Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengukur kecepatan internet di android secara mudah

Jika anda sedang download suatu file yang berukuran besar, misalnya film maka biasanya anda akan melihat seberapa cepat koneksi internet yang anda miliki. Hal itu berguna karena kadang jika kecepatan internet lagi turun misalnya saat malam hari maka sebaiknya ditunda dulu download nya supaya tidak bete menunggu terlalu lama. Memang kita bisa saja mempercepat koneksi internet di android tapi jika kita tahu berapa kecepatan internet kita tentu lebih bagus.

Kecepatan internet di Indonesia memang masih tergantung dengan jaringan wireless atau radio padahal seharusnya internet di Indonesia selain menggunakan frekuensi radio diimbangi juga dengan fiber optik atau kabel supaya berimbang dan kecepatan internet bisa stabil.

Mungkin kita bertanya, sebenarnya berapa sih kecepatan internet di Indonesia? Kecepatan internet di Indonesia sebenarnya dalam beberapa tahun belakangan ini lumayan naik tapi sayangnya untuk beberapa kota terutama kota besar kecepatan internet masih lambat karena terlalu banyak pemakai sementara jaringan internet penuh.

Dari pada anda penasaran berapa kecepatan koneksi internet di tempat anda sebaiknya anda test saja sendiri berapa kecepatan koneksi internet di tempatmu. Untuk mengukur kecepatan internet sangat mudah kok terutama jika anda pengguna android.

Berikut cara mengukur kecepatan internet di android secara mudah:

  • Instal aplikasi speed meter lite. Silahkan anda download aplikasi nya di play store. Tenang saja, aplikasi​ speed meter lite gratis kok.
  • Kedua buka aplikasi nya. Nanti akan terlihat tampilan seperti ini.


  • Tinggal minimise saja aplikasi speed meter lite nya maka saat kita browsing atau download file akan terlihat kecepatan internet di hp kita disebelah atas. Biasanya ada disebelah sinyal operator.
Sayangnya aplikasi speed meter lite hanya bisa mengetes kecepatan koneksi internet saat sedang memakai aplikasi lain saja, lagi pula kecepatan nya hanya bisa belum mencerminkan kecepatan koneksi internet sebenarnya karena bisa saja saat kita download film, server filmnya sedang banyak dipakai sehingga kecepatan melambat.

Karena itulah jika kita ingin mengukur kecepatan koneksi internet kita pakai aplikasi lainnya untuk test seberapa cepat koneksi data yang kita milik.

Aplikasi itu adalah speed test yang lebih canggih untuk mengukur kecepatan data internet. Pastikan anda memiliki paket data karena untuk tes kecepatan internet perlu koneksi data.
  • Unduh aplikasi speed test di play store. Ukuran lumayan besar yaitu 15 mb.
  • Buka aplikasinya speed test lalu klik Mulai Tes.
  • Nanti aplikasi akan mengirim data ke internet. Tunggu sebentar maka akan terlihat hasilnya.


Nah sudah muncul kan hasil tesnya. Tes diatas aku coba menggunakan hp Samsung galaxy J1 dengan jaringan 4g dan ternyata hasilnya lumayan yaitu 17,83 Mbps untuk kecepatan download dan 10.64 untuk kecepatan upload.

Kecepatan internet diatas aku dapat setelah mengganti APN. Untuk caranya silahkan baca cara mengganti APN di android. Semoga artikel cara mengetes kecepatan koneksi internet di android ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

1 komentar untuk "Cara mengukur kecepatan internet di android secara mudah"

  1. Yups Betul kang aku juga pernah nyoba sebelumnya.. 😃

    Yang belum pernah cara ngukur body sama daleman rondo 😂😱😱😳😳😳

    BalasHapus