Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mendapat hadiah dari toko online



 Ati  sedih kesiksa karena cinta

Saben dina sun nangis kelara lara

Duh kakang tegel pisan

kien ganti demenan

Kurang apa kang kula, semene ayune

Kenang apa sampean, pengen sejene


Kula bli di ladeni

Sun~ sedih patah hati


Agus sedang mendengarkan lagu tarling Rajeg Wesi dari Dian Anic ketika sebuah Panggilan telepon masuk. Ia melihat hape Xiaomi di mejanya dan melihat sebuah nomor yang tidak dikenal.

"Halo, dengan siapa ini?"

"Selamat sore pak Agus. Saya dari shopii ingin memberi tahu kalo akun bapak mendapatkan hadiah." Sebuah suara laki laki terdengar dari sana.

Tentu saja Agus terkejut. Seingatnya ia jarang belanja online karena memang duitnya pas pasan." Maaf mas, mungkin salah orang kali, aku bulan ini belum pernah belanja di shopi, bagaimana bisa dapat hadiah."

"Benar pak anda dapat hadiah. Perlu diketahui bahwa akun pak Agus dapat hadiah itu bukan karena belanja tapi menang undian. Jadi biarpun tidak belanja tapi anda beruntung menang hadiah."

Agus langsung berpikir, pasti penipu yang ingin mencari mangsa. Sudah beberapa kali ia memang mendapat telepon dari orang tak dikenal. Ada yang menyamar pura pura menjadi temannya yaitu Satria yang minta tolong kena tilang polisi lalu minta mentransfer uang atau pulsa, jadi modus seperti ini tidak terlalu asing.

"Saya dapat hadiah apa pak? Apakah mobil Avanza?" Agus pura pura tertarik.

"Maaf pak, hadiahnya bukan mobil tapi hanya berupa saldo shopipe sebesar tiga juta rupiah."

Jiah, sedikit amat cuma tiga juta batin Agus." Kok hadiahnya sedikit pak."

"Maaf pak, memang hanya begitu nominal yang didapatkan bapak."

"Oke, jadi saya harus transfer sejumlah uang ke rekening bank atau kirim pulsa untuk pajak ya?" Tebak Agus yang sudah tahu modus seperti itu. Pasti si penelepon itu minta tolong untuk mengirim sejumlah uang atau pulsa sebagai syarat pengambilan hadiah. Sudah sering ia dengar dari tetangga yang kena tipu atau berita di internet seperti itu.

"Maaf pak, kami tidak meminta anda untuk mengirim uang atau pulsa. Anda tidak perlu mengirimkan uang atau pulsa kepada kami. Kami dari tim shopii tidak meminta imbalan." Jelasnya lagi dengan suara berat, mungkin tersinggung, entahlah.

Tentu saja Agus jadi kaget dan juga malu. Ah, ternyata ia terlalu berburuk sangka.

"Maaf pak, saya kira ini penipuan jadinya pikiran saya menuju kesitu." 

"Oh tidak apa-apa pak, waspada itu perlu kok. Tenang saja kami tidak tersinggung karena bukan bapak saja yang bicara seperti itu ketika kami memberi tahu mereka dapat hadiah."

Syukurlah Agus jadi lega. Ia bertanya lagi untuk meyakinkan." Jadi benar saya dapat hadiah."

"Benar pak. Anda mendapatkan hadiah sebesar 3 juta rupiah berupa saldo shopipe."

"Kenapa hadiahnya saldo shopipe sih pak, kenapa tidak berupa uang tunai." Agus bertanya lagi biarpun kini hatinya tenang karena ia tidak diminta mengirim uang atau pulsa.

"Itu ketentuan dari atas pak, saya hanya memberikan informasi saja. Lagipula shopipe juga bisa untuk belanja barang pak di shopii. Tinggal saat pembayaran pakai shopipe saja, barang nanti akan dikirim ke rumah bapak."

Alhamdulillah, Agus mengucap syukur dan tidak menyangka kalo ia mendapatkan hadiah. Sepertinya tahun 2020 ini adalah tahun yang baik baginya karena sebelumnya ia juga dapat bayaran pertama saat ikut paid guest post di mbak Eno.

"Makasih banyak ya pak. Tolong segera di proses hadiahnya agar saya bisa belanja. Shopi is the pokoknya." Ujarnya memuji. Mungkin ini arti dari mimpinya semalam, mimpi ia duet dengan Raisa penyanyi idolanya, entahlah (tapi kenapa putar lagunya sukanya tarling ya).

"Baik pak akan kami proses. Tapi perlu bapak ketahui agar hadiah dikirim ke akun bapak maka perlu mengisi saldo shopipe terlebih dahulu sebesar 300 ribu." 

Tentu saja Agus jadi kaget." Waduh, saya tidak punya uang untuk isi saldo shopipe pak."

"Maaf pak, kalo tidak mengisi saldo shopipe sebesar tiga ratus ribu maka hadiah tidak bisa cair, karena itu memang syaratnya pak. Dan perlu bapak ketahui bahwa batas pengambilan hadiah adalah hari ini, jika besok maka sudah hangus dan hadiah akan kami berikan kepada yang lain. Tenang saja, saldo shopipe kan buat bapak, jadi nanti akan ada saldo sebesar tiga juta tiga ratus ribu rupiah di akun shopipe bapak. Mengisi saldo hanya untuk syarat pengambilan hadiah saja." Terangnya panjang lebar.

Tentu saja Agus pusing dan bingung. Uang sebesar tiga ratus ribu ia tidak punya untuk mengisi saldo tapi jika tidak diambil sayang bukan. Ini uang tiga juta lho, tiga jutaaa. Kapan lagi ia bisa dapat uang sebanyak itu, mana gratis lagi. Dengan uang sebanyak itu ia bisa membeli hape Realme C11 impiannya.

"Bagaimana pak? Apa bapak akan mengisi saldo shopipe untuk mengambil hadiah atau dibatalkan saja." Suara orang di hapenya mengingatkan nya.

"Oke pak, saya akan mengisi saldo. Tapi begitu saldo sudah terisi hadiah secepatnya dikirim ya." Pintanya.

"Tentu pak, begitu kami melihat ada saldo sebesar tiga ratus ribu di akun shopipe bapak, kami akan langsung kirimkan hadiah."

Agus langsung kebelakang menemui istrinya." Dek, ada uang tiga ratus ribu tidak?"

Istrinya tentu saja terkejut suaminya minta uang sebesar itu." Untuk apa mas?"

Agus lalu menceritakan tentang telepon tadi yang memberi tahu kalo ia dapat hadiah. Itu sebabnya ia minta uang.

"Hati hati mas, siapa tahu itu penipuan." Ujar Sarilah istrinya mengingatkan.

"Ya tidaklah dek, itukan uang shopipe masuk akun shopii sendiri bukan orang lain. Kalaupun mereka tidak mengirim uangnya, saldonya bisa kita pakai untuk belanja online lain. Yakin deh ini bukan penipuan." Bantah Agus keras, karena menurutnya itu cukup masuk akal.

"Tapi uang tiga ratus ribu dari mana mas? Jualan cilok lagi sepi, sosis juga sepi hanya cukup untuk makan sehari-hari."

"Kemarin aku lihat ada uang tiga ratus di dompet dek."

Sarilah langsung melotot." Itu duit untuk bayar iuran sekolah anak mas. Tadi gurunya SMS karena sudah tiga bulan belum bayar. Terus buat bayar uang bulanan anak ngaji, sudah tiga bulan juga aku belum bayar. Memang sih gurunya tidak minta tapikan malu tidak bayar mas."

Agus langsung keluar dari dapur dari pada istrinya makin ngomel. Akhirnya ia lalu pergi ke kamar lalu keluar mengendarai motor Honda Astrea nya menuju minimarket terdekat. Ah, akhirnya ia akan bisa memiliki hape baru pikirnya senang~

Baru ia keluar dari minimarket itu sebuah telepon masuk. Agus segera mengangkatnya karena itu adalah dari penelpon sebelumnya.

"Selamat sore pak Agus. Apakah bapak sudah mengisi saldo shopipe sebesar tiga ratus ribu?"

Agus mengangguk dan menjawab." Sudah pak, barusan tadi saya ke minimarket." Jawabnya sumringah.

"Baik pak Agus, begini tata cara mendapatkan hadiahnya. Pertama anda harus mengirimkan kode OTP yang nanti akan masuk ke hape bapak."

Benar saja, tak lama sebuah SMS masuk berisi kode OTP.

"Berapa kodenya pak?"

"Kodenya 666666." Jawabnya.

"Oke, terima kasih pak. Sukses masuk, sekarang berapa kode pin shopipe bapak?"

Tentu saja ia terkejut orang itu minta kode pin shopipe." Waduh, buat apa pak minta kode pin segala?"

"Ini hanya syarat saja pak, agar aku nanti bisa mengirim saldo shopipe ke akun bapak. Jika bapak tidak memberikan kode pin nya maka hadiah tidak bisa dikirim dan anda dianggap menolak hadiahnya."

Agus bingung, kode pin itu sangat penting tapi jika tidak diberikan maka hape idamannya itu akan hilang, kapan lagi ia dapat hadiah secara gratis. Selain beli hape ia juga bisa beli kuaci sepuasnya.

"Ayo pak, berapa kodenya agar hadiah bisa segera dikirim?" Suara disana makin mendesaknya.

"Baik pak, ini kode pin nya 111111." Akhirnya ia berikan juga nomor PINnya.

"Terima kasih pak." Suara disana tampak senang." Sebentar lagi saldo shopipe akan dikirimkan ke akun bapak."

Setelah bicara ia tiba-tiba memutuskan teleponnya sehingga Agus bingung. Saat ia penasaran kenapa orang yang menelponnya itu memutus panggilannya mendadak ia ingat dengan akun shopii nya. Segera saja ia buka aplikasinya dan betapa terkejutnya ketika melihat saldo shopipe nya nol rupiah.

Tiba-tiba sebuah telepon masuk lagi, ternyata dari orang yang menelponnya tadi.

"Pak Agus, kenapa saldo shopipe bapak masih nol, bukankah sudah kusuruh untuk mengisi tiga ratus ribu sebagai syarat pengambilan hadiah. Jika tidak diisi hari ini maka hadiahnya akan hangus." Suara orang disana yang sebelumnya ramah mendadak jadi kurang menyenangkan.

"Maaf pak, tadi saya sudah ke minimarket untuk mengisi saldo shopipe 300 ribu tapi sayangnya ditolak karena tidak boleh ngutang."

Terdengar suara makian dan beberapa binatang keluar. Agus sendiri masa bodoh, segera memutuskan teleponnya lalu pulang.

TAMAT

Catatan: jika anda mendapat telepon yang mengatakan dapat hadiah maka jangan langsung percaya, segera cek kebenarannya dengan menelpon customer servis nya untuk informasi lebih pasti. Jangan pernah juga memberikan kode OTP dan PIN kepada orang yang tidak dikenal.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger yang ingin berbagi pada dunia terutama tentang film dan serial tv, suka nonton film tapi lewat gadget terutama handphone

162 komentar untuk "Mendapat hadiah dari toko online"

  1. Menurut saya, Mas Agus tetap harus mengganti PIN Shopi nya. Soalnya nanti repot kalau suatu saat mau ngisi saldo beneran dan dihack oleh penipu barusan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bu guru, bukan cuma PIN tapi juga kata sandi juga harus diganti. Heran, bagaimana ia bisa tahu kata sandinya ya.

      Hapus
  2. di masa pandemi sekarang memang semua kebutuhan seperti semakin mencekik leher ya mas, ku pun begitu (´。•γ……•。`)

    semoga mas dan istri selalu dilancarkan rejekinya dari berbagai penjuru arahnya, amiiiinnnn..(((o(♡´▽`♡)o)))

    eiya bidewey uda baca dari pagi pas awal awal tadi publish sih tapi sengaja komen siangan, biar ku ga pertamax mulu (e biasanya kang satria deng yang pertamax dengan kalimat saktinya ya ☺)

    omong omong lagi...si mas gaul juga euy pakenya kata shopii ama shopiipe hihi

    tapi kalau hadiahnya cuma 3 juta emang kekecilan, biasanya aku kalau dapat sms penipuan dari nomor takdikenal minimal 175juta bukan bentuk uang elektronik mas..☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, makasih banyak atas doanya mbak, semoga mbak mbul sekeluarga juga selalu sehat dan banyak rejekinya. πŸ˜„

      Sepertinya kang satria lagi nganuin anu makanya tidak kelihatan dari pagi.

      Oh mbak mbul sudah datang dari pagi tapi ngumpet dulu ya. Kirain lagi masak jengkol.πŸ˜‚

      Sekarang penipu pintar mbak, kalo hadiahnya ratusan juta malah bikin curiga, jadinya sengaja yang sewajarnya bahkan tidak minta transfer duit, tapi mereka nanti masuk akun shopii lalu duitnya diambil. Sungguh menghermankan kok mereka bisa tahu kata sandinya ya? πŸ€”

      Hapus
  3. Awalnya kirain Agus percaya begitu aja ternyata si penipunya yang dikadalin sama Agus...wkwkkwk.. Nggak apa ikhlas di telpon dimaki-maki yang penting duitnya Agus nggak hilang.ya nggak? Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, yang penting duit ngga hilang. Niatnya dia mau nipu malah ketipu.🀣

      Hapus
  4. Saya sudah beberapa kali dapat SMS atau pesan di WhatsApp dibilang memenangkan hadiah dari shopee, hadiahnya ngga tanggung-tanggung mobil dan uang ratusan juta padahal saya ngga punya akun shopee..hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku juga Hu sering dapat sms hadiah miliyaran..😳😳😳 mengatas namakan Shopee...

      Padahal udah hampir 7 bulan tidak pernah belanja di Shopee....Langsung hapus saja setiap ada sms yang aneh...🀣🀣🀣

      Biarpun dapat sms berupa hadiah janda montok juga tetap hapus...

      Kecuali jandanya datang sendiri kerumah..πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸƒπŸƒπŸƒπŸ’¨

      Hapus
    2. Aneh komen pake akun satunya malah nggak bisa2...kena chace terus..🀷‍♀️🀷‍♀️

      Hapus
    3. Kalau datang sendiri udah dipastikan itu real bukan penipuan..hihihi

      Hapus
    4. Tapi bagaimana kalo janda yang datang punggungnya bolong mas Herman.πŸ˜‚

      Hapus
    5. Ngga apa-apa daripada ngga bolong sama sekali..hihihi

      Hapus
    6. Mungkin habis makan sate seratus tusuk makanya ngga jadi bolong.πŸ˜†

      Hapus
    7. Mungkin juga, berarti belum pasti juga ya mas.πŸ˜†

      Hapus
    8. Iya belum pasti, kan di dunia ini tak ada yang pasti kecuali ketidakpastian itu sendiri..hihihi

      Hapus
    9. Ketidakpastian itu sungguh menghermankan ya.

      Hapus
    10. seperti ilmu matematika hehe
      komen aku banyak yang dicekel satpam ya, ☺

      Hapus
    11. Masa sih matematika, punya ilmu jaga lilin mbak? 😱

      Kalo saya lancar komentar berarti mbak mbul lagi kena satpam, kalo mbak mbul lancar justru saya lagi dicegat satpam terus.πŸ˜‚

      Hapus
    12. Kalau saya belum pernah dijegal satpam, apa mungkin karena komentarnya ngga pakai emot jadi satpamnya malas jegal?

      Hapus
    13. Luar biasa memang suhu KA-EL ini sampai Satpam saja ogah nyamperin ...Sungkem Huu..πŸ™πŸ™

      Hapus
    14. Mungkin sampean orang Soleh mas Herman, jadinya tidak kena satpam.πŸ˜ƒ

      *Rejeki orang Soleh.😁

      Hapus
    15. Mungkin juga..hihihi

      Ngga sungkem nih, kalau sungkem jangan lupa teh sama gulanya ya..hihihi

      Hapus
    16. sungkem dulu ahhhhh

      gula kopi ama tehnya uda dibungkus di kresek item :D

      Hapus
    17. Ngga mas, kan pinggang lagi keseleo ngga bisa sungkem dulu, kalo perlu aku malah yang dikasih gula teh.πŸ˜‚

      Hapus
    18. Kok cuma gula teh, mas Herman mah sukanya kue moci sama tape goreng mbak.πŸ˜†

      Hapus
    19. Cuma dibungkus aja ya mbak ngga dikashkan ke saya..hihihi

      Kue moci, kue apa mas? Saya taunya kue dongkal sama kue geplak?

      Hapus
    20. niiih terima masih masing....

      mas agus gula ama teh

      mas kal kue dongkal ama geplak

      #mochinya buat admin mbul saja hahhahahhaha

      Hapus
    21. Kue dongkal itu kue seperti apa ya? Itu geplak apa seblak mbak? πŸ˜†

      Hapus
    22. mauk seblak aja kak, geplak jauh musti ke yogja ☺πŸ˜‰

      Hapus
    23. Kalo geplak jauh ke Jogja, ada tuh yang dekat. Keplak saja mas Herman.🀣

      Hapus
  5. Balasan
    1. Saya mah udah biasa kena satpam captcha.🀣

      Hapus
    2. Pake chrome bukan, aku kalo pake chrome malah gabisa samasekali buat berkomen πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    3. aku juga, ada beberapa kali ngomen, tapi ga ada hehe..apa disuruh komen 1 kali ya aku ama mas admin hehe..☺

      Hapus
    4. Bukan kang jaey, aku pakai Opera tapi tetap kena satpam, aku coba pakai Mozilla Firefox tetap kena.πŸ˜‚

      Hapus
    5. Sama mbak mbul, aku pernah komen di blognya mbak mbul kena satpam. Setelah sukses lewati satpam biasanya kan ada tulisan "komentar anda akan terlihat setelah disetujui", tapi itu ngga ada sama sekali. Wah mbatin jangan-jangan tidak muncul. Bener saja tidak ada padahal sudah susah payah lewati satpol PP.πŸ˜‚

      Hapus
    6. Saya pakai chrome lancar-lancar aja.

      Hapus
    7. Sepertinya beda sarung beda anu hihi

      Hapus
    8. Beda sarungnya sama merk nya yaitu cap gajah terbang.

      Jadi ingat semboyan gretongers.🀣

      Hapus
    9. Karena semboyannya itu saya tak pernah bisa pakai grentongan..hihihi

      Hapus
    10. iya dari kemarin komen aku dicekelin ama pak satpam terus jeh hoho klo mau ramein blog mas agus...hmmmmmmbbbb

      Hapus
    11. gajah terbang tuh apaan sik πŸ€”

      Hapus
    12. Entahlah, hanya asal nulis gajah terbang saja, soalnya kalo nulis gajah Mada ngga mashook.πŸ˜‚

      Hapus
    13. Bukan gajah terbang kali tapi gajah duduk.

      Hapus
    14. Gajah duduknya dimana mas? Kalo di kursi apa ngga rusak tuh kursinya? πŸ€”

      Hapus
  6. Wuuuua ..hahaha ..haaayy ...
    Betapa benar-benar beruntungnyaaaa ngga diijinin ngutang sama minimarke.
    Coba kalo diijinin hopo horaaaaa ... nangis bombay guling-guling bohay tuuuh ... :D

    Awalnya aku rada kaget loh baca nama online shopnya kok hampir mirip rip buanget sama online shop yang warnanya orange kayak jeruk sunkist itu,
    Ternyata ada tambahan pi ditengahnya ✧◝(⁰▿⁰)◜✧

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang penipu itu ngakunya dari agen online shop orange itu mas, terus merayu biar isi shopipe biar nanti dikuras duitnya. Tapi yang aku heran kan kok ia bisa tahu kata sandinya? πŸ€”

      Hapus
    2. Sebenarnya penipunya ngga tau kata sandinya makanya dia minta kode OTP-nya itu buat merubah kata sandinya

      Hapus
    3. Oh begitu ya mas, kirain aku mereka tahu atpi ngga bisa masuk karena butuh kode OTP. Sungkem hu.πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
    4. Ya yang saya tau seperti itu sama seperti kalau kita lupa password email biasa minta kode verifikasi yang dikirim lewat SMS buat merubah kata sandinya.

      Hapus
    5. Iya ya, kok lupa. Suhu Herman memang top πŸ‘

      Hapus
    6. Ngga sungkem nih, mas..hihihi

      Hapus
    7. Ngga hu, pinggang lagi keseleo karena habis olah raga jadi ngga bisa sungkem.πŸ˜‚

      Btw, minta duitnya dong buat beli obat.

      Hapus
    8. subhanalloh ngakak baca komen ini

       ΰ²₯‿ΰ²₯

      (。・Ο‰・。)

      Hapus
    9. Bwahahahaa πŸ˜…
      Abis olahraga apa seeh kok sampe keseleo getoh ...

      Makanya olah raga tuh yang ringan-ringan aja napaaa ..
      Contohnya nih, angkat galon.

      Hapus
    10. Mungkin main catur kebanyakan ngangkat kuda sama benteng makanya pinggangnya keseleo..hihihi

      Hapus
    11. Tahu saja, memang angkat kuda itu bikin pinggang keseleo karena berat.πŸ˜‚

      Hapus
    12. taknumpang menyematkan emotikon ini mas ---> 🀣((((;οΎŸΠ”οΎŸ))))

      gara gara ada kuda jingkrak πŸ΄πŸ¦„

      Hapus
  7. Kenapa mimpinya bisa sama Raisaaa, mas? Hahahahahaha :)))

    By the way, kecil amat dikasih 3 juta doang. Biasanya yang begitu suka kasih iming-iming hingga ratusan juta -,- Untung Agus ditolak karena mau hutang, kalau nggak, sudah lenyap deh tuh uangnya :"""D

    Ohya, saya dulu mengiranya penipuan seperti ini cuma ada di Indonesia, tapi ternyata di negara lain banyaaak. Metodenya persis pula. Even di Korea ada. Seperti ibu / anak / saudara kecelakaan terus minta biaya rumah sakit, nah itu lumayan sering kejadian *jadi curhat* :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kenapa hanya 3 juta mas agus? Dibanding honor paid post Mba eno aja lbh kecil kali ya tawaran penipunya.. hehehe.. πŸ˜†

      Hapus
    2. Kalo banyak misalnya puluhan juta apalagi ratusan juta malah saya curiga mbak, karena kecil aku pikir beneran dapat hadiah uang dan bisa beli hape, eh ternyata zonk.πŸ˜†

      Hapus
  8. Ini belum pernah yg model tiga jutaan gini. Kalau tiga jutaan sperti ini kmungkinan saya akan sangat mudah percaya πŸ˜† apalagi modalnya tidak jutaan.
    Keliatan gampangan banget yaa saya ini..

    Ini based on true story kisah tenanan, apa full imajinasi masee?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, karena kecil malah orang jadi tidak curiga.

      Biarpun cuma ratusan ribu tapi kalo ketipu ya marah, apalagi zaman sekarang nyari duit lagi sulit.πŸ˜‚

      Sebagian kisah nyata, sebagian lagi khayalan orang nganggur.πŸ˜‚

      Hapus
    2. Ketipu itu menyakiitkaaan.. Hehe meski cuma ratusan ribu. Kan yo lumayan itu bisa untuk beli beras sebulan.
      Semoga segera dapat gantinya yaa mas.. Rejekinya jadi lebih besaar

      Hapus
    3. Alhamdulillah aku ngga ketipu waktu itu Bu guru. Setelah ku matikan teleponnya aku langsung menghubungi customer servis dan tahu kalo itu cuma penipuan.πŸ˜†

      Hapus
  9. Semoga mas Agus diberi rejeki yang banyak biar bisa jadi juragan cilok dan sosis..Jangan terus terusan jadi juragan bang pepet dan mba kunti doang..

    Mudah mudahan dapat orderan paid guest post lagi atau menang lomba paid guest post..

    Semoga juga dientengkan jodohnya lagi..😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengennya sih katanya biar dapet jodoh lagi gitu kong...🀣🀣

      Hapus
    2. Amin, dapat jodoh memang paid guest post lagi ya pak Anton.

      Jangan seperti atas saya, maunya jodohan sama yang punggungnya bolong.πŸ˜‚

      Hapus
    3. semoga saja yang dapat paid post aku....loooooo? kok aku ngarep dapat hadiah segepok wkwkwk

      Hapus
    4. Ngga apa-apa mbak nanti dapat duit segepok, yang penting jangan lupa traktirannya ya.πŸ˜†

      Hapus
  10. Cara orang buat nipu memang makin kesini makin beragam ya mas.. Ga pake suruh ttansfer2 lg ya, tp minta pin dan otp.. untung aja ngisi diminimarketnya td ga bs ngutang yaa πŸ˜‚

    Kalau aku pernah juga kejadian di aplikasi pas pesen gocar. Ada gocar yg ambil pesanan aku, tp dia start trip sblm pick up aku jd gopay aku lngsng kepotong. Ga bs ditelpon sama sekali lg drivernya. Ga berapa lama ada nomer lain nelpon bilang dr CS gocar, bilang klo mau saldo gopaynya balik, info OTP yg masuk k hp. Pas aku cek kurang lebih pesannya 'ada device lain yg login apilkasi gojek anda, masukkan OTP xxxx untuk login'
    Wah ga beres nih, pas aku bilang 'mau nipu ya?' Keluar semua kata2 binatang jg donk dia kaya si penipu di cerita mas agus ini πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh serem juga ya, sekarang banyak orang pintar yang menggunakan kepintarannya untuk menipu. Memang ngga punya akhlak tuh penipu, untung mbak Ica ngga kirim kode html eh OTP nya.πŸ˜„

      Begitulah, ternyata utang ditolak juga ada hikmahnya ya.🀣

      Hapus
  11. Alur ceritanya menarik. Kirain orangnya akan polos mudah ditipu ternyata berhasil nipu penipu, ha ha. Cerdik banget.
    Ternyata gini, ya, alurnya.cara nipu ada alurnya. Penipu begitu meyakinkan dengan menyuruh Agus untuk begini begitu. Teknik penipuan demikian diketahui dari mana?

    Setidaknya saya bisa hati-hati agar jangan tetipu untuk kasih kode dan nmor PIN mana pun
    Ih ya, paling kesal kalau ada yang SMS penipuan ke nomor saya. Entah tahu dari mana nomornya padahal itu punya anak, jadi harus hati-hati agar anak jangan sembarang klik tidak sengaja atau sengaja. karena kepo. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga tidak tahu dari mana mereka bisa kepikiran menipu dengan cara yang halus seperti itu, mungkin sudah pengalaman kali ya.πŸ˜‚

      Iya, sekarang aplikasi kalo ada yang login dari device tak dikenal minta kode otp, jangan sampai deh ngasih kode itu apalagi sampai pin nya, alamat susah balik akunnya.

      Hapus
    2. Alhamdulillah, dapat ilmu yang bermanfaat tentang ini. Kebetulan mau menulis pos blog tentang penipuan, jadi dapat ilmu baru.
      Sebagai admin Indonesia Saling Follow, sering banget lihat akun mencurigakan.
      Bahkan di Instagram ada yang jualan iPhone yang katanya asli hanya 500 ribu rupiah saja.
      Busyet.
      Niat banget pakai pajang yang transfer ke dia. Atau testimoni dari yang sudah terima kiriman paketnya.
      Itu di Instagram. Entah di Facebook.

      Ditambah lagi Kemarin ada yang kirim email ke saya dengan mengatakan bahwa blog saya bermasalah. Mengambil cara untuk meningkatkan trafik secara titik-titik.
      Padahal trafik naik karena ikutan acara saling blogwalking yang diadakan komunitas saya plus kunjungan organik. Atau dibagikan di media sosial.

      Kian berbahaya yang namanya jiwa' penipu. Mereka cuma tahu nipu untuk kepuasan nafsunya yang ibarat neguk air laut.

      Hapus
    3. Kalo iPhone harga 500 ribu memang jelas sekali mau menipu soalnya harga aslinya kan diatas 10 juta. Soal testimoni bisa bikin akun fake atau daftar sendiri lalu diisi testimoninya sesuka hati biar kelihatan meyakinkan.

      Yah, memang macam macam sekali cara orang untuk mendapatkan uang.

      Soal traffic blog, kok ia bisa tahu jumlah visitor ya, memang ada cara untuk mengetahui jumlah pengunjung blog lain?

      Hapus
  12. Hahahaha itu si Agus kayak pinpinbo alias pintar2 bodoh ya hahaha :) Si penipu bete banget pastinya ya akhirnya bisa juga dikadalin Agus. Ga boleh ngutang wkwkwkwkwkwk :D Iya bener, kadang penipuan zaman now begitu dan serasa terhipnotis kitanya ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agus bukan pinpinbo (pintar pintar bodoh) tapi beruntung ngga diutangin mbak, coba kalo boleh ngutang, duitnya sudah ludes.πŸ˜‚

      Hapus
  13. Oh jadi begitu trik menipu, kayknya asik tuh buat di tiru πŸ˜‚

    Jadi kalau misal dia berhasil ambil saldo mas 300rb, itu gimana ngambilnya? Atau kah saldo bisa di transfer dicairkan ke akun lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk urusan itu suhu Ajay bisa berguru sama Suhu KA-EL ..😊😊

      Hapus
    2. Betul kang jaey, duitnya bisa ditransfer ke akun lain maupun di transfer ke bank lain. Bisa juga dipindahkan ke akun janda.🀣

      Hapus
    3. Akun janda... wkwkwk..kenapa mesti akun janda? Wkwkwk

      Hapus
    4. naiini...kenapa musti akun janda? hahah

      Hapus
    5. Entahlah, kita tunggu saja jawaban dari suhu Ajaey nanti.πŸ˜†

      Hapus
    6. Karena janda layak mendapat santunan, mungkin πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    7. Pastilah, apalagi janda tua yang sendirian, kang jaey pasti mau ngasih santunan.πŸ˜†

      Hapus
  14. Yang pertama wkakakakaka 😁😁😁 ada-ada saja pake acara ngutang, untung honda astrea nya sampe ke minimarket. Saya yakin tu motor bensinnya sekarat 🀣🀣🀣 Huuu mas Agus ini.

    Oh iya mas saya belum pernah ditelpon gitu mas, tapi kalo dikirim lewat SMS banyak mas, menang undian ratusan juta, tapi selalu saya abaikan soalnya itu bukan no call center dari aplikasi terkait melainkan no HP pribadi orang tak dikenal.

    Gak jadi deh beli hp rilmi c11 😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok tahu bensinnya tinggal sedikit kang, jangan jangan pernah ngalamin juga ya.πŸ˜„

      Kalo SMS dapat hadiah ratusan juta atau mobil sepertinya sudah tidak mempan, orang orang sudah pada tahu, kalo modus ini cukup baru.

      Hapus
    2. Pengalaman saya banget mas haha, tapi bukan honda, melainkan vespa, jadi begitu sekarat, mulai deh atraksi si vespa pake acara miringkan body. Wkwkw

      Intinya harus waspada aja mas Agus.

      Hapus
  15. belum pernah belanja di shoppi, jadi enggak pernah mengalami yang demikian, tapi rasanya agak aneh jik hadiah di suruh top up dana, he-he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah dapat SMS dapat hadiah dari Lazada uang ratusan juta, padahal ngga punya akun lazada. Aku balas saja, silahkan hadiahnya di transfer ke masjid saja.πŸ˜‚

      Hapus
  16. Selalu suka dengan gaya penulisan om Agus..
    Kisah gini, sering sekali terjadi di kita. Banyak tak waspada, memberi kode otp dan pin ke orang yg tak dikenal itu sungguh bahaya πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas Dodo, sebenarnya kemarin adik ipar saya dapat telepon seperti ini dan anehnya dikasih saja kode OTP dan PINnya. Untung saldonya cuma ada 10 ribu saja, tapi tetap diembat. Dasar maling kere.πŸ˜‚

      Hapus
    2. Waqkwkwkk, mungkin yang penting ada yg bisa diambil. Daripada ga dapat sama sekali hahaha

      Hapus
    3. Ya kalau banyak yg tertipu wlw cuma 10 ribu totalnya jadi banyak juga yg terkumpul, mungkin begitu pikir dia hihi

      Hapus
    4. Iya juga, mas. Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Kalau 10ribu tapi dapatnya dari ratusan orang, lumayan juga itu penipunya.πŸ™ˆ

      Hapus
    5. Ya memang lumayan hasilnya, sepertinya mbak Roem mau nyoba nih.🀭

      Hapus
    6. Gak dong, mas. Aku kan orangnya jujur dan dapat dipercaya. Rajin menabung dan taat beribadah pula.πŸ€­πŸ˜‚

      Hapus
  17. semakin banyuak trik para penipu ya terimakasih sudah berbagi mas Agus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama kang, semoga tidak kena tipu soalnya ngeselin.

      Hapus
  18. Aha..ha.. Ke alfamart mau ngutang, ya mana boleh mas😁 saya pernahnya dapay sms sih kalau telp nggak pernah, dan lagi sms juga selalu say abaikan. Kayaknya terlalu nggak munglin dapat uang jutaan tanpa usaha.
    Iya nggak sih.
    Iyain ajalahπŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kalau untuk Neng Astri pasti selalu diiyakan..😊😊

      Hapus
    2. Kayaknya kalo kasir Alfamart nya mbak Astria, kalo saya yang ngutang mah dikasih ya.🀣

      Hapus
  19. nah bener bangettt. beberapa bulan lalu sering banget dapat telpon begini. yang katanya gojeklah, grablah, trs toped. begitu angkat telpon sana ngomong manis panjang lebar auto tak matiin. eh aku dikata2in lewat sms dong bang, ngekek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalau aku yang telepon nggak dimatikan yaa mbak Ell..😊😊

      Hapus
    2. Ya ngga lah kang, sampean kan mau ngasih pulsa dan kuota, jadinya ngga dimatikan.🀣

      Hapus
  20. modusnya macem2,
    tapi yang jelas kita kudu lebih hati2 saja
    lebih bijak aja dalam menggunakan teknologi,
    dalam hal ini e-commerce

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, penipuan makin lama makin lihai, harus waspada biar tidak kena tipu m

      Hapus
  21. jadi pengen download lagu mba dian anik...kebetulan aku pecinta tarlingan mba dian anic hehehe

    biar bisa ajep ajep...e salah biar bisa goyang
    (^Ο‰^)

    (´∧Ο‰∧`*)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak mbul download yang banyak ya biar bisa goyang. Eh maksudnya goyang dengerin lagu ya.πŸ˜‚

      Hapus
    2. uda aku download horeeeeeh....
      beberapa judul ada yang favorit aku klo tarlingan mba dian anic


      saatnya goyaaaaaaang

      yuk ah tarikkkk γƒΎ(^-^)γƒŽ

      Hapus
    3. Hati hati mbak, ntar celana nya merosot kalo kebanyakan ditarik.πŸ˜‚

      Hapus
    4. e...yaampyunnnn mas kuterkezoet dibuatnya...πŸ˜±πŸ˜±πŸ˜±πŸ˜†πŸ˜‚

      celana siapa pula yang merosot ? hahhaha

      Hapus
    5. Celananya siapa ya, tapi kok kelihatan gondal gandul.😱

      Hapus
  22. WKWKWKWK aku nggak pernah nggak ketawa kalau baca cerpen dari Kak Agus 🀣
    Astaga~ endingnya kali ini bikin ngakak! Juga bisa dipraktekkan nih buat ngerjain penipu #lho

    Benar kata Kak Agus, kita harus lebih hati-hati dengan penipuan karena sekarang udah canggih-canggih nipunya πŸ˜…. Aku suka sedih mendengar cerita orang-orang yang nggak ngerti kode OTP dan sejenisnya, jadi bisa dengan mudah ditipu 😒.

    Mungkin next, Kak Agus bisa membuat cerpen yang isinya pengetahuan akan apa itu kode OTP 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo bisa buat kak Lia tertawa. πŸ˜€

      Iya, memang ngeselin banget tuh kalo dapat telepon seperti itu, ngga diangkat telepon saja, tapi diangkat malah ngeselin, akhirnya dikerjain saja biar kapok.😁

      Iya, sebenarnya kemarin adik ipar ku kena tipu model begini, cuma untungnya saldo shopipe nya cuma 11 ribu yang ilang.πŸ˜‚

      Hapus
  23. Wah penipuan online ternyata.. Jaman sekarang memang kudu hati-hati.. Pernah ditelpon orang katanya saya dapat hadiah karena pernah menulis sebuah produk. Teleponnya terputus pas tahu saldo rekeningku Rp. 42.500, hahahahaa

    BTW "Itu ketentuan dari atas pak, saya hanya memberikan informasi saja., Ini orang utusan kayaknya... bisa di bilang NABI, hahahaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bang, zaman sekarang kalo tidak hati hati bisa ketipu karena penipu makin pintar.

      Hapus
    2. Hanya sayang sekali, banyak yang online sosmed terutama FB pakai Mode Gratis. Ditipu percaya saja.. Mau cari kebenaran di Google atau situs2 lain tidak bisa karena Pulsa Data Kocong...

      Hapus
    3. Kasihan sekali ya bang, tapikan bisa minta WiFi gratis sama orang lain dengan hotspot.πŸ˜ƒ

      Hapus
  24. tekan apapun untuk copy lagu iring ini .......................

    BalasHapus
  25. wah lihai juga ya mang agus bisa tau kalo penipuan, sekarang memang penipuan model seperti ini kerap terjadi mas, jadi harus hati-hati hohoho :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tahu dong soalnya kan dibisiki sama sampean mas kalo itu penipuan.😁

      Hapus
    2. ah kirain dibisikin sama kang satria :D

      Hapus
  26. Itu mah ngga seberapa
    Lah aku saja sering dapat SMS menang duit jutaan rupiah, dapat mobil, menang sopipe lah, menang gope lah
    Tapi karena aku anak yang baik, SMS itu aku balas dengan
    "Hadiahnya buat om aja ya, buat bantuin ekonomi om biar ngga nipu lagi"
    Baik banget kan aku, itung-itung sedekah 😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirain aku hadiahnya dikasih ke masjid, itu baru sedekah namanya.🀣

      Hapus
  27. Astagaaaaa, nggak ketebak endingnya wakakakakakak.

    Keceh juga tuh si Agus, salah sendiri ya dia nggak nanya udah ke minimarket apa udah berhasil ngisinya? :D

    Ternyata cuman nanya doang, boleh ngutang nggak?
    Btw pinter juga tuh penipu, nggak nipu, nggak perlu transfer, tapi kudu isi saldo hahaha.

    Oh ya, mungkin kudu ditetapkan deh buat penyelenggara undian, sebaiknya memang jangan telpon, lewat medsos atau email aja, jadi kan lebih mudah ketauan kalau yang telpon pasti boong, pasti nipu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ya mbak, salah dia sendiri ngga tanya ngisi saldonya sukses apa ngga. 🀣

      Sebenarnya isi saldo aman saja sih, asal kode OTP sama pin jangan diberikan.

      Saya belum pernah ikut undian jadinya kurang tahu teknisnya mbak, tapi menurutku ngga salah sih telepon, selain itu juga dikasih pengumuman resmi di situsnya

      Hapus
    2. Nah iyaaa, mending di website resmi, biasanya sih gitu, cuman para penipu sekarang makin cerdik juga, mentang-mentang gitu, jadinya mereka bikin website abal-abal, dan banyak juga yang ketipu, ckckckc.

      Mungkin amannya gini aja deh, kalau memang merasa nggak pernah ikut undian, jangan hepi dulu saat dapat hadiah, darimana cobak?

      Kecuali memang ada undian customer yang sering belanja gitu, dan kita udah pernah belanja, mungkin masuk akal :D

      Hapus
    3. Nah betul itu mbak, aneh kalo rasanya tidak install shopi kok tahu tahu ada telepon dapat hadiah jutaan rupiah, mana suruh transfer lagi.🀣

      Iya, banyak tuh penipu yang bikin situs Abal Abal untuk menipu dan biasanya domainnya mirip lagi, bahkan yang tidak mau modal ada yang pakai blogspot segala.πŸ˜‚

      Hapus
  28. Ini diilhami dari kisah nyata mas Agus??
    Bapak saya yang polos juga sering bnget dpet telpon pemenang hadiah. Dulu pas pertama kali dpet telpon info pemenang malah heboh banget sampe ngabngunin saya,, pas saya angkat dia dari shopee.. Lah bapak saya aja nggak punya akun shopee kok tiba2 menang hadiah.. Zzzz langsung aja saya putusin..

    Ada aplikasi bagus di android.. Namanya Truecaller.. Dia udh dari bulan Juli saya pakai..

    Fungsinya dia punya database nomor2 penipu gtu.. nomor-nomor yang sering nawarin asuransi atau kredit nggak jelas. Jadi semisal nomor itu banyak dilaporin pengguna bahwa tukang tipu jadi si aplikasi bakalan autoblock langsung. Nggak cuma itu sih, nomor teman-teman kita atau nomor lain yang udh pernah di input sama kita juga jdii muncul namanya.. Kaya semisal nomornya mamang JNE, atau apapun itu walaupun kita nggak nyimpan nomor beliau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, adik ipar saya kemarin kena tipu telpon seperti ini dan ngasih nomor pin nya, untung ngga dituruti ngisi saldo shopipe nya, tapi saldo 10 ribu diembat juga.πŸ˜‚

      Makasih infonya kang, nanti aku install aplikasi truecaller, semoga saja bisa menangkal penelpon penipu.πŸ˜„

      Hapus
  29. Ya ampun sumpah dah ini kece banget. Related sama yang sering terjadi sekarang, ya walaupun saya gak pernah dapat telpon nipu dari shopi :3

    Biasanya yang sering saya dapatkan baru sekadar sms saja, tapi itu aja udah bikin kesel sihπŸ˜…

    Salut sama Agus yang cerdas mau ngutang ke minimarket, dan berhasil nipu si penipu🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agus bukan cerdas tapi kebetulan saja ngga boleh ngutang mbak, kalo dikasih dan saldonya zonk bisa nangis mewek.πŸ˜‚

      Hapus
  30. Ganti tampilan blog nih lebih ringan. Kali ini topiknya untuk mengingatkan siapa pun termasuk saya pejuang giveaway berhati2 terhadap penipuan yang meminta data pribadi sampai meminta uang. Dulu juga saya dapat giveaway palsu gitu, dapat hp tapi harus bayar ongkir sebesar Rp. 200 ribu. Saya kasitau tidak fair barang hadiahnya belum ada tapi minta ongkir, lagian diumumkan hanya melaului DM Instagram bukan feed atau story. Baru percaya kalau hadiah sudah diterima lalu bayar ongkir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ya pak, masa hadiah belum dikirim tapi sudah minta ongkir duluan. Tapi kalo hadiahnya mobil dan ongkirnya cuma 20 ribu mendingan pakai voucher shope gratis ongkir pak.😁

      Hapus
  31. Mulai curiga pas si penipu bilang suruh ngisi saldo shopiipay dulu sih. Ini mah sama aja kayak yang penipuan model pulsa + transfer uang ya kang?

    Jadi 300 ribunya nggak jadi buat bayar iuran sekolah anak ini? 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga mas Wisnu, kan ceritanya Agus ngga boleh ngutang sama minimarket, jadi uang 300 ribu aman.πŸ˜ƒ

      Hapus
  32. Ada-ada aja idenya. Ngutang ke minimarket πŸ˜‚. Tapi untung aja gak boleh ngutang ya, mas. Jadi gak jadi ketipu, deh.πŸ™ˆ

    Ngomong-ngomong kejadian kyk gini emang banyak banget terjadi. Mudah-mudahan kita semua terhindar dari modus penipuan kyk gini. Aamiin.πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang minimarket ngga boleh ngutang ya mbak? πŸ€”

      Ah, paling kasirnya mbak Roem ini makanya ngga boleh ngutang.πŸ˜‚

      Aamiin, semoga saja tidak kena tipu biarpun sedikit ya.

      Hapus
    2. Kalau aku yang jadi kasirnya, yang bayar harus pake uang pas, mas. Kalau uangnya gede, kyknya aku gak rela kasih kembalian.🀣🀣🀣

      Hapus
  33. Saya sering banget dapat SMS pemenang dari syopi, hehehe. Dulu waktu kuliah saya hampir percaya penipuan berkedok pulsa salah kirim dan hampir saya transfer. Untung diingetin sama temen.

    Cerita ini relate banget sama kejadian sehari2. Bagus, Mas, temanya. Mengingatkan tapi lewat cerpen, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow, mbak Pipit pernah hampir ketipu? 😱

      Untung ada teman yang mengingatkan ya, kalo ngga bisa transfer duitnya.

      Hapus
  34. Hahahaha pinteeeeeer si Agus :D. Ga gampang ketipu. Padahal di awal EMG udh curiga yaaa :D. Aku sayangnya belum pernah nih dpt telp penipu bgini mas. Pengen aku kerjain pdhl. Hobi kok nipuin orang. Ga takut itu perut berisi penyakit, makanan uang haram mulu :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duit haram juga susah nyarinya katanya, jadi embat saja mbak.🀣

      Yah, begitulah cara orang cari makan, tidak perduli halal haram yang penting sikat.

      Hapus
    2. Kalau cari duit halal susah, cari yang haram juga susah, ya mending cari yang halal aja, mas. Lha wong sama-sama susahnya. Apalagi kalau yang haram berdoooosaaaa, bikin masuk nerakaaaaa.😱😱😱

      Hapus
  35. aww... tak pernah selesai soal penipuan online ini....
    kayaknya, kita harus semakin hati hati....

    Have a great day

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, dari dulu penipuan tidak pernah berhenti dan modusnya juga makin pintar.

      Hapus
  36. hahahah aku jadi inget pas ada minta vocer t sel beberapa tahun lalu
    aku kibulin biar dia abis pulsa banyak
    tapi sekarang makin canggih si
    memang hati hati apalagi masalah OTP ya mas

    BalasHapus
  37. Alhamdulillah ya ga jadi ketipu.. hihi..
    barusan aku juga nih dpt sms dari shopi, katanya menang undian 175 jutaa.. Asiikk banget nih rejeki nomplok.. wekekekek..

    BalasHapus
  38. wah untung pak agus nya cermat, selalu berpikir dua kali.

    dijamin itu penipu nya kesel haha

    BalasHapus
  39. Untung kasir minimarketnya ga bolehin ngutang ya, mas agusnya selamat dari penipuan. aku juga lagi sering banget dapat info menang undiang begini via sms lo. Sampai ratusan juta hadiahnya hehe

    BalasHapus
  40. seandainya bisa ngisi sopipei dengan ngutang, pasti banyak yang ikutan
    hari gini kudu pinter bin smart kalau ada telpon dengan unsur unsur mencurigakan kayak gini
    bapak aku pernah duluuu ketipu kamera, ehh yg dateng kamera mainan, kok yo iso ngunu lho hahahaha, duhkahhh

    nahh berganti tahun dan tahun modus penipuan makin beragam, salah banyaknya dapet mobil gini, pernah bapakku di telpon apa sms gitu, katanya dapet mobil, suruh transfer pajak gini gitu, di bales sama bapakku, "mobilnya diantar dulu di depan rumah, nanti uangnya saya kasih" :D

    BalasHapus
  41. Wkwkwk saya kira bakal kecele lagi beneran diisi tuh 300ribu ke akunnya πŸ˜‚

    Penipuan online zaman sekarang tuh emang kreatif, ya. Cara dan modelnya macam-macam sekali. Kalau kitanya nggak bijak (dan nggak fokus saat mencoba melakukan transaksi), bisa-bisa apes beneran deh huhu makanya tuh saya kalau dapet nomor telepon nggak dikenal, mending saya diamkan. Kecuali kalau sepertinya nggak terlalu mencurigakan, saya angkat. Tapi kalau diangkat ternyata telemarketer atau nggak jelas, biasanya langsung saya matikan dan block segera biar nggak menganggu ketenangan hidup 😁

    BalasHapus
  42. Untung aja ya si mas Agus ga dibolehin ngutang. Jadi saldo shopiipe nya masih nol. Kalo engga kan, kena tipu ituu 300rb melayang. Padahal buat uang sekolah dan bayar ngaji huhuhu

    Kalau sudah diminta kode OTP dan PIN itu tuh pasti penipuan deeh. Ga mungkin banget dimintai dua kode itu ckckkckc

    BalasHapus
  43. hahahahahah ini si agus lebih cerdas dari aku yaaak.soalnya aku pernah ketipu krn ngasih kode OTP gojek.hilang deh gopay wkwkwk
    selamat mas Agus, kamu beruntung hehehehe

    BalasHapus