Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root



Kalau anda membeli hp android kadang anda melihat dalam hp tersebut ada beberapa aplikasi bawaan yang mana sebenarnya tidak terlalu anda butuhkan. Biasanya aplikasi bawaan itu terkait dengan vendor hp.

Aplikasi sistem android memang banyak macamnya. Ada yang sangat penting seperti play store atau google maps, gmail dan aplikasi lainnya dari google. Kalau aplikasi bawaan tersebut menurutku jangan dihapus karena aplikasi dari google dijamin keamanannya.

Tapi bagaimana dengan aplikasi bawaan sistem hp seperti aplikasi belanja atau berita yang menurutku tidaklah penting. Tentu kita ingin menghapus nya agar tidak terlalu membebani kinerja hp android. Untuk mempercepat kinerja hp android biasanya kita ingin menghapus aplikasi bawaan tersebut tapi sayangnya aplikasi bawaan hp tak bisa dihapus dengan cara biasa.

Untuk menghapus aplikasi sistem bawaan maka kita harus root dulu hp android.

Kenapa harus root android dulu? Karena dengan root android maka kita membuka sistem bawaan android sehingga kita bisa menghapus atau mengedit sistem android, salah satunya adalah menghapus aplikasi bawaan hp.

Tapi sayangnya masih ada hp android yang belum diroot, kemungkinan karena masih dalam masa garansi sehingga takut hilang garansinya jika root android. Kemungkinan lainnya karena ia belum tahu cara root android atau malas root android karena merasa sudah cukup dengan apa yang ada di hp android kita sehingga tak perlu root.

Sebenarnya tanpa perlu root android kita juga bisa kok hapus aplikasi bawaan. Cara menghapus aplikasi bawaan hp android ini sangat mudah karena memang android selalu memudahkan kita.

Berikut cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root yang Blog Sarilah lakukan:

  • Download aplikasi easy uninstaler. Silahkan download di playstore ya. Ukurannya hanya 5 mb saja kok jadi tidak terlalu memberatkan RAM. Jika saat download eror atau download tertunda terus silahkan baca cara atasi download tertunda di playstore.
  • Buka aplikasi easy uninstaler. Nanti akan terlihat aplikasi yang sudah terinstal di hp android kita, baik aplikasi bawaan android atau pun aplikasi hasil download. Perlu diketahui bahwa aplikasi yang muncul hanyalah aplikasi yang dapat dihapus saja. Jadi jika ada aplikasi bawaan yang mau anda hapus tapi tak muncul di easy uninstaler maka aplikasi bawaan itu tidak bisa dihapus.

  • Tinggal anda pilih aplikasi bawaan android yang mau anda hapus. Setelah itu tinggal klik uninstal. Maka aplikasi akan menghapus aplikasi bawaan tersebut, mudah bukan cara menghapus aplikasi sistem.
Cara menghapus aplikasi sistem bawaan android tanpa root dan komputer ini semoga berguna buat anda semua yang membutuhkannya. Sebelum menghapus aplikasi tersebut ada baiknya anda back up atau simpan dulu aplikasi nya barangkali suatu saat anda butuhkan. Untuk caranya silahkan baca Cara back up aplikasi yang terinstal di android.

Cara menghapus aplikasi di android diatas aku rasa cukup aman karena aplikasi bawaan yang akan dihapus bisa anda download ulang di playstore jika anda memang membutuhkannya kembali. Karena aplikasi easy uninstaler tak bisa menghapus aplikasi bawaan android yang sangat penting yang bisa mengganggu kinerja hp android kalo dihapus, selamat mencoba ya.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

3 komentar untuk "Cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root"

  1. Thanks gan, kebetulan saya lagi pengin uninstall namun belum tahu caranya, dan ternyata disini ada, nanti saya coba deh

    BalasHapus
  2. Agan kalo ga salah yang punya filmfullmoviez.com/ ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, ternyata kenal blog saya yang satunya ya, jadi malu karena hanya blog jelek.

      Hapus