Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara freeze aplikasi android tanpa root

Bagi anda pengguna hp android dengan RAM yang kecil seperti 512 mb maka tentu kadang mengalami masalah seperti hp android menjadi lemot untuk mengakses menu. Pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya lembar sekali sehingga menjengkelkan seperti hp advan milikku yang hanya mempunyai 512 mb saja RAM nya. Hal itu karena RAM banyak terpakai jika kita instal banyak aplikasi atau game sehingga hanya menyisakan sedikit RAM. Silahkan baca cara melihat sisa RAM android untuk mengetahui sisa RAM.

Solusi untuk mempercepat adalah dengan freeze atau menidurkan aplikasi tersebut. Dengan memfreeze aplikasi yang sudah jarang digunakan maka RAM kita akan sedikit dipakai sehingga tentu saja hp android kita bisa cepat diaksesnya. Sebenarnya untuk freeze aplikasi hp android harus di root dulu, tapi tenang saja karena Blog Sarilah akan membagikan tips cara freeze aplikasi android tanpa root karena barangkali hp anda belum diroot karena baru beli sehingga kalo di root takutnya garansi akan hilang.

Untuk cara freeze aplikasi android tanpa root diperlukan aplikasi yaitu Greenify.  Greenify adalah aplikasi dari Oasis Feng yang hanya berukuran 3.17 mb saja kok jadi tak terlalu membebani RAM. Selain Greenify sebenarnya ada kok aplikasi lain buat freeze aplikasi android tapi karena aku memakai Greenify jadi aku sharenya pakai Greenify. Ok, langsung saja kita ke caranya ya biar cepat.

  • Pertama download dulu aplikasi Greenify di play store. Tenang saja, aplikasi ini gratis kok tapi kalo mau donasi juga bisa beli yang pro cuma 12.000 saja. Jika play store tak bisa dibuka karena ada masalah silahkan baca cara mengatasi play store yang tak bisa dibuka. Jika malas ke play store silahkan download saja aplikasi Greenify disini.
  • Setelah download Greenify, silahkan buka aplikasinya. Saat pertama buka ada notifikasi apakah hp android anda di root apa belum root. Pilih saja My Device is not Root jika hp anda belum di root.

  • Selanjutnya nanti akan ada pemberitahuan bahwa aplikasi akan screen lock setting. Silahkan aktifkan ya. Aktifkan juga setting hp lainnya seperti accessibility service, device-admin permission dan screen overplay permission ya agar semua ok lalu klik berikutnya.

  • Berikutnya adalah tampilan aplikasi Greenify. Pilih tanda + dipojok kanan bawah untuk freeze aplikasi.
  • Selanjutnya akan tampil deretan aplikasi android yang bisa anda freeze atau tidirkan atau bekukan sehingga tidak membebani RAM. Silahkan klik aplikasinya sampai berwarna hijau. Untuk memfreeze silahkan klik tanda centang yang ada dipojok kanan bawah, lihat gambar ya.

  • setelah dipilih dan dicentang maka langkah terakhir adalah dengan mengklik tombol Zzz yang ada di kanan bawah. 

Mudah bukan cara freeze aplikasi android tanpa root.  Jika kita memfreeze atau membekukan aplikasi yang tak banyak dipakai maka penggunaan hp akan lebih cepat karena RAM tidak banyak terpakai. Kalo ingin menambah RAM silahkan baca cara menambah RAM di hp xiaomi. Selain tidak membebani RAM dan juga mempercepat kinerja hp, dengan freeze aplikasi yang tak dipakai kita juga bisa menghemat baterai. Jadi silahkan dicoba tips membekukan aplikasi android tanpa root yang aku bagikan dan semoga sukses ya.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

Posting Komentar untuk "Cara freeze aplikasi android tanpa root"