artikel mas ini, saya acungi dua jempol dan saya kasih 7 Bintang plus " cipika dan cipiki " dari saya.Hahaha.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih karena kang nata sudah bersusah payah untuk komentar di blog ini, biarpun harus melewati halangan dan rintangan tujuh lautan.πŸ˜‚

      Soal judul memang sebaiknya dikasih judul unik agar orang mau klik, misalnya "pengalaman mengambil gajian adsense bersama Raisa atau Isyana " gitu ya, asal jangan satria ya.😁

      Nanti akan aku jadikan judul unik lagi bos, doakan agar tak lupa ya bos.

      Btw, untuk cipika cipiki silahkan ke kang Dahlan saja, sebab dia tokoh utamanya kang. Udah nungguin dari kemarin dia πŸ˜†

      Hapus
    2. Udah gitu, pas landing ke postingan ini, isinya cerpen pula, lebih berasa di nikmatinya, nggak cuman teori doang, ada ceritanya :D

      Eh jangan cipika cipiki ah, lagi banyak virus Corona tuh :D

      Hapus
    3. Eh, tapi Dahlan udah nungguin cipika cipiki nya mbak, gimana ini.πŸ˜‚

      Hapus
  21. Cerpennya lucu dan menghibur. Tak kira itu nomor hapenya mbaknya pegawai kantor pos ternyata oh ternyata nomor telepon call center. Btw, salam kenal ya, kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira juga itu nomer hape mbaknya, gak tahunya nomer call center, pantesan cepat dikasih. Kasihan Dahlan πŸ˜†

      Hapus
  22. Dahlan, jangan lupa traktir gw yak?

    Wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kang Riza, aku juga lagi menunggu Dahlan traktir aku.πŸ˜ƒ

      Hapus
  23. wah adsense lama ya.. soalnya menerima pembayarannya masih pakai WU. kalau yang sekarang sudah terintegrasi dengan nomer rekening bank, jadi setiap tanggal 21 atau 22 uang gajian adsense langsung masuk ke rekening

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini hanya cerpen saja kak, aku juga kurang paham masalah gajian adsense soalnya belum pernah gajian, semoga saja tahun ini gajian adsense, ngarep.πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Hapus

    2. Amin om Agus, tari doakan 🀲🀲🀲🀲

      Hapus
    3. Makasih banyak atas doa nya

      Hapus
  24. Sampai sekarang saya belum ajukan pendaftaran Adsense karena masalah e-KTP yang belum diperbarui meski secara teknis otomatis masih berlaku untuk seumur hidup. Google mana mau tahu aturan negeri kita dan sampai sekarang saya masih malas urus perpanjangannya.
    Pengen juga ngerasain gahian dari adsense dengan nilai yang banyak banget. Tapi apa masih berlaku untuk puluhan juta? Itu untuk blog yang ramai kunjungannya dan umurnya sudah tahunan melanglang jagat blogging.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bisa sih urus perpanjangan KTP biar seumur hidup mbak rohyati, sayangkan jadi kendala kalo mau ngurus sesuatu, contohnya daftar adsense.

      Semua blogger juga sepertinya ingin gajian banyak dari adsense, tapi apa daya, gajian cuma setahun sekali, itu juga cuma 1 juta.πŸ˜†

      Hapus
  25. Diiaammm semuaaa!!...Sang ahli ingin bicara....Ciieee kaya orang pinter aja gw...Nulis saja masih belepotan..🀣🀣🀣



    Menurut Gw...Eehhmm..Jadi..



    Betul apa yang kang Nata sebutkan. Dan masalah Judul bagi gw, Kalau bisa jangan pake Pengalaman. Karena Judul cerita pake "Pengalaman" sudah terlalu banyak. Bisa juga diganti pake "Akhirnya Adsense Dahlan Cair juga"...Atau apalah yang penting nggak pake kata "Pengalaman"...

    Nah ente bilang, Ente hobi bikin cerpen horor, Atau besixnya di cerita horor. Kalau menurut gw nggak juga. Malah cerita ini lebih luar biasa mengena di pembaca.

    Sama cerita tentang Nissan Tera & Pajero itu juga bagus dan mengena banget. Terus sama cerita tentang kosmetik Wardah. Karena diselingin horror jadi alur ceritanya kemana-mana Romantis nggak, Dibilang serem tapi Aneh. Coba kalau nggak horror bisa jadi cerita menarik dan lucu malah. Menurut gw.

    Jadi bikin cerita lucu malah kalau gw bilang ente lebih berbakat dari gw. Contohnya yaa seperti cerita diatas sama cerita tentang Nisan Terra. Atau cerita tentang mobil yang dulu ente posting diwordpress. Judulnya gw lupa..🀣

    Bukan berarti cerita horror yang ente buat jelek. Tapi kalau mau bikin cerita Horror serem abis....Dan bikin orang penasaran pokoknya. Lebih bagus bersambung. Pasti ente lebih bisa dari gw.😊

    Intinya luh bisa bikin 2 Cerita Gus, Horror ok, Cerita lucu juga ok. Kalau cerita romantis atau percintaan tinggal ente kembangin aja dari pengalaman sehari2 dan lingkungan pasti ente lebih jago dari gw.😊

    Gw yakin cerita lucu yang ente buat seperti diatas lebih mengena ketimbang horror. Tapi horror juga boleh sih. Tinggal tergantung mood ente saja. Dan bawa santai saja nulisnya. Karena apa diblogger nggak kaya di MWB. lihat postingan diplototin doang komen dah sejadi-jadinya.🀣🀣

    Beda sama MWB cerita bersambung aja masih ada yang nanyain lanjutannya. Diblogger sebagus apapun cerpen yang kita bikin cuma diplongoin doang.🀣🀣🀣. Whappad aja seepii..😊😊
    Makanya gw bikin cerita sekarang ini seenak jidat gw saja yang baca juga ora ono...🀣🀣🀣 Mau bagus khe, Mau kaga, Tetap nggak ada yang baca jadi bawa santuy saja cuuyy..🀣🀣🀣

    Tapi salut gw sama cerita yang ini dan sama cerita Nissan Terra. gw kasih jempol lebih dari tujuh dah.πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    Gw pengen tambahin sama jempol kaki ntar dibilang songong lagi....Lagian emot jempol kaki juga kaga ada..🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kang satria apa bukan sih? Akunnya tidak di hack kan? 😱

      Kalo bener ini kang satria coba aku tanya, MWB itu apa? πŸ™„

      Hapus
    2. Panjang amaaaaat yaaa petuah Satria wajan hitamnya πŸ™€

      Hapus
    3. Mungkin habis minum obat kali mbak Heni.😁

      Hapus
  26. Yah, cerpen kang natanya di hapus. Padahal kan baru mau komen.
    Untung dah selesai baca. Ternyata kisah cerpennya sama tragisnya dengan kenyataan yak :D

    BalasHapus
  27. wkwkwk... cerita sukses yg dikemas menarik

    BalasHapus
  28. Mas cerita tari nata sama tuti yg kemarin hilang ya? Kok gk ada lgi di blog. Padahal kesel loh bacanya, pengen gampari itu cowo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cowoknya kang Nata mbak Farah. Kalau kesal kita demo saja keblognya Haahaaahaaa....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚


      Tapi sebelum itu kita demo dulu mas Agus kita jepit anunya dan gantung dimonas..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

      Hapus
    2. Kenapa malah kang satria yang semangat nih, aku jadi curiga.πŸ™„

      Hapus
  29. Ada bak cerita Tari, nata dan mbak tirinya, tapi ceritanya ini di edit mas Agus atas permintaan saya tari, ceritanya entar romantis antara tari dan mas blogger. Tapi ingat mahu komen di blog mas Agus silahkan tapi jangan mencela tari , paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inikan cuma cerpen, santuy aja mbak, jangan spaneng. Aku rasa orang bisa bedain kok mana kisah nyata mana cuma cerita.πŸ™„

      Hapus
    2. mas agus, tari tahu itu cerpen tapi mas agus tolong dong buat cerpennya sebisa mungkin kayak nyata gitu lho demi tari, tari hanya ingin merasakan indahnya dicintai saat sakitnya tari tak tertahankan. sama siapa gitu ? entahlah yang penting buat tari happy, please.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  30. Wuuuheee!!! Akhirnya cair juga adsense meski perjuangannya sedikit bikin mumet..

    Dulu tahun 2014 saya cuma sekali narik adsense..

    Kalau sekarang percuma saja daftar juga. Perlu waktu bertahun2. Hanya untuk uang 1,4 Wuuuheee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi sebagian orang, 1.4 juta setahun kecil ya, tapi bagiku lumayan dari pada ngeblog ngga dapet duit.😁

      Hapus
  31. Alhamdulillah, selamat ya. 1,4 juta udah lumayan banget itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. 14rb sehari lumayan kang, aku cuma 1-2rb aja sehari.πŸ˜‚

      Hapus
  32. Akhirnya Dahlan gajian dari iklan, dan gajinya buat beli somay πŸ˜‚

    Btw "beli adsen" dan numpang dgn "adsennya teman" beda gak ya? Disana, diblog sebelah aku baca ada org nawarin buat numpang sama dia tp syaratnya visitor blog hrs rame..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda bos, kalo beli adsense itu nanti email-nya ganti milik kita sendiri sebagai email utama, jadi kita bebas mau isi nomor rekening bank buat terima pembayaran.

      Kalo numpang, ya kita bisa lihat isi saldo adsense tapi ngga bisa narik pembayaran.πŸ˜ƒ

      Hapus
  33. Cerita adsense, yaa....asik banget ngebacanya, apalagi ngebaca komen one by one...seruuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Evi, hanya sekedar cerpen aja, semoga aja setelah bikin cerpen ini aku bisa ikut gajian.πŸ˜ƒ

      Hapus

  34. Mas Agus, ini blog baruku gadis cantik. Blog yang remaja cantik.com sudah tak saya gunakan eror soalnya. 🀭🀭🀭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tanya kang satria, dia mungkin bisa benerin

      Hapus
  35. kepingin juga aku kayak dahlan gajian dari google adsense, tapi kayalnya jauh dimata...

    BalasHapus
  36. wih gajian ya bang aku malah di banned padahal ada ratusan dollar di dalammnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok bisa dibanned kang, coba ajukan banding kang, sayang ada ratusan dolar tuh

      Hapus
  37. Nah, baru ini judulnya biasa-biasa aja tapi isinya gak ada horornya. Terlanjur saya bacanya pas siang-siang lho. Hehehe.

    Eh, ngomong-ngomong tips mudah diterima adsense beneran kah, mas?πŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tapi beli akun adsense yang sudah diterima juga cukup mahal, sekitar 500 ribu, kalo blognya sepi, 500 ribu bisa setahun lebih baliknya.πŸ˜‚

      Hapus
    2. Susah juga ya, Mas, kalau mengandalkan adsense. Kalau aku bisa lolos adsense mungkin lima tahun baru gajian.πŸ˜‚

      Hapus
  38. Wah balik modalnya tunggu 2 tahun ya mas Dahlan :)))) lama juga, tapi salut dengan kegigihan Mas Dahlan untuk berusaha lolos Adsense ~

    By the way, kalau lihat dari screen capture di atas, itu yang ditutup nama blognya mas Agus, ya? Semoga dapat banyak income dari Adsense mas, nanti sesekali saya bantu klik :P

    Saya pribadi nggak pasang Adsense di blog saya, karena nggak tau cara pasangnya dan nggak yakin akan dapat juga :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak mbak.πŸ˜ƒ

      Coba aja daftar mbak, insya Allah sih diterima kalo aku lihat blognya mbak Eno sudah komplit. Soal pasang tinggal aktifkan iklannya saja kok di dashboard blogger, nanti muncul sendiri.

      Hapus
  39. cara daftar google ads biar keterima gimana ya mas, gw daftar kok di tolak terus sama google :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalamanku sih kang khanif, isi artikel minimal harus 500 kata, jadi jangan terlalu pendek gitu. Nanti setelah diterima adsense , gampang bikin artikel yang pendek saja gpp, asal jangan dibawah 200 kata. Kalo dibawah 200 kata biasanya ada email peringatan, tapi nggga tahu juga sih.

      Oh ya, pada waktu daftar dan lagi diteliti, usahakan tiap hari Update blog, yang artikelnya 500 kata. Coba aja dulu

      Hapus
    2. memang iya sih, kebanyakanya post di blog gw di bawah 500 kata, yah nanti gw usahain deh bang :)

      Hapus
  40. Rencana akun adsense saya mau saya jual, kira kira laku berapa ya. Ada didolarnya 60. Kalau laku sepuluh juga mau saya lepas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja jual di grup adsense Indonesia, barang kali aja laku 10 .😊

      Hapus
    2. kenapa di jual mas djangkaru bumi akunya? apa udah gak kayak dulu ya adsnya

      Hapus
  41. Aku malah mau habusin tuh iklanku dari blog, karena penasaran si Mas Suami sudah terjawab, tujuan daftar Adsense cuma itu hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang tujuan daftar adsense itu awalnya buat apa mbak?

      Kalo penghasilan, asli parah sekarang mah di adsense, teman saya berhenti ngeblog dan fokus jualan gorengan karena hasilnya lebih menguntungkan.πŸ˜‚

      Hapus
  42. waduuh sampai deg degan saya ketika si dahlan kebut kebutan ala palentino rosyid dengan astrea bapaknya ituuh. sampai salfok kisahnya nyenggol si janda eh motornya mbaknya di pojokan.
    salut dengan kegigihan si dahlan untuk mencoba adsense, saya juga sering lho bw ke blognya satriamb
    kalau blog saya belum tersentuh adsense ehehe.. ndak pede juga saya. Blog saya belum oke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gajian adsense sekarang kurang mbak, nilai kliknya sekarang kecil, ada iklan yang nilainya cuma 100 perak, kalo sehari ada yang klik 100 sih lumayan, tapi kalo cuma satu dua, nangis hiks...πŸ˜‚

      Hapus
  43. Waduh... Sampe ngakak sendirian bacanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, ada yang lihatin ngga kang ketawa sendiri.😱

      Hapus
  44. Duh ikutan seneng, jadi tergugah buat pasang AdSense lagi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasang lagi aja kang, lalu tunggu setahun buat gajian.πŸ˜‚

      Hapus
  45. Ha..ha.. Lucu, saya suka adegan balapan sama helm di angkotπŸ˜‚πŸ˜‚, berasa kayak nonton film komedi. Apalagi kalau ini kisah nyata....
    Mas agus pinter bikin cerpen ya, asyik dibaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak mbak Astri, kok aku jadi GR.

      Sebagian kisah nyata, lainnya cuma karangan saja.🀣

      Hapus
  46. Wiw...kece nih akhirnya cair juga gajian dari adsense :) AKu juga lagi dalam tahap pengum[ulan nih hahhaa nunggu sampai 1,4 jt ya kudu sabar kayaknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar mbak, aku juga udah setahun lebih belum sampai sejuta.πŸ˜‚

      Hapus
  47. kayanya mau menyamai si dahlan ini mau 12 bulan belum gajian juga kurang dikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku setahun lebih malah belum sampai sejuta kang.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  48. duhhh si dahlan mah tau aja ya ada cewek cantik dan menggoda iman.
    mayan banget 1,4 juta kurun waktu 1 tahun, alhamdulilah banget

    BalasHapus