Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengambil screenshot di android tanpa menekan tombol

Screenshot adalah mengambil gambar yang ada di layar hp android. Ada banyak alasan mengapa seseorang mengambil screenshot, bisa karena ia membagikan gambar pada orang lain atau ingin memberikan tutorial artikel seperti yang biasa Blog Sarilah lakukan. Biasanya untuk mengambil gambar atau screenshot kita harus menekan dua tombol yaitu tombol power dan volume pada hp android China atau tombol power dan home untuk hp android Samsung. Sayangnya kadang kita terkendala masalah misalnya tombol volume nya rusak atau mungkin tombolnya tidak rusak tapi kita takut menggunakan terus meneeus karena dikhawatirkan tombol tersebut akan rusak. Tapi tenang saja karena akan aku bagikan cara mengambil screenshot di android tanpa menekan tombol. Enak bukan karena kita hanya perlu menekan layar saja maka screenshot pun akan berhasil diambil.

Cara membuat screenshot di android ini cukup mudah kok cara melakukannya dan lebih asyiknya lagi kita tak perlu root android lebih dulu kok walau untuk hp android yang sudah di root juga bisa. Untuk mengambil screenshot kita perlu aplikasi bernama Screenshot Easy  buatan dari Ice Cold Apps. ukuran aplikasinya sekitar 5 mb saja jadi tidak banyak memakan RAM. jika takut memakan banyak RAM silahkan baca cara melihat sisa RAM di android untuk lebih detilnya. Baiklah, tak usah panjang lebar lagi begini cara mengambil screenshot di android tanpa menekan tombol.
  • Pertama download dulu aplikasi screenshot easy di play store atau kalau mau silahkan ambil aplikasi Screenshot easy. Disarankan download di play store saja ya. jika play store tak bisa dibuka silahkan baca cara mengatasi play store yang tak bisa dibuka.
  • Selanjutnya instal lalu buka aplikasi screenshot. Nanti aplikasi screenshot easy akan bertanya. Jika hp android anda sudah di root pilih yang sudah di root tapi jika belum silahkan pilih belum di root. Nanti aplikasi akan mendeteksi perangkat anda.
  • Pada tampilan awal anda akan melihat tampilan aplikasi seperti ini. Untuk gampangnya anda tinggal klik saja tombol mulai tangkapan. Nanti tombolnya akan berwarna merah dan menjadi hentikan Tangkapan.

  • Jika sudah begitu maka anda kini sudah bisa mengambil screenshot tanpa harus menekan tombol. Jika anda ingin mengambil screenshot tinggal tarik saja layar kebawah nanti akan muncul aplikasi screen shot easy. Tinggal klik saja nanti akan terdengar suara seperti suara kamera. Itu tandanya sudah berhasil membuat screen shot.
  • Selain cara itu, ada juga cara lainnya yaitu dengan membuat icon kamera yang melayang-layang. Untuk membuat screen shot tinggal klik saja icon kameranya. nanti akan muncul hasil tangkapan layar.
Itulah cara mengambil screen shot di android tanpa menekan tombol. Sebenarnya selain dua cara itu ada juga cara lainnya yaitu dengan menekan tombol kamera (jika ada) dan tombol volume dan power tapi cara itu tidak sesuai dengan judul artikel yang mengambil screenshot tanpa menekan tombol.

keunggulan lain dari screenshot easy ini adalah kita bisa langsung mengedit hasil tangkapan layar tersebut sehingga tak perlu masuk ke galeri juga. selain itu aplikasi screenshot easy ini kompatibel dengan hampir semua O.S android yang beredar karena screenshot easy bisa untuk O.S.Android  2.2 froyo keatas sementara hp android dipasaran hampir semuanya sudah menggunakan O.S.Android 4.1 jelly bean keatas bahkan sudah sampai O.S.Android 7.0 Nougat.

selamat mencoba cara mengambil screenshot di android tanpa menekan tombol, cara diatas sudah aku coba menggunakan hp samsung galaxy j1 dan juga hp advan dengan O.S. Jelly Bean. silahkan baca juga cara menambahkan huruf arab, china, jepang di android tanpa aplikasi yang mana mungkin berguna untuk kalian. jangan lupa kunjungi lagi blog sarilah untuk mendapatkan tips hp android lainnya ya.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

5 komentar untuk "Cara mengambil screenshot di android tanpa menekan tombol"

  1. kayaknya aku kenal ente mang. lu yg di mwb jaman dulu itu kan? kalo iya tak follow blogmu tapi ente harus follbek biar nuansa mwbnya tetap ada ya mang?

    BalasHapus
  2. Kok gak bisa ya kang di hp ku. Begitu aplikasinya di buka muncul tulisan tidak menemukan yg cocok untuk hp anda, katanya.

    BalasHapus
  3. Yaa!! Kalau make essy pernah aku coba kang , cuma rata2 Hp sekarang sudah ada yang tanpa aplikasi cukup tekan tombol kanan sebelah tombol home.. Seperti oppo, advan acer dan sejenisnya.. Tapi cukup keren juga sih kelebihan essy jadi nggak ngerusak tombol volume & -+ ok kang thanks tipsnya..

    BalasHapus
  4. Beda handphone beda pula ternyata cara mengambil Secrenshotnya
    jadi tambah ilmu lagi nih
    terima kasih

    BalasHapus