Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memakai kuota 4G di hp 3G



Bagi kalian yang memakai hp yang hanya support jaringan 3G maka biasanya mengeluh saat membeli kartu perdana internet yang ada bonus kuota 4G. Padahal bonus kuota 4G malah biasanya yang paling banyak. Biasanya sih bonus kuota 4G nya dibiarkan saja atau hangus tak terpakai. Tapi tenang saja karena Blog Sarilah akan bagikan cara memakai kuota 4G di hp 3G yang mana sudah aku terapkan.

Jaringan 4G memang merupakan jaringan internet yang paling kencang di indonesia maka tak heran saat ini banyak yang memakai jaringan ini apalagi operator memberikan banyak bonus di kuota 4g. Jika hp anda ternyata sudah mendukung jaringan 4G begini caranya memakai kuota 4G di hp 3G:

Masuk ke menu pengaturan lalu pilih jaringan dan koneksi. Pilih jaringan selular lalu pada type jaringan pilih prioritas LTE. Nama jaringan LTE ya karena memang LTE itu jaringan 4G, kalo sudah memilih dan area anda sudah terkover jaringan 4G maka nanti akan muncul. Biasanya sih kurang dari semenot sudah ada, kalo ditunggu lama tak muncul berarti daerah anda belum terkover jaringan 4G.


Itu adalah jika hp android anda sudah support jaringan 4G. Tapi bagaimana kalo ternyata hp kita hanya mendukung jaringan 3G atau H+ saja. Tenang saja, tetap bisa kok memakai kuota 4g di hp 3g walau caranya agak ribet. Cara memakai kuota 4g di hp 3g begini caranya.
  • Pastikan daerah anda sudah terkover jaringan 4g sebab jika belum ada jaringan 4g bagaimana bisa memakainya.
  • Siapkan gadget lain yang support 4g, misalkan modem mifi (mini wifi) dari smartfren atau hp android lain yang sudah support 4g. Bisa pinjam punya teman atau saudara juga boleh. Kalo aku sih pinjam punya hp istri aku yang sudah mendukung jaringan 4g.
  • Nah, pasanglah kartu yang ada kuota 4g di gadget tersebut (hp android yang sudah ada jaringan 4g) lalu nyalakan wifi nya. Kalo pakai hp android maka hidupkan hotspot seluler. Untuk cara nya silahkan baca cara membuat wifi hotspot di android yang dulu aku bagikan. Kalau untuk modem mifi silahkan nyalakan wifi nya juga. Buka hp anda lalu masuk ke wifi. Carilah jaringan wifi yang tadi dan sambungkan. Nah, begitulah cara memakai kuota 4g di HP 3g.
Mudah saja bukan cara menggunakan kuota 4g di HP 3g. Sebenarnya bukan hanya HP 3g saja, Nokia C3 punya temanku yang hanya 2g juga bisa memakai kuota 4g karena Nokia C3 sudah ada wifi nya. Kalo untuk memakai langsung di HP 3g tanpa perantara maka belum bisa karena jaringan 4g juga menggunakan komponen hardware bukan cuma softwarenya saja. Jika sudah 4g tapi masih lelet juga coba ganti APN nya barangkali bisa lebih cepat. Untuk cara ganti APN silahkan baca cara mengganti APN di android. Cara menggunakan kuota 4g untuk 3g ini bisa untuk semua operator di Indonesia seperti Telkomsel, XL, Tri dan lainnya. 
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

2 komentar untuk "Cara memakai kuota 4G di hp 3G"

  1. Iyaa!! Betul kang aku pernah coba pake modem bolt.. Waktu 4G belum stabil didaerah bogor. 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha-ha-ha, caranya memang cuma itu kang. Mau pakai cara apapun HP Nokia e63 tak bisa pakai jaringan 4g langsung.

      Hapus