Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samsung A12, harga dua jutaan andalkan baterai dan penyimpanan besar

 Akhir tahun 2020 ini Samsung merilis smartphone android baru untuk para penggemarnya yaitu Samsung A12. Ponsel ini mengandalkan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh dan memori internal sebesar 128 GB. Walaupun memiliki spesifikasi mantap tapi harganya cuma dua jutaan saja.


Bagi anda yang sedang mencari hape baru untuk tahun baru maka ada ponsel yang bisa jadi pilihan yaitu Samsung A12. Gawai baru besutan dari vendor Korea Selatan ini baru rilis pada 28 Desember 2020 jadi masih sangat baru.

Lalu apa kelebihan smartphone android terbaru dari Samsung ini? Silahkan simak ulasannya ya.

Memori internal besar

Ponsel ini memiliki memori internal sebesar 128 GB dan merupakan penyimpanan data terbesar di hape Samsung untuk tahun 2020 dengan harga 2 jutaan, karena sebelumnya untuk Rom sebesar itu harganya biasanya 3 jutaan seperti Samsung A21s.

Ada dua varian ram yaitu 4 GB dan 6 GB yang mana selisih harganya sekitar 300 ribu.

Dengan penyimpanan sebesar itu maka anda bisa menyimpan banyak file seperti lagu, foto atau video Ariel Luna. Selain itu juga bebas menginstal aplikasi atau game karena sejak android 5.0 lollipop semua penginstalan aplikasi maupun permainan harus di memori internal.

Tapi jika masih kurang dan kemaruk, masih ada slot memori eksternal Micro SD yang bisa diisi hingga 1 TB atau 1000 GB atau sejuta MB, sejuta MB lho, gajian adsense saja tiap bulan tidak sampai sejuta. Contohnya jika anda ingin menyimpan video Gisel yang besarnya 100 MB maka bisa disimpan sampai 10 ribu film, bisa jadi rental dadakan.

Mas, ada film Bandung lautan asmara, ada
Mas, ada film Fifty Shades of Grey, ada
Mas, ada film azab kubur, astaghfirullah.

Tapi sebenarnya tanpa kartu memori menurutku juga sudah mumpuni, bisa untuk simpan aplikasi, foto dan lagu dan video sampai ratusan.

Baterai kapasitas 5.000 mAh

Oke, baterai berkapasitas segitu memang bukan yang terbesar karena Samsung M51 malah kapasitasnya 7.000 mAh, tapi untuk seri A Samsung yang harganya 2 jutaan ini adalah terobosan karena sebelumnya vendor hape Korea ini seringnya cuma memberikan baterai 4.000 mAh. Samsung A71 yang harganya 5 jutaan juga masih memakai 4.500 mAh.

Dengan kapasitas segitu maka bisa digunakan untuk beraktivitas biasa selama dua hari tapi jika sering menggunakannya paling hanya sehari saja. Jadi anda tidak perlu terlalu sering bawa power bank.

Selain kapasitasnya yang besar, gawai ini juga sudah mendukung pengisian cepat atau fast charging biarpun cuma 15 W, kalah sama Redmi 9 yang sudah mendukung pengisian daya cepat 18 W. Yah lumayan lah dari pada tidak sama sekali, ingat harganya bosqu.

Eh harganya lebih mahal dari Redmi 9 yang cuma satu jutaan ya.

Dengan fast charging 15 W maka pengisian daya dari nol sampai 100 % perlu waktu sekitar 90-100 menit.

Apakah tidak bisa setengah jam saja, misalnya dengan membeli aksesoris fast charging 65 W? Kalo itu aku kurang tahu tapi jika ingin mengisi baterai penuh cuma dalam waktu 30 menit gampang kok. Syaratnya isi dayanya jika baterai masih 70%, pasti cepat penuh tuh.

Kamera 48 MP

Selain memori internal dan baterai besar, keunggulan lainnya ialah memiliki kamera belakang 4 atau quad kamera yang mana kamera utamanya 48 MP 1/1.7” 0.8um F2.0. kamera Ultrawide 5MP, kamera Live Focus 2MP , dan kamera Macro 2MP.

Samsung Galaxy A12 juga dilengkapi dengan lensa Macro 2MP F2,4 untuk kamu yang senang mengambil konten objek yang kecil dan detail misalnya daun atau bunga.

Tenang saja, bagi anda yang suka selfie juga ada kamera depan 8 MP dengan teknologi Selfie Focus dan Smart Beauty untuk bikin penampilan kamu kinclong biarpun belum ke salon untuk diunggah di medsos. Lagi pula lagi pandemi, duit ke salon bisa digunakan untuk beli paket datanya saja.

Selain tiga keunggulan itu, Samsung A12 sudah dilengkapi teknologi terkini seperti layar 6,5 inchi resolusi HD plus 720x1600. HD plus ya, bukan pijat plus plus. Jaringannya tentu saja sudah 4G biarpun baru cat 4 yang bisa download up to 150 Mbps dan upload up to 50 Mbps. Memang belum cat 6 yang bisa bisa sampai 300 Mbps, lagipula belum pernah tuh disini kecepatan download sampai 100 Mbps, malah seringnya 100 kbps kalo malam jam sibuk.

Prosesor nya sendiri besutan dari Mediatek, tepatnya memakai chipset Mediatek Helio P35. Cukup mengecewakan sebenarnya karena bisa memakai Helio G80 atau malah Snapdragon 662 yang lebih mumpuni, beruntung jumlah otaknya sudah Delapan atau octaqore (4x2.35 GHz dan 4x1.8 GHz).

Androidnya sendiri sudah versi terbaru 10 dan kemungkinan akan dapat update android 11 dalam waktu dekat. Galaxy A12 juga dilengkapi dengan fitur Secure Folder untuk memberikan privasi lebih, serta teknologi Samsung Knox dengan sistem keamanan berlapis untuk melindungi keamanan data di smartphone kamu. Tapi jangan buat simpan file ehem ehem ya, sudah banyak buktinya biarpun sudah memiliki keamanan lebih tapi banyak video syur yang tetap beredar seperti beberapa saat lalu yang viral.

Samsung A12 memiliki tiga warna yaitu hitam, putih, biru, hadir mulai 28 Desember 2020 di Indonesia dan saat ini mengadakan flash sale di samsung.com , lazada dan Blibli. Untuk harganya cuma 2,5 juta untuk pilihan 4/128 dan 2,8 juta untuk 6/128 tapi jika anda membeli saat flash sale ada diskon 100 ribu.

Lalu apakah ponsel ini layak untuk dibeli? Jika anda memiliki uang lebih apalagi fans Samsung maka Galaxy A12 bisa dibeli. Baterai besar, memori internal banyak dan kamera sudah 48 MP, tapi jika tidak ada uang sebaiknya syukuri saja hape yang ada ya.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger yang ingin berbagi pada dunia terutama tentang film dan serial tv, suka nonton film tapi lewat gadget terutama handphone

51 komentar untuk "Samsung A12, harga dua jutaan andalkan baterai dan penyimpanan besar"

  1. 4/128 harga 2,5 juta, fantastis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo buruan beli mas mumpung ada flash sale, lumayan beda 100 ribu buat beli gorengan saat tahun baru.πŸ˜ƒ

      Hapus
    2. Ntar, nunggu hp Nokia saya habis baru beli, mas..hihihi

      Hapus
    3. Emang gorengan dimakan habis.πŸ˜‚

      Udah buat saya saja mas Herman.
      *Ngarep.🀣

      Hapus
    4. Agak-agak mirip..hahaha

      Jangan, mas. HP-nya banyak kenangan mantannya..hahaha

      Hapus
    5. Berarti hapenya nanti mau di museum kan nih kalo misalnya mati.🀣

      Hapus
  2. masih fresh from the oven banget...

    mana ram dan penyimpanannya gede banget lagi..128 gb...ga sih aku ga bakal simpan video ehem ehem...ga boleh kali hahhahaha...

    ehem ehem teh nanaonan sik hahhahah


    eh tapi ini bagus juga ya di kelas under 3 juta...lumayan maksudnya...sebagai samsung lovers ku jadi tertarique nih mas..siapa yang mau kasih aku hadiah hape ya hahhahahahhahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, masih panas baru diangkat gorengannya.πŸ˜†

      Ehem ehem itu video orang batuk mbak, mungkin orangnya habis makan gorengan lalu keselek.🀣

      Minta sama emak saja mbak, barang kali dapat bonus akhir tahun.πŸ˜ƒ

      Hapus
    2. masih kemebul ya mas...

      panas baru diangkat dari wajan hehe

      aku tadi baca android versi 10 dan 11 , perbedaannya apa memang ini mas?

      harganya jika flash sale dikasih diskon 100 ribu...masih kesedikitan ya..kirain ada selisih minus gopek mas hehehe

      ^______________^

      komenya lagi kena chapta aku :)

      Hapus
    3. Kurang tahu sebenarnya beda apa antara android 10 dan 11, menurutku tidak beda banyak sih.🀣

      Iya, kirain aku bedanya sampai 300 atau 500 mah mau beli, kalo cuma beda 100 mah ntar dulu lah, nunggu harganya turun dibawah dua juta.🀣

      Hapus
  3. speknya memang sangat menganggumkan dimana sekarang ini baterai besar dan memori besar sangat dicari, apalagi ditambah 4 kamera, wah banget, cuman sayangnya prosesor nya ko pake mediatek sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada harga ada rupa, karena memori internal dan baterainya gede maka prosesor yang jadi korban kang.πŸ˜‚

      Hapus
    2. betul memang, harga 2 jutaan hp saya ga gitu speknya, kamera aja cuma dua, lha ini 2 jutaan kamera nya empat gila wkwkwk

      Hapus
    3. Mungkin lama kali kang belinya, orang saya beli hape 2.5 juta dulu kameranya cuma satu, Redmi Note 4. Padahal belinya tahun 2016 lho, bukan 2006.πŸ˜‚

      Hapus
  4. Berarti mending beli yang Ram 6GB yaa kang nanggung soalnya harganya.😊

    Untuk seorang Gamer Internal segitu terbilang biasa...Tapi kalau untuk saya yaa sudah cukup besar. Hp isinya WA doang paling sama FB dan blog..🀣🀣🀣🀣🀣

    Cuma untuk tampilan biasa saja kalau aku bilang mah. Masih bagusan Infinix gw.🀣🀣🀣 Harga 3 jutaan mending Xiaomi resmi 9 ram 4GB sudah Hello G80 harga cuma 1,9.😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo banyak duit mendingan Asus Rogphone ya kang, buat game juga mantap, tapi kalo cuma buat ngeblog, Facebookan sama WA mah mendingan infinix Hot 9 play.πŸ˜‚

      Hapus
    2. Naahh itu sebagian Gamer lari ke Asus memang.😊😊

      Betul pake Infinix hot 9 play semua serba enak...Buat mangkal juga enak kang.🀣🀣🀣🀣 Suuueee.🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Waduh, jangan keseringan mangkal kang, takutnya ada razia.πŸ˜‚

      Hapus
  5. Tumben sih samsung nggelontorin spek cukup mumpuni dibandrol murah, sih ..., ada apa tuh ya ?..
    Kayaknya strategi persaingan harga brand kompetitor yang pada punya spek bagus tapi terjangkau deh ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, persaingan itulah yang menyebabkan Samsung banting harga agar tidak ditinggalkan oleh penggemarnya. Sekarang hape Samsung juga murah meriah, hampir sama dengan Oppo dan Vivo.

      Hapus

    2. Mungkin tahun depan brand Samsung diajak mangkal juga mau kali yee kang...🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Kalo Samsung mangkal kayaknya sih belum, paling Infinix kang.πŸ˜†

      Hapus
  6. Hape samsung skrang banyak yah jenisnya... hahah smpe pusing.. sama kaya brand vivo juga banyak tipenya.. haha

    Memorinya gede banget 128... nggk perlu beli memory card lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap bulan mah ada saja tipe baru muncul kang, apalagi ditambah merk lain, setahun bisa ratusan hape.🀣

      Hapus
  7. Nah lumayan, bterai 5000 ram 4/6 dan fast ces 15w, Rp. 2 jutaan.

    Masih lumayan mahal kayaknya ya dibanding merek lain yg memiliki spek serupa πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Oppo apa Vivo masih mahal kang, oppo a52 yang ram 6/128 harganya 3 juta. Vivo Y30 ram 6/128 murah dikit sih tapi 2.8 juta. Ngga beda jauh dengan Samsung.

      Nah, kalo Redmi Note 9 ram 6/128 baru agak murah 2.6 juta.😁

      Hapus
    2. Bersaing harganya beda seratus duaratus πŸ˜†

      Hapus
    3. Sekarang malah kalo dipikir Oppo sama Vivo mahal harganya, mungkin karena kebanyakan ngiklan di tv.πŸ˜†

      Hapus
  8. Wuaaa 128G itu puas bgd buat nyimpen foto dan video bocah2.. 😍😍 Skrng aku hp sering bgd kepenuhan, isinya video n foto anak2 semua. Hahahhaa..
    Masih baru bgd ya launching nya, kayaknya bakal banyak peminatnya nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo beli mbak Ica, untuk foto dan video bisa rekam banyak tuh, kalo kurang bisa beli kartu memori 256 GB biar tambah banyak.πŸ˜ƒ

      Hapus
  9. wah mantab sekali mas spek nya, cuma harganya dua juta masih lumayan mahal buat gw, bisa nih utang duit mas agus dulu buat beli ni hape :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mas, mau pinjam berapa, tiga juta atau empat juta?

      Tapi syaratnya mas khanif keliling dulu, aku jaga lilin, kalo dapat banyak baru di utangin.🀣

      Hapus
  10. kok bisa "murah meriah"gini mas. Ram 4 n 6GB, memori internal dah 128... ih mupeeeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa persaingan kang, pengguna hape yang diuntungkan, πŸ˜ƒ

      Hapus
  11. Kau gak nemu kolom buat bales komen orng lain sih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ada, coba refresh dulu tang, kalo masih ngga bisa berarti hapenya perlu diruwat.πŸ˜†

      Hapus
  12. Aku gak nemu kolom buat bales komen orng lain😭

    BalasHapus
  13. Rasanya baru kemarin muncul A11 ya.. sekarang sudah ada A12. Jd nyesel cepet2 belikam ortu yg itu, mending nunggu ini aja..bedanya penyimpanannya jauh banget😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga usah nyesel mbak, kan beda harganya juga 700 ribu, wajar kalo A12 spek nya lebih tinggi.πŸ˜ƒ

      Hapus
  14. Hahaha ah kadang geli betul baca ulasan tentang hp di blog mas Agus ini, masih aja inget film ariluna hehe

    BalasHapus
  15. Wow, kudu ceki2 website Samsung dong :) Pasti jadi mayan nih kalo lagi ada flash sale hiihihi :) Itungannya terjangkau deh dengan spek smartphone kayak gini udah canggih dan kameranya juga oke.

    BalasHapus
  16. Kalau aku kayaknya masuk ke kategori orang yang mensyukuri hape apa adanya, mas. Bokek soalnya πŸ˜‚. Padahal aslinya pengen banget punya hape yang kamera belakangnya lebih dari satu.πŸ™ˆ

    BalasHapus
  17. Aku kmren jg lihat video review Samsung A12 di Youtube.
    Dengan fasilitas sekeren itu, dan harga hanya segitu, cuma 2,5 jt. Ini sagat layak sih..
    Jadi pengen beli. Tapi...
    Teringat ga punya uang dan hape Oppo ku jg masih bagus πŸ˜…

    Om Agus mau beliin gak?

    BalasHapus
  18. Semakin hari kapasitas batere hp semakin membengkak ya. Apakah di masa depan hp-hp bakal include dengan genset? Biar bisa polll nyalain listrik sekampung wkwkwk
    Baru tau nih ternyata hp samsung ada juga yg pakai prosesor Mediatek, padahal biasanya samsung menggunakan chip exynosnya.

    BalasHapus
  19. Sayang kamera depannya kecil ya Mas, sebagai mamak narsisisme, saya butuh hape dengan kamera selfie yang bagoes.

    Tadi sore di Shopee ada Samsung lupa tipenya, diskon dong cuman 3,1juta ramnya 6/128GB

    Kamera depannya 24 atau 32 ya.
    Hampir deh kegoda, untung diriku sadar diri, eh sadar isi rekening wakakakaka

    BalasHapus
  20. 128 GB 2 jutaan, omaigoddddd
    setuju sama mas agus, syukuri hape yang ada, aku juga ga ganti hape kalau hapenya masih sehat sehat aja.
    memutuskan untuk beli hape baru aja mikirnya luamaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak godaan akhir taun ya Mba Inun, kalau buka supih tuh jadinya shock ama diskonan hape hahaha

      Hapus
  21. Merk favorit ni, soalnya kalau saya bandingkan dengan merk lain, punya Samsung bisa dibilang paling awet. Biar udah lama tapi ga banyak error. Kalau merk lain biasanya masuk tahun ke 2 / 3 udah mulai kerasa ada yg kurang beres dan minta ganti :)

    BalasHapus
  22. Mas aguuus, kamu bener2 ngeracunin deeeeh :p. Hp kubyg skr udh waktunya diganti sbnrnya. Udh LBH dr 2 tahun, dan mulai suka eror. Lagi bingung aja mau ganti Ama apaan. Krn jujurnya kalo utk hp, aku ga pgn terlalu mahal mas. Mnding duitnya utk jalan2 :p.

    Tapi sebelum2nya, aku agak trauma Ama Samsung. Dulu2 pernah pake, dan sial Mulu. Pernah pake tabletnya sekali, tv Ama home video dulu. Dan semuanya eror tepat 1 tahun garansi berakhir wkwkwkwkwk.

    Kan aku jd ragu mau beli lagi merk ini. Cm abis baca review mu , kok ya jadi agak2 tergoda hahahahha. Hrganya murce dan features mantep sih memang :D.

    Galaau kan jadinyaaaa -_-

    BalasHapus
  23. Kebutuhan pasar sekarang untuk gadget tuh kamera bagus, memori banyak, bisa buat game. Ini masuk banget spesifikasinya ya mas. Harganya juga masih standar dg merk yg terkenal.

    BalasHapus