Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara mempercepat kinerja hp samsung low end

cara mempercepat kinerja hp samsung low end merupakan kata kunci yang banyak dicari di Google karena seperti kita tahu bahwa hp samsung merupakan hp yang banyak dibeli oleh masyarakat indonesia karena sudah terkenal dengan kualitasnya. hp samsung yang paling banyak dijual adalah seri J terutama J1 karena memang murah walaupun samsung galaxy J1 merupakan hp samsung low end karena fiturnya yang pas-pasan tapi untuk pengguna pemula sebenarnya sudah cukup. bagi kalian yang mempunyai samsung galaxy J1 tak usah khawatir karena kita bisa mempercepat kinerja hp samsung walaupun RAM nya hanya sedikit.

untuk kalian yang memakai hp samsung low end bisa mempercepat kinerjanya dengan tips yang blog sarilah karena aku sendiri juga memakai samsung galaxy j1. memang menjengkelkan kalau hp terasa lelet karena RAM yang terbatas. mau buka aplikasi fb lite saja kadang lelet padahal ukurannya kecil ya. mau buka mx player untuk menonton film buat hiburan juga lelet, bete kan. setelah aku coba beberapa cara mempercepat kinerja hp samsung alhamdulillah sekarang lancar.

berikut cara mempercepat hp android samsung yang aku lakukan:
  • memakai aplikasi greenify untuk membekukan aplikasi yang sudah jarang dipakai. tenang saja, karena cuma dibekukan kok bukan dihapus jadi kalau kalian perlu lagi aplikasinya bisa kalian buka kapan saja. untuk cara membekukan atau freeze aplikasi silahkan baca cara membekukan aplikasi android tanpa root.
  • menutup aplikasi android yang tidak dipakai lagi. sebagian aplikasi android tetap jalan dilatar belakang tanpa kita ketahui biarpun sudah kita tutup. untuk cara menutupnya satu persatu maka lama. sebaiknya tutup saja secara cepat semaunya. untuk caranya mudah saja kok, tinggal pencet tombol recent apps yang ada disamping tombol home. nanti akan muncul aplikasi apa saja yang masih terbuka. tinggal klik tanda X maka akan menutup aplikasinya.

  • Cara selanjutnya untuk mempercepat kinerja hp android Samsung adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan karena hanya akan menambah berat kinerja hp android kita. Untuk cara menghapus nya silahkan masuk ke pengaturan lalu pilih manager aplikasi lalu hapus aplikasi yang jarang dipakai.
  • Cara berikutnya agar hp android Samsung tidak lemot adalah dengan menggunakan smart manager bawaan dari Samsung.

  • Buka aplikasi smart manager lalu pilih bersihkan nanti aplikasi akan bekerja dan akan menutup aplikasi yang sedang terbuka. Jika ada masalah misalnya RAM terkuras, baterai bermasalah, penyimpanan banyak sampah hingga ada virus pun bisa dideteksi. silahkan klik bersihkan yang ada di kanan bawah.

  • Langkah selanjutnya untuk melancarkan hp android Samsung adalah dengan menghapus file sampah atau cache yang menumpuk di dalam hp. Cache adalah berkas file dari aplikasi, makin sering menggunakan aplikasi maka makin banyak sampahnya. Silahkan pada aplikasi smart manager pilih penyimpanan. Otomatis aplikasi akan memindai apakah banyak sampah di hp android. Nanti akan muncul hasil nya. Untuk menghapus sampah cache silahkan klik hapus. Jika anda pengguna android Xiaomi maka silahkan baca Cara menghapus sampah di Xiaomi.


  • Berikut adalah memindahkan aplikasi ke kartu memori agar memori internal hp menjadi lega. Jika memori internal hp lega maka kinerja hp android Samsung akan semakin cepat. 
  • Langkah terakhir untuk mempercepat kinerja hp android Samsung adalah dengan mematikan hp sejenak. Hal itu berfungsi untuk mengistirahatkan hp agar normal kembali. Silahkan matikan hp lalu hidupkan setelah tiga menit. Ada juga cara lainnya untuk lebih melancarkan hp android Samsung yaitu dengan kembali ke pengaturan pabrik tapi tidak aku sarankan karena sayang bukan kalo file dan aplikasi serta game akan hilang karena kembali ke pengaturan pabrik.
Itulah cara mempercepat hp android Samsung low end yang aku lakukan. Alhamdulillah setelah aku praktek kan cara-cara di atas maka hp Samsung galaxy J1 milikku tidak lelet lagi untuk membuka menu biarpun RAM hanya satu gb saja.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

4 komentar untuk "cara mempercepat kinerja hp samsung low end"

  1. Nggak pake Hp Sungsang kang...eehh!! Samsung maksudku...😂

    Emang J1 sama J2 Ramnya berapa kang sampai harus dibekukan aplikasinya..😳😱

    Kalau perawan dibekukan masih enak jadi padat berisi..😳😳😱😱😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. J1 paling hanya 1 gb aja kang, kalo aplikasi nya sedikit sih ngga lelet tapi kalo banyak ya lelet. Tapi kalo sedikit kan kurang asyik hp nya kang, buat instal aplikasi bigo kang hahaha...PA.😱

      Hapus
    2. hmmm mbul taunya buah bligo maaaasss 🙄🤔

      Hapus
  2. Luarbiasa ternyata blog mas agus sarilah dulunya piawai banget bikin artikel android dan tekno mayan banyak, atau produktip wekekekek...andai mwb masih ada, mbul mungkin kayak mas agus dan temen temen mwb yang lain bikin satu blog lagi misal blog khusus cerpen atau sinopsis misalnya huft. Sayang disayang sekarang blog pun agak bosan ya mas,mbul juga merasakannya sih...kadang malas betul bikin artikel karena ga tau kenapa kayak ngerasa kurang greget aja nulis sekarang ini wkwkkwkw.sebenernya ada banyak uneg uneg blogging dalam kepala tapi ahsudahlah, nulis dulu aja kali ya, walaupun kalau nulis mulu takut pembaca pada bosan juga sih...makanya mbul bingung ngatur waktu publishnya, target pembacanya juga sebenernya mbul pengennya yang baca itu sesuai...tapi selalu overthinking khawatir ini dan itu...huhuhu

    btw aku ada hape samsung nih mas, mayan dapat diskonan di jd id makanya pengen sinau yang tipe tertentu...ga taunya mas agus juga dulu banyak mengulas soal samsung selain xiomi dan juga sharp docomo dan infinix...

    kLau memori internal udah legaan emang enak buat nyimpen lagi...karena spacenya jadi nyisa agak banyak...makasih buat ilmunya mas^___^

    BalasHapus