Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Nokia 5.3, smartphone dengan empat kamera

Nokia 5.3 adalah smartphone android terbaru dari HMD global (perusahaan yang mengambil alih merk Nokia). Rilis pada bulan Maret 2020, Nokia 5.3 agak terlambat beredar di Indonesia karena baru bulan Juni 2020 muncul di sini. Salah satu keunggulan dari ponsel pintar yang satu ini adalah adanya empat kamera belakang. Seperti apa fitur dan kinerjanya? Silahkan simak review berikut ini.

Begitu tahu kalo HMD global merilis Nokia 5.3 di Indonesia, Herman sebagai fans berat Nokia ini langsung ingin membelinya. Ia buka saldo rekening Paypal miliknya. Alhamdulillah ada sekitar $200 lebih, hasil dari ngeblog selama dua tahun. Iya, memang penghasilan adsensenya dari adf.ly (situs penyingkat url yang pembayarannya memakai dolar) hanya sedikit, antara $5 sampai $15 tiap bulan. Alhamdulillah setelah ditabung selama dua tahun dapat lumayan.

Setelah melakukan penarikan uang dari saldo Paypal ke rekening bank miliknya yang memakan waktu satu hari lalu mengambil uang di ATM, Herman langsung menuju ITC Depok milik temannya yaitu Satria, juragan elektronik yang juga seorang blogger plus penulis novel juga pemilik beberapa butik di Jakarta, multi talenta pokoknya.

Setelah satu jam naik kereta komuter line akhirnya ia sampai juga di Depok. Ia lalu naik gojek menuju ITC Depok dan mencari Centra Ponsel milik satria di lantai dua.

"Permisi pak, centra ponsel dimana ya?" Tanya Herman pada seorang sekuriti.

"Oh itu di pojok sana." Jawab satpam itu ramah.

Setelah mengucapkan terima kasih maka Herman menuju tempat yang ditunjuk. Benar saja, tampak sebuah gerai ponsel besar dimana satria tampak sedang duduk melihat anak buahnya bekerja. 

"Ada Nokia 5.3 kak?" Tanyanya pada wanita cantik yang jaga. Ia sebenarnya ingin menyapa satria tapi melihat betapa besar tempat usahanya ia jadi minder sendiri. Di blog memang ia cukup akrab dan sering ngobrol dengannya lewat chat tapi setelah bertemu langsung ia malah sungkan.

"Ada pak. Sebentar aku ambil dulu ya." 

Busyet, ia dipanggil bapak hiks padahal masih muda lho dan belum menikah. Tak lama kemudian pelayan toko bernama Dewi itu datang membawa sebuah boks.


"Berapa harganya kak?"

"Cuma 3.4 juta pak." 

Aduh, ternyata harganya meleset agak jauh karena ia hanya membawa 3 juta saja." Apa tidak bisa kurang kak?"

"Maaf pak ini hape baru keluar kemarin makanya harganya agak mahal. Paling hanya bisa kurang 100 ribu saja." 

Saat Herman bingung apakah sebaiknya ia beli di toko online saja ataukah mencari konter lain disini, tiba tiba sebuah suara menyapanya." Woi, mas Herman, kenapa datang ngga bilang bilang sih."

Alhamdulillah, batin Herman. Ia pun bersalaman dengan sang empunya toko yaitu Satria. "Kenapa ngga chatting aku sih kalo kamu datang. Kan aku bisa nyambut kamu dibawah."

"Ah, ngga enak kang." Jawabnya diplomatis.

"Ngga enak gundulmu, kayak ngga kenal saja. Ayo masuk." Mereka lalu masuk ke dalam konter.

Setelah basa basi sebentar akhirnya Herman mengutarakan maksudnya yaitu ingin membeli Nokia 5.3. Satria pun mengangguk-angguk karena ia memang kenal dengan temannya itu yang merupakan fans berat Nokia sejak zaman ngeblog di mywapblog. Segera saja ia pergi dan tak lama kemudian sudah membawa barang yang dimaksud." Untukmu mas Herman, aku kasih harga 3 juta saja."

Busyet, jauh amat bedanya antara pelayan tadi dengan satria. Beda 300 ribu, kalo sehari bisa menjual 50 hape saja sudah jelas berapa untungnya dan melihat tokonya yang ramai bisa jadi lebih penjualannya." Apa ngga bisa kurang lagi kang?"

"Aduh, itu sebenarnya sudah mepet mas Herman. Udah, aku kasih 2.9 juta saja, itu aku cuma ambil 25 ribu saja lho untungnya, demi teman baik, OK?"

Akhirnya deal juga. Sambil membuka kardusnya, satria pun menawari. "Kenapa ngga ambil Redmi Note 8 mas Her, lebih bagus kameranya lho."

"Sudah biasa pakai Nokia kang. Fitur Nokia 5.3 juga tidak kalah dari Redmi Note 8."




Isi paket penjualan:

  • Smartphone Nokia 5.3
  • Kabel USB tipe C
  • Charger 10 watt
  • Headset
  • Injektor kartu SIM
  • Buku panduan singkat
  • Kartu garansi

Fitur dan spesifikasi Nokia 5.3:

  • Layar IPS lcd 6.55 inchi 720x1600 piksel, corning gorilla glass 3
  • Jaringan 2g/3g/4g, LTE cat4 UpTo 150 Mbps download dan 50 Mbps upload
  • Ram 6 GB, ROM 64 GB, support Micro SD sampai 500 GB
  • OS android 10, android one
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 665 (11 nm)
  • Kamera belakang Quad camera 13 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera depan 8 MP
  • Video 1080p, 30 fps
  • Fitur NFC
  • Baterai 4.000 mAh, charging 10 watt
Herman pun lalu pulang dan mencoba smartphone Nokia 5.3. Ternyata tidak mengecewakan juga apalagi ini hape empat kamera pertamanya yang dibeli. Desain depannya memang khas Nokia sehingga tidak beda dengan ponsel pintar lainnya, tapi desain belakangnya sungguh kece, seperti Raisa atau Isyana.



Layar sentuh berukuran besar 6.55 inchi dengan rasio 20:9 sangat mumpuni untuk melihat berita terbaru atau menonton YouTube dan tentunya bermain game moba, pubg atau tetris. Di sebelah atas ada panel layar infinity V dengan kamera selfie 8 MP yang tentunya bisa untuk video call, Jadinya tidak perlu putar kamera ke belakang seperti Nokia E63 nya dulu.

Dibaliknya ada balok bundaran untuk tempat empat kameranya dengan lampu flash ditengahnya. Desain yang agak beda dengan smartphone lainnya yang biasanya menempatkan empat kamera kebawah atau berbentuk huruf L seperti Samsung A71. Dibawahnya ada sensor finger print untuk membuka ponsel dengan sidik jari.

Nokia 5.3 berjalan pada chipset Qualcomm Snapdragon 665 11-nm. Ini terdiri dari delapan core: empat Kryo 260 Gold dengan frekuensi clock maksimum hingga 2,0 GHz dan empat Kryo 260 Silver lainnya dengan frekuensi clock hingga 1,8 GHz. Akselerator Adreno 610 bertanggung jawab atas pemrosesan grafis termasuk game. Dalam tes, ponsel cerdas ini menunjukkan hasil normal dengan rata rata 28 fps, kalo diatas itu agak ngelag walau tidak terlalu mengganggu.


Setelah selesai mengetes game maka Herman pun keluar rumah. Rencananya ia ingin memotret pemandangan, syukur syukur ketemu cewek cantik. Ia berjalan dan bertemu dengan Paijo tetangganya.

"Wah mas Herman sepertinya punya hape baru nih." Kata Paijo setelah melihat hape ditangannya.

"Iya mas, lumayan dapat duit dari internet buat beli hape ini."

"Ajarin dong caranya biar dapat duit gratis dari internet?" Ujar Paijo penuh harap, maklum ia baru kena PHK dan karena ia hanya karyawan lepas maka tidak dapat pesangon.

"Wah, agak susah sekarang Jo. Di internet sekarang penghasilan juga lagi turun."

"Memang berapa sih penghasilan kamu dari internet mas Herman? Kalo banyak aku minat nih, cari kerja juga sekarang susah."

"Biasanya paling dapat 100 ribu, tapi kadang juga 50 ribu. Paling banyak hanya 150 ribu." Jawab Herman.

"Lumayan lah sehari dapat segitu dari pada nganggur."

"Sehari apanya, itu sebulan tahu!"

"Wadaw, aku kira itu sehari mas Herman, uang segitu mah buat makan dua hari juga habis. Ya udahlah, aku mau jual gorengan saja." Paijo pun langsung ngeluyur pergi.

Herman pun melanjutkan perjalanannya untuk memotret. Ternyata hasil kameranya tidak terlalu mengecewakan, baik mode makro, atau sudut lebar semuanya oke. Cuma sayangnya untuk pemotretan malam hari kualitasnya menurun.


Untuk ketahanan baterainya sendiri patut diacungi jempol. Dengan daya sebesar 4.000 mAh bisa digunakan seharian tanpa takut habis dayanya sehingga tidak perlu sering bawa charger.

Kelebihan Nokia 5.3:

  • Cepat mendapatkan update sistem operasi OS Android terbaru
  • Mendapat update keamanan selama tiga tahun
  • Desain kamera belakang berbeda dengan lainnya
  • Baterai tahan lama biarpun cuma 4.000 mAh
  • Ada fitur NFC

Kekurangan Nokia 5.3:

  • Kamera belakang baru 13 MP padahal para pesaingnya dengan harga yang sama kebanyakan sudah 48 MP 
  • Bahan casing kurang mewah biarpun solid
  • Resolusi layar baru HD+ (720x1600 piksel), belum Full HD+ (1080x2400 piksel)

Demikian ulasan Nokia 5.3, secara keseluruhan tidak mengecewakan dalam hal kamera kecuali jika anda hobi memotret malam hari maka tidak disarankan. Untuk baterai patut diacungi jempol karena biarpun cuma 4.000 mAh tapi bisa bertahan dalam sehari dengan pemakaian yang cukup aktif atau dua hari dalam pemakaian normal. Salah satu keunggulan Nokia dari smartphone lainnya adalah akan mendapat update sistem operasi selama dua tahun dan Nokia 5.3 ini dijanjikan sebentar lagi juga akan mendapat update Android 11, setahun kemudian baru android 12. Selain itu juga ada pembaharuan keamanan selama tiga tahun. Pilihan ada di tangan anda sendiri.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger yang ingin berbagi pada dunia terutama tentang film dan serial tv, suka nonton film tapi lewat gadget terutama handphone

87 komentar untuk "Review Nokia 5.3, smartphone dengan empat kamera"

  1. Harganya lumayan juga ya 2.9 juta tapi speknya bagus dan baterai juga lumayan besar 4000 mAh walau masih kalah sama Infinix Hot 9 Play yang sampai 6000 mAh tapi Nokia dapat jaminan upgrade sistem operasi dua tahun. Jadi ngiler.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga 2.9 juta itu khusus di konter kang satria, aku cek di shopee itu harganya 3.2 juta bahkan ada yang 3.4 juta.

      Jadi kalo mau harga 2.9 juta harus ke Depok ke konter kang satria.πŸ˜„

      Hapus
    2. Waduh jadi masih di atas 3 juta ya.
      Tunggu 2, 3 bulan ah kali aja harganya turun sampai sejuta..hihihi

      Hapus
    3. Ada juga yang 3 juta pas tapi pre order 2 Minggu mas, kalo dua bulan lagi perkiraan ku udah turun 200 atau 300 ribu, banyak saingan soalnya.

      Hapus
    4. Setahun atau dua tahun lagi dibawah 300 ribu kayaknya, hmm 🀭

      Hapus
    5. Jangan jangan tiga tahun lagi dikasih gratis.πŸ˜ƒ

      Hapus
    6. Kalau gitu tunggu gratis aja..hihhi

      Hapus
    7. Btw template-nya bagus nih tulisan kasar-kasar.

      Hapus
    8. Sebenarnya ganti template karena pusing kadang ngga bisa di klik mas.πŸ˜‚

      Hapus
    9. Oh ternyata template yang sebelumnya bermasalah kirain diganti karena tulisannya lebih kasar-kasar.

      Hapus
    10. Ngga tahu, sebenarnya yang bermasalah itu templatenya apa iklannya atau orangnya.πŸ˜‚

      Atau mungkin atas saya.πŸ™„πŸ˜πŸƒπŸƒπŸƒ

      Hapus
    11. Ternyata bukan template-nya yang bermasalah tapi orangnya..wkwkwk..kabuurrrrr

      Hapus
    12. Tuh kan, habis makan bakso aja langsung kabur, kebiasaan.πŸ™„

      Hapus
  2. Yaa gw lagi ditumbalin..🀦🀦🀦🀯🀯

    Maaahaallll Man, Mending beli Samsung J7Pro seken cuma 800 ribuan Meski RAM cuma 3GB...😊😊

    Lebih bagus lagi uangnya buat Jajan sama Riska atau si Anu yang goyangannya Hot katanya..πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ˜‹πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ‍♀️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah lho, itu dikasih 800 ribu khusus buat mas Herman, tapi katanya harus nemenin kang satria mangkal.πŸƒ

      Hapus
    2. Ram 3 GB udah lumayan banget buat FB-an sama tik tok-an.. gimana kalau tukar tambah Samsung j7 pro-nya sama Nokia E63 plus 2 kardus indomi..hihihi

      Hapus

    3. Oohh bisa2 Man....Syaratnya temenin mas Agus mangkal di lampu merah, Urusan beres dah. Dan Nokia bisa dibawa pulang dengan tenang..😊😊

      Hapus
    4. Nah tuh, cuma disuruh temenin mangkal kang satria saja udah dikasih hape Nokia 5.3 gratis mas her.😁

      Hapus
    5. Ini perasaan juragan kayak konglomerat, bisnis kulit ular jadi, bisnis gadgets jadi, bisnis apalagi ya bos satria πŸ˜‚πŸ˜

      Hapus
    6. Multi talenta mas satria mah..hihihi

      Hapus
    7. Nanti bisnis rongdo juga jadi, apalagi channel nya udah banyak.πŸ˜‚

      Hapus
    8. Bener-bener multi talenta.. wkwkwk.

      Hapus
    9. Bisnis servis mesin cuci juga, buat di kiloin

      Hapus
    10. 🀣🀣🀣

      Hapus
  3. Mahal Nokia nya.. Tapi dari dulu merk Nokia memang lenih mahal dari merk lainnya.
    Kamera belakangnya ada 4 ? banyak juga ya? Ada 4 kamera belakang itu fungsinya untuk apa aja mas Agus?
    Herman itu fanatik juga ya sama Nokia hehehe.πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang mahal karena kualitasnya bagus tapi sebenarnya hape China seperti Xiaomi atau Oppo juga bagus sih

      Hapus
    2. Iya juga sich Nokia kualitasnya bagus. Hp ku dan ibuku yang jadul ya Nokia karena itu Nokia melekat di hati..tapi itu dulu sekarang nggak udah rusak.
      Jadi Nokia N53 ini kamera nya sama ya dengan Samsung A74 ? Kira-kira sama harganya atau lebih mahal Samsung A74 mas Agus?

      Iya Hp Xiaomi dan Oppo juga bagus..
      Aku sich Hp merk apa aja yang penting kalau bisa belinya jangan yang second.
      Karena kalau beli second terus rusak kita yang rugi bandar.
      Mana bandar HP nya nggak ada lagi wkwkwk πŸ˜‚

      Hapus
    3. Itu Nokia 5.3 mbak, bukan Nokia N53. Kalo ingat Nokia memang ingatnya Nokia series N seperti N70, N73, N95 dll ya.

      Lebih mahal Samsung A71 mbak karena Samsung A71 harganya 5 juta lebih. Kameranya juga 48 MP, bukan 13 MP seperti Nokia 5.3.

      Kalo aku malah sukanya nyari hape seken tapi yang masih bagus. Beberapa kali aku beli hape seken, mungkin ada 10x karena harganya lebih murah, Alhamdulillah aman saja sih, tapi pernah ketipu sekali, dapat hape jelek.πŸ˜‚

      Hapus
    4. Oh iya sorry keliru bukan Nokia N53 tapi Nokia 5.3
      Habis ingatnya dulu Nokia N series .. wkwkwkwkπŸ˜‚

      Jadi masih mahalan Samsung A71 ya.. wuih 😱harganya nyampe 5 juta.?
      Kamera nya juga lebih unggul ya 48 MP.

      Lebih suka beli Hp second ya mas Agus? Gile.. sampai 10 x beli second? Kayak beli gorengan aja?
      Kalau aku mulai thn 2009 -2019 hanya 4 x doang beli Hp.
      Oh jadi beli second pernah juga ketipu sekali ya? Kondisi Hp second tsb rusak ya nggak bisa dipakai?

      Percaya nggak aku ini nggak pernah punya HP Blackberry... pada heran semua kan kok bisa?
      Iya jadi dari Hp ku Nokia jadul terus loncat ke Hp Android..wkwkwkwkπŸ˜…




      Hapus
    5. Iya, ada harga ada rupa, Samsung A71 memang lebih mahal tapi desain nya lebih bagus sih menurutku. Kalo mau yang desain bagus terus kamera 48 MP tapi murah maka pilih Xiaomi Redmi Note 8 mbak. Kemarin kan sudah aku ulas.

      Aku suka hape seken karena lebih murah mbak, cuma memang kalo beli harus teliti biar ngga ketipu. Aku juga belum pernah beli hape blackberry karena ngga suka aja. Sekarang kalo beli blackberry mah murah, 400 ribu juga dapat blackberry yang lumayan bagus.πŸ˜„

      Hapus
  4. Speknya bagus juga. Cuma .. kira-kira hasil foto kameranya agak kekuningan kayak kamera hp nokia yang dulu ngga ya πŸ€”?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya sih sudah tidak kekuningan lagi, atau jangan-jangan hapenya belum sikat gigi makanya hasilnya jadi kuning.πŸ˜‚

      Hapus
  5. Desainya mirip raisa atau isyana...
    Ha..ha.. Ada-ada ajaπŸ˜‚
    Tapi kalau baca review hape gini saya antara pengen dan sedih. Hua... 😩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pengin ayo buruan borong mbak, ntar kehabisan diborong mas Herman.πŸ˜‚

      Hapus
  6. Biasanya agak tricky klo pake sensor finger print iya ga sih, misal hp ga sengaja kena minyak, jadi licin deh harus bulak balik ngepastin pola sidik jari..hehhe

    Jyaah, alhamdulilah ya dapat kortingan banyak dari juragannya langsung
    Gapapa dipanggil pak, mungkin kelihatannya berwibawa atau sapaan ke yang lebih hormat aja itu mah xiixix

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memang repot kalo yang habis makan gorengan biasanya sensor finger print nya ngga pas, harus di lap dulu tangannya sampai bersih. Kalo ngga mau repot pakai face unlock saja, cukup senyum ke kamera depan maka otomatis terbuka.πŸ˜„

      Pak Herman, sepertinya panggilan yang lebih pas ya.πŸ˜ƒ

      Hapus
    2. Jyaaah dia ganti template lagi πŸ˜‚

      Hapus
    3. Template lama entah kenapa kadang susah buat di klik mbak.πŸ˜‚

      Hapus
    4. makamya gak usah pake finger print, kayaknya ribet banget kalo pake begituan, hape gw aja hal pernah gw pake fitur finger finger printya :D

      Hapus
    5. HP saya malah ngga pernah dikunci dibiarkan ngablak begitu aja, jadi finger print ngga perlu.

      Hapus
    6. Ribet buka gemboknya ya, mendingan pakai linggis bukanya.πŸ˜‚

      Hapus
    7. Pakai linggis itu mah buat buka gembok rumah tetangga sebelah..hahaha

      Hapus
  7. Wadu mas, tanggung jawab, jadi ngiler saya WKWKWKWKWKWK :v.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh tanggung jawab, emang udah berapa bulan? 😱

      Hapus
  8. Aku gak fokus ke Hape Nokia yang memang tinggi speknya... Tapi kagum sama pemiliknya sampai korting banyak. Mungkin dia tahu uang hasil nabung dari penghasilan adsense melalui adfly

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, sekarang nyari dolar dari internet kok susah amat ya, untung mas her dapat kortingan banyak.😊

      Hapus
    2. Orang kaya mah bebas ngasih korting banyak.πŸ˜„

      Hapus
  9. Btw ni review nokia punya siapa sih.. Dari kemaren" kepingin tau... Banyak amat hp nya mas Agus 😱

    BalasHapus
    Balasan

    1. Kan ude gw bilang mpok die lagi banyak duit....Jangankan Hp Mobil Lamborgini ntar juga di Review ..😊😊


      Kalau buat mpok
      Heny minta sama mas Agus Kalau cuma Hp mah bisa dikasih dua...Coba aja inbox ke Agus.πŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ™πŸ™

      Hapus
    2. Itu hape dikasih sama kang satria buat di review mbak. Ya maklum kang satria habis beli Lambo jadinya aku dikasih hape.

      Ntar besok mau aku mau review Lambo nya, asal dikasih hape realme X3.πŸ˜‚

      Hapus
    3. @ kang Satria... Palingan juga dikasih hp "an, ga percaya sy mah.😁

      Hapus
    4. Kang Satrio benar, Mas Agus mmg baik, Mas Herman aja ditraktir jajan 2 juta πŸ˜‚πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️

      Hapus
    5. Sepertinya mas Agus memang lagi banyak duit, mungkin habis jual laut kali, ya?

      Hapus
    6. Bukan, aku habis jual warisan di planet namec.πŸ˜„

      Hapus
  10. Ni juga templatenya keren yg ini.. Polos... Simpel

    BalasHapus
  11. wwkkwk raiysa isana aku jadi ingat putri indonesia

    nokia terkahir yg kupunya xpress music belum coba androidnya
    eh tapi liat layarnya bening banget dan aku suka biru

    harganya lumayan ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya memang lumayan karena ada empat kamera plus memakai Snapdragon 665. Ayo buruan beli kang.

      Hapus
  12. nokia ngeluarin baru lagi? semoga bisa konsisten soalnya pengalaman nokia kalah telak sama pesaing dari asia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, Nokia bukannya fokus pada inovasi teknologi hape tapi malah ngeluarin hape jadul yang diperbaharui.πŸ˜‚

      Hapus
  13. Nokia Reborn. Apakah Nokia akan kembali ke masa kejayaannya lagi di era smartphone sekarang ini? Kita tunggu saja hehe

    Review hasil fotonya dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja Nokia bisa tetap eksis ya agar bisa bersaing dengan produk hape China yang makin banyak

      Hapus
  14. Ciee, template blognya makin kereeen, 😁

    Kalo buat saya mas agus, kamera nokia itu meskipun hanya 13 mp tp kualitasnya bisa2 lebih tinggi, dari kamera lain yg resolusinya 48 mp di harga yg sama. Soalnya hp nokia lama saya itu kamera nya lebih bagus dari hp yg bnyk menjamur kyk skrg ini, katanya resolusi tinggi tapi hasilnya banyakan KW. Sayangnya henpon nokia saya udah rusak πŸ˜­πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo hape Advan atau mito memang kadang resolusinya dibesarkan, dari 12 MP jadi 48 jadinya burik, tapi kalo Oppo atau Xiaomi kameranya memang Joss, dicetak 1 meter buat spanduk juga hasilnya bagus dan tidak pecah.πŸ˜„

      Hapus
    2. Masih kalah juga mas, justru saya kmrn itu pernah ngebandingin hasil dari oppo, xiaomi sm nokia. Tapi emang sih oppo sm xiaominya yg type murah meriahπŸ˜… dan hp nokia yg saya pake dijaman nya itu speknya tinggi. Sampe skrg pun hasilnya masih unggul meskipun belinya seken πŸ˜‚

      Hapus
    3. Sepertinya Nokia 8 atau Nokia 9 PureView ya, itu mah memang hape khusus kamera, lensanya saja pakai Carl Zeiss optics yang terkenal mahal.πŸ˜‚

      Hapus
  15. Keren body belakangnya bagian yg bulet itu, tapi dijaman dulu rasanya pernah lihat desain seperti itu, hp teman, gatau mereknya apa, ada penutupnya, klo digeser memutar kekanan kameranya terlihat, kekiri tetutup.

    Tumben Herman ga ditawarin Advan, padahal kan Satrio duta Advan πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin mas satria belum makan makanya lupa nawarin hihihi

      Hapus
    2. Kalo ngga salah Sony Ericsson tipe cyber shot memang ada yang desain kameranya begitu dan ada tutupnya ya.

      Mungkin habis mangkal jadinya ngga ditawari Advan.πŸ˜‚

      Hapus
    3. Tapi kalo merhatikan komennya diatas sepertinya Satrio udh pindah jadi duta second, menawarkan yg bekas2 πŸ˜†

      Hapus
    4. Janda juga termasuk second ngga.πŸ˜‚

      Hapus
  16. Sekarang penghasilan dari adf,ly udah ngga bisa diharapkan lagi pembayarannya kecil banget 10.000 klik belum tentu dapat $5.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, paling 10k klik dapat $4.5, tapi kalo sehari ada 10k klik lumayan tuh.πŸ˜„

      Hapus
    2. Kalau visitornya per hari lebih dari 10.000 ada kemungkinan sehari dapat 10.000 klik, ini visitornya buat naik ke 3000 aja susahnya bukan main apalagi 10.000 lebih mungkin nanti kalau kuda udah makan spaghetti baru dapat.

      Hapus
    3. Minta kang satria biar di Jing Ling agar tembus 100k perhari mas, barang kali nanti $$$ tambah banyak.πŸ˜„

      Hapus
    4. Padahal kalo gak salah rupiah sdh diatas dolar knp masih murah juga bayarannya πŸ˜†

      Hapus
  17. wah si herman banyak duit ternyata, borong hape terus :D... entah kenapa sekarang nokia seperti jarang peminatnya ya, pavahal dulu hape sjuta umat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitulah, hape dapat gajian dari adsense jadi borong hape terus, tapi nggga borong bini.πŸ˜‚

      Hapus
  18. Waduh, kamera ampe 4? Banyak amat yak. Bisa2 jiwa selphi meronta2 tak terkendali klo gini. Udah ah, hape jadul ku bisa ngamuk2 nih liat aku ngelirik yg laenπŸ™ˆ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nokia 9 PureView malah kameranya ada 6 Bu guru, ini mah baru 4.πŸ˜‚

      Hapus
  19. wadidawwww.....ternyata si Satria selain suka gowes, ia punya usaha Toko Smartphone juga yak, asik nih kalau belanja kesana, bisa dapat diskounnn gede - gede-an.hahaha......

    Ohy, saya baru tahu kalau Hape Nokia bangkit lagi, ada 4 kamera lagi. keren uyy, dulu saya lama juga pakai hape Nokia. :)

    kangen nih dengan Nokia. :)

    BalasHapus
  20. Penasaran nih sama video-nya, next bisa dibikin nih di postingan selanjutnya :)

    BalasHapus
  21. wuiiih mantap.. review hp pun ada cerpennya :D ..

    aku kangen euy sama Nokia.. kangen bentuknya yg unik2.. semoga di era sekarang akan muncul terobosan2 model yg unik2 nan cakep dari Nokia.. pgn beli tapi harus nabung dulu :D

    BalasHapus