Rahasia awet muda Bu Heni



Mobil Avanza yang Nita dan Astri naiki berhenti di depan sebuah rumah cukup besar dengan sebuah halaman yang luas dan pemandangan yang nyaman disekitarnya karena berada di kaki sebuah gunung. Sang Surya tampak memerah ketika mereka berdua turun dan berjalan menuju pintu rumah tersebut. Nita memang sengaja ikut ke rumah temannya itu untuk menghabiskan liburan setelah sebelumnya ia capek mengerjakan skripsinya dan rekreasi ke rumah sahabatnya ini adalah untuk menyegarkan pikirannya dan berlibur ke pedesaan yang terpencil adalah hal yang tepat bukan.

"Pasti capek ya nak." Ujar seorang pria yang berumur sekitar 40 tahunan sambil menyalami dirinya dan ia adalah ayahnya Astri. Namanya Herman.

"Ah, tidak kok pak. Jujur saja pemandangan sepanjang perjalanan sangat indah jadi tidak terasa tahu tahu sampai kesini." Jawab Nita yang bersyukur ternyata tuan rumah ramah. Ia sebelumnya agak khawatir juga kalo nanti dicuekin.

"Monggo masuk nak." 

"Terima kasih pak." 

"Bapak, apa ibu sudah menyiapkan soto ayam yang aku pesan?" Kata Astri.

"Sudah, bukan cuma soto, lainnya juga sudah ada. Awas nanti kalo tidak dihabiskan." Jawab pak Herman sambil tertawa.

"Hore..." Astri tentu saja kegirangan. Di Jakarta ia memang sering makan soto tapi berbeda dengan bikinan ibunya karena menggunakan bahan tauco untuk kuahnya yang membuat rasanya spesial.

Mereka berdua lalu masuk. Seorang wanita seusia dengan Astri tampak sedang menyiapkan makanan diatas meja. 

"Ibu, aku pulang Bu." Teriak Astri manja lalu langsung memeluknya yang dibalas olehnya. Tentu saja Nita agak kaget, wanita cantik yang dikira kakak temannya itu ternyata adalah ibunya.

"Aku Nita mbak." Kata sang tamu yang langsung dipeluk juga oleh tuan rumah.

"Oh kamu Nita ya. Astri sudah banyak cerita tentang kamu. Katanya kamu temannya yang paling spesial karena sudah banyak membantunya. Aku Heni, ibunya Astri." Ia memperkenalkan diri.

"Oh anda ibunya toh. Aku kira ibu ini kakaknya karena masih sangat muda."

Wanita itu tertawa riang yang membuatnya makin tampak muda." Bisa saja nak Nita ini memuji. Ibu sudah 40 tahun lho umurnya, hanya selisih dua tahun lebih muda dengan bapaknya Astri."

Oh, hanya itu ucapan yang keluar dari mulutnya. Merekapun lalu makan makanan yang sudah disiapkan oleh tuan rumah. Ia sendiri sangat senang karena bapak dan ibunya Astri menganggapnya seperti anak sendiri.

Waktu pun berlalu tanpa terasa. Kini Nita sudah menikah dan mempunyai dua anak, satu sudah berusia 5 tahun sedangkan adiknya baru dua tahun.

Perjumpaan dengan Bu Heni kembali terjadi. Asalnya adalah dari undangan khitanan yang diberikan oleh temannya itu lewat grup WhatsApp berisi para alumni kampus tempat mereka menimba ilmu.

"Nit, nanti datang ya ke khitanan Arfan." Astri video call langsung dengan sahabatnya itu, selain mengabarkan teman teman lainnya.

"Ok, insya Allah nanti aku usahakan datang ya."

"Jangan usahakan, kamu harus pasti datang." Kata Astri sambil tersenyum.

"Ok bos. Aku pasti datang. Jangan lupa siapkan makanan yang enak buatku ya. Awas kalo ngga enak."

"Tenang saja, aku jamin perutmu nanti tambah ndut." Temannya itu tertawa. Terpaksa Nita melihat kaca di lemarinya. Ah, ia masih langsing kok, baru 60 kilo ini.

Setelah meminta ijin pada suaminya yang tidak bisa mendampingi karena ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggal maka ia pun menuju kampung halaman sahabat karibnya itu. Hanya dua jam perjalanan saja naik mobil miliknya dan dengan bantuan Google Maps maka ia tidak akan nyasar. Kalaupun kesasar apa salahnya bertanya.

Setelah kesasar sekali karena ia terlalu percaya dengan panduan dari peta online itu akhirnya sampai juga. Rumah temannya itu kini sudah direnovasi dengan desain yang lebih modern.

"Nak Nita ya?" Seorang wanita cantik yang berusia lebih muda darinya menyapanya.

"Ibu, mbak Heni?" Tanyanya seakan tak percaya. Wanita dihadapannya itu tampak masih sama seperti ketika ia datang 10 tahun yang lalu. Ia masih muda dan cantik seperti gadis berumur 20 tahunan, seakan waktu berhenti tidak menjamahnya.

"Syukurlah, kirain kamu ngga kenal ibu, ayo masuk, Astri tentu senang karena ia dari tadi menunggumu." Katanya tersenyum. Nita hanya tersenyum lalu menggendong sikecil sambil menggandeng tangan anaknya yang pertama lalu masuk rumah. Dalam hatinya ia agak rikuh, masa Bu Heni yang tampak lebih muda itu memanggil dirinya nak. Ia harus cari tahu rahasia bagaimana ia bisa tampak awet muda seperti itu pikirnya.

Didalam ia disambut dengan gembira oleh Astri yang senang melihat temannya datang. Dilihatnya pak Herman yang sudah tampak berumur setengah baya, rambutnya juga sudah mulai memutih, kontras dengan Bu Heni yang tampak masih muda belia bahkan sepertinya lebih muda dari sahabatnya ini. Suami istri itu kalo diperhatikan seperti anak dan bapak saja.

"Kurang tahu, ibu juga tidak pernah memberi tahu aku apa rahasianya hingga ia bisa awet muda seperti itu." Begitu jawaban Astri ketika ia bertanya lewat chatting kenapa ibunya tampak masih muda belia.

"Masa sih sama anaknya ia tidak memberikan rahasianya." Ia tidak percaya begitu saja.

"Kata ibuku tidak ada rahasia mengapa ia bisa awet muda. Mungkin ibu tidak pernah pusing memikirkan sesuatu kali, makanya ia bisa terlihat muda terus." 

"Apa saudara ibumu semuanya awet muda?" Tanya Nita walaupun ia meragukannya, soalnya Astri sendiri ia lihat lebih mirip kakaknya daripada anaknya Bu Heni. Seumuran dengannya lah.

"Tidak. Ibuku tidak punya saudara. Kata ibu sih ada adiknya dulu, cuma sudah meninggal karena sakit waktu kecil."

"Apa mungkin ibumu nyetok skincare segudang kali ya." Ujarnya walaupun ia sendiri agak ragu, skincare memang bisa menghambat penuaan tapi bukan menghentikan penuaannya.

Astri mengeluarkan emot tertawa." Disini kampung Nit, paling jualnya cuma bedak sama lipstik saja. Kenapa kau tidak bertanya langsung pada ibuku kalo pengin tahu."

Dan memang itu yang dilakukan olehnya ketika suatu ketika ia kembali bermain di rumah sahabatnya itu. Ia datang untuk memberikan undangan khitanan anaknya yang pertama karena kini sudah berumur sembilan tahun.

Setelah makan siang dengan kawannya itu maka ia pun langsung bertanya kepada Bu Heni untuk menghilangkan rasa penasarannya.

"Maaf Bu, apa boleh aku bertanya? " Ia memang memanggilnya ibu juga karena tak enak dengan temannya itu.

Bu Heni yang masih tampak muda dan cantik itu tampak terkejut karena ia sedang leyeh-leyeh di teras rumah." Oh tentu saja. Memang nak Nita hendak tanya apa?"

"Aduh Bu. Jujur saja aku penasaran kenapa mbak tampak muda sekali, tidak berubah seperti pertama aku bertemu. Malah aku kira ibu ini adiknya Astri."

Bu Heni yang rambutnya masih hitam alami ini tertawa." Bisa saja nak Nita ini memuji. Ibu ini sudah tua lho, sudah lebih dari 50 tahun, kalo tidak salah sih 53."

"Nah itu. Apa rahasia Bu Heni bisa awet muda? Tanya Nita penasaran.

"Ah, bisa saja nak Nita memuji. Ibu tidak punya rahasia kok." Jawabnya sambil tersenyum.

Ia tidak langsung menyerah." Tak mungkin. Aku tahu ibu punya resep agar bisa terus awet muda. Tolong beritahu aku ya Bu."

Bu Heni menghela nafasnya." Baiklah, jika ibu beritahu kepadamu apakah kamu mau berjanji tidak akan memberi tahu kepada siapapun?"

"Tentu saja Bu." Katanya dengan gembira. Bu Heni lalu menyuruh Nita mendekat dan memberi tahukan rahasianya.

Begitulah, akhirnya ia mengetahui rahasia awet muda Bu Heni. Ia sendiri benar benar 'memegang janjinya' untuk merahasiakan hal itu kepada siapapun. Kita sendiri tidak tahu apa rahasia bu Heni bisa awet muda seperti itu karena Nita tidak pernah memberi tahu rahasianya kepada siapapun termasuk yang sedang membaca CERPEN INI.

Benar_benar_rahasia!!!

TAMAT

Subscribe to receive free email updates:

124 Responses to "Rahasia awet muda Bu Heni"

  1. Ngalah-ngalahin dokumen negara nih rahasia awet mudanya..hihihi.. rahasia awet mudanya sangat sangat rahasia jadi tak boleh dibuka..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali suhu, rahasia diatas rahasia.πŸ˜‚

      Delete
    2. Wow keren, terus rahasia apa dong?

      Delete
    3. Kalo dibuka, bukan rahasia namanya guru.πŸ˜‚

      Delete
    4. Wah pembaca meminta untuk membukanya loh πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
    5. Yang nulis juga ngga tahu mbak, yang tahu mbak Nita sama Bu Heni.πŸ˜‚

      Delete
    6. Baiklah, rahasia biarlah menjadi rahasia kalau diberitahu bukan lagi rahasia tapi sebenarnya rahasia itu apa sih sampai-sampai dirahasiakan?

      Delete
    7. Hihihi, sebenarnya cerpen ini aku buat karena baca status nya Budi, misteri kamar 39 itu mas πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
    8. Oh dari statusnya si Budi kecil, maklumlah sekarang jarang buka FB

      Delete
    9. Iya mas, kan dikamar 39 itu ada suara kayak piring pecah atau suara garuk garuk tembok gitu. Setelah di cek kok kamarnya tidak ada apa-apa.

      Hihihi apalagi saya juga jarang soalnya ngirit kuota

      Delete
    10. Garuk2 tembok..πŸ™„πŸ˜²πŸ˜²

      Mungkin itu si Jaey kali lagi jaga lilin..😊😊🀣🀣🀣

      Delete
    11. Pakai E63 mas kalau mau irit buka FB..hahaha

      Delete
    12. Kayaknya sih bukan lagi jaga lilin kang satria, tapi karena nunggu tembak tembakan ngga nongol nongol jadi garuk garuk tembok.πŸ˜‚

      Delete
    13. Kalo pakai E63 memang irit, 1 GB saja bisa sebulan hihihi

      Delete
    14. Kang Jaey udah kayak mas satria komentarnya suee sama nganu.. wkwkwk

      Delete
    15. Ketularan virus pea nya kang satria mas.🀣

      Delete
    16. Oh pantesan post di blognya juga belum di-update ternyata udah ketularan virusnya mas satria.

      Delete
    17. kalo mau tau rahasia awet muda banyak-banyakin makan kacang :D

      Delete
    18. Kemarin kang satria udah update kayaknya mas Herman, update status Facebook.πŸ˜†

      Delete
    19. Waduh, kacang apa yang bikin awet muda mas, apa kacang merah.🀣

      Delete
  2. ladalah endingnya malah masih rahasia :D.. menurut gw rahasia awet muda adalah banyak tertawa, asal jangan ketawa di pinggir jalan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya mas khanif masih awet muda gambarnya ya karena sering tertawa.πŸ˜„

      Delete
    2. Bukannya si khanif gambarnya pakai kacamata ya 😁😁

      Delete
    3. Mas khanif langsung garuk-garuk tembok.. wkwkwk.. kaburrrrrrrrr

      Delete
    4. Oh mas khanif itu gambarnya pakai kacamata ya, kirain aku pakai kutang, opss.πŸ˜±πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
    5. pake kacamata rambut gondrong :D

      Delete
  3. Ealah iya iya iya....twistnya itu emang cuma mereka yang tahu, pembaca di sini mah kagak dikasih tau, namanya juga rahasia ya hihihi

    Betul tuh kata sih hanif, banyakin senyum
    Ga dikit2 spaneng or serius2...ngko enggal awet enom mas πŸ˜‚πŸ˜‚

    Tumben foto ilustrasinya seger banget, jadi rindu pegunungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mbak, namanya juga rahasia ya. Kalo dibuka disini bukan rahasia namanya hahaha...🀣

      Kalo banyak senyum nanti bahaya, apalagi kalo senyumnya ke janda muda mbak.πŸ˜‚

      Bingung mau pakai gambar apa. Akhirnya sedapatnya sajalah. Mau pakai gambar mbak mbul yang awet muda ntar diprotes.πŸ˜‚

      Delete
    2. tersenyumlah pada siapa saja mas, asal hatimu jangan...

      eaaa itu kata pepatah hihi

      mungkin pepatah cu pat kay ����

      Delete
    3. Oh, kayaknya bukan kata pepatah tapi itu lagunya Ike Nurjanah mbak.πŸ˜†

      Delete
    4. Duh ketahuan aku penyuka musik dangduts hihi

      Delete
    5. Sama mbak, aku juga suka dangdut kok.🀭

      Delete
  4. Baca cerpen ini aku jadi ingat film tadi, diperankan pemeran Iron Man dan pemeran satunya lagi artis terkenal juga tapi aku gatau namanya, mereka biasanya dlm film2nya tak lepas dari adegan tembak2an, tapi 20 menit menonton tampak datar2 saja, sampai akhirnya dia bawa biola, wah dalam hatiku mungkin biolanya ini berisi senapan, tapi aku tunggu2 berharap dia tembak2an, tapi gak juga, rupanya itu biola beneran, jadi kapan tembak2annya pikirku, hihi ya udh aku garuk2 kepala aja πŸ˜†πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nih orang pasti habis salah makan..hihihi

      Delete
    2. Analoginya bahasanya berat suhuuu πŸ˜‚

      Delete
    3. Tolong jelaskan artinya suhu jaey, aku ngga kuat.πŸ˜‚

      Delete
    4. Kalo ga kuat biar Dilan aja yg nganu πŸ˜›πŸ˜›

      Delete
    5. Waduh gawat, sekarang ketularan kang satria suka nganu.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  5. Malas Endingnya loooh πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ udah penasaran eh lah tetap jadi Rahasia.. Itu kenapa sih? Pakai susuk? Tumbal atau pesugihan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang nulis juga tidak tahu apa rahasianya bisa awet muda gitu mbak Rie.πŸ˜‚

      Delete
  6. gw udah baca serius ujung2nya...Suuueeee..😬😬

    ReplyDelete
  7. Aku tadi kira endingnya bakal membuka rahasia bahwa ibu itu pake Susuk, pake perawatan dukun atau hal hal mistis lainnya
    Eh ga tau nya masih rahasia doong wkwkwk -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha 🀣

      Kalo pakai susuk rasanya bukan rahasia sih. Kalo yang ini benar benar rahasia, yang nulis juga ngga tahu.πŸ˜‚

      Delete
    2. Saking rahasianya ya mas hahaha

      Delete
    3. Mungkin ini yang dinamakan rahasia diatas rahasia.πŸ˜†

      Delete
    4. Mungkin juga kang, soalnya saya nyerah ngga bisa jawab.πŸ˜‚

      Delete
  8. hahahaha aku bisa minta nomer telponnya astri ga ? aku mau nanya ke astri aja wkwkwkwk
    banyak yang nebak pake susuk, aku tadi ngiranya juga gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mbak, silahkan minta pada mbak Nita saja nomor WhatsApp Astri.πŸ˜„

      Delete
  9. Wkwk.. Apa-apaan iniπŸ˜‚ saya tertipu lagi. Padahal saya juga udah penasaran dari awal. Siapa tahu rahasianya bukan skincare mahal yang tak mampu saya beliπŸ˜‚
    Eh.. Ternyata rahasia. Hanya astri, nita dan tuhan yang tahu.
    Sekian dan sampai jumpa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, kirain aku mbak Astria tahu, soalnya namanya kan mirip.πŸ˜„

      Kira kira apa rahasia nya kalo boleh tahu mbak?

      Delete
    2. Rahasianya...cukup mereka yang tahu mas agus. Namanya mirip, mungkin dia astri ke dua... Coba tanya ke penulisnya aja. Pasti tahu...😁

      Delete
    3. Penulisnya juga ngga tahu mbak, soalnya rahasia katanya.πŸ˜†

      Delete
  10. Kalau ngga boleh dibuka kuintip bentaraaaan aja boleh .. πŸ€” ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apanya yang mau diintip mas Hino? Apa kamar Bu Heni? 😱

      Delete
    2. Yang kuintip kotak berisikan resep rahasia awet mudanya, mas ;)

      Kan aku juga mau awet muda terus ..

      Delete
    3. Kata mas khanif biar awet muda sering sering tertawa mas asal jangan dipinggir jalan.πŸ˜‚

      Delete
  11. NGESELIN!! WKWKWKW
    Kena prank lah ini para pembaca πŸ˜‚
    Kak Agus kapan taubat dari kerjaan ngeprank orang? WKWKW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi kabur ah sebelum dilempar sandal πŸƒπŸƒπŸƒ

      Delete
    2. Sudah tak lempar sandalku. Wis sini balikin! 😌

      Delete
    3. Waduh, kenapa cuma satu sih lempar sandalnya, kalo dua kan bisa aku jual.πŸ˜‚

      Delete
    4. Lho, aku lempar selusin kak! Sisanya kemana semua? 😱 Wkwkw.

      Kak Agus, sini aku minta nomor hp yang mau diisiin pulsa πŸ˜‰

      Delete
    5. Lho, tadi ada tukang gerobak lewat, apa mungkin tadi digondol ya? 😱

      Makasih kak Lia, tadi cuma becanda saja kak.πŸ™‚

      Delete
    6. Yasalam.. cepat kejar kak! πŸƒ‍♀️πŸ’¨

      Hahaha tapi aku beneran lho. Aku tunggu infonya πŸ˜‰

      Delete
    7. Ogah ah, soalnya tukang gerobaknya serem, tatoan semua tangannya.😱

      Makasih banyak kak Lia, tadi pulsanya sudah masuk, semoga kakak diberikan banyak rejeki ya.😊

      Delete
    8. Perasaan belum aku isiin πŸ˜‚
      Kapan-kapan kalau gitu ya kak πŸ˜‰

      Delete
    9. Oh, ternyata istri tadi beli tapi ngga bilang-bilang. Kirain ada pulsa nyasar.πŸ˜‚

      Delete
    10. Om Agus pake XL, aku lihat dijemuran πŸ€£πŸƒ‍♂️

      Delete
    11. Itu mah lain lagi XL nya.😱😱😱

      Delete
    12. Astagfirulloh kalimatnya mas agus n si jaey jadi ambigu, karena ku masih kecil mlipir dulu ah πŸ˜…πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
    13. hahaha chat apah ini ga kelar kelar wkwkwkwkw, nemu aja sik wkwkwkwkwk

      Delete
  12. Untung Nita pernah membagi rahasianya ke aku, jadi aku sudah tahu rahasianya. Tapi karena memagang amanah, maaf tidak bisa kuberitahukan disini rahasia awet mudanya. Padahal rahasianya luar biasa menarik namun susah ditiru... ckckckck... saya mau praktekin kapan-kapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Nita siapa yang ngasih rahasianya pak? Jangan jangan nita thalia ya.😱

      Delete
  13. Lah.. ditunggu rahasia awet muda bu Heni kok malah nggak dikasih tahu. Bohong ini.. nggak mungkin dong orang yang uurnya 50 an lebih masih terlihat kayak gadis umur 20 an? paling juga bu Heni oplas.. operasi plastik jadi tampak muda..wkwkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bukan awet mudanya yang jadi rahasia, tapi rahasianya itu yang rahasia, soalnya itu rahasia. Lha kok jadi belibet...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  14. Nyebelin!
    Tapi syukurlah nggak dibagi rahasianya, kan saya jadi terobsesi nantinya.
    Kali aja rahasianya makan pete tiap 1 jam sekali, kan berabe tuh hahaha.

    Tapi ada loh di dunia nyata yang wanita awet muda, sampai dikira pacarnya anaknya, mungkin karena kulitnya sehat dan wajahnya imut kali ya.

    Kalau saya mah amit-amit tapi tetep narsis hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena mbak Rey sukanya makan pete kali makanya suka narsis eh.😁

      Betul mbak, kalo ngga salah ada wanita dari China yang seperti itu ya, udah usia 50an tapi masih kayak 20an.

      Delete
    2. Diriku suka juga pete, tapi nggak bisa kebanyakan, kayaknya kok auto mabuk ya? apa cuman perasaan aja?
      Tapi enak sih pete.

      meski abis itu mau pengsan dengan baunya hahahaha

      Delete
    3. Tentu saja kalo kebanyakan makan pete mabok mbak, soalnya kan mengandung gas.😁

      Delete
  15. Endingnya bikin aku pingin ngasah silet. hahahaha ...

    ReplyDelete
  16. Weleh..Tiwas penisirin. Ternyata endingnya tetep rahasiyaa.
    Jadi penulis kiy mbok yang solutip to Maas wkwk
    Mak ini kan juga pengen tampak awet mudaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang itu mah kalo pengin awet muda, pakai face apps saja jadi 18 tahun lalu ganti foto profil nya Bu guru.😁

      Delete
  17. hahahaha mahu berahsia sampai di bawa ke kubur ke? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin juga rahasianya mau dibuat artikel mbak Anies.😁

      Delete
    2. kalau dibuat artikel, tiada lagi rahsia namanya... hahahaha

      Delete
  18. kukira perawatan di dermaster atau minum jamu mustika ratu ala ala Puteri Indonesia elahdalah
    jangan jangan bu heni pernah ikutan Miss Universe tahun 80an tapi ga keekspose jadi awet muda sampe sekarang wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mungkin juga ya mas Ikrom kalo Bu Heni itu dulunya pernah ikutan Miss universe tahun 60an.😱

      Delete
    2. Wowwww, Dermasterrrr, itu tempatnya para artis hahaha

      Delete
    3. Mbak Rey kan juga artis, artis blogger Indonesia.πŸ˜€

      Delete
  19. Hoalah betul-betul rahasia rupanya :))))) capedeh padahal sudah baca serius sampai bawah berharap dikasih tau rahasianya apa hahahahaha ~

    Bagus mas, lanjutkan! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang betul-betul rahasia mbak Eno, aku juga ngga tahu apa rahasianya.πŸ˜†

      Delete
  20. Suweee..nyesel gue baca..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Hahaha tapi bener juga sih..bukan rahasia lagi kalo diceritain..

    nice joke πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha 🀣

      Akhirnya pak Anton kena prank juga, bikin nasi kuning ah karena ini saat bersejarah.πŸ˜„

      Delete
    2. Nanti si bapak Anton ikutan pake? kan jadi ga rahasia :D

      Delete
    3. Ah, ngga pakai juga pak Anton sudah awet tua mbak, eh awet muda.πŸ˜‚

      Delete
  21. wah yang perempuan terjebak disini nih ... judulnya sungguh bergairah mebuat terpana dan mencari detail dari satu persatu kata yang tertulis namun akhira ................................................... ah sudahlah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya pada nyesel sudah baca mas Abas.🀣

      Delete
  22. Benar-benar rahasia ya, mas? Ini jangan-jangan yang bikin cerpen juga gak tau resepnya apa saking rahasianya resep awet muda Bu Heni nih. πŸ™ˆ Kandas sudah hasratku pengen awet muda macam Bu Heni, mas. Gak dapat bocoran resepnya soalnya.πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahu saja yang bikin cerpen ini juga ngga tahu rahasianya, soalnya benar benar rahasia.πŸ˜‚

      Delete
    2. Soalnya kalau tau rahasianya, penulisnya sudah berubah jadi cantik sekarang, mas. Hehehe🀣. *Kaboooor πŸƒπŸƒπŸƒ

      Delete
  23. dari awal baca udah fokus biar bisa nebak plot twist.. ternyata sampai akhir gak ketebak dan malah jadi penasaran iniiii huwaaaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa tiap baca artikel disini selalu nebak plot twist nya bang. Aku bikin artikel yang biasa saja seperti hape android kali ya biar pembaca ngga pusing nebak nebak.πŸ˜€

      Delete
  24. Padahal kalau dibuka rahasia awet mudanya bakal viral dan diundang wawancara sama Deddy Corbuzier tuh Bu Heni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bang Arif, kenapa harus dirahasiakan sih.πŸ˜‚

      Delete
    2. Ntar kalau rahasianya bocor, orang seluruh dunia jadi awet muda semua, mas. Jadi semua orang gak bisa dibedakan mana yang gadis mana yang nenek-nenek.😱

      Delete
    3. Wah, jangan jangan atas saya nenek nenek yang tahu rahasia Bu Heni sehingga awet muda.😱

      Kaboorrrr πŸƒπŸƒπŸƒ

      Delete
  25. Berarti selama ini Astri nanya ke Ibunya kurang ngotot apa ya ? Soalnya dia juga gak yau rahasia awet mudanya Bu Heni. Tapi bisa juga sebenarnya Nita udah tau rahasia Ibunya tapi karena rahasia jadinya dirahasiain.

    Eh tapi Nita gak awet muda ya :/ entah semua ini adalah rahasia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah ada Rani di sini πŸ˜€

      Delete
    2. Coba tanya kang Dodo rahasianya mbak Rani, barang kali saja tahu.😁

      Delete
  26. Duhh pengen nangisss T_T

    Saya jadi penasaran nih kak, apa rahasia awet mudanya. Mana si ibu udah 50+ pula umurnya, kan ya kayak langka gitu :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa pengin nangis mbak Reskia, apa karena ngga jadi tahu rahasia awet mudanya Bu Heni ya.πŸ˜‚

      Delete
  27. Penulisnya pengen dijitak pakek centong nasi ini😑!!!

    ReplyDelete
  28. Wuaaa udah penasaran padahal. Ternyata rahasiiaa.. 🀣🀣 Tapi gpp lah, untung aja twist nya ga horor. Soalnya sengaja milih baca cerita ini dulu yg gambarnya seger hijau2, udah malem soalnya serem sendiri klo baca horor. Hehehhe..

    ReplyDelete
  29. KZL ABIS endingnya rahasia yamplop kan eike mau tauuu biar awet muda sepanjang tahun. Tolong Agus bisa wawancara Bu Heni lebih mendalam lagi xixixixi

    ReplyDelete
  30. Mba nitaaaaa, kamu udh dikasih tau rahasianya kaaaaan??? Ayoooo kasih tau di siniiii 🀣🀣. Jangan pelit gitu loh mba kalo udh dapet resep awet muda πŸ˜‚. Mas Agus mah minta di demo memang πŸ˜„

    ReplyDelete
  31. ciri khas mas Agus banget, penuh kejutan pada endingnya. Bikin terkecoooh

    ReplyDelete
  32. Bu Heni ini bener-bener teguh pendirian, Mas. Salut!

    ReplyDelete
  33. Padahal saya sudah pernah baca cerita soal kamar rahasia. Sudah lama juga sih. Tapi kok ya, pas baca cerpen ini bawaannya positif thinking aja. Apalagi penyampaian ceritanya kaya ngalir nanget. Sampi akhirnya saya kembali terjebak dengan rahasia ini. Kok bisa ya, saya terjebak hal serupa berkali-kali

    ReplyDelete
  34. Hahaha ah nyebelin nih endingnya πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… dugaanku tadi ada mistis dan kleniknya, ternyata malah misterius beneran πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete