Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi play store yang tak bisa dibuka

Bagi anda pengguna hp android baik merk samsung, sony ataupun dari china seperti xiaomi, oppo dan puluhan merk lainnya tentu kenal dengan play store. Play store merupakan toko atau tempat download aplikasi, permainan dan berbagai hal lain yang dibutuhkan oleh hp android. Hampir semua pengguna android menggunakan play store untuk download aplikasi dan permainan karena aplikasi dan permainan dari play store dijamin aman bebas virus. Bahkan Google sendiri mengklaim bahwa sebenarnya hp android tak perlu anti virus jika hanya download lewat play store saja. Tapi bagaimana kalo play store yang jadi andalan kita untuk download tiba-tiba tak bisa dibuka, tentu saja kita panik. Tapi tenang saja tak perlu panik karena Blog Sarilah akan bagikan cara mengatasi play store yang tak bisa dibuka.

Perlu diketahui bahwa play store juga merupakan aplikasi jadi wajar kalo eror dan tak bisa dibuka. Cara mengatasi play store yang tak bisa dibuka sebenarnya susah-susah gampang, maksudnya tergantung eror nya. Soalnya berdasarkan pengalamanku membantu teman ada yang cuma sekali klik play store bisa diatasi dan dibuka, ada juga yang sedikit bikin pusing tergantung kesulitannya. Ok, inilah cara mengatasi play store yang tak bisa dibuka.

  • Setel ulang preferensi aplikasi. Penyebabnya bisa jadi karena lama dipakai bisa mendadak eror dan tak bisa dibuka. Untuk setel ulang preferensi aplikasi masuk ke pengaturan hp, pilih aplikasi atau manager aplikasi lalu pilih menu. Biasanya ada disebelah kanan atas atau dibawah tergantung dari merk hp nya.



  • Cara kedua atasi play store eror adalah dengan menghapus cache play store. Cache adalah file sampah suatu aplikasi karena pemakaian. Semakin banyak dan sering anda memakai play store maka cache akan makin menumpuk. Bisa juga karena ada virus yang menyasar aplikasi play sore. Untuk menghapus virus android silahkan baca Cara menghapus virus android tanpa root. Silahkan hapus cache play store nya agar bersih kembali. Jika ternyata setelah hapus cache play store tetap tak bisa dibuka maka sebaiknya hapus saja data aplikasi play store. Untuk menghapus cache ataupun data play store maka masuk ke pengaturan hp, pilih manager aplikasi atau aplikasi. Cari aplikasi play store dan klik. Nanti ada keterangan tentang jumlah cache dan data aplikasi play store. Oh ya, jika menghapus data maka kita harus memasukkan akun google lagi, tapi jika hanya hapus cache maka tak perlu memasukkan akun google. untuk memasukkan akun google di play store tinggal sinkronisasi saja kok.
  • Jika ternyata setelah hapus data play store tetap tak bisa membuka aplikasi play store maka sebaiknya hapus dulu akun google nya. Hal ini bisa saja terjadi karena akun google anda sedang bermasalah. Jika sudah silahkan login lagi dengan akun google anda dan coba sinkronisasi lagi dengan play store.  Kalau bisa sih coba buat akun google baru saja. Jika bisa maka berarti akun google anda tadi sedang bermasalah. Untuk cara menghapus akun google masuk ke pengaturan hp lalu pilih sinkronisasi lalu pilih menu lainnya lalu pilih hapus akun.
  • Jika ternyata cara mengatasi play store yang tak bisa dibuka diatas masih tetap tak bisa untuk membuka aplikasi play store maka sebaiknya hapus atau uninstal aplikasi play store anda. Bisa saja aplikasi play store anda sudah lama dan bermasalah. Setelah hapus maka anda download lagi aplikasi play store lalu buka. Untuk download aplikasi play store lagi silahkan pakai uc browser atau chrome lalu download aplikasi play store.
  • Terakhir. Jika ternyata cara mengatasi play store yang tak bisa dibuka diatas masih tak bisa maka terpaksa anda harus reset ulang hp android anda. Jika reset ulang maka hp anda bisa segar lagi karena semua sampah cache dihapus. Tapi kerugian nya maka data yang ada di hp android akan hilang semua. Untuk itu back up data ya agar data anda yang penting tidak hilang. Untuk reset ulang atau kembali ke pengaturan pabrik maka silahkan masuk ke pengaturan hp lalu pilih buat cadangan dan setel ulang lalu pilih kembali ke pengaturan pabrik. Mungkin menunya agak berbeda dengan hp android lainnya, jadi sesuaikan saja dengan pengaturan hp kalian ya.

Itulah cara mengatasi play store yang tak bisa dibuka, semoga saja cara diatas bisa untuk mengatasi hp android kalian yang play storenya eror. Untuk mengatasinya memang perlu sedikit kesabaran ya agar berhasil. Tapi jika berhasil membukanya maka anda kini memperoleh pengalaman yang bagus yang mungkin bermanfaat untuk masa depan. Selamat mencoba cara mengatasi play store yang tak bisa dibuka dan semoga sukses ya.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

2 komentar untuk "Cara mengatasi play store yang tak bisa dibuka"

  1. Panjang amat kang. Agak susah di ingat tutorialnya, mesti keluar masuk dulu kayaknya kalau mau praktek. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah tidak juga guru jaey, kalo guru sekali lihat saja bisa kok. 😃

      Hapus